Jurusan Kuliah yang Berhubungan dengan Seni / Kesenian

Jurusan Kuliah yang Berhubungan dengan Seni -- Jurusan Kuliah di Bidang Kesenian, Jurusan Seni yang Menjanjikan, Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik Bidang Bahasa dan Seni, Kampus dengan Jurusan Seni Terbaik di Indonesia, Informasi Lengkap Jurusan Kesenian, Kuliah Jurusan Seni Musik - Seni Rupa -Seni Tari - Seni Murni, Universitas Jurusan Seni, Kuliah Jurusan Seni, Mata Kuliah Jurusan, Tujuan Kuliah Seni, Tes Kuliah Seni, Jurusan Kuliah yang Berhubungan dengan Kesenian.

Kali ini admin akan berbagi informasi mengenai Jurusan Kuliah yang Berhubungan dengan Seni / Kesenian. Informasi ini ditujukan khususnya bagi lulusan SLTA sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan ingin memilih program studi di bidang seni. Langsung saja simak informasinya di bawah ini.

https://www.pendaftaranpmb.web.id/

Seni merupakan ekpresi atau bisa disebut sebagai bentuk eksak dari keterampilan kreatis manusia. Seni yang utama adalah sebuah keindahan yang dapat didengar, maupun dilihat dalam bentuk audio visual.

Dalam sejarahnya, dunia seni merupakan sebuah materi akademik paling tua di masanya, mendahului materi bahasa, dan ilmu pengetahuan. Itulah salah satu dasar mengapa ada banyak jurusan kuliah yang berhubungan dengan seni.

Menilik lebih ke belakang, jauh sebelum terjadinya evolusi manusia mengenal bahasa, seni menjadi satu-satunya media komunikasi utama di masa lampau. Hingga saat sekarang pun seni dianggap sebagai satu-satunya media komunikasi universal yang dimengerti oleh setiap manusia di belahan bumi mana pun.

Apakah Jurusan Seni Adalah Pilihan Tepat ?

Jurusan kuliah yang berhubungan dengan seni memiliki program serta materi yang selalu menarik untuk diulas. Dari segi sejarah seni visual dan rupa hingga program penciptaan karya, keseluruhannya akan sangat menarik untuk dipelajari.

Bagi yang berminat tentang unsur-unsur keindahan atau estetika serta kreatif tentunya jurusan seni adalah pilihan yang cocok. Bukan hanya berbakat dalam industri kreatif, tapi setiap mahasiswa diharap mampu memahami konsep sejarah hingga hal-hal yang melatarbelakangi suatu karya.

Jurusan seni pada dasarnya lebih mengutamakan pada praktik lapangan. Di samping rutin masuk kelas kuliah, mahasiswanya juga diwajibkan menyelesaikan sebuah karya.

Semua hasil cipta, baik dalam bentuk audio, visual, serta gerakan, nantinya akan dijadikan portofolio sebagai ajang tunjuk kreatifitas. Dengan cara itulah, penilaian dilakukan oleh dosen yang menggeluti bidangnya.

Untuk menjadi salah satu bagian dari mahasiswa bidang seni, mahasiswanya harus memiliki kualifikasi A. Sehingga pada saat tes masuk dilakukan, mahasiswanya wajib mengahdiri tes wawancara dengan menunjukkan hasil karyanya. Entah berupa audio, visual, maupun gerakan.

Terdapat banyak program jurusan kuliah yang berhubungan dengan seni. Ada studi fotografi, grafis desain, seni rupa murni, tari, dan masih banyak kategori lainnya sesuai dengan program dari universitas.

Kegiatan perkuliahan ini berlangsung 3 hingga 4 tahun dengan porsi penilaian paling besar terletak pada portofolio.

A. Jurusan Kuliah Bagi yang Punya Passion Kesenian

Jurusan kuliah yang berhubungan dengan seni bisa dibilang mulai banyak dilirik generasi milenial. Akan banyak pengalaman yang didapatkan selama mengambil jurusan seni.

Dengan banyaknya kemajuan teknologi serta informasi, tentunya produktifitas serta kreatifitas menjadi modal utama. Nah, berikut beberapa jurusan kuliah berikut ini cocok bagi yang memiliki passion di bidang seni.

1. Jurusan Kuliah yang Berhubungan dengan Seni : Jurusan Desain Komunikasi Visual

Jurusan kuliah yang berhubungan dengan seni satu ini memiliki singkatan keren, yaitu DKV. Dalam jurusan seni mahasiswanya akan mendapat materi tentang konsep awal komunikasi serta ungkapan kreatif. Bisa dibilang dalam jurusan kuliah yang satu ini pembelajarannya akan mengutamakan kecakapan dalam seni bahasa.

Konsep pembelajaran yang akan diberikan akan menggunakan berbagai elemen komunikasi. Antara lain yaitu elemen visual, rupa, hingga tata cara dalam penyampaian bahasa secara informatif, kreatif dan persuasif.

Jurusan Desain Komunikasi Visual akan menghasilkan portofolio yang tentunya memiliki nilai seni, komunikasi, serta nilai jual dalam bidangnya Poster, salah satu hasil protofolio mahasiswa DKV. Selain media gambar, poster juga terdapat pesan didalamnya.

Selain itu terdapat pula, foto, serta beberapa media seni cetak lainnya. Sehingga bisa dipastikan dengan memilih DKV sebagai jurusan perkuliahan, mahasiswanya akan mendapat banyak pengalaman serta memiliki prospek masa depan yang menjanjikan.

2. Jurusan Kuliah yang Berhubungan dengan Seni : Jurusan Program Desain Interior

Bagi yang suka dengan seni dekorasi ruangan, program Desain Interior adalah pilihan yang tepat. Mahasiswanya akan diberikan banyak ilmu tentang tata dekorasi ruangan  dengan penataan yang tepat. Dalam jurusan ini, rancangannya akan lebih mengutamakan pada ruangan kantor, rumah, restoran, dan banyak lainnya.

Jurusan Desain Interior memberikan materi tantang perancangan tata letak. Tujuannya agar mahasiswanya dapat memaksimalkan suatu ruangan. Dengan memaksimalkan ruangan, tentunya tata letak, besar kecil, dan komposisinya akan terlihat lebih memiliki nilai estetik.

Selain nilai estetika, materi yang diberikan juga mengutamakan kenyamanan serta memaksimalkan fungsi dari ruangan itu sendiri. Jadi, lulusan program desain interior sudah pasti memiliki keahlian tentang tata letak ruangan. Prospek kerjanya pun cukup menjanjikan dengan kebutuhan produktifitas serta kreatifitas saat ini.

3. Jurusan Kuliah yang Berhubungan dengan Seni : Jurusan Kuliah Seni Rupa

Siapa yang suka menggambar? Bagi yang memiliki passion seni gambar, program kuliah Seni Rupa adalah pilihan yang sangat tepat. Dalam jurusan kuliah yang berhubungan dengan seni ini, mahasiswanya dituntut menciptakan sesuatu yang indah dengan nilai seni tinggi. Dalam seni rupa, nilai guna memang menjadi nomer kesekian.

Beberapa teori dalam jurusan ini mengedepankan mahasiswanya agar memahami konsep awal seni rupa itu sendiri.Selain itu, mahasiswanya juga diwajibkan paham akan nilai-nilai seni yang terkandung dalam sebuah karya seni rupa. Sama halnya dengan jurusan kuliah seni lainnya, program Seni Rupa juga memberikan banyak praktik selama kegiatan perkuliahan kepada para mahasiswanya.

4. Jurusan Kuliah yang Berhubungan dengan Seni : Jurusan Desain Busana

Bagi yang memiliki cita-cita menjadi seorang penata busana ataupun creator busana, program kuliah desain busana adalah program yang tepat. Sebagai kebutuhan dasar manusia, pakaian memiliki nilai fungsi mode serta seni.

Dalam dunia fashion, mode memberikan nilai estetik serta makan tersendiri dalam gaya berbusana. Program kuliah desain busana memang memberikan mahasiswanya pengetahuan terhadap dunia mode.

Ruang kelas perkuliahannya memiliki konsep layaknya sebuah studio desain mode profesional. Dimulai dari cara pembuatan yang serba digital, melalui konsep 2 dimensi hngga finishing pemberian warna serta pemilihan kain semuanya dilakukan dalam sebuah kelas dengan gaya studio mode.

Dalam jurusan ini konsep perkuliahannya memiliki kelas intensif, dengan menghadirkan beberapa pihak professional di bidangnya. Hal ini dilakukan untuk membantu mahasiswanya terus berinovasi serta tetap memiliki orisinalitas karya.

5. Jurusan Kuliah yang Berhubungan dengan Seni : Jurusan Seni Murni

Dengan mengedepankan keterampilan artistik, serta pengembangan ekspresi, program Seni Murni akan memberikan mahasiswanya berbagai informasi serta ketarampilan bidang seni murni. Mahasiswa pada jurusan kuliah yang berhubungan dengan seni ini akan diberikan pondasi awal yang kuat tentang metode artistik sehingga diharapkan kelak akan memberikan kapasitas yang besar dalam mengekspresikan karyanya.

Kurikulum yang diberikan akan berimbang pada media tradisional yaitu melukis, gambar, pahat, media panggung pertunjukkan, dan citra digital. Dari hal tersebut, mahasiswanya akan dinilai untuk penjurusan. Terdapat pembagian jurusan menjadi tiga jurusan, yaitu seni yang berorientasi 2 dimensi, 3 dimensi, atau 4 dimensi.

Selain itu, mahasiswanya akan mendapat materi sejarah, serta studi kritis terhadap dunia seni. Dalam materi tersebut mahasiswanya akan diberi pembelajaran kritik dan tutorial.

Tidak hanya itu, mahasiswa seni murni juga diwajibkan menjelajahi dunia informasi. Melakukan kunjungan seni, ke museum, outlet seni, serta galeri adalah salah satu aspek nyata dalam kurikulum seni murni.

6. Jurusan Kuliah yang Berhubungan dengan Seni : Jurusan Fotografi

Dunia fotografi kini memang tengah digandrungi oleh para milenial. Kurikulum yang diberikan dalam jurusan Fotografi adalah menekankan pada perkembangan teknologi serta pengembangan visi yang dituntut kreatif. Ini bertujuan agar mahasiswanya memiliki konsep pemahaman yang kuat terkait proses cipta gambar.

Tidak hanya aspek teknis yang ditekankan dalam cipta gambar, tetapi juga tentang pendistribusian gambar. Selain itu gambar juga harus memiliki nilai saji, diskusi serta bagaimana gambar itu nantinya di arsipkan.

Jurusan fotografi juga sama-sama memberikan bahasan terkait kualitas teknis serta daya cipta konseptual. Dikarenakan kedua hal tersebut mempunya nilai andil yang sangat penting dalam dunia fotografi. Mahasiswanya akan terus didorong untuk bekerja secara disiplin serta komunikatif.

Mahasiswa jurusan fotografi juga akan mendapat kursus seminar terkait fotografi sehingga nantinya saat magang, mahasiswanya akan memiliki pengalaman secara komersil dengan pendekatan yang inovatif.

7. Jurusan Kuliah yang Berhubungan dengan Seni : Jurusan Seni Tari

Seni tari adalah sebuah pelajaran yang memberikan keleluasaan mahasiswanya untuk mengekspresikan seni dalam diri melalui sebuah gerakan. Dalam pembelajarannya, jurusan kuliah yang berhubungan dengan seni ini mengedepankan mahasiswanya untuk memperagakan pikiran serta emosi jiwa nya dalam tarian.

Dalam seni tari, mahasiswanya akan dikenalkan beberapa program tarian, seperti ballet, modern dance, tap dance, jazz dance, hingga breakdance. Selain itu, dalam program tari yang tak akan ketinggalan adalah tari tradisional yang menjadi kelas awal setiap program tari.

Secara teknis, tari mungkin tidak membutuhkan pendidikan secara formal. Namun untuk berkarir di bidang tari, pendidikan formal dengan arahan serta instruksi dari profesional adalah hal wajib. 

Namun diperlukan ataupun tidaknya, gelar dari universitas memang sangat berpengaruh dalam berkarir pada jenjang profesi yang diinginkan. Mahasiswa yang lulus dengan memperoleh gelar dari universitas lebih mendapat tempat dalam dunia kerja. Nama dari universitas tentunya akan membawa pengaruh terhadap mahasiswa untuk berkarir di kelompok tari professional maupun studio produksi.

8. Jurusan Kuliah yang Berhubungan dengan Seni : Jurusan Teater dan Drama

Ingin menjadi bintang panggung, aktris ataupun aktor? Jurusan yang satu ini bisa jadi tempat untuk bergabung. Program jurusan yang satu ini mengajarkan para mahasiswanya tentang pertunjukkan seni.

Mulai dari seni klasik kontemporer, musical, hingga teatrikal modern akan menjadi modal pembelajaran mahasiswa Teater dan Drama. Selain praktik, mahasiswa Teater dan Drama juga akan mendapatkan teori tentang peran, seni menari, nyanyian hingga pemilihan tata mode. Mahasiswanya akan dibekali beberapa kemampuan khusus.

Mahasiswa jurusan teater dan drama akan dipastikan mampu melakukan analisis terhadap permainan peran. Penyampaian gagasan dalam bentuk ekspresi juga menjadi kemampuan khusus yang diberikan.

Selama perkuliahan dengan durasi 8 semester, mahasiswa Teater dan Drama akan mendapat kajian Dramaturgi. Selain itu manajemen panggung juga menjadi materi perkuliahan yang diberikan. 

Mahasiswa yang lulus dari jurusan Teater dan Drama akan memperoleh gelar sebagai sarjana seni.

9. Jurusan Kuliah yang Berhubungan dengan Seni : Jurusan Seni Musik

Jurusan seni musik merupakan salah satu jurusan yang memilki prospek baik. Dalam jurusan seni musik, mahasiswa tidak hanya mendapatkan ajaran secara teori maupun praktek, tetapi juga pendistribusian hasil karya seni.

Tidak hanya kualitas seni, namun bagaimana hasil karya tersebut memiliki nilai pasar yang menjanjikan. Manajemen program juga menjadi kurikulum wajib bagi mahasiswa seni musik.

Jurusan kuliah yang berhubungan dengan seni ini akan memberikan mahasiswanya kemmapuan yang tentu akan berguna di dunia kerja. Ketangkasan memori serta konsentrasi dalam berkomunikasi akan menjadi kemampuan awal yang dimiliki mahasiswa seni musik. 

Mahasiswa seni musik akan memiliki kemampuan dalam hal self management. Selain itu, mahasiswa seni musik berjiwa dapat menerima kritik serta terus menghasilkan karya yang baik.

10. Jurusan Kuliah yang Berhubungan dengan Seni : Jurusan Televisi dan Perfilman

Ingin menjadi sutradara ternama? Jurusan yang satu ini adalah kunci semua produser dan sutradara film. Dalam kegiatan perkuliahannya, jurusan ini memberikan pengetahuan bagi mahasiswanya dalam proses pembuatan film.

Selain dunia film, aspek akademik dalam jurusan Televisi dan Film adalah membentuk mahasiswanya kreatif dalam program pertelevisian.

Beberapa aspek perkuliahaan jurusan Televisi dan Perfilman mengedepankan segi estetika dan kreatifitas mahasiswanya. Hal-hal yang dipelajari pun tidak jauh dari penggunaan alat-alat syuting. Mulai dari penggunaan kamera, penempatan tata letak cahaya, serta proses editing digital, semuanya dipelajari dalam jurusan ini.

Mahasiswa jurusan televisi dan perfilman juga akan mendapat pembelajaran mengenai manajemen program. Tidak hanya pandai dalam proses produksi, namun mahasiswanya juga harus mampu mengatur budget yang diperlukan dalam proses pembuatan film.

11. Jurusan Kuliah yang Berhubungan dengan Seni : Jurusan Desain Produk

Mungkin banyak yang bertanya, siapa yang merancang gelas, piring, almari dan beberapa produksi kreatif lainnya. Itulah tugas yang diemban oleh para lulusan jurusan kuliah yang berhubungan dengan seni satu ini, yaitu jurusan desain produk.

Dalam jurusan desain produk, mahasiswanya akan diberikan perencanaan serta kemampuan dalam perancangan suatu produk. Mahasiswa desain produk dituntut memiliki beragam ide kreatif. Produk cipta karya mahasiswa desain produk wajib memiliki nilai kenyamanan dalam segi visual, serta nilai komersil di pasaran.

Sama seperti yang lainnya, jurusan yang berhubungan dengan seni selalu memiliki suka duka tersendiri. Setiap mahasiswanya dituntut kreatif serta memiliki integritas yang tinggi pada bidangnya masing-masing.

12. Jurusan Kuliah yang Berhubungan dengan Seni : Jurusan Sastra Bahasa

Seni dalam berkomunikasi memang menjadi modal utama dalam menjali sebuah relasi. Nah hal tersebut menjadi kebutuhan utama hingga saat ini, baik dalam segi formal maupun non formal. 

Linguistik, keindahan dalam berbahasa, kebudayaan, dan karya sastra akan dipelajari oleh mahasiswa sastra. Kebutuhan akan kemampuan multilinguistik hingga saat ini menjadi prioritas dalam memulai jenjang karir. Mahasiswa sastra memang memiliki peluang karir yang lebih banyak, dari bekerja di instansi pemerintahan maupun menjadi jurnalis.

Tentunya untuk menjadi mahasiswa sastra diperlukan tekad serta kemauan yang kuat dalam belajar. Hal tersebut dikarenakan pada setiap bahasa memiliki seni lisan yang berbeda-beda. Jadi kemampuan dalam olah konseptual menjadi modal awal bagi mahasiswa jurusan sastra bahasa.

13. Jurusan Kuliah yang Berhubungan dengan Seni : Jurusan Tata Rias dan Kecantikan

Jurusan kuliah yang berhubungan dengan seni yang satu ini memang dominan dipilih oleh para kaum hawa. Mahasiswa di jurusan ini dituntut mengerti dasar-dasar dalam dunia rias. Jadi jurusan Tata Rias tidak bisa dianggap sepele. Nantinya kurikulum yang diberikan adalah 30 persen teori dan 70 persen praktik.

Teori yang diberikan pun akan lebih ke seputar alat dan bahan yang digunakan serta permodelan yang akan dibuat. Materi ajarnya pun beragam, mahasiswanya akan dikenalkan tata rias lokal, hingga internasional. Selain itu, kemampuan khusus yang akan didapatkan adalah kemampuan dalam mengenali karakter seseorang.

Prospek kerjanya pun cukup menjanjikan, mulai dari penata rias lokal hingga makeup artist professional. Saat ini jurusan tata rias tidak hanya diminati oleh wanita, namun pria juga telah banyak yang terjun.

B. Tips Menentukan Tempat Kuliah di Bidang Seni

Jika telah mantap memilih jurusan kuliah yang berhubungan dengan seni, ada beberapa tips dalam menentukan lokasi yang tepat untuk kuliah. 

Pertimbangan pertama tentunya lokasi, ini akan sangat berpengaruh untuk jenjang karir kedepannya. Idealnya, dalam memilih tempat, mahasiswa harus memilih kota dengan tingkat ketenaran yang tinggi.

Lalu, yang kedua, harus tahu dimana minat seni yang ada dalam diri. Mahasiswa harus tau prospek kedepan yang sesuai dengan keinginannya. Yang terpenting adalah bahwa seni erat kaitannya dengan sejarah, jadi calon mahasiswa harus memilih lokasi dengan nilai sejarah yang tinggi.
Nah, itulah beberapa informasi terkait beberapa jurusan kuliah yang berhubungan dengan seni. Bagi calon mahasiswa yang telah memiliki passion di bidang seni tentunya beberapa pilihan jurusan di atas wajib menjadi bahan pertimbangan. Tidak hanya nilai estetika yang dikedepankan, namun prospek kerjanya pun terbuka lebar dalam dunia kerja saat ini.

Terima kasih atas waktunya, semoga informasi di atas bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.