Jurusan Kuliah yang Berhubungan Dengan Kesehatan

Jurusan Kuliah yang Berhubungan Dengan Kesehatan -- Macam-macam Jurusan Kuliah Kesehatan yang Wajib Diketahui, Jurusan Kuliah Kesehatan Beserta Macamnya, Jurusan di Bidang Kesehatan selain Dokter yang Banyak Diminati, Jurusan di Bidang Kesehatan selain Bidan, Jurusan di Bidang Kesehatan selain Perawat, Mengenal Pilihan Studi di Bidang Kesehatan, Jurusan Kesehatan yang Menjanjikan, Jurusan Kesehatan yang Banyak Dicari, Jurusan Kesehatan yang Banyak Peluang Kerja, Jurusan Kesehatan yang Banyak Peluang Kerjanya, Universitas Jurusan Kesehatan, Nama Nama Jurusan Kesehatan.

Kali ini admin akan berbagi informasi mengenal Jurusan Kuliah yang Berhubungan Dengan Kesehatan. Informasi ini ditujukan khususnya bagi para lulusan SLTA sederajat yang ingin menempuh pendidikan tinggi di bidang kesehatan. Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

https://www.pendaftaranpmb.web.id/

Melanjutkan pendidikan sampai ke jenjang perguruan tinggi mungkin menjadi salah satu cara untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang layak untuk masa depan. Meski hal itu tidak bisa dijadikan sebagai patokan kesuksesan, setidaknya dengan kuliah, bisa berinvestasi ilmu dan mampu bermanfaat di masa depan. Kuliah juga bisa memperbaiki taraf hidup karena peluang pekerjaan lebih banyak.

Banyak sekali jurusan kuliah saat ini, mulai dari ilmu-ilmu sosial dan humaniora maupun jurusan yang berhubungan dengan kesehatan.

Hampir semua jurusan dan prodi yang terbuka di seluruh universitas di dunia memiliki keunggulan dan kegunaan masing-masing. Semuanya punya fungsi dan tujuannya masing-masing, karena setiap aspek kehidupan harus memiliki ahli agar bagaimana bisa tertangani dengan baik. Begitupun dengan jurusan kesehatan, menyangkut nyawa manusia jadi tenaga ahli sangat diperlukan.

A. Mengenal Lebih Dekat Tentang Jurusan Kesehatan

Bagi anak SMA yang saat ini sedang bingung ingin masuk jurusan apa saat berkuliah nanti, jurusan yang berhubungan dengan kesehatan bisa menjadi pilihan. Nah, kesehatan bukan hanya sekedar menjadi dokter, perawat, bidan, atau ahli gizi saja ya, karena banyak sekali jurusan yang sebenarnya termasuk ke dalam lingkup kesehatan.

Jurusan kesehatan adalah sebuah jurusan yang menangani atau mengurusi segala macam yang menyangkut manusia dan kesehatannya, baik fisik maupun mental. Dalam artikel ini akan banyak sekali dibahas mengenai jurusan-jurusan yang termasuk kedalam lingkup kesehatan tapi masih jarang diketahui orang.

B. Prospek Kerja Jurusan Kesehatan

Selain menjadi pekerjaan mulia karena menyelamatkan banyak nyawa, lulusan jurusan kesehatan juga memiliki prospek kerja di masa depan yang cukup menjanjikan. Selain bekerja di rumah sakit sebagai dokter, tenaga ahli, para lulusan kesehatan ini juga bisa membuka usaha mandiri dengan mengelola klinik praktik sendiri di rumah.

Di samping bekerja di rumah sakit atau membuka rumah praktik sendiri, lulusan kesehatan juga bisa menjadi tenaga pengajar. Seorang dosen dengan mata kuliah kesehatan juga cukup menjanjikan, sebab pekerjaan ini bisa menjadi sampingan, dimana seseorang tetap bisa menjadi dokter di rumah sakit sekaligus tenaga pengajar di kampus.

C. Macam-Macam Jurusan Kesehatan Selain Dokter, Bidan, Perawat, dan Ahli Gizi

Setelah mengetahui tentang apa itu jurusan kesehatan beserta prospek kerjanya di masa depan, maka sekarang sebaiknya mari melihat jurusan apa saja yang berhubungan dengan kesehatan selain pendidikan dokter dan juga keperawatan. 

Jurusan ini juga memiliki prospek kerja yang menjanjikan lho, berikut penjelasan jurusan kuliah yang berhubungan dengan kesehatan

1. Jurusan Kuliah yang Berhubungan Dengan Kesehatan : Jurusan Psikiatri

Jurusan yang berhubungan dengan kesehatan satu ini masih awam bagi sebagian orang. Ada yang menganggap bahwa jurusan ini tidak termasuk ke dalam jurusan kesehatan, karena tidak menangani sakit fisik para pasien. Padahal jurusan ini merupakan sekolah lanjutan dari pendidikan kedokteran.

Pskiatri adalah bidang medis yang menangani kesehatan mental seseorang baik secara diagnosis dan pengobatan. Berbeda dengan jurusan psikologi, psikiatri lebih menangani hal medis sedangkan pskilogi menangani non medis yang meliputi perasaan, perilaku, aksi-reaksi, pola pikir seseorang baik bagi dirinya sendiri maupun ketika berinteraksi dengan orang lain. 

Pada intinya kedua jurusan ini merupakan cabang yang berguna untuk membantu seseorang dalam mengatasi gangguan mentalnya.

Jurusan pskiatri ini baru bisa diambil ketika seseorang telah menyelesaikan pendidikan dokternya dan hendak mengambil spesialis. Di jurusan ini sendiri, seseorang dilatih bagaimana agar dokter nantinya mampu untuk mendiagnosis, mencegah, dan mengobati penyakit mental dan pengaruh penyakit tersebut terhadap penyakit fisik lainnya, seperti tekanan darah tinggi.

2. Jurusan Kuliah yang Berhubungan Dengan Kesehatan : Jurusan Traumatology Dan Ortopedi

Masih dalam lingkup jurusan kedokteran, jurusan yang satu ini juga termasuk ke dalam jurusan yang berhubungan dengan kesehatan. Di mana pengertian dari traumatology dan ortopedi ini merupakan dokter yang memiliki keahlian untuk mengatasi dan mencegah cedera serta penyakit pada systemmusculoskeletal pada tubuh pasien.

System musculoskeletal ini sendiri meliputi saraf, otot, tulang, sendi, dan juga tendon. Seseorang yang mengambil jurusan ini nantinya akan menjadi dokter spesialis yang akan menjadi tempat berkonsultasi jika pasien mengalami patah tulang atau cedera. Cedera ini bisa jadi disebabkan karena pasien mengalami kecelakaan, ataupun cedera berolahraga.

Adapun cara untuk masuk ke dalam jurusan ini adalah seseorang harus lulus pendidikan dokter terlebih dahulu. Setelah penyelasaian pendidikan barulah dokter ortopedi ini belajar lagi selama kurang lebih 5 tahun sekaligus menyelesaikan pelatihannya. Adapun gelar dari dokter ortopedi ini adalah Sp. OT atau dokter spesialis ortopedi.

3. Jurusan Kuliah yang Berhubungan Dengan Kesehatan : Jurusan Paramedik Veteriner

Jurusan kuliah yang berhubungan dengan kesehatan satu ini bukanlah jurusan yang mempelajari tentang kesehatan manusia, melainkan hewan. Ya, jurusan paramedic veteriner ini adalah jurusan kesehatan hewan.

Jika perawat rumah sakit yang biasanya berasal dari jurusan keperawatan, maka para perawat hewan di taman safari banyak berasal dari jurusan ini. Jurusan penghasil perawat hewan ini banyak terdapat di perguruan terkemuka di Indonesia, seperti Universitas Brawijaya, IPB, Universitas Udayana, dan lain sebagainya.

Biasanya jurusan ini berada pada program diploma dengan lama perkuliahan sekitar enam semester yang tergabung ke dalam Fakultas Vokasi.

Adapun yang dipelajari jurusan ini terkait seluk-beluk anotomi hewan, biologi hewan, tingkah laku laku, kesehatan kandang, reproduksi dan gangguan reproduksi, kesehatan hewan kesayangan dan juga tekhnik pengendalian hewan itu sendiri. Selain belajar di kelas, mahasiswa jurusan ini juga melakukan praktikum yang bisa memakan waktu sampai enam jam lamanya.

4. Jurusan Kuliah yang Berhubungan Dengan Kesehatan : Jurusan Farmasi Klinis Dan Komunitas

Program studi Klinik dan Komunitas merupakan bidang keilmuan yang lebih berfokus kepada pelayanan yang menyangkut kefarmasian. Hal tersebut sangat sejalan dengan komitmen pelayanan farmasi yang mana saat ini tidak hanya terfokus pada produk kesehatan saja melainkan juga pada pasiennya. Jadi mahasiswa dituntut memiliki kemampuan mengetahui jenis obat dan komunikasi yang baik.

Selain farmasi klinis dan komunitas, ada beberapa peminatan dari jurusan farmasi yang lainnya seperti farmasi bahan organic, farmasi sains dan teknologi, dan farmasi industry. Farmasi klinis dan komunitas nantinya akan terjun langsung pada masyarakat sehingga kemampuan berkomunikasi sangatlah penting.

Mahasiswa yang mengambil jurusan ini akan mempelajari mata kuliah yang mencakup kefarmasian seperti biofarmasi, kimia analisis, bioteknologi, botani farmasi, mikrobiologi, farmakologi. Selain itu ada juga beberapa mata kuliah yang menyangkut pelayanan kesehatan seperti farmaekonomi, ilmu omunikasi, sosial farmasi, manajemen kewirausahaan, dll.

5. Jurusan Kuliah yang Berhubungan Dengan Kesehatan : Jurusan Pendidikan Dokter Gigi

Jurusan yang berhubungan dengan kesehatan selanjutnya adalah kedokteran gigi. Masih satu lingkup dengan pendidikan dokter, mengambil jurusan ini mengharuskan seseorang untuk bersedia menempuh waktu studi yang tidak sebentar. 

Dibandingkan program sarjana lain, pendidikan dokter gigi membutuhkan waktu untuk memperoleh legalitas mempraktikkan ilmunya.

Jurusan ini mempelajari seluk beluk tentang gigi, tentang bagaimana perawatan dan pencegahannya. Kebersihan gigi sangatlah penting, kerusakan gigi ataupun infeksi tidak hanya berdampak bagi kesehatan mulut saja, tapi bisa mengakibatkan penyakit kronis yang lain. Hal ini disebabkan jika adanya infeksi yang tidak ditindak lanjuti, sehingga kuman-kuman menyebar ke organ lain.

Oleh karena itu, dokter gigi tidak hanya berperan dalam pengobatan wilayah gigi, akan tetapi juga melakukan pencegahan kepada keseluruhan organ tubuh.

6. Jurusan Kuliah yang Berhubungan Dengan Kesehatan : Jurusan Analis Kesehatan

Berbeda dengan jurusan lain, seorang analis kesehatan bisa bekerja menjadi seorang penganalisis kesehatan yang bekerja di laboratorium ataupun menjadi seorang dosen di sebuah universitas. Untuk menjadi seorang analis kesehatan, seseorang hanya perlu menyelesaikan studi sampai S2, selain menjadi analis kesehatan di laboratorium, lulusan ini juga bisa mengajar.

Adapun prospek kerja jurusan ini adalah bisa bekerja di laboratorium dalam negeri maupun luar negeri. Saat ini belum banyak universitas yang membuka jurusan analis kesehatan padahal prospek kerjanya cukup menjanjikan.

Selain bekerja di laboratorium dan mengajar di kampus, seorang analis kesehatan juga bisa bekerja di bagian farmasi, ilmu gizi, ataupun seorang wirausaha.

Profesi analis kesehatan ini bisa dibilang menjadi profesi yang bekerja di balik layar. Dimana biasanya para lulusannya bekerja dan melaksanakan pemeriksaan sampel darah pasien lalu membaca hasil cek pasien yang sebelumnya sudah didiagnosa oleh dokter yang menanganinya. Analis kesehatan ini hanya mendignosa penyebab dan juga penanganan penyakit melalui darah tersebut.

7. Jurusan Kuliah yang Berhubungan Dengan Kesehatan : Jurusan  Keselamatan Dan Kesehatan Kerja

Jurusan yang berhubungan dengan kesehatan yang selanjutnya adalah kuliah keselamatan dan kesehatan kerja. Kuliah jurusan ini sudah banyak sekali terbuka di berbagai perguruan tinggi negeri diseluruh di Indonesia. Hal ini dikarenakan semakin tingginya permintaan dalam dunia kerja, sehingga kesehatan dan keselamatan kerja harus menjadi prioritas utama.

Kuliah jurusan ini sendiri banyak membuka prodi yang berfokus pada berbagai bidang pekerjaan seperti, S1 Tekhnik Keselamatan Kerja Dan Proteksi Kebakaran, Keselamatan Kesehatan Lingkungan, dan adapula program S2 program studi Rekayasa Keselamatan Industri yang dibuka di Universitas Gadjah Mada.

Banyaknya proyek pekerjaan saat ini membuat jurusan ini sangatlah penting. Perusahaan-perusahaan banyak mencari lulusan ini, karena memang saat ini dituntut untuk mengutamakan dan memperhatikan keselamatan dan kesehatan para pekerjanya. Para mahasiswa dibekali cara dan ilmu bagaimana aman dalam bekerja dan penanggulangan dan meminimalisir resiko yang ada.

8. Jurusan Kuliah yang Berhubungan Dengan Kesehatan : Jurusan Okupasi Terapi

Jurusan kesehatan yang masih awam didengar juga adalah okupasi terapi. Jurusan ini merupakan pendidikan lanjutan dari Akademisi Terapi pada pendidikan sebelumnya. Lulusan jurusan ini bekerja untuk menangani pasien yang memiliki masalah pada kesehatan mental maupun fisiknya, baik yang sementara maupun menetap ataupun yang sudah turun-temurun.

Tujuan dari penanganan oleh ahli terapi ini diharapkan pasien yang memiliki masalah tersebut dapat meningkatkan kinerja okupasionalnya berupa senso-motorik, social-spritual, kognitif, dan juga psikomotoriknya.

Adapun gelar yang akan didapatkan oleh mahasiswa yang mengambil jurusan ini A.Md untuk jenjang D3, dan S. St untuk D4. Alumni yang telah menyelesaikan studinya disebut okupasi terapis. 

Para okupasi terapis ini memiliki wewenang untuk membuka rumah praktik profesi sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku. Atau jika belum bisa membuka rumah praktik sendiri, para alumni bisa bekerja di Rumah Sakit Umum, Rumah Sakit Jiwa, ataupun Pusat Rehabilitasi.

9. Jurusan Kuliah yang Berhubungan Dengan Kesehatan : Jurusan  Pengobat Tradisional

Jurusan pengobat tradisional adalah salah satu jurusan yang berhubungan dengan kesehatan karena berhubungan dengan penanganan penyakit. Saat ini jurusan pengobatan tradisional ini terdapat di salah satu universitas dalam negeri. Jurusan ini merupakan jurusan yang berbasis pengobatan tradisional Indonesia. Belum banyak universitas yang membuka jurusan pengobat tradisional karena masih kurang peminat.

Jurusan ini belajar tentang banyak kebudayaan Indonesia dan cara untuk melestarikannya. Mahasiswa jurusan ini juga mempelajari berbagai jenis akupuntur (pengobatan khas Cina), baik akupuntur menggunakan alat sederhana dan juga menggunakan laser. Selain itu, mahasiswa juga akan dibekali ilmu tentang pijit tradisional khas Indonesia.

Jurusan ini sangat menjaga kekhasan negeri. Fasilitas yang disediakan jurusan ini juga banyak sekali, ini digunakan para mahasiswanya untuk melakukan praktek. Adapun fasilitas sarana dan prasarananya adalah klinik untuk jasa akupuntur, akupreasur, dan juga pijat. Fasilitas ini digunakan untuk media belajar mahasiswa untuk melakukan pengobatan dengan menggunakan cara tradisional.

10. Jurusan Kuliah yang Berhubungan Dengan Kesehatan : Jurusan Teknik Biomedicine

Jurusan yang selanjutnya adalah biomedis. Setali tiga uang dengan farmasi yang bergelut dengan obat-obatan, jurusan teknik biomedis ini menggabungkan dua disiplin ilmu yakni pengaplikasian teknik dalam dunia medis.

Jurusan biomedis merangkum kemampuan membuat dan memecahkan masalah dengan ilmu medis, biologi dalam kedokteran seperti mendiagnosa, implantasi, dan rekayasa farmasi.

Berkuliah di jurusan ini akan banyak sekali mempelajari pelajaran biologi, fisika, dan kimia secara lebih mendalam. Alumni banyak yang berkarir di bidang Tekhnik Biomedis, dimana lebih banyak melakukan penelitian-penelitian untuk pengembangan produk.

Lulusan ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan sebagai konsultan yang jasanya akan dipakai jika perusahaan tersebut akan membuat produk atau terobosan baru.

Selain program S1, banyak kampus yang juga membuka program untuk jenjang S2 dan juga S3. Prospek kerja yang mampu diraih oleh para lulusan juga cukup beragam.

Selain sebagai tenaga konsultan dan teknik medis, jurusan ini juga berpeluang untuk menangani para pasien dengan penyakit mental serta fisik, dan juga jurnalis medis. Jurnalis medis ini bekerja sebagai pembuat jurnal-jurnal terkait obat-obat kesehatan.

11. Jurusan Kuliah yang Berhubungan Dengan Kesehatan : Jurusan Farmasi / Apoteker

Jurusan yang selanjutnya yang sudah cukup dikenal masyarakat banyak adalah apoteker. Apoteker ini merupakan studi lanjutan dari sarjana farmasi, istilahnya spesialis. Setelah menamatkan kuliah farmasi setelah 4 tahun, seorang yang bercita-cita menjadi apoteker harus kembali belajar selama 1 tahun dan mengambil spesialis apoteker.

Pendidikan selama 1 tahun ini memungkinkan seseorang untuk bisa memiliki izin praktik sebagai apoteker, dimana seseoarng bisa menjadi kepala apoteker ataupun penanggungjawab apotek disebuah rumah sakit.

Sebenarnya ada profesi lain terkait apoteker ini tanpa harus berkuliah lama-lama. Profesi tersebut hanya sebatas asisten apoteker itu sendiri ataupun menjadi seorang analis farmasi.

Menempuh pendidikan profesi ini sendiri biasanya dalam perkuliahan terbagi atas dua bagian. Dimana, selama enam bulan belajar tentang teori dan tiga bulan kerja lapangan dan pengerjaan tugas akhir.

Berbeda dengan kuliah S1, kuliah profesi ini lebih kepada menerapkan ilmu yang sudah dipelajari selama kuliah farmasi.

Nah bagaimana? Berminat untuk memasuki salah satu jurusan di atas? Kalau berminat, maka harus mempersiapkan diri dari sekarang ya.

Jurusan kesehatan ini memang lebih banyak mempelajari hal-hal yang rumit dari ilmu exact, tapi jika punya bakat dan kemampuan dan minat yang besar untuk belajar, maka semuanya akan menjadi mudah. Seperti kata pepatah, dimana ada niat maka disitu akan ada jalan.

Sekian ulasan mengenai jurusan yang berhubungan dengan kesehatan yang jarang diketahui tapi sebenarnya memiliki prospek kerja yang cerah.

Masih banyak sekali kuliah jurusan kesehatan yang belum sempat dibahas disini, tapi jurusan di atas adalah jurusan yang mungkin bisa menjadi pilihan teman-teman saat memilih jurusan kuliah nantinya.