Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Bank

Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Bank -- Jika Ingin Menjadi Pegawai Bank Harus Ngambil Jurusan Apa, Jurusan Kuliah Yang Bisa Kerja Di Kantor, Jurusan Kuliah Untuk Menjadi Teller Bank, Lulusan Yang Dicari Bank, Jurusan Kuliah Perbankan, Jurusan Kuliah Yang Sulit Mendapat Pekerjaan, Apakah Jurusan Sistem Informasi Bisa Bekerja Di Bank, Jurusan Kuliah Yang Paling Dibutuhkan Didunia Kerja, Kerja di Bank dengan Gaji Besar, Lulus Kuliah Kerja di Bank.

Kali ini admin akan berbagi informasi mengenai Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Bank. Informasi ini ditujukan bagi para pencari kerja terutama yang ingin sekali kerja di Bank. Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

https://www.pendaftaranpmb.web.id/

Kebanyakan dari anak muda di Indonesia mengincar pekerjaan di bank. Bahkan saat sebelum masuk ke jenjang perkuliahan, mereka menginginkan masuk ke jurusan kuliah yang bisa bekerja di bank. Hal tersebut dikarenakan gaji yang diterima ketika bekerja di bank bisa dibilang sangat besar. Tentu saja anak muda di Indonesia tertarik untuk bekerja di bank.

Tidak hanya sekedar berminat dengan gaji yang diterima saja, anak muda di Indonesia juga beberapa ada yang berminat dengan seluk beluk dunia perbankan. Seperti yang banyak orang tahu bahwa sistem perbankan di Indonesia sangat menarik untuk dipelajari. Dari alasan tersebut, anak muda sangat tertarik untuk bekerja di bank.

A. Macam-macam Jurusan Kuliah Yang Bisa Bekerja Di Bank

Bagi yang sudah lulus SMA kemudian memiliki cita-cita untuk bekerja di bank, tentu banyak yang menyarankan untuk kuliah. Ada banyak jenis jurusan kuliah yang bisa bekerja di bank dan nantinya mampu mewujudkan cita-cita para anak muda.

Berikut adalah beberapa macam jurusan kuliah yang bekerja di bank.

1. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Bank : Jurusan Manajemen

Di berbagai perguruan tinggi di Indonesia, jurusan manajemen menjadi salah satu yang diminati dan banyak yang mendaftar ke jurusan ini. Para pendaftar kuliah bersaing dengan ketat untuk masuk ke jurusan ini. Dalam setiap penerimaan mahasiswa baru, jurusan manajemen menempati posisi atas dan membuktikan bahwa jurusan ini sangat menjanjikan.

Di samping itu, jurusan manajemen memiliki peluang kerja yang luas. Setiap unsur perusahaan di Indonesia pasti membutuhkan lulusan manajemen.

Ada banyak konsentrasi jurusan manajemen yang mana di antaranya adalah manajemen keuangan. Konsentrasi manajemen keuangan ini mempelajari teknik dan analisa pengolahan keuangan.

Bagi yang setelah lulus kuliah ingin bekerja di bank, maka bisa masuk kuliah ke jurusan manajemen. Jika nantinya bekerja di bank, lulusan manajemen akan diterima di bagian-bagian yang berhubungan dengan manajemen.

Seperti enabler, market, moneter, SPPUR atau sistem pembayaran dan pengelolaan uang rupiah, dan SSK atau stabilitas sistem keuangan.

2. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Bank : Jurusan Keuangan

Selain jurusan manajemen, kuliah jurusan keuangan menjadi salah satu jurusan kuliah yang bisa bekerja di bank. Hal ini masih dirasa masuk akal jika kuliah di jurusan keuangan dan kemudian bekerja di bank. Secara garis besar, jurusan ini memiliki peluang kerja yang sama luasnya dengan jurusan manajemen dan lebih terjamin dibandingkan jurusan lainnya.

Jurusan keuangan memiliki kelebihan yang mana fokusnya lebih sempit bila dibandingkan dengan jurusan lainnya. Meskipun fokus jurusannya sempit, tapi untuk lapangan kerja sangat luas.

Di jurusan keuangan ini, anak muda akan belajar mengenai cara meningkatkan lembaga perantara untuk pihak nasabah dan pihak perbankan. Keahlian yang akan didapat dari jurusan ini bermacam-macam, salah satunya kemampuan untuk melakukan analisis terhadap keuangan.

Dalam jurusan keuangan, anak muda akan dituntut untuk memiliki kemampuan bekerja sama dalam tim serta berkomunikasi. Hal tersebut dikarenakan nantinya lulusan jurusan keuangan akan berhadapan dengan banyak orang.

3.Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Bank : Jurusan  Hukum

Siapa sangka jika mahasiswa jurusan hukum bisa bekerja di bank. Nantinya jika sudah lulus kuliah dari jurusan hukum, selanjutnya akan ditempatkan di bank pada posisi enabler.

Enabler ini tidak hanya pada satu bidang saja, akan tetapi masuk ke bagian auditor risiko dan umum, dukungan organisasi, dan auditor hukum. Banyak bank-bank di Indonesia yang membutuhkan lulusan dari jurusan hukum.

Jurusan kuliah hukum merupakan jurusan kuliah yang bisa bekerja di bank dan mempelajari kegiatan bisnis dan kehidupan kemasyarakatan. Ilmu seputar perundang-undangan juga dipelajari di jurusan kuliah ini termasuk hukum tata negara, pidana, perdata, konstitusi, dan lain-lain. Di samping ilmu yang menarik untuk dipelajari, ternyata jurusan ini peminatnya banyak.

Untuk kuliah di jurusan hukum, beberapa perusahaan mengharuskan untuk melanjutkan kuliah hingga S2. Rata-rata gaji pertama yang diterima dari lulusan hukum berada di kisaran Rp. 4.000.000 tergantung dari kemampuan, tempat dan lain-lain.

Sedikit fakta menarik mengenai jurusan ini, daya tampung dari jurusan hukum sangat besar sehingga calon mahasiswa bisa berkesempatan untuk masuk ke jurusan hukum. Di samping itu, hampir seluruh perguruan tinggi di Indonesia menawarkan kuliah jurusan hukum.

4. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Bank : Jurusan Psikologi

Ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia ini memungkinkan lulusannya untuk bekerja di bank. Jurusan yang bekerja di bank ini memiliki peminat yang sedikit jika dibandingkan dengan manajemen. Akan tetapi di era sekarang ini dengan kesadaran orang terhadap kesehatan mental, banyak orang yang ingin kuliah di jurusan psikologi.

Jurusan psikologi memiliki keunggulan di antaranya banyak dibutuhkan di beberapa perusahaan besar, seperti BUMN, pemerintahan swasta dan negeri termasuk bank. Umumnya lulusan psikologi akan ditempatkan di bagian personalia yang mana tujuannya untuk membantu mengelola sumber daya manusia. Lulusan jurusan psikologi biasanya mempunyai fungsi assesment yang kuat.

Rentang waktu kuliah di jurusan psikologi ini umumnya berjalan selama 8 tahun atau 4 semester. Dalam waktu tersebut, mahasiswa psikolog akan mempelajari tentang bagaimana karakter manusia. Nantinya mahasiswa psikologi akan terbiasa menerima pribadi manusia dengan apa adanya dan memandang manusia dari sisi yang berbeda.

5. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Bank : Jurusan Hubungan Internasional

Selain jurusan psikologi, jurusan kuliah yang bisa bekerja di bank dan tidak disangka bisa diterima di bank adalah hubungan internasional. Biasanya mahasiswa lulusan hubungan internasional yang melamar pekerjaan di bank akan ditempatkan pada bagian moneter.

Bagian moneter di bank ini sangat berkaitan dengan kondisi ekonomi makro dan mikro secara internasional. Selain mengetahui kondisi ekonomi makro dan mikro, mahasiswa jurusan hubungan internasional akan mengetahui inflasi rupiah.

Jurusan hubungan internasional akan mempelajari mengenai politik global beserta keamanannya, konflik di berbagai negara, hubungan antar negara, dan masih banyak lagi. Tidak hanya sampai di situ saja, cakupan materi di jurusan hubungan internasional masih lebih luas lagi.

Bagi calon mahasiswa yang tertarik untuk masuk kuliah jurusan hubungan internasional, nantinya akan dilatih menjadi seseorang yang siap untuk go international.

Peluang kerja dari jurusan hubungan internasional tidak hanya dari dalam negeri saja, tetapi dari luar negeri. Itulah mengapa kuliah jurusan ini sangat menjanjikan dan lulusannya diincar oleh banyak perusahaan.

6. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Bank : Jurusan Statistika

Untuk calon mahasiswa yang suka dengan pelajaran matematika dan tertarik untuk bekerja di bank, tidak ada salahnya untuk masuk ke jurusan statistika. Jurusan kuliah ini menjadi cabang dari jurusan ilmu matematika yang mana fokus pada pengolahan data. Hal yang akan dipelajari nantinya adalah mengolah data menjadi bahasa yang mudah dipahami.

Banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan jurusan statistika karena di zaman sekarang ini seorang ahli statistika sangat dibutuhkan di hampir semua perusahaan.

Tidak hanya di perusahaan swasta dan pemerintahan saja, akan tetapi di bank juga membutuhkan lulusan statistika. Pekerjaan yang akan didapatkan oleh lulusan statistika di bank kurang lebih sama seperti lulusan manajemen.

Kuliah di jurusan statistika ini tidak melulu soal berhitung saja akan tetapi juga fokus pada analisis data yang dibantu dengan beberapa aplikasi. Jenjang kuliahnya juga sekitar 4 tahun atau 8 semester. Lulusan statistika juga bisa melanjutkan ke pascasarjana ke S2 matematika kemudian fokus pada studi statistika.

7. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Bank : Jurusan Ekonomi Syariah

Indonesia menjadi salah satu negara yang mana berada di peringkat 10 besar dalam urusan ekonomi syariah. Posisi tepatnya adalah posisi pertama. Dari jumlah perbankan syariah dan konsumen keuangan syariah, Indonesia menjadi yang pertama. Hal ini dipengaruhi dengan banyaknya orang yang mulai beralih dari bank konvensional ke bank syariah sesuai dengan hukum islam.

Dewan pengawas syariah di Indonesia termasuk yang paling besar di dunia. Bankir syariah di Indonesia juga menjadi yang terbanyak di dunia. Hal ini membuktikan bahwa jurusan ekonomi syariah sangat diterima di Indonesia. Apalagi ditambah dengan Indonesia yang mayoritas beragama Islam.

Dengan jurusan ekonomi syariah, lulusan dari jurusan ini sangat memungkinkan untuk bekerja di bank syariah. Beberapa tahun ini sudah banyak bank syariah yang ada di Indonesia dan hal ini memungkinkan lulusan ekonomi syariah untuk bekerja di bank syariah. Sama seperti halnya dengan lulusan manajemen, lulusan ekonomi syariah akan ditempatkan pada posisi yang sama.

8. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Bank : Jurusan Ilmu Komunikasi

Komunikasi memang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia sehingga jurusan ilmu komunikasi tidak akan mati. Setelah lulus dari jurusan ilmu komunikasi, lulusannya akan memiliki kemampuan berbicara, menulis, dan mendengarkan dengan baik. Tidak cukup sampai di situ saja, lapangan pekerjaan dari jurusan ini sangat terbuka lebar termasuk untuk bekerja di bank.

Lulusan ilmu komunikasi pada gaji pertamanya sangat bervariatif dan kompetitif. Alasan tersebut tentu membuat jurusan ilmu komunikasi sangat diminati oleh banyak orang

Selain itu, banyak perguruan tinggi negeri dan swasta yang menyediakan jurusan ilmu komunikasi. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk mencoba mendaftar di ilmu komunikasi.

Untuk calon mahasiswa yang ingin kuliah dengan lowongan kerja yang luas, bisa dicoba untuk kuliah di jurusan komunikasi. Di dunia perbankan, lulusan jurusan komunikasi akan ditempatkan di bidang pendukung atau dalam istilah perbankan disebut dengan enabler. Hal ini sama seperti dengan lulusan jurusan hukum, sistem informasi, dan lain-lain.

9. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Bank : Jurusan Teknik Informatika

Pada era revolusi industri 4.0 ini, jurusan yang berhubungan dengan informatika memiliki peluang untuk bekerja di perusahaan-perusahaan besar termasuk bekerja di bank. Perkembangan teknologi saat ini juga membuat jenjang karir yang bergengsi bisa didapatkan setelah lulus dari jurusan teknik informatika.

Kuliah di teknik informatika ini tidak hanya seputar memasang aplikasi saja akan tetapi juga diajarkan bagaimana cara membuat aplikasi. Kesehariannya para mahasiswa teknik informatika akan berkutat dengan bahasa pemrograman. Tidak hanya itu, mahasiswa teknik informatika juga akan belajar bagaimana cara memecahkan berbagai masalah.

Lulusan teknik informatika bisa bekerja di bank yang mana lebih tepatnya adalah bekerja menjadi pengembang aplikasi. Di zaman sekarang ini banyak aplikasi yang dikembangkan terkait dengan perbankan.

Hal itulah yang membuat lulusan teknik informatika bisa bekerja di bank sehingga jurusan teknik informatika menjadi pilihan jurusan kuliah yang bisa bekerja di bank.

10. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Bank : Jurusan Akuntansi

Sudah sewajarnya jika mahasiswa jurusan akuntansi bekerja di bank. Hal ini dikarenakan mata kuliah yang dipelajari nantinya bisa diterapkan di dunia perbankan. Kebanyakan bank juga menerima lulusan mahasiswa dari jurusan akuntansi dengan tingkat yang beragam. Persaingan ketat juga terjadi dalam jurusan ini karena peminat jurusan ini sangat banyak.

Baca Juga :

B. Tips Agar Diterima Kerja Di Bank

Setelah mengetahui apa saja jurusan kuliah yang bisa bekerja di bank, selanjutnya para mahasiswa bisa mengetahui apa saja tips agar bisa diterima bekerja di bank. Perlu diketahui bahwa untuk diterima bekerja di bank ini tidak mudah. Untuk itu berikut adalah beberapa tips agar bisa diterima bekerja di bank.

1. Membentuk Kepribadian Yang Baik

Salah satu tips yang patut dicoba ketika para freshgraduate yang ingin mendaftar di bank adalah membentuk kepribadian yang baik. Bekerja di bank yang mana merupakan bidang jasa sangat berkaitan erat dengan masyarakat sehingga harus memiliki kepribadian yang baik. Usahakan dalam bekerja di bank, para mahasiswa memiliki tingkat kesabaran yang tinggi serta murah senyum.

Selain itu, bekerja di bank harus cermat dan teliti. Apabila ada kesalahan sedikit saja, tidak jarang atasan akan menegur karyawannya yang tidak teliti. Biasanya orang yang sangat teliti dan cermat mampu bertahan dalam bekerja di bank. Maka dari itu, untuk bisa bekerja di bank harus sabar, murah senyum, dan teliti.

2. Berpenampilan Menarik

Beberapa perusahaan di Indonesia menerapkan standar berpenampilan menarik dalam setiap lowongan kerja. Masih berhubungan dengan poin di atas yang mana bank ini berhadapan dengan masyarakat, untuk itu para karyawan bank dituntut untuk berpenampilan menarik. Dengan berpenampilan menarik, banyak orang tentu akan tertarik.

Tidak hanya saat bekerja di bank saja, akan tetapi juga ketika melamar pekerjaan di bank. Usahakan untuk berpakaian rapi saat melakukan wawancara dengan HRD. Kenakan parfum yang tidak berlebihan serta mengenakan sepatu yang sesuai. Tujuannya tentu saja agar HRD tertarik untuk merekrut calon karyawan yang dirasa berpenampilan menarik.

3. Mengenal Produk Dari Bank Yang Ingin Dilamar

Bagi para mahasiswa yang ingin melamar pekerjaan di bank, usahakan untuk mengenal apa saja produk dari bank yang ingin dilamar. Carilah informasi yang sebanyak-banyaknya mengenai sebuah bank karena nantinya bank akan menanyakan apa saja produk yang dimiliki oleh bank tersebut. Kelebihan dan kekurangan dari bank tersebut juga akan ditanyakan saat wawancara.

Dengan mengenal produk bank secara menyeluruh, kemungkinan besar mahasiswa bisa diterima bekerja di bank. Jangan lupa untuk menjawab motivasi untuk bergabung bekerja di bank tersebut. Jawablah pertanyaan tersebut dengan wajar dan jujur.

Salah satu faktor yang membuat calon karyawan bisa diterima adalah kejujuran dari jawaban yang dilontarkan ketika wawancara.

4. Menjawab Gaji Dengan Alasan Yang Masuk Akal

Salah satu hal yang paling sensitif ketika wawancara adalah ditanya seputar gaji. Hal tersebut memang harus diperjelas ketika wawancara. Usahakan untuk menjawab jumlah gaji dengan mantap dan dengan alasan yang masuk akal. Dengan itu, mahasiswa yang mendaftar di bank memiliki kesempatan untuk bekerja di sebuah bank.

5. Membuat Surat Lamaran Yang Menarik

Tidak cukup dengan wawancara saja, jangan lupakan surat lamaran yang mana harus dibuat dengan menarik. Surat lamaran ini harus dibuat dengan menarik dan mampu membuat HRD tertarik dengan lamaran yang dikirim. Selain itu jangan sampai membuat CV yang terlalu mewah, usahakan buat CV yang menggambarkan diri sang pelamar pekerjaan.

Bekerja di bank menjadi salah satu keinginan setiap orang. Gaji yang dijanjikan sangat besar sehingga banyak orang yang tertarik untuk bekerja di bank. Akan tetapi sebelum bekerja di bank, banyak orang yang menyarankan untuk kuliah. Maka dari itu ketahui apa saja jurusan kuliah yang bisa bekerja di bank supaya nantinya tidak salah jurusan.

Baca Juga :

Itulah beberapa Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Bank. Silahkan pilih salah satu jurusan kuliah yang kalian minati dan berpotensi menjanjikan di masa depan. Terima kasih dan semoga bermanfaat.