Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPA dan Anak IPS

Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPA dan Anak IPS -- Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPA dan IPS, Mengenal Jurusan Kuliah untuk Program IPA dan IPS, Daftar Jurusan Kuliah untuk Lulusan IPA dan IPS Terbaru, Jurusan Kuliah Paling Cocok Buat Kamu Anak IPS dan IPA, Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Anak IPA dan IPS, Pilihan Jurusan Kuliah Terbaik Untuk Anak IPA dan IPS, Daftar Lengkap Jurusan Kuliah IPA dan Jurusan Kuliah IPS, Jurusan Kuliah Gaji Tinggi

Informasi yang admin bagikan kali ini berjudul Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPA dan Anak IPS. Informasi ini ditujukan bagi kalian yang masih duduk di bangku sekolah atau yang telah lulus dari sekolah dan berniat untuk kuliah dan mungkin saja masih bingung dalam menentukan jurusan kuliah.

Artikel di bawah ini bermaksud untuk memberikan gambaran mengenai jurusan-jurusan kuliah yang bisa dipilih oleh anak IPA atau anak IPS. Untuk mengetahui informasinya, langsung saja simak di bawah ini.

https://www.pendaftaranpmb.web.id/

Pendidikan adalah satu hal penting yang harus dijalankan oleh setiap orang. Dalam hal pendidikan ini, saat sudah lulus SMA, pastinya banyak yang ingin meneruskan ke perguruan tinggi dan memilih jurusan yang sesuai. Namun, terkadang mereka dilanda kebingungan.

Tak hanya dirasakan dalam hal memilih kampus saja, kebingungan lain yang banyak dirasakan oleh anak-anak lulusan SMA sederajat yaitu pada saat mereka menentukan program studi. 

Karena pilihan program studi ini begitu erat kaitannya dengan proses kuliah serta berbagai rencana untuk masa depan anda. Oleh sebab itu, jangan asal-asalan di dalam memutuskan jurusan kuliah yang cocok untuk anak IPA atau IPS.

Mengenal jurusan kuliah dengan baik bisa memberikan kemudahan untuk anda di dalam memilih program studi yang tepat dan sesuai dengan jurusan anda sebelumnya. Memilih jurusan kuliah sebaiknya juga dilakukan dengan benar. Sebab sangat menentukan masa depan. 

Jika anda salah di dalam menentukan jurusan kuliah sejak awal, maka kedepannya anda akan merasakan kesulitan. Yang terjadi, justru seseorang akan menjadi malas kuliah dan hasil kuliahnya nanti tidak bisa maksimal.

Nah, supaya anda semuanya bisa masuk jurusan yang benar-benar tepat, sebaiknya anda bisa mengenali setiap jurusan yang menjadi incaran dan juga peluang kerja yang dapat anda peroleh nantinya.

Berikut ini adalah Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPA dan Anak IPS yang perlu anda ketahui;

A. Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPA

Jurusan kuliah berikut ini sangat cocok untuk anda semuanya yang sejak SMA mengambil jurusan IPA atau SMA yang mengambil jurusan teknik.

1. Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPA : Pendidikan Dokter

Kedokteran merupakan salah satu jurusan yang paling banyak diminati di negara Indonesia ini. Dalam jurusan ini akan akan diajarkan bagaimana cara mencegah penyakit, mengobati penyakit, serta cara perawatan medis.

Di dalam jurusan ini nantinya juga akan mempelajari anatomi, jenis penyakit, jenis saraf, serta aneka ragam jenis obat serta tindakan medis. Sesudah ilmu kedokteran dipelajari, maka konsentrasi akan dilakukan. Contohnya saja konsentrasi kesehatan anak, penyakit dalam, dll.

Untuk anda yang memilih jurusan ini, maka peluang pekerjaan yang bisa anda dapatkan diantaranya yaitu menjadi dokter di klinik pemerintah atau swasta, dokter di klinik sendiri sesudah dapat izin praktik, dan juga peneliti.

2. Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPA : Farmasi

Pada umumnya, jurusan Farmasi bisa mempelajari seperti halnya obat. Dari mulai klasifikasi, fungsi, sampai dengan menganalisis kandungan dari aneka ragam obat yang pernah dibuat.

Seolain itu anda akan belajar meracik obat dengan memakai formulasi tertentu agar bisa memberikan manfaat untuk penderita penyakit tertentu.

Anda bisa mendapatkan peluang pekerjaan dari jurusan ini. diantaranya yaitu apoteker, peneliti di perusahaan obat serta konsultan obat serta kosmetik.

3. Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPA : Ilmu Gizi

Jurusan Ilmu Gizi disini akan mempelajari aneka raham jenis makanan dan kaitannya dengan manusia. Tak hanya itu saja, namun juga kaitan gizi dengan pertanian, sosial budaya dan juga industri.

Pada jurusan ini akan mempelajari pertumbuhan, nutrisi seimbang pada tiap manusia, sampai mengatur nutrisi pada diet. Selain itu juga akan mempelajari jenis makanan dan efeknya pada tubuh manusia.

Nah, untuk peluang pekerjaannya diantaranya yaitu sebagai konsultan gizi pada klinik atau rumah sakit, analisis perusahaan pangan, ahli diet, dan lain sebagainya.

4. Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPA : Statistika

Statistika merupakan salah satu jurusan yang erat kaitannya dengan angka. Di dalam jurusan ini mengajarkan mata kuliah yang lebih banyak berfokus dengan perencanaan, mengumpulkan data, analisis data, hingga mengambil keputusan analisis tersebut.

Jurusan yang ini juga mempelajari analisis yang berbasis data pada berbagai bidang ilmu. Dengan demikian bisa cocok untuk ditempatkan di mana pun.

Untuk peluang kerja dalam jurusan ini diantaranya yaitu perusahaan besar, perbankan, lembaga statistik, serta manufaktur.

5. Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPA : Arsitektur

Jurusan Arsitektur ini nantinya akan mempelajari bagaimanakah cara  mendesain dari suatu bangunan maupun infrastruktur. 

Untuk mendesain terdapat beberapa unsur yang sebaiknya dipelajari. Dari mulai unsur kekuatan bangunan, bahan yang dipakai, estetika, sampai dengan fungsinya.

Jurusan ini pas sekali untuk anda yang menyukai desain bangunan, punya ketelitian, suka melakukan analisis, serta riset yang cukup mendalam.

Sesudah lulus dari jurusan ini, anda semuanya bisa mendapatkan pekerjaan seperti menjadi seorang arsitek, konsultan desain, serta bisa bekerja pada perusahaan konstruksi.

6. Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPA : Teknik Informatika

Untuk para mahasiswa yang memilih jurusan ini nantinya akan diajak untuk mempelajari cara membuat ide, menganalisis, pengembangan hingga menjadi produk, dan juga uji coba hingga berhasil.

Untuk anda yang suka dengan komputer dan hal-hal yang berhubungan dengan perangkat lunak, jurusan ini cocok untuk anda pilih. 

Peluang pekerjaan dari jurusan ini diantaranya yaitu pengembang perangkat lunak, ahli IT pada suatu perusahaan, konsultan IT, konsultan keamanan, serta ahli jaringan.

7. Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPA : Teknik Elektronika

Teknik Elektronika cakupannya memang luas dari yang dipelajari serta konsentrasi yang diambil. Yang dipelajari nantinya yaitu hal yang ada kaitanya dengan listrik, alat listrik, dan juga sistem jaringan serta pemanfaatannya.

Jurusan ini juga mempunyai konsentrasi pada bidang komputer serta telekomunikasi. Untuk mereka yang teliti, punya pikiran terstruktur, serta dapat melakukan analisis dengan akurat, maka jurusan ini tepat dipilih. 

Peluang pekerjaan dari jurusan ini diantaranya yaitu ahli teknik listrik, ahli teknik elektronika, serta pengembang pada suatu perusahaan alat elektronik.

8. Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPA : Teknik Penerbangan

Untuk jurusan Teknik Penerbangan nantinya akan mempelajari hal-hal yang ada kaitannya dengan pengoperasian pesawat. Entah itu di atmosfer mupun di antariksa.  Berbagai macam hal mulai dari analisis, perancangan, pembuatan, sampai dengan pengoperasian bisa dipelajari seluruhnya di sini.

Jurusan ini juga tepat dipilih untuk mereka yang suka dengan dunia pesawat entah itu komersial sampai dengan pesawat luar angkasa. Hal yang diperlukan jika ingin masuk dan menjalani jurusan ini diantaranya yaitu bisa menganalisis, mendesain, serta tetap teliti dalam berbagai hal.

Peluang pekerjaan jurusan ini diantaranya yaitu mekanik pesawat, perancang pesawat, mekanik serta bisa bekerja pada maskapai penerbangan di semua dunia.

9. Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPA : Teknik Pertambangan

Jurusan pertambangan ini banyak diminati di Indonesia. Perlu anda ketahui jika jurusan ini tidak hanya mempelajari cara eksplorasi serta eksploitasi tambang saja. 

Disini anda juga akan belajar bagaimana cara menganalisis lahan, memeriksa barang tambang, mengambil, mengolah, hingga pengangkutan.

Peluang pekerjaan jurusan pertambangan ini diantaranya yaitu pekerja tambang khusus di bidang teknik dan analisis atau menjadi konsultan perusahaan tambang. Bahkan juga bisa bekerja di BUMN dalam hal tambang.

10. Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPA : Teknologi Pangan

Jurusan Teknologi Pangan akan belajar yang ada kaitannya dengan produksi makanan. Dari mulai bahan baku, teknik pengolahan, menganalisis hasil, sampai dengan mempertimbangkan komponen nutrisi pangan serta efek sampingnya.

Tak hanya belajar mengenai proses pembuatan makanan, dalam  jurusan ini juga akan melakukan analisis terhadap peran dari makanan dalam ekonomis, sosial budaya, sampai dengan psikologi. 

Untuk jurusan teknologi pangan ini juga untuk melakukan inovasi dengan jenis makanan tertentu supaya dapat mempunyai nilai jual tinggi serta bisa tetap aman.

Untuk peluang pekerjaan yang bisa anda peroleh diantaranya yaitu perusahaan pangan, laboratorium pangan, ahli diet, dll.

11. Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPA : Ilmu Keperawatan

Jurusan ilmu keperawatan ini anda bisa mempelajari bagaimana cara merawat pasien yang baik. Semua hal yang ada kaitannya dengan kesehatan akan dipelajari dengan baik. 

Untuk tiap materi yang diberikan pastinya akan diawali dengan teori baru dilanjutkan dengan praktik langsung pada klinik kesehatan.

Untuk sekarang ini jurusan ini juga membuka jurusan D3 yang akan menekankan pada praktik. Baru setelah itu melanjutkan S1 jika ingin mengambil gelar profesi Ners.

Peluang pekerjaan jurusan ini diantaranya yaitu menjadi perawat pada berbagai klinik kesehatan serta perawatan khusus untuk kesehatan jiwa.

B. Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPS

Nah, untuk anda semuanya yang memiliki latar belakang atau mempunyai ketertarikan dengan ilmu-ilmu sosial, daftar jurusan kuliah untuk anak IPS ini bisa anda jadikan sebagai pertimbangan.

1. Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPS :  Sastra

Jika anda semuanya senang belajar bahasa baru, jurusan sastra merupakan pilihan yang cocok. Sastra memang memiliki banyak macamnya.

Dari mulai  Sastra Inggris, Sastra Rusia, Sastra Jepang, Sastra Prancis, Sastra Jerman, Sastra Cina, Sastra Jawa, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tak hanya menawarkan pilihan mata kuliah yang menarik, jurusan ini juga memiliki prospek kerja yang luas. Dan nantinya anda semuanya bisa mengembangkan karier pada bidang yang beragam. Diantaranya guru/dosen, guide, penerjemah, dan lain sebagainya.

2. Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPS : Psikolog

Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari mengenai tingkah laku, pikiran, serta mental manusia. Jika anda gemar mengamati perilaku seseorang yang anda jumpai, jurusan Psikologi merupakan pilihan terbaik.

Untuk jenis jurusan ini memang memiliki banyak peminatan, contohnya saja Psikologi Anak, Psikologi Pendidikan, dan lain lain. Di beberapa kampus biasanya memiliki peminatan yang berbeda-beda.

Mengetahui penerapan ilmu psikologi yang luas, nantinya anda akan dapat mengembangkan karier pada aneka ragam bidang. Diantaranya seperti HRD, peneliti, hingga psikolog. 

3. Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPS : Hubungan Internasional

Apabila anda sedang mencari jurusan yang akan membawa anda sering bepergian ke luar negeri, jurusan Hubungan Internasional ini adalah pilihan yang tepat. 

Pada program studi yang berikut ini, anda semuanya bisa belajar banyak mengenai relasi serta interaksi antarnegara, ekonomi-politik internasional, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Saat anda lulus dari jurusan ini, maka bisa berprofesi menjadi seorang pejabat diplomatik, PNS, dosen serta peneliti, jurnalis, aktivis NGO, dan lain sebagainya.

Kemudian, ilmu sosial itu memang bersifat dinamis, maka bisa jadi apabila dalam beberapa waktu ke depan disiplin ilmu Hubungan Internasional bisa menjadi berubah. 

4. Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPS : Bisnis dan Manajemen

Nah, untuk anda semuanya yang memiliki cita-cita ingin jadi pengusaha sukses maka jurusan ini bisa anda pilih. Tak hanya itu saja, jika anda ingin belajar lebih jauh mengenai Akuntansi, Pemasaran, serta Keuangan anda bisa pilih jurusan Bisnis dan Manajemen. 

Perlu anda ketahui, jika program studi yang berikut ini selalu ramai dan banyak peminat. Sebab, untuk prospek ke depannya yang dinilai cukup cemerlang.

Dengan dibekali ilmu yang anda peroleh selama kuliah, kedepannya anda semuanya dapat merintis karier pada berbagai macam bidang. Diantaranya sebagai analis investasi, akuntan, , manajer pajak, wirausaha, hingga pialang saham.

5. Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPS : Jurnalistik

Media serta dunia berita hingga sekarang ini masih menjadi bidang yang sangat menarik untuk lebih diperdalam lagi. Untuk anda yang ketika SMA mengambil jurusan IPS, anda bisa memilih jurusan Jurnalistik ketika memasuki universitas.

Program studi ini tiak hanya akan memberikan anda semuanya dengan ilmu sebelum menjadi wartawan di lapangan. Namun, anda semua juga akan mendapatkan pengetahuan seputar jurnalistik lain. Diantaranya seperti Ilmu Komunikasi, Analisis Media, riset, dan lain sebagainya.

Ketika lulus nanti profesi yang anda peroleh bisa menjadi wartawan TV/koran/media online, atau bisa juga menjadi editor, penulis, copy editor, dosen, dan lain sebagainya.

6. Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPS : Ilmu Politik

Politik merupkan salah satu bidang yang cukup menarik untuk ditekuni. Jika anda memiliki passion atau ingin mempunyai pada bidang ini, bisa anda mencoba menambil jurusan Ilmu Politik.

Diantaranya di bagian FISIP atau Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Pada jurusan ini anda semuanya akan mempelajari tentang aneka ragam mata kuliah yang bagus.

Diantaranya seperti Antropologi, Sosiologi, Geopolitik, HAM hingga membahas tentang sistem politik di bermacam negara.

Jika mengambil jurusan ini, peluang kerjanya salah satunya bisa menjadi politikus. Atau anda semuanya dapat mengembangkan bakat serta minat dengan menjadi seorang analis politik, dosen, bisnis, dan lain sebagainya.

7. Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPS : Ilmu Hukum

Ilmu Hukum ini termasuk salah satu jurusan yang memiliki prospek kerja yang sangat bagus. Maka dari itu, jurusan ini selalu banyak pendaftarnya. 

Memiliki titel sebagai Sarjana Hukum memang menjadikan anda semuanya semakin mudah dalam mencari pekerjaan. 

Nantinya anda dapat bekerja menjadi seorang pengacara, konsultan hukum, dan lain sebgainya. Banyak sekali mata kuliah dari jurusan Ilmu Hukum yang bisa anda pelajari.

8. Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPS : Sosiologi

Sosiologi merupakan suatu disiplin ilmu yang akan mempelajari mengenai interaksi antara satu orang dengan orang yang lainnya. Selain itu juga mempelajari bagaimana sebuah struktur sosial bisa terbentuk pada masyarakat. 

Bidang ini memang dinilai begitu menarik untuk dipelajari. Selain itu juga terbagi dalam beberapa peminatan. Diantaranya seperti Sosiologi Industri, Sosiologi Pembangunan, Sosiologi Ekonomi, Sosiologi Lingkungan, dan juga Sosiologi Gender.

Jika anda mengambil jurusan Sosiologi ini maka bisa menjadikan anda semuanya lebih mengerti lagi dengan berbagai fenomena yang terjadi di dalam kehidupan masyarakat. 

Sesudah anda semuanya lulus dan menyandang titel sebagai Sarjana sosial atau S.Sos. nantinya anda dapat berperan serta membangun masyarakat menjadi dosen, peneliti, dan lain sebagainya yang ada kaitannya dengan perencanaan pembangunan sosial.

9. Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPS : Ilmu Komunikasi

Jurusan yang ini memang memiliki peluang karier yang begitu luas dan hampir di seluruh bidang kehidupan. 

Tak hanya jurnalis, bisa juga anda coba pekerjaan lain seperti halnya market research analyst, penyiar radio, bidang periklanan, publikasi, hingga pada bisnis dan manajemen.

Beberapa mata kuliah yang bisa anda jumpai pada  jurusan ini diantaranya yaitu Etika & Hukum Penyiaran. 

Selain itu juga ada mata kuliah Ekonomi Politik Media, Jurnalistik, Sosiologi Komunikasi, dan lain sebagainya.

10. Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPS : Ekonomi & Akuntansi

Ekonomi dan Akuntansi merupakan dua jurusan berbeda, namun keduanya tetap saling berkaitan. 

Jurusan ini memang sangat direkomendasikan untuk anda yang lulusan IPS yang ingin memiliki karier pada bidang yang ada kaitannya dengan perekonomian serta keuangan.

Nah, untuk dua disiplin ilmu ini memang diperlukan sekali di hampir setiap bidang kehidupan. 

Kedepannya, anda semuanya pun dapat bekerja di perusahaan BUMN atau di perusahaan swasta setelah lulus. Entah itu sebagai akuntan, dosen, analis keuangan, dan lain sebagainya.

Itulah berbagai macam jurusan kuliah yang cocok untuk anak IPA dan anak IPS yang bisa anda pilih sesuai dengan minat anda. 

Selain dari jurusan-jursan yang telah disebutkan di atas, tentunya masih ada jurusan lain yang bisa dipilih sesuai keinginan. 


Demikianlah informasi mengenai Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Anak IPA dan Anak IPS. Semoga informasi ini bisa memberikan gambaran tentang jurusan kuliah yang bisa dipilih oleh anak IPA atau IPD dan sekaligus sebagai jawaban atas kebingunan yang kalian alami. Terima kasih.