Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan Di Dunia Kerja

Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan Di Dunia Kerja -- Lowongan Kerja Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan, Jurusan Paling Dibutuhkan 5 Tahun Kedepan, Jurusan Kuliah Yang Bisa Kerja Di Kantor - Perusahaan, Lowongan Jurusan Kuliah Yang Cepat Dapat Kerja, Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja Saat Ini, Jurusan Kuliah Yang Cocok Untuk Karyawan, Jurusan yang Banyak Diminati Perusahaan, Jurusan Kuliah yang Lulusannya Dibutuhkan Dunia Kerja, Jurusan Kuliah yang Paling Dicari di Dunia Kerja, Jurusan Kuliah yang Kesempatan Kerjanya Banyak.

Informasi yang admin bagikan kali ini berjudul Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan Di Dunia Kerja. Informasi ini ditujukan bagi kalian semua yang saat ini sedang kebinguan dalam mementukan pilihan jurusan kuliah. Nah, artikel ini bisa menjadi referensi bagi kalian. Yuk simak informasinya. 

https://www.pendaftaranpmb.web.id/

Semakin banyaknya perusahaan yang didirikan di berbagai wilayah, maka semakin banyak pula sumber daya manusia yang dibutuhkan dan harus dipersiapkan. Tentunya sumber daya manusia sendiri mesti yang propesional sesuai dengan bidangnya masing-masing. 

Berangkat dari sana, berbagai macam jurusan kuliah pun banyak bermunculan untuk menunjang dunia kerja. Adapun jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja antara lain sebagai berikut:

1. Jurusan Teknik dan Pertambangan

Jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja yang pertama adalah jurusan teknik dan pertambangan. Di Indonesia sendiri tidak banyak yang menyediakan jurusan ini. Maka dari itu, tidak heran jika jurusan yang satu ini sangat banyak sekali peminatnya dari tahun ke tahunnya. Hal tersebut sangat wajar sekali, karena peluang kerja dari jurusa ini pun sangat menjanjikan khususnya di Indonesia sendiri.

Sebagian besar perusahaan besar akan siap menunggu serta memberikan kesempatan bagi sarjana lulusan jurusan ini. Karena jurusan ini sangat penting sekali untuk pengembangan pemerintahan. 

Selain itu gaji yang akan didapatkan pun cukup besar meskipun bagi yang baru lulus atau fres graduate. Terlebih untuk yang sudah mempunyai pengalaman, gaji yang ditawarkan pun sangat besar sekali. Sehingga tidak heran, jurusan ini sangat diminati oleh mahasiswa.

2. Jurusan Oseanografi

Sebagaimana yang sudah diketahui, bahwa wilayah Indonesia hampir diliputi dengan lautan. Sudah bisa dibayangkan juga, bagaimana potensi dari kekayaan alam yang ada di laut. Dari bukan hanya itu saja, laut Indonesia pun harus tetap dijaga. Maka dari itu, pemerintah dan berbagai macam perusahaan industri perikanan dan kelautan membutuhkan sarjana dari lulusan oseanografi.

Oseanografi sendiri merupakan ilmu yang mempelajari tentang fenomena fisis serta dinamis air laut. Selain itu dapat diaplikasikan keberbagai bidang seperti lingkungan, rekayasa, bencana laut dan mtitigasi, serta perikanan. 

Bagi yang ingin mengambil jurusan ini, mula-mula akan diajarkan tentang laut dari mulai arus sampai dengan fenomena aneh yang terjadi di laut. Maka dari itu, jurusan ini pun sangat dibutuhkan sekali oleh dunia pekerjaan.

3. Jurusan Astronomi

Jurusan astronomi merupakan jurusan yang paling dicari selanjutnya. Astronomi sendiri merupakan ilmu yang di dalamnya mempelajari tentang benda-benda langit. Jurusan ini pun berasal dari pemikiran orang-orang yang berfikir bagaimana alam semseta bisa terbentuk. 

Untuk jurusan yang satu ini, negara kita memang harus berlari kencang agar bisa bergerak maju. Maka dari itu, tidak heran jika jurusan ini merupakan salah satu jurusan yang dibutuhkan di dunia kerja.

Berbicara mengenai peluang kerja sendiri, tidak usah diragukan lagi. Karena banyak sekali berbagai macam lembaga yang membutuhkan astronom handal untuk direkrut sebagai tim inti.

Salah satu lembaganya adalah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Jika ada yang tertarik tentang ilmu ini, maka bisa diperoleh di ITB Bandung. Dengan memasuki jurusan tersebut, maka yakinlah dunia kerja akan membutuhkan tenaga ahli sepertimu.

4. Jurusan Analis Efek

Jurusan analisis efek, menjadi jurusan yang dibutuhkan oleh dunia kerja yang selanjutnya. Bagi yang mendalami jurusan ini, maka setiap mahasiswanya akan diberi pengetahuan mengenai konsep-konsep pengelolaan mengenai investasi. Sedangkan sebagai fokusnya, jurusan ini lebih fokus pada investasi di bidang keuangan baik itu investasi bentang panjang maupun pendek.

Selain itu setiap mahasiswa yang menggeluti jurusan ini pun akan mempelajari tentang saham, obligasi, surat utang swasta, surat utang negara, dll. Maka dari itu, mahasiswa sendiri harus mengetahui serta memahami bagaimana menghitung harga sekuritas. Apabila mahasiswa mendalami hal tersebut, tentunya lulusannya sendiri akan sangat dibutuhkan oleh dunia kerja.

5. Jurusan Sastra Inggris

Mempunyai kemampuan bahasa inggris lumayan, mengapa tidak mencoba untuk mensdalaminya dengan masuk ke jurusan sastra inggris. Banyak yang tidak tahu keuntungan dari jurusan ini, sehingga para peminatnya pun sangat sedikit.

Padahal lulusan dari jurusan ini banyak sekali yang dicari oleh berbagai macam perusahaan. Salah satunya adalah perusahaan percetakan, ekspor impor, bahkan kedutaan luar negeri pun biasanya lebih memilih lulusan sastra inggris.

Selain itu, pemandu menjadi pemandu pariwisata untuk memandu para wisatawan pun bisa digeluti oleh lulusan sastra inggris. Yang lebih menariknya lagi, menjadi penerjemah inggris pun biasanya lebih menyukai jurusan dari sastra inggris untuk menerjemahkan berbagai macam projek. Maka tidak heran, jika jurusan ini menjadi salah satu jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja.

6. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Desain komunikasi visual (DKV) merupakan cabang ilmu desain yang mempelajari tentang konsep komunikasi serta ungkapa kreatif. Sebagimana yang diketahui, bahwa desain komunikasi sendiri sangat penting untuk kemajuan media. Maka tidak sedikit perusahaan media mencari lulusan dari jurusan ini agar bisa memajukan media.

Selain itu, desain komunikasi visual sendiri memberikan tekni serta memanfaatkan elemen berupa visual atau rupa agar pesan tersampaikan. Yang menariknya, lulusan dari jurusan ini harus mampu mengolah pesan-pesan tersebut secara efektif, informatif, dan tentunya komunikatif. Maka dari itu, lulusan dari jurusan ini sudah tidak diragukan lagi oleh dunia kerja.

7. Desain Produk Atau Desain Interior

Sebagaimana yang diketahui, produk merupakan salah satu objek yang dijual oleh perusahaan. Agar produk yang dijual laris manis di pasaran, maka tentunya harus didesain dengan menarik.

Lulusan dari jurusan desain produk atau desain interior lah yang sangat dibutuhkan oleh dunia kerja agar produk terlihat menarik. Desain produk atau desain interior sendiri merupakan program studi yang di dalamya mempelajari tentang produk untuk keperluan manusia.

Program ini sendiri dapat memfasilitasi yang mempelajarinya untuk membuat produk yang nyaman digunakan, ekonomis, serta sangat elok dipandang.

Selain itu, lulusan dari jurusan ini pun dituntut untuk berpikir cepat, akurat, kritis serta kreatif. Maka dari itu, perusahaan atau dunia kerja sendiri sangat membutuhkan dan mencari lulusan dari jurusan yang satu ini agar produk yang mereka buat bisa laris di pasaran.

8. Jurusan Ilmu Komunikasi

Jurusan ilmu komunikasi, merupakan salah satu jurusan yang berada dalam rumpun IPS. Di mana jurusan ini merupakan jurusan yang sangat menarik, karena menjadi salah satu jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja. Hal tersebut dikarenakan jurusan ini sangat dibutuhkan oleh industri kretaif yang semakin hari industri tersebut semakin berkembang.

Ilmu komunikasi sendiri merupakan induk dari ilmu, sedangkan turunnya meliputi jurnalistik, periklanan, dll. Lulusan dari jurusan ini tentunya sudah mempelajari cara menyajikan pesan secara efisien serta tentunya tepat sasaran. Maka dari itu lulusan dari jurusan ini akan sangat dibutuhkan oleh dunia kerja. Jadi tidak usah khawatir dengan lulusan dari ilmu komunikasi sendiri.

9. Jurusan Ekonomi

Jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja yang selanjutnya adalah jurusan ekonomi. Karena hampir diseluruh sektor bisnis serta usaha ekonomi menjadi salah satu yang tidak bisa dipisahkan.

Lulusan jurusan ini sendiri sudah diajarkan mengenai skil-skil utama yang dibutuhkan oleh pasar kerja. Dari sekian banyak jurusan, jurusan ekonomi sendiri menjadi salah satu jurusuan yang paling banyak diminati. Karena potensi dari jurusan ini sendiri sangat dibutuhkan oleh berbagai perusahaan baik swasta maupun negeri.

10. Jurusan Ilmu Hukum

Bukan hanya jurusan pemerintahan, jurusan ilmu hukum pun menjadi jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja. Jurusan ini pun memberikan kesempatan besar bagi lulusannya untuk berkarir. Kesempatan berkarir tersebut bisa dilakukan baik sendiri atau melalui kantor pengacara besar yang ada di Indonesia.

Jurusan ini pun sudah dimiliki oleh hampir seluruh universitas di Indonesia, karena jurusan ini menjadi jurusan favorit. Pada jurusan yang satu ini, setiap mahasiswa akan mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan hukum dan tentunya langsung dipraktikan.

Hukum sendiri dibuat untuk mengatur bagaimana manusia bertindak serta bertingkah laku agar tidak menimbulkan kerugian pada orang lain. Lulusan dari jurusan ini sendiri mempunyai kesempatan untuk mendapatkan penghasilan yang fantastis dengan karir sebagai advokat atau pengacara. 

Selain menjadi advokat atau pengacara, lulusan yang satu ini pun bisa bekerja sebagai staf legal pada sebuah perusahaan baik swasta maupun negeri.

11. Jurusan Akuntansi

Jurusan akuntansi menjadi salah satu jurusan yang paling favorit selanjutnya bahkan hampir diseluruh universitas di Indonesia jurusan ini menjadi jurusan paling favorit. Hal tersebut dikarenakan peluang kerja dari jurusan ini sangat luas sekali, karena hampir seluruh perusahaan membutuhkan lulusan dari jurusan ini.

Lulusan dari jurusan ini pun mampu berkarir di berbagai macam perusahaan baik swasta maupun negeri bahkan mampu bersaing menjadi seorang profesional dan bisa bergabung di berbagai kantor akuntan publik. Maka dari itu, jurusan ini pun menjadi jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja.

Berbicara mengenai pendapatan dari jurusan ini sendiri, tentunya sudah bukan menjadi rahasia umum lagi. Iya, jurusan ini akan digaji dengan gaji yang sangat besar bahkan bisa menjadi salah satu bagian dari perusahaan yang mendapatkan gaji tertinggi. Maka dari itu, tidak heran jika jurusan ini menjadi jurusan yang paling diminati sekaligus sangat dibutuhkan oleh dunia kerja.

12. Jurusan Manajemen

Masih dalam rumpun IPS, jurusan manajemen menjadi jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja. Karena jurusan ini mempunyai kesempatan dengan cakupan yang sangat luas sekali di dunia kerja, selain itu berbagai macam perusahaan senantiasa membutuhkannya.

Pada umumnya, lulusan dari jurusan ini sangat mudah sekali diterima oleh perusahaan baik swasta maupun negeri. Hal tersebut dikarenakan perusahaan sangat membutuhkan ahli manajemen di dalam operasionalnya.

Gaji yang akan didapatkan oleh jurusan ini pun tidak bisa dipandang sebelah mata. Hal tersebut karena sebanding dengan kinerja dari tugas yang harus diselesaikan.

13. Jurusan Pendidikan

Siapa bilang menjadi tenaga pendidik mendapatkan gaji yang kecil, atau beranggapan mendapatkan sebagai guru formal atau pengajar saja. Pikiran tersebut tentunya salah besar, karena lulusan pendidikan sendiri bisa mengajar pada penyandang difabel atau paara penyandang autis.

Di mana profesi tersebut sangat sedikit sekali dan tentunya sangat dibutuhkan terutama di luar negeri. Untuk masalah gaji sendiri tentunya tidak usah diragukan lagi, karena jika berhasil menjadi profesi yang satu ini maka gaji pun akan besar terlebih jika mengajar di luar negeri.

14. Jurusan Psikologi

Jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja selanjutnya adalah jurusan psikolgi. Hal tersebut karena hampir perusahaan membutuhkan mahasiswa lulusan dari jurusan ini.

Gaji dari lulusan jurusan ini pun lumayan cuku tinggi, selain bekerja di perusahaan juga bisa membuka layanan konsultasi pribadi di rumah apabila usdah mengambil profesi setelah menyelesaikan starta sarjana. Jadi, tidak usah khawatir dengan jurusan ini karena jurusan ini sangat banyak sekali yang membutuhkan.

15. Jurusan Teknik Mesin

peluang kerja teknik mesin sangat besar sekali, terlebih industri di Indonesia sendiri pabrik-pabrik mesin semakin banyak. Maka dari itu, jurusan teknik mesin menjadi jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja.

Teknik mesin sendiri merupakan salah satu disiplin ilmu yang di dalamnya mempelajari aplikasi dari prinsip disiplin ilmu fisika. Mendesain mesin, analisis mesin, manufaktur, bahkan pemeliharaan sebuah sistem mekanik menjadi prinsip disiplin ilmu fisika yang dipakai pada jurusan ini.

16. Jurusan Teknik Sipil

Jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja yang terakhir adalah jurusan teknik sipil. Lulusan dari jurusan ini  pun sangat dibtuhkan sekali oleh berbagai macam perusahaan, maka dari itu prospek pekerjaan dari jurusan ini pun sangat luas sekali. Karena jika tanpa lulusan dari jurusan ini, perusahaan akan sulit untuk merancang, membangung, serta memelihara suatu bangunan.

Dengan begitu, lulusan dari jurusan ini sangat dibutuhkan sekali oleh dunia kerja. Gaji yang akan diperoleh pun sangat besar sekali, sehingga tidak usah ragu untuk memilih jurusan ini.

Terlebih di Indonesia sendiri, yakni negara yang ingin maju dari berbagai sektor salah satunya adalah dari sektor infrastruktur membutuhkan lulusan dari jurusan teknik sipil. 

Hal tersebut terbukti dengan banyaknya bebragai macam pembangunan baik itu gedung, fasilitas umum, dan infrastruktur lainnya yang dari waktu ke waktu semakin ditingkatkan. Pembangunan tersebut tentunya tidak lepas dari dibutuhkannya seorang lulusan dari tekni sipil itu sendiri.

17. Jurusan Teknik Elektro

Saat ini, perkembangan teknologi semakin canggih dan tentunya berkembang semakin pesat dari waktu ke waktunya. Hal tersebut tentunya tidak lepas dari aktifitas yang berkaitan dengan elektronika. Maka dari itu, jurusan teknik elektronika menjadi jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja yang selanjutnya. 

Prospek kerja dari jurusan ini pun sangat luas sekali, dimulai dari perusahaan yang bergelut dibidang listrik, perusahaan pembangkit daya listrik, konsultan listrik, dan perusahaan lazim lainnya. Berbicara mengenai gaji sendiri, jurusan ini pun tidak usah diragukan lagi karena digaji dengan gaji yang lumayan cukup besar.

18. Jurusan Teknik Informatika

Selain jurusan teknik elektro, teknik informasi pun menjadi jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja. Hal tersebut karena kemajuan dari teknologi sendiri semakin canggih bahkan hampir menembus keberbagai sektor yang ada di dalam kehidupan.

Lulusan dari jurusan ini dipercaya mempunyai masa depan yang cemerlang, karena peluang kerjanya sangat luas sekali terlebih untuk masa yang akan datang. Penghasilan dari jurusan ini pun tentunya tidak usah ditanyakan lagi.

19. Jurusan Teknik Kedirgantaraan Dan Penerbangan

Perkembangan transfortasi udara di Indonesia dari ke hari semakin banyak peminatnya. Maka dari itu, industri penerbangan sendiri membutuhkan lulusan dibidangnya.

Jurusan teknik kedirgantaraan dan penerbangan sendiri menjadi salah satu jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja industri baik untuk sekarang maupun yang akan datang. Untuk mendapatkan kenyamanan bagi para penumpang, industri penerbangan harus tetap berinovasi.

Perekrutan lulusan jurusan teknik kedirgantaraan dan penerbangan sendiri tidak akan menjadikan mahasiswa tersebut menjadi pilot, melainkan menjadi seorang insiyur penerbangan.

Untuk masalah gaji sendiri, lulusan dari jurusan yang satu ini pun tidak perlunya ditanyakal lagi, tentunya akan mendapatkan di atas rata-rata gaji pekerjaan pada umumnya.

Itulah jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja yang bisa dijadikan referensi. Dari jurusan-jurusan tersebut tentunya bisa menjadi pilihan bagi yang ingin kuliah dan mendapatkan pekerjaan yang cepat setelah lulus kuliah dan tentunya bagi yang ingin mendapatkan masa depan yang cerah. Dengan memilih salah satu dari jurusan kuliah di atas, maka masa depan yang terang pun sudah menanti di depan.
Demikian informasi tentang Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan Di Dunia Kerja. Semoga informasri tersebut bermanfaat untuk kalian semua. Terima kasih dan salam sukses untuk semua.