Jurusan Kuliah yang Berhubungan dengan Komputer (IT)

Jurusan Kuliah yang Berhubungan dengan Komputer -- Jurusan Kuliah untuk Berkarier di Bidang IT, Jurusan Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Kuliah Jurusan IT, Kuliah Jurusan IT Itu Seperti Apa, Universitas Jurusan Ilmu Komputer, Jurusan Ilmu Komputer Kerja Dimana, Mata Kuliah Ilmu Komputer, Jurusan Komputer Untuk IPA dan IPS, Program Studi Komputer.

Kali ini admin akan berbagi informasi mengenai Jurusan Kuliah yang Berhubungan dengan Komputer (IT). Informasi ini ditujukan bagi kalian yang ingin kuliah dan memilih program studi yang berhubungan dengan komputer. Berikut ulasan dan rekomendasi beberapa jurusan yang berhubungan dengan komputer.

https://www.pendaftaranpmb.web.id/

Zaman sekarang di Indonesia pendidikan sampai jenjang kuliah semakin digiatkan. Hal ini dikarenakan pemerintah semakin menyadari pentingnya pendidikan terutama di era industri terbaru saat sekarang. Industri yang menuntut masyarakat untuk melek pendidikan serta teknologi, sehingga tidak heran jika jurusan kuliah yang berhubungan dengan komputer semakin banyak dicari.

Di Indonesia sendiri jurusan kuliah yang berhubungan dengan komputer sudah banyak ditemui. Tidak hanya jurusan yang memang di bawah naungan fakultas ilmu komputer, tapi juga fakultas lain yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya. Lalu apa saja jurusan-jurusan tersebut, serta apa saja yang dipelajari? Simak terus artikelnya.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya jika memasuki industri terbaru saat ini manusia dipaksa untuk melek terhadap teknologi. Hal inilah yang menyebabkan industri kerja menerapkan kualifikasi penguasaan komputer pada salah satu syaratnya. Hal ini juga yang menjadi alasan jurusan kuliah yang berhubungan dengan komputer semakin menjamur di Indonesia, seperti yang ada di bawah ini.

1. Jurusan Teknik Informatika

Salah satu jurusan dari ilmu komputer ini sering juga masuk ke dalam fakultas teknik pada beberapa kampus di Indonesia.

Sebuah jurusan yang mempelajari bagaimana penerapan logika yang berhubungan dengan matematika dalam pengelolaan informasi yang termasuk perubahan data. Pengolahan fakta juga termasuk dalam hal yang dipelajari, dengan memanfaatkan teknologi komputer secara maksimal.

Pada jurusan ini mahasiswa lulusannya diharapkan dapat memiliki kemampuan untuk berpikir secara logis serta terstruktur.

Hal-hal yang dipelajari biasanya berupa algoritma, aljabar, matematika diskrit, bahasa pemrograman, dan hal lainnya yang saling berhubungan dengan matematika juga komputer. Jadi jurusan ini tidak hanya seputar teknik, tapi juga ilmu matematika.

2. Mobile Aplication dan Technology

Jurusan apa ini? Mungkin hal inilah yang terlintas pertama kali saat membaca nama jurusan di atas. Hal ini maklum karena jurusan ini baru hadir sekitar tahun 2011 ke atas sebagai jawaban atas kebutuhan aplikasi mobile. Meskipun bernama mobile, tapi jurusan ini 80% media pembelajarannya menggunakan komputer.

Hal-hal yang menjadi mata kuliah dalam jurusan ini diantaranya, konsep aplikasi mobile, pemrogaman aplikasi mobile, dasar pemrogaman, pengembangan software, sistem komputer, dll. Semua hal inilah yang dipelajari dalam jurusan ini, dan semuanya hampir menggunakan komputer. Dalam hal prospek kerja sendiri jurusan ini memiliki banyak lapangan kerja, sehingga tidak usah khawatir.

3. Sistem Informasi

Sebuah jurusan baru dalam fakultas komputer, namun peminatnya sangat banyak bahkan masuk ke dalam jurusan populer. Jurusan ini merupakan campuran managemen bisnis, ekonomi manajemen, serta ilmu komputer. Meski begitu jurusan ini tetap fokus terhadap software namun penerapannya tetap tentang bisnis perusahaan. Hal inilah yang menyebabkan pembelajaran ekonomi manajemen terasa disini.

Sistem informasi mengenalkan serta mengajarkan landasan ilmu pengetahuan serta penerapan teknologi informasi dalam sebuah organisasi.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya terkait pembelajaran utama dalam perkuliahan ini, seluruh mahasiswa dibekali dengan materi tersebut. Jurusan ini juga mengajarkan cara membuat program aplikasi untuk perusahaan, sehingga aspek yang paling dipelajari adalah analisis.

4. Teknologi Game

Jurusan ini terhitung jurusan baru yang sangat cocok untuk kaum milenial yang akrab dengan dunia gaming. Sebuah jawaban dari pertanyaan skeptis masyarakat Indonesia terhadap para penyuka game, terkait masa depannya. Jadi adanya jurusan ini ibarat angin segar bagi gamer. Meski terhitung jurusan baru, jurusan ini sudah banyak tersedia di Indonesia.

Lalu apa yang dipelajari dalam jurusan ini? Tentu hal-hal yang berkaitan dengan game. Hal-hal tersebut diantaranya, merancang cerita game, merancang sistem dan model karakter, membuat storyboard dan animasi, serta pengembangan program. Semua hal tersebut diharapkan dapat diterapkan oleh para lulusannya dalam sektor industri yang tersedia.

5. Ilmu Komputasi

Perhatikan baik-baik nama jurusannya, betul ini ilmu komputasi bukan ilmu komputer. Sebuah jurusan yang mengembangkan suatu pemahaman antara matematika, sains melalui sebuah teknik simulasi. Sehingga diharapkan mahasiswa dapat memperoleh pengetahuannya secara langsung melalui penerapan ilmu komputer. Jadi jurusan ini merupakan penggabungan antara matematika, sains, serta teknologi dalam bentuk ilmu komputer.

Dalam pembelajarannya jurusan ini menggabungkan antara nalar, menghitung, serta komputasi. Materi-materi tersebut diantaranya computational experiment, computational mathematics, serta parallel computing.

Bagi para lulusan jurusan ini, tidak perlu khawatir akan prospek kerjanya, karena sangat banyak. Prospek kerja diantaranya, databaseengineer, System AnalystEngineer, IT supportengineer, modellingengineering, dan lain-lain.

6. CyberSecurity

Zaman sekarang hampir semua kegiatan dilakukan melalui media internet, salah satu yang paling sering dilakukan adalah kegiatan belanja. Kegiatan yang biasanya menggunakan pembayaran secara online juga, sehingga kadang menimbulkan kekhawatiran penggunanya. Menjawab kekhawatiran tersebut hadirlah jurusan yang mempelajari keamanan di dunia online, dengan nama cybersecurity.

Cybersecurity pada dasarnya mempelajari tentang perlindungan komputer, program, jaringan, serta informasi pribadi agar terjamin keamanannya. Tentu semua perlindungan tersebut wajib dipelajari dasarnya.

Sebagai contoh perlindungan komputer, mahasiswa perlu mengerti program komputer, perangkat keras, serta keamanan dasar pada komputer. Jadi tidak hanya berkisar perlindungan, tetapi hal dasar internet juga dipelajari.

7. Bioinformatika

Sebuah jurusan yang mempelajari tentang pengelolalaan serta menganalisis informasi biologis melalui penerapan komputer tepatnya teknik komputasional. Salah satu fokus dari bioinformatika adalah basis data yang dapat memprediksi bentuk struktur protein, RNA, serta analisis ekspresi gen. Semua hal tersebut dilakukan menggunakan perangkat komputer.

Jurusan ini sendiri meskipun belum terlalu populer, namun sudah banyak diajarkan oleh perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Perguruan tinggi yang negeri maupun swasta sudah banyak memasukkan ilmu ini untuk diajarkan.

Dalam hal prospek kerja sendiri jurusan ini sudah banyak peminatnya. Jadi tidak usah khawatir jika ingin memasuki jurusan ini.

8. Sistem Komputer

Sebuah jurusan yang merupakan perpaduan antara jurusan teknik elektro dengan teknik informatika. Hal inilah yang menyebabkan pembelajaran di jurusan ini memiliki banyak fokus terhadap pembelajaran hardware komputer. Jurusan ini terkadang juga disebut sebagai teknik komputer, namun jelas keduanya memiliki perbedaan.

Hal-hal yang dipelajari biasanya desain konstruksi komputer, desain, serta sistem yang memiliki basis komputer.

Lulusan dari jurusan ini biasanya mampu untuk menganalisis, merancang, serta mengimplementasikan kinerja suatu sistem komputer. Selain itu juga mempelajari tentang meningkatkan kinerja sistem aplikasi. Jadi jurusan ini sangat cocok bagi pecinta komputer.

9. Sistem Informasi Bisnis

Jurusan kuliah yang berhubungan dengan komputer selanjutnya adalah perpaduan antara komputer dengan manajemen bisnis, sehingga masuk ke dalam ilmu terapan. Pembelajaran dalam ilmu ini seputar tentang akuntansi, manajemen, keuangan, marketing yang semuanya berbasis komputer. Jadi penggabungan ilmu tersebut diharapkan mampu membuat lulusannya tidak hanya mengerti bisnis tapi juga teladan dalam komputer.

Fokus utama dalam jurusan ini diantaranya, business intelligent, enterprise resource system, keamanan sistem informasi, serta online marketing. Selain itu information system, organisation issues, serta bisnis berbasis aplikasi juga menjadi kajian utama ilmu ini. Sehingga yang memiliki ketertarikan dengan bisnis yang berbasis komputer, bisa memilih jurusan ini.

10. Software Engineering

Bagi yang menyukai matematika namun juga ingin mempelajari komputer lebih lanjut, maka tidak ada salahnya memilih jurusan ini. Softwareengineering merupakan jurusan pencampuran antara kerumitan matematika tingkat tinggi dengan pengembangan sebuah aplikasi. Hal ini dikarenakan jurusan ini mempelajari algoritma kompleks yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak.

Jurusan ini tidak hanya mempelajari bagaimana merancang serta menguji software yang telah dibuat. Selain itu jurusan ini juga mempelajari tentang bagaimana cara merubah serta mengembangkan perangkat piranti lunak.

Untuk peluang kerja sendiri jurusan kuliah yang berhubungan dengan komputer ini memiliki prospek yang masih cerah.

11. Sistem dan Teknologi Informasi

Selanjutnya ada jurusan yang masih baru di Indonesia yakni, jurusan sistem dan teknologi informasi. Kompetensi yang diajarkan dalam jurusan ini salah satunya adalah analisis dan sintesis secara sistematik terhadap suatu bidang persoalan. Sehingga diharapkan lulusannya dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang terkait.

Jurusan ini memadukan antara bisnis dengan teknologi informasi secara seimbang. Sehingga jurusan ini diharapkan dapat menganalisis permasalahan, dan menyelesaikan permasalahan yang ada dengan teknologi informasi. Jadi hal ini juga yang menjadi pembeda antara sistem dan teknologi informasi, dengan jurusan yang lain terutama informatika.

12. Computerized Accounting

Sebuah jurusan yang memadukan antara finansial dengan teknologi komputer. Computerizedaccounting memadukan antara akuntansi dan keuangan dengan pengetahuan untuk merancang, mengembangkan, serta mengoperasikan software yang berkaitan dengan hal tersebut. Perangkat lunak tersebut digunakan untuk persiapan serta presentasi laporan keuangan, serta mengevaluasi bisnis, dan lain-lain.

Program studi ini diciptakan agar mampu menyelesaikan permasalahan finansial, pekerjaan akunting dengan lebih terarah serta cepat.

Hal-hal yang dipelajari dalam jurusan ini diantaranya, business aplication development, information system concept, costaccounting, pengenalan database, taxation accounting, dan lain-lain.. 

Prospek kerja dari jurusan ini masih sangat cerah karena peminatnya yang belum terlalu banyak.

13. Information Systems Audit

Jurusan ini mempelajari tentang proses auditing internal biasanya terhadap suatu sistem akuntansi yang berbasis teknologi. Seiring berjalannya waktu IT audit ini mulai banyak peminatnya. 

Hal tersebut tentu dikarenakan banyaknya perusahaan yang telah menerapkan sistem berbasis komputer. Sehingga diharapkan ada seseorang yang mampu mengawasi dan mengendalikan keuangan yang berbasis komputer.

Jurusan ini mempelajari banyak hal berkaitan dengan pemeriksaan serta pengawasan. Hal-hal tersebut diantaranya, konsep sistem, bisnis statistic, pengenalan program, kewirausahaan, pengelolaan data dan informasi, serta masih banyak lagi.

Sebagai lulusan jurusan ini salah satu sikap yang harus dimiliki adalah teliti. Karena jurusan ini berkaitan dengan pengawasan.

14. Accounting Information

Accounting information atau sistem informasi akuntansi sesuai dengan namanya merupakan perpaduan dari akuntansi dengan sistem informasi. Jurusan ini menjawab kebutuhan para alih IT yang terkadang terjun ke dunia bisnis. Hal yang memaksa mereka untuk mempelajari juga mengerti tentang ilmu manajemen serta keuangan.

Dalam jurusan ini hal-hal yang dipelajari dasar-dasar bisnis serta akuntansi dan ilmu untuk merancang dan membangun sistem informasi yang berbasis informasi. Ilmu ini memungkinkan para lulusannya memanajemen transaksi, gaji, biaya kas, dan lain-lain melalui sistem komputer.

Hal yang dipelajari diantaranya, akuntansi, program, businessprocess fundamental, pengalaman pengguna, serta hal lain yang berkaitan.

15. Ilmu Komputer

Ilmu komputer merupakan jurusan kuliah yang berhubungan dengan komputer yang paling populer. Jurusan ini mempelajari tentang hal-hal paling dasar yang berhubungan dengan komputer. Selain itu jurusan ini juga mempelajari prinsip dasar programming. Jadi jangan kaget jika algoritma juga dipelajari dalam jurusan ini, karena masih masuk prinsip programming.

Setelah mempelajari hal-hal yang terkait hal dasar sistem komputer serta programming, maka saatnya mempelajari ilmu lanjutan. Ilmu lanjutan tersebut diantaranya, teknologi perangkat lunak, pengolahan media informasi, kecerdasan komputasional, dan arsitektur serta infrastruktur IT. Semua pembelajaran ini memiliki unsur matematika yang membutuhkan logika. Ilmu ini dipadankan dengan teknik komputer.

16. Desain Komunikasi Visual

Bagi yang menyukai seni dan komputer dapat memilih jurusan yang satu ini. Jurusan ini mempelajari bagaimana merancang serta menggambar yang dipadukan dengan teknologi digital.

Selain menggabungkan seni dengan teknologi, jurusan ini juga memiliki keunikan lain yaitu tidak adanya mata kuliah berbau matematika. Hal ini diketahui dari cerita para lulusannya.

Dalam jurusan ini akan dibahas secara menyeluruh tentang merancang(design), ilustrasi, animasi, desain web, fotografi, dan hal lain yang berkaitan dengan dunia seni. Jadi tidak heran jika dari semester satu sampai akhir, pasti selalu ada pembelajaran seni, meskipun ada pembelajaran tentang teknologi, tapi seni tetap dominan.

17. Jurusan Animasi

Sebuah jurusan yang merupakan anak dari jurusan sebelumnya yakni DKV. Dalam jurusan animasi ini tentu jurusan yang dipelajari benar-benar akan terfokus pada pembuatan animasi berbasis komputer. Jurusan ini akan mempelajari seluk beluk animasi, dimulai dari menggambar sampai penerapan animasi pada perangkat teknologi.

Berbeda dengan DKV yang hanya mempelajari animasi sebagai salah satu mata kuliahnya, jurusan animasi lebih mendalam lagi dalam mempelajari animasi. Dalam hal prospek kerja sendiri para lulusan ini tidak perlu merasa khawatir, karena sudah banyak industri kreatif yang siap menampung.

18. Desain Grafis

Satu lagi jurusan yang masuk ke dalam fakultas seni, dan dulunya merupakan anak dari DKV yaitu, desain grafis. Salah satu jurusan yang menggabungkan antara seni konvensional dengan teknologi digital ini merupakan yang paling populer, serta banyak peminat. Hal ini dikarenakan prospek kerja pada jurusan ini sangat terbuka lebar, dan cerah untuk para lulusannya.

Hal-hal yang dipelajari dalam jurusan ini adalah desain fundamental, fotografi, typografi, creativedrawing, serta sejarah dari desain grafis itu sendiri. Melihat beberapa materi tersebut tentu dapat dibayangkan bagaimana detailnya desain grafis dalam hal seni. Tidak hanya itu tapi, design grafis juga mempelajari basis teknologi seperti aplikasi diantaranya, photoshop, coreldraw, inkscape, dan lain-lain.

19. Penyiaran

Sebuah jurusan yang mempelajari seluk beluk dunia penyiaran ini, ternyata masih berhubungan erat dengan komputer. Di zaman sekarang semua televisi sudah menggunakan komputer untuk mengendalikan penyiaran yang ada. Sehingga tidak heran jika sedari kuliah, mahasiswanya sudah dibekali ilmu penyiaran berbasis teknologi.

Beberapa hal yang dipelajari dalam dunia broadcastingdiantaranya, produksi acara tv, penulisan naskah drama, pengantar ilmu komunikasi, dan masih banyak lagi. Semua materi tersebut dipelajari dengan basis teknologi yang kuat dalam hal ini komputer, perangkat audio, kamera, dan hal lainnya. Jurusan ini masuk ke dalam jurusan populer di kalangan milenial.

20. Manajemen Bisnis Telekomunikasi Informatika

Jurusan kuliah yang berhubungan dengan komputer yang terakhir adalah manajemen bisnis telekomunikasi informatika atau disingkat MBTI. Jurusan yang ada di bawah naungan fakultas ekonomi ini memang fokus utamanya adalah pengelolaan suatu bisnis, tapi juga mempelajari ilmu komputer. Hal yang dipelajari biasanya mendasari teknologi informasi dibidang bisnis itu sendiri.

Materi yang dipelajari pada jurusan ini diantaranya manajemen bisnis, ekonomi digital baru, e-commerce, e-culture, dan lain-lain..

Melihat materi yang akan dipelajari maka tidak heran jika MBTI ini erat kaitannya antara bisnis dengan komputer. Hal ini dikarenakan jurusan ini nantinya akan mengolah sistem informasi berbasis teknologi yang berkaitan dengan bisnis atau keuangan.

Baca Juga :

Itulah tadi pembahasan dari 20 jurusan kuliah yang berhubungan dengan komputer yang kesemuanya memiliki prospek menjanjikan. Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa saat ini zaman sudah memasuki era industri terbaru saat ini sehingga tidak ada salahnya jika mulai berpikir untuk masuk ke jurusan yang berkaitan dengan komputer namun, masih sesuai dengan minat utama.