Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Bandara

Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Bandara -- Program Studi Buat Kamu yang Ingin Berkarier Di Bandara, Pilihan Program Studi Buat Kamu yang Ingin Kerja di Bandara, Peluang Profesi yang Bisa Bekerja di Bandara, Tempat Kuliah Untuk Bekerja di Bandara Dunia Penerbangan, Pendidikan dengan Peluang Kerja di Bandara, Jurusan Kuliah untuk Menjadi Pilot, Jurusan Kuliah untuk Menjadi Pramugari, Pekerjaan Staff Bandara, Petugas di Bandara, Pekerjaan di Bandara, Universitas yang ada Jurusan Manajemen Transportasi Udara dan Manajemen Penerbangan, Kerja di Bandara.

Kali ini admin akan mengulas tentang Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Bandara. Tujuan dari ulasan ini untuk memberikan gambaran tentang jurusan kuliah apa saja yang nantinya bisa dipilih dan setelah lulus kuliah bisa bekerja di Bandara. Langsung saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

https://www.pendaftaranpmb.web.id/

Bicara tentang bandara bukan hanya bicara tentang pesawat dan pilot. Ada banyak kegiatan yang tidak semua orang tahu terjadi di sana. Selain check in dan pengurusan bagasi, masih banyak pekerjaan yang dilakukan di bandara. Pekerjaan-pekerjaan itu memerlukan tenaga ahli dan juga keahlian umum. Untuk memenuhi pekerjaan-pekerjaan tadi, dibutuhkan jurusan kuliah yang bisa bekerja di bandara.

Sebelum membahas jenis pekerjaan dan jurusan kuliah yang bisa bekerja di bandara, ada baiknya diketahui kegiatan apa saja yang ada di bandara.

Bandara adalah tempat mengatur lalu lintas pesawat juga hilir mudik penumpang dan barang.

Bandara di setiap negara mempunyai sistem operasional yang dikelola oleh perusahaan. Di Indonesia, mayoritas operasional bandara dikelola oleh PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa II.

Peran Bandara bukan hanya sebagai tempat keluar masuknya pesawat dan penumpang. Sejatinya, bandara adalah sebuah kegiatan bisnis. Bandara juga merupakan wajah sebuah negara atau kota.

Selain itu, bandara juga memegang peranan penting bagi sektor pariwisata. Lebih dalam lagi, bandara berperan sebagai filter keluar masuknya orang-orang yang tidak diinginkan kedalam suatu negara.

Hadirnya bandara berarti juga soal bisnis. Saat ini, pengguna bandara kebanyakan dari kalangan millennial. Oleh karena itu, bandara perlu memberikan pelayanan yang menyesuaikan dengan segmen pasar ini. Ini merupakan tantangan yang harus dihadapi dan perlu sumber daya yang memadai. Digitalisasi diperlukan guna menjawab tantangan bisnis ini.

Seperti disinggung diawal sebelumnya, bahwa bandara adalah filter. Ketika ada potensi penyebaran penyakit dari negara lain, bandara menjadi garda terdepan pencegahan itu. Tim medis dan komponen bandara lainnya mencegah orang-orang yang berpotensi terpapar penyakit masuk.

Begitu pula dengan kejahatan internasional, otoritas bandara harus mencegah penjahat atau kriminal masuk. Dengan demikian, keamanan dan kenyamanan bisa tetap terjaga.

Bandara dengan kompleksitasnya memerlukan orang-orang yang cakap untuk mengurusnya. Oleh karena itu jurusan kuliah yang bisa bekerja di bandara menjadi penting. Ragam pendidikannya pun beragam, mulai dari SMA/SMK, D3, hingga Sarjana.

Sebelum membahas tentang jurusan kuliah yang bisa bekerja di bandara setelah lulus, adanya baginya untuk mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis pekerjaan yang ada di bandara dan penjelasannya berikut ini.

A. Jenis-jenis Pekerjaan yang Ada di Bandara

Sebelum mengetahui jurusan kuliah yang bisa bekerja di Bandara ada baiknya untuk mengetahui dahulu jenis pekerjaan yang ada di Bandara. Apa saja? Berikut beberapa di antaranya :

1. Penerbang

Pekerjaan ini tampaknya selalu jadi cita-cita favorit anak-anak. Penampilan penerbang atau pilot yang gagah dan bersih berkat seragam yang serasi menjadikan profesi pilot banyak diinginkan orang. Belum lagi dengan besaran gaji dan tunjangan yang diterima. Peluang kerja pilot di Indonesia masih terbuka lebar karena kebutuhannya yang banyak.

2. Flight Attendant (Pramugari / Pramugara )

Flight attendant atau pramugari adalah seseorang yang bertugas melayani penumpang selama di pesawat. Mereka menghitung jumlah penumpang, memastikan semua orang menempati tempat duduknya masing-masing, mengatur alur konsumsi penumpang juga memastikan penumpang nyaman selama penerbangan. Mereka dilatih untuk bersikap ramah dan menjalankan semua aspek hospitality.

3. ATC (Air Traffic Controller)

Orang-orang yang bekerja di bagian ini memegang peranan yang sangat penting di bandara. Inti dari pekerjaan ATC adalah mengatur lalu lintas penerbangan dan memastikan rentang waktu penerbangan.

ATC mengatur waktu terbang pesawat agar tidak terlalu dekat untuk menghindari tabrakan. Petugas ATC berkomunikasi dengan pilot melalui radio kemudian memberikan instruksi yang kebanyakan mengenai ijin terbang.

4. Aircraft Engineer

Seorang aircraftengineer memegang peran vital dalam menentukan layak tidaknya pesawat. Rekomendasi yang diberikan oleh aircraft engineer berdasarkan hasil maintenance harus dipatuhi.

Aircraft engineer memeriksa kelengkapan seluruh komponen pesawat di hanggar sebelum terbang. Tidak boleh ada satupun komponen yang rusak atau hilang. Jika pesawat dinyatakan tidak laik terbang, maka pesawat tidak boleh diterbangkan.

5. Ground Dispatcher

Pekerjaan ini mencakup beberapa lini diantaranya memastikan bagasi penumpang lengkap sesuai daftar, jumlah penumpang yang masuk ke pesawat, juga proses loading dan unloading bagasi.

Selain itu, ground dispatcher juga membantu proses check in. Mereka juga mengurusi kargo. Semua kargo harus masuk ke pesawat tepat waktu dan tidak boleh ada yang hilang atau terlambat masuk.

6. Petugas Imigrasi

Bagian keimigrasian adalah penyaring pertama orang dan barang yang masuk dan keluar bandara. Pekerjaan mereka adalah memastikan semua dokumen lengkap, benar dan sesuai ketentuan yang berlaku.

Tugas mereka penting karena melakukan pengawasan keluar masuknya orang. Banyak kejahatan internasional yang terhenti karena pemeriksaan imigrasi. Contohnya kasus perdagangan manusia.

7. Public Relations

Pelayanan yang diberikan di bandara menjadi bagian dari publicrelations. Segala pertanyaan dan keluhan mengenai fasilitas di bandara biasa ditangani oleh orang-orang di bagian ini.

Ketika terjadi pemadaman listrik, kebocoran, banjir bahkan banyaknya delay penerbangan, publicrelation menjalankan fungsinya memberikan penjelasan kepada media dan masyarakat. 

8. ARFF (Air Rescue & Fire Fighting)

Tugas dari petugas ARFF adalah melakukan pemadaman kebakaran, penyelamatan penumpang dan evakuasi di bandara.

Peran petugas ARFF penting karena menyangkut aspek keselamatan dan juga mitigasi bencana. Sekecil apapun gangguan di runway menjadi tanggung jawab petugas ARFF, bahkan hingga mengusir burung-burung dengan menggunakan kendaraan birdstrike.

9. FOO (Flight Operation Officer)

Seorang FOO bisa dibilang mempunyai pekerjaan yang cukup kompleks. Mereka mengurusi hal-hal terkait operasional seperti jadwal kru, membaca peta, menyiapkan transportasi kru, briefing pilot, hingga menjadi penghubung antara pilot dan teknisi pada saat pesawat mengalami kerusakan. Komunikasi yang baik dan kemampuan menyampaikan pesan adalah hal wajib bagi seorang FOO.

10. Avsec (AviationSecurity)

Tugas utama seorang aviationsecurity adalah memastikan keamanan dan keselamatan penerbangan. Seorang Avsec akan memeriksa dan memastikan setiap penumpang tidak membawa barang-barang yang melawan hukum.

Mereka akan memeriksa cargo, bagasi, awak kabin juga penumpang itu sendiri. Avsec tersebar di sejumlah wilayah bandara mulai dari air side hingga restrictedpublic area.

11. Pekerjaan Lainnya

Selain itu, masih banyak pekerjaan lainnya yang ada di bandara seperti manjadi security, petugas bagian cargo, menjaga parkir, menjaga e-tiketing parkir, dan lain-lain.

B. Pilihan Jurusan Kuliah / Program Studi yang Bisa Bekerja di Bandara setelah Lulus Kuliah

Bekerja di bandara tidak melulu berkaitan dengan teknis penerbangan atau maintenance bandara itu sendiri. Profesi yang diperlukan beragam karena pekerjaan yang ada di bandara dan operasional bandara itu sendiri banyak.

Banyak orang berpikir kalau hanya mahasiswa yang menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Penerbangan saja yang bisa bekerja di bandara. Namun, kenyataannya tidak seperti itu. Sarjana dari berbagai program studi memiliki kesempatan untuk berkarir di dunia penerbangan. 

Jurusan kuliah yang bisa bekerja di bandara terbuka lebar dari jenjang Diploma sampai Sarjana. Bahkan untuk posisi tertentu, lulusan SMK / SMA juga bisa bekerja di bandara. Berikut ini dijelaskan jurusan kuliah apa saja yang bisa bekerja di bandara:

1. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Bandara : Jurusan Pendidikan Pilot

Untuk bisa menjadi seorang pilot, seseorang harus menyelesaikan program studi penerbang. Adapun lulusan SMA yang diterima biasanya dari jurusan IPA, walaupun ada juga yang menerima jurusan lain.

Ada banyak pilihan sekolah penerbangan di Indonesia yang berhasil mencetak pilot jempolan. Lokasi kampusnya banyak tersebar di pulai jawa.

Selain itu, ada serangkaian tes masuk yang harus dipenuhi yaitu TPA, tes kesiapan fisik, psikologi, ketahanan fisik, tes kesehatan organ dalam, wawancara dan administrasi. Semua tes ini harus dilalui oleh calon pilot untuk bisa lulus.

Adapun kualifikasi pilot yang dicetak dari pendidikan pilot ini adalah Commercial Pilot License, Multy Engine, dan Instrument Rating.

2. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Bandara : Jurusan Manajemen Penerbangan

Program studi ini merupakan jurusan kuliah yang bisa bekerja di bandara dan menyerap paling banyak lulusan SMA dari berbagai jurusan. Propek kerja dari program manajemen penerbangan sangat luas mulai dari mengelola administrasi dan manajemen bandara, menangani asuransi dan operasional bandara.

Operasi Bandar Udara, Administrasi Perhubungan Udara, Manajemen Transportasi Udara adalah jurusan yang ada di Manajemen Penerbangan. Lulusan program studi ini bisa bekerja di banyak lini bisnis penerbangan yang berhubungan dengan manajemen keudaraan.

Prospek kerjanya pun menjanjikan dan masih terbuka peluang karena kebutuhannya meningkat seiring dengan banyak dibukanya bandara baru.

3. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Bandara : Jurusan Pendidikan Flight Attendant

Sekolah pramugari/a adalah salah satu jurusan kuliah yang bisa bekerja di bandara. Lulusan sekolah pramugari/a akan menjadi cabincrew atau staff penerbangan.

Lama pendidikan flight attendant biasanya 6 – 12 bulan. Setelah lulus, beberapa sekolah pramugari menyediakan fasilitas penempatan kerja. Perlu diketahui, biasanya pendidikan flight attendant mewajibkan adanya ikatan dinas.

Selain lulus dari pendidikan flight attendant, maskapai penerbangan tertentu menetapkan beberapa persyaratan tambahan antara lain score TOEIC, BMI (BodyMass Index), postur tubuh dan kemampuan berbahasa asing.

4. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Bandara : Jurusan Teknik Penerbangan

Teknik penerbangan adalah jurusan kuliah yang bisa bekerja di bandara. Bagi siswa SMA yang menyukai elektro dan ingin menjajal peluang di dunia aviasi, teknik penerbangan bisa dijadikan pilihan. Lulusan teknik penerbangan akan memegang peranan penting terhadap sistem penerbangan. Peluang kerjanya menjanjikan karena memungkinkan direkrut oleh Angkasa Pura atau AirNav Indonesia.

Lulusan teknik penerbangan akan bekerja di bagian maintenance peralatan bandara, perawatan dan perbaikan. Jika sudah mantap ingin menjadi teknisi penerbangan atau aircraftengineer, persiapkan kebutuhannya. Jurusan ini memerlukan pemahaman yang baik di bidang matematika, kimia dan fisika. Lulusan di jurusan ini memiliki prospek kerja yang cerah.

5. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Bandara : Jurusan Keselamatan Penerbangan

Bagian ini mengurusi keselamatan penerbangan dan lalu lintas penerbangan. Studi ATC, Penerbangan Aeronautika, Studi Komunikasi Penerbangan, dan Studi Pertolongan Kecelakaan Penerbangan adalah jurusan yang bisa diambil. Program studi tadi merupakan salah satu jurusan yang bisa bekerja di bandara.

Tanggung jawab yang besar pada bagian keselamatan penerbangan pada umumnya juga seiring dengan paket remunerasi yang baik. Beberapa sumber menyebutkan ada bonus dengan nilai yang signifikan diberikan kepada petugas keselamatan penerbangan. Dengan begitu, lulusan yang berprofesi di bidang ini masih sangat menjanjikan.

6. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Bandara : Jurusan Hubungan Masyarakat

Siswa yang tertarik menjadi juru bicara atau orang yang memberikan keterangan terkait hal-hal yang terjadi di bandara bisa mengambil jurusan Hubungan Masyarakat.

Humas menjadi salah satu jurusan kuliah yang bisa bekerja di bandara. Fungsi seorang humas sangat penting karena ia berperan memberikan keterangan terkait situasi di bandara.

Seorang Humas akan banyak berurusan dengan media, pemberitaan, penanganan masalah dan keluhan. Mahasiswa jurusan Hubungan Masyarakat akan belajar tentang bagaimana mengelola informasi, menganalisa kemudian menyajikannya dalam bentuk visual ataupun audio.

Selain itu, akan diajarkan pula bagaimana pentingnya sebuah publikasi bagi kelangsungan sebuah perusahaan, dalam hal ini adalah bandara.

7. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Bandara : Jurusan Kedokteran / Keperawatan / Kesehatan Masyarakat

Hadirnya petugas medis di bandara adalah sebuah keharusan demi memenuhi aspek K3 (keselamatan, kesehatan dan kesejahteraan manusia). Bagi yang tertarik bekerja di bagian medis, tentu harus mengambil jurusan kuliah yang berhubungan dengan dunia medis.

Selain program studi Kedokteran dan Keperawatan, program studi Kesehatan Masyarakat juga bisa menjadi pilihan.

Tugas dokter dan perawat sudah pasti mengurusi penumpang atau kru bandara yang sakit dan memerlukan perawatan, sampai pada rekomendasi untuk boleh terbang atau tidak. Sedangkan untuk lulusan Kesehatan Masyarakat adalah pada administrasi kesehatan di bandara sampai pada penyusunan kebijakan tentang program K3 yang akan diterapkan di bandara.

8. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Bandara : Jurusan Teknik Informatika

Teknik Informatika menjadi salah satu jurusan kuliah yang bisa bekerja di bandara dan justru sangat penting pada dewasa ini. Dengan menerapkan digitalisasi pada sistem dan manajemen bandara, kehadiran lulusan teknik informatika menjadi penting. Apalagi, ini adalah jurusan favorit millennial yang merupakan pengguna terbesar bandara saat ini.

Faktanya, banyak program-program bandara yang berhubungan dengan digitalisasi menyasar segmen millennial. Selain itu, lulusan di bidang ini diharapkan mampu menciptakan sistem yang terintegrasi sehingga dapat menghasilkan pelayanan bandara yang prima. Komputerisasi dan digitalisasi menjadi sangat vital bagi operasional bandara dewasa ini.

9. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Bandara : Jurusan Manajemen Keuangan

Siapa bilang lulusan manajemen keuangan tidak bisa bekerja di bandara?

Bandara bukan hanya sebuah fisik bangunan melainkan sebagai entitas bisnis. Perlu perencanaan keuangan yang matang agar kegiatan operasional bandara bisa berjalan lancar. Pengelolaan keuangan hanya bisa dikerjakan oleh sarjana di bidang keuangan atau diploma di bidang akuntansi.

Prospek kerja lulusan manajemen keuangan terbuka lebar dan dengan meluasnya cakupan operasi bandara saat ini, prospek kerjanya masih sangat bagus.

Seorang analis di bidang keuangan bisa mendapatkan remunerasi yang cukup baik dan memiliki jenjang karir yang jelas. Oleh karena itu, jurusan Manajemen Keuangan menjadi salah satu jurusan kuliah yang bisa bekerja di bandara.

10. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Bandara : Jurusan Manajemen Perhotelan Konstentrasi Chef atau Ahli Tata Boga

Percaya atau tidak bahwa makanan yang tersaji di pesawat dimasak dan diolah di sebuah dapur raksasa atau mega kitchen? Mega kitchen ini sangat sibuk dan mempekerjakan ratusan staff yang ahli di bidang tata boga.

Biasanya, jurusan tata boga menjadi bagian dari manajemen perhotelan. Lulusan manajemen perhotelan khususnya tata boga bisa bekerja di dapur sebuah maskapai.

Dapur raksasa itu tidak selalu menjadi milik sebuah maskapai, namun sebagai penyedia layanan catering pesawat. Semua kegiatan mulai dari hulu ke hilir terjadi disana. Mulai dari penerimaan bahan baku, penyimpanan, pembagian ke dalam porsi-porsi, mengolah sampai pada mencuci peralatan makan terjadi di sana.

11. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Bandara : Jurusan Hukum

Mengurus bandara tidak lepas dari aspek hukum dan legalitas. Seorang sarjana hukum bisa juga bekerja di bandara, tentu saja untuk mengurus legalitas. Pengelola bandara adalah sebuah perusahaan yang tentu memerlukan bagian legal untuk menangani perjanjian-perjanjian dan kegiatan hukum lainnya. Seseorang dengan latar belakang pendidikan hukum bisa menjadi In House Lawyer untuk sebuah perusahaan.

Umumnya, orang-orang yang bekerja di bandara adalah melalui pendidikan di Sekolah Penerbangan. Namun tidak menutup kemungkinan juga orang-orang dari bidang studi lain seperti Manajemen, Teknik, Kesehatan, Hukum dan Perhotelan untuk bisa berpartisipasi di kegiatan keudaraan. Seperti yang disampaikan di atas, bahwa bandara adalah sebuah entitas bisnis.

Dengan banyaknya pekerjaan dan kegiatan yang terjadi di bandara, menjadikan bandara sebagai salah satu tempat tersibuk di dunia. Kesibukan itu memerlukan orang-orang yang handal di bidangnya agar kegiatan di bandara bisa berjalan dengan lancar. Jurusan kuliah yang bisa bekerja di bandara layaknya mencetak lulusan-lulusan terbaik agar wajah bandara semakin baik.
Demikian ulasan mengenai Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Bandara. Semoga ulasan tersebut dapat memberikan gambaran jurusan kuliah apa yang bakal dipilih untuk bisa bekerja di bandara. Terima kasih atas waktunya untuk membaca ulasan ini, cukup sekian dan salam sukses.