Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Perusahaan BUMN

Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Perusahaan BUMN -- Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di BUMN, Jurusan yang Bisa Kerja di BUMN, Jurusan yang Peluang Kerjanya Banyak Dibutuhkan BUMN, Jurusan yang Diminati Perusahaan BUMN, Lowongan Kerja di BUMN untuk Lulusan S1 Semua Jurusan, Gaji Bekerja di BUMN, Perusahaan BUMN yang Membuka Lowongan Kerja D3 S1 

Kali ini admin akan berbagi informasi yang berjudul Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Perusahaan BUMN. Informasi ini ditujukan khususnya bagi calon mahasiswa yang di masa depan (setelah lulus kuliah) berkeinginan untuk kerja di perusahaan BUMN. Langsung simak informasi selengkapnya di bawah ini.

https://www.pendaftaranpmb.web.id/

Sampai saat ini, bekerja di perusahaan negara atau BUMN merupakan mimpi dari banyak orang. Setiap tahun, ratusan bahkan jutaan pelamar dari seluruh Indonesia berbondong-bondong untuk mendaftar pekerjaan ke perusahaan BUMN. Persaingan yang ketat pun membuat orang mencari tentang jurusan kuliah yang bisa bekerja di perusahaan BUMN.

Para pencari kerja ini datang dari kalangan yang beragam dan lulusan yang berbeda. Mereka tak hanya memfokuskan target hanya ke satu perusahaan saja, melainkan ke beberapa Perusahaan BUMN lainnya. Mulai dari sektor perbankan, pertambangan sampai jasa kontraktor. 

A. Faktor-Faktor Yang Membuat Perusahaan BUMN Menjadi Idaman

Bekerja di perusahaan BUMN bagi sebagian orang layaknya seperti menjadi karyawan PNS. Mengingat begitu tingginya gaji yang ditawarkan. Belum lagi beberapa fasilitas lain yang didapatkan ketika diterima sebagai karyawan.

Kisaran gaji yang akan diterima oleh para karyawan BUMN yang bergerak dibidang kontraktor biasanya memiliki rentang gaji antara 7-8 juta perbulan. Itupun gaji yang ditawarkan untuk karyawan baru, bayangkan saja jika sudah menjadi senior pasti gajinya pun meningkat. 

Belum lagi bonus tahunan dan insentif bulanan yang juga akan di dapat. Para karyawan juga akan mendapatkan tunjangan-tunjangan lain seperti dana pensiun dan juga kesehatan. Jadi jangan heran, jika peminatnya semakin bertambah setiap tahun.

Bekerja di perusahaan BUMN juga memberikan kesempatan bagi para pekerjanya untuk melebarkan sayap yang lebih lebar dalam berkarir. Bertemu dengan orang-orang hebat dan ahli dibidangnya. Membuat relasi profesional pun semakin bertambah.

Apalagi, jika ada karyawan yang mau mengambil job lapangan dan dikirim ke luar kota. Bukan hanya kelimpahan materi yang didapat tetapi juga pengalaman. Biasanya, perusahaan BUMN yang sering mengirim karyawannya kepelosok negeri adalah yang bergerak dibidang kontraktor. Bisa sebagai staf administrasi maupun staf teknik.

Pastinya, pengalaman tersebut akan sangat menjanjikan jika diisi pada lembar portofolio. Perusahaan mana pun pasti tak akan menolak jika ada karyawan yang melamar dengan pengalaman di perusahaan BUMN. Karir masa depan pun akan semakin terjamin.


B. Persyaratan dan Peluang Diterima Di Perusahaan BUMN

Dikarenakan tingginya animo para pencari kerja terhadap perusahaan BUMN, membuat persaingannya pun menjadi sangat ketat. Oleh sebab itu, pendaftaran biasanya hanya dibuka selama satu minggu. Untuk mengantisipasi membludaknya para pelamar yang mendaftar ke perusahaan BUMN.

Tak melulu membuka pendaftaran secara terbuka, banyak perusahaan BUMN yang juga langsung merekrut para pekerjanya. Perekrutan ini biasanya dinilai dari prestasinya selama berada di kampus atau nilai selama magang di perusahaan. Untuk itu, bagi para mahasiswa atau calon mahasiswa yang ingin bekerja di perusahaan BUMN, harap selalu aktif pada kegiatan kampus.

Lalu, jangan sungkan pula untuk mengikuti beberapa program magang yang dibuka di perusahaan BUMN. Selain mendapat tambahan materi, hal ini juga dapat menjadi batu loncatan yang baik kedepannya. Bisa jadi karena etos kerja yang baik nantinya malah direkrut menjadi karyawan tetap.

Kebanyakan perusahaan BUMN telah bekerja sama dengan kampus-kampus ternama di Indonesia dalam hal perekrutan. Namun, jangan pesimis dulu, jika mau belajar dan berusaha semua pasti bisa. Asalkan, jangan pernah berhenti mengasah kemampuan. Jangan lupa untuk mencari apa saja kiranya  jurusan kuliah yang bisa bekerja di perusahaan BUMN.

Syarat utama yang biasanya harus dimiliki oleh para pencari kerja ialah kemampuan dalam berbahasa asing. Minimal, kemampuan dalam berbahasa Inggris baik pasif maupun aktif. Hal ini menjadi sangat wajib dikarenakan prospek bisnis pada perusahaan BUMN yang luas. 

Tak perlu masuk ke jurusan sastra inggris untuk bisa menguasai bahasanya. Cukup tekun saja belajar di bimbel dan rajin-rajin mempraktekannya bersama teman. Karena tak menutup kemungkinan, jika nanti menjadi karyawan BUMN, karyawan tersebut akan dikirim bertugas ke luar negeri.

Minimal nilai Toefl yang diminta sebagai persyaratan biasanya adalah 500. Nilai tersebut dibuktikan melalui sertifikat Toefl yang harus diberikan oleh lembaga yang telah bekerjasama dengan pemerintah, tidak boleh sembarangan. Khusus untuk para pencari kerja yang pernah kuliah negeri, cukup mentranslate ijazah sekolah di luar negeri ke Bahasa Indonesia.

C. Perusahaan BUMN Paling Favorit

Berbicara tentang bekerja di perusahaan BUMN, ada beberapa perusahaan yang setiap tahun selalu menjadi primadona di kalangan pencari kerja. Berikut dibawah ini daftar BUMN yang selalu menjadi incaran para pencari kerja:

1. Dirgantara Indonesia

Perusahaan ini merupakan perusahaan yang digagas oleh BJ. Habibie. Berpusat di Bandung, perusahaan BUMN yang bergerak di bidang penerbangan ini, memiliki banyak peminatnya saat sedang membuka lowongan pekerjaan. Perusahaan ini didirikan tahun 1976 dan telah terlibat banyak proyek pembuatan pesawat di Indonesia.

2. PT Wijaya Karya (WIKA)

Perusahaan ini bergerak di bidang kontraktor dan telah menyelesaikan banyak proyek pembangunan di Indonesia, mulai dari jembatan, jalan tol hingga power plan. Kantor pusat dari perusahaan BUMN ini terletak di Cawang, Jakarta Selatan. Meski seleksi yang dilakukan oleh perusahaan ini cukup ketat, namun peminatnya tak pernah surut.

3. PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (TELKOM)

Bergerak di bidang telekomunikasi, PT. Telkom berdiri sejak tahun 1965. Jumlah karyawan yang dimiliki oleh perusahaan ini mencapai lebih dari 15.000 orang. Semua tersebar di berbagai pelosok negeri. Jika ingin mendaftar di perusahaan ini, para pelamar harus bersaing dengan lulusan dari Telkom University yang menjadi universitas resmi dari korporat ini.

4. Bank Mandiri

Untuk di bidang Perbankan, Bank Mandiri merupakan bank pemerintah yang paling banyak diminati para pencari kerja. Meski termasuk kedalam bank pemerintah, kinerja serta kualitasnya sudah disamakan dengan bank-bank asing seperti BCA dan lainnya. Setiap tahun ada lebih dari ribuan aplikasi lamaran yang dikirimkan oleh para pelamar kepada bank ini.

Mengingat begitu banyaknya fasilitas yang ada, siapa pun pasti sangat ingin bekerja di perusahaan BUMN. Jurusan kuliah yang bisa bekerja di perusahaan BUMN pun menjadi incaran.

5. Dan Lainnya

Selain keempat perusahaan BUMN di atas, masih banyak perusahaan BUMN favorit lainnya yang bisa dijadikan sebagai tempat bekerja, seperti PT KAI, PT Pertamina, PT POS Indonesia, PT  Pupuk Indonesia, PT Bank BRI, PT Bank BNI, dan lain-lain.

Bacaan Terkait : Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi

D. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Perusahaan BUMN

Setelah dijelaskan tentang peluang karir sebagai karyawan BUMN, pasti banyak yang mencari jurusan kuliah yang bisa bekerja di perusahaan BUMN. Berikut ini, beberapa daftar jurusan yang biasanya menjadi favorit perusahaan BUMN dalam merekrut karyawannya:

1. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Perusahaan BUMN : Jurusan Ilmu Komunikasi

Secara mendasar, jurusan ini ialah jurusan yang mempelajari ilmu komunikasi antar makhluk hidup. Baik manusia dengan manusia, manusia dengan alam sekitar dan juga manusia dengan penciptanya. Jika dihubungkan dengan dunia bisnis, ilmu ini berguna untuk menjalin hubungan yang baik antar perusahaan maupun antar karyawan.

Hal ini lah yang membuat para lulusan ilmu komunikasi sering ditempatkan pada bagian HRD. Hampir setiap perusahaan pasti membutuhkan karyawan dari jurusan ini termasuk perusahaan BUMN. Dikarenakan ilmunya yang bersifat umum, lulusan dari jurusan ini dapat masuk ke sektor apa saja di perusahaan BUMN seperti sektor perbankan, kontraktor maupun pariwisata.

2. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Perusahaan BUMN : Jurusan Ilmu Politik

Menjadi lulusan ilmu politik tak melulu harus menjadi PNS ataupun pengurus partai tapi juga bisa bekerja di perusahaan BUMN. Para sarjana lulusan ilmu politik biasanya dibekali oleh ilmu-ilmu kenegaraan beserta peraturan-peraturannya. Hal ini membuat lulusan Ilmu Politik sangat cocok bekerja di perusahaan BUMN yang bergerak dibidang jasa dan juga konsulat.

Lulusan Ilmu Politik biasanya juga memiliki kepedulian sosial dan tingkat penalaran kritis yang tinggi. Mereka juga memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik namun dapat pula bekerja dalam tim. Hal tersebut merupakan sebagian dari softskill yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan BUMN.

3. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Perusahaan BUMN : Jurusan PublicRelation

Hampir mirip seperti Ilmu Komunikasi, jurusan ini juga belajar tentang bagaimana berkomunikasi. Namun, lebih terfokus pada komunikasi massa atau khalayak. Jurusan ini memiliki keahlian yang sangat baik dalam hal berbicara di depan umum dan sering didaulat sebagai juru bicara.Dikarenakan setiap perusahaan pastilah memiliki yang namanya bagian humas, termasuk perusahaan BUMN.

Setiap perusahaan pasti akan sangat membutuhkan lulusan dari jurusan ini. Tak hanya sekedar kemampuan berbicara yang baik, lulusan PR juga harus memiliki kemampuan menulis pressrealess. Hal ini bertujuan untuk mempublikasikan setiap kegiatan kepada khalayak melalui media yang telah bekerja sama. Disamping itu, tim PR juga biasanya diberikan tanggung jawab dalam menjalankan program CSR.

4. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Perusahaan BUMN : Jurusan Bahasa Asing

Berbicara menggunakan bahasa asing sangatlah dibutuhkan pada setiap perusahaan. Penguasaan Bahasa asing ini juga tak melulu hanya Bahasa inggris saja, tapi juga bahas lain seperti mandarin, jepang maupun Jerman. Dikarenakan, lini bisnis yang luas di perusahaan BUMN, membuat jurusan bahasa asing sangat dibutuhkan tenaganya.

Mereka-mereka yang lulusan bahasa asing ini biasanya dapat dijadikan penerjemah atau translator. Perihal gaji yang ditawarkan, lulusan dari jurusan ini dapat bernegosiasi untuk mendapatkan penghasilan tinggi.Jadi jangan heran, jika setiap tahun peminat dari jurusan bahasa asing cukup tinggi.

5. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Perusahaan BUMN : Jurusan Ilmu Hukum

Jurusan ilmu hukum merupakan salah satu dari jurusan kuliah yang bisa bekerja di perusahaan BUMN. Perlu diketahui jurusan ini termasuk kedalam jurusan yang elit, dikarenakan biayanya yang lumayan tinggi. Tapi, hal tersebut tak menyurutkan banyak calon mahasiswa baru untuk kuliah di jurusan ini.

Dikarenakan area lingkungan perusahaan BUMN yang sering menghadapi berbagai macam lapisan masyarakat dan perusahaan lain. Membuat proses permohonan perijinan proyek merupakan suatu hal yang penting. Hal ini biasanya dilakukan oleh para jurusan hukum.

Ada banyak peluang penempatan bagi para jurusan hukum dapat bekerja di BUMN. Posisi tersebut diantaranya dapat menjadi, kuasa hukum perusahaan, legal officer ataupun konsultan.

6. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Perusahaan BUMN : Jurusan Akuntansi

Setiap perusahaan pasti membutuhkan karyawan yang dapat mengatur keuangan perusahaan. Mulai dari penghitungan untung-rugi, perencanaan keuangan perusahaan maupun yang lainnya. Untuk itulah lulusan akuntansi sangat dibutuhkan dimana-mana.

Perusahaan BUMN yang membutuhkan lulusan ini juga tak hanya yang bergerak pada sektor perbankan saja tapi semua bidang. Kelebihan dari karyawan lulusan akuntansi biasanya mereka sangat gesit, cekatan, detail dan mampu diandalkan. Mereka juga diharapkan menjadi pribadi yang jujur dan mampu menjaga rahasia dikarenakan merekalah yang memegang asset perusahaan.

7. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Perusahaan BUMN : Jurusan Teknik Informatika

Saat ini, teknologi informasi  merupakan suatu hal yang tak terpisahkan dalam hidup manusia. Segalanya, kini semua sudah serba canggih dan serba online. Untuk itu, jangan heran jika lulusan jurusan teknik informasi menjadi sangat diminati. Jurusan ini juga merupakan salah satu jurusan yang dapat bekerja di perusahaan BUMN.

Perkembangan pada jurusan ini, setiap hari selalu saja ada perkembangan baru. Membuat para mahasiswanya pun dikenal sebagai golongan yang sangat dinamis dan uptodate. 

Seiring dengan perkembangannya yang kian pesat, kini hampir di seluruh universitas di Indonesia membuka study di jurusan ini. Para lulusan dari teknik informatika dapat melamar sebagai IT programmer ataupun staff IT maintenance di perusahaan BUMN.

8. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Perusahaan BUMN : Jurusan Teknik Sipil

Pembangunan yang sedang marak digalakkan di Indonesia, membuat para lulusan dari jurusan ini sangat menjadi incaran. Jika dlihat dari ilmu yang dipelajarinya teknik sipi merupakan jurusan kuliah yang mendalami tentang teknik rancang-bangun sebuah proyek atau bangunan yang dapat berupa gedung, sarana olahraga sampai pembangunan jembatan.

Pada teknik sipil, mereka tidak hanya belajar bagaimana cara membangun tapi juga memiliki fokus pada pemeliharaan bangunan agar dapat tahan lama.Mereka juga yang akan menghitung cost, komposisi bahan bangunan dan perancangan konstruksi.

9. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Perusahaan BUMN : Jurusan Teknik Pertambangan

Peminat calon mahasiswa terhadap jurusan ini mungkin bisa dikatakan rendah. Namun, tidak untuk lapangan pekerjaan yang tersedia. Banyak perusahaan BUMN, terutama yang bergerak di sektor pertambangan akan sangat membutuhkan keahlian dari jurusan ini. Gaji yang ditawarkan untuk karyawan lulusan ini pun sangat tinggi.

Di Indonesia, ada lebih dari ratusan penggalian tambang yang berada di bawah banyak perusahaan BUMN. Hal ini, membuat lulusan dari jurusan ini tak akan kehabisan lapangan pekerjaan. Apalagi peminatnya yang sedikit, membuat persaingan pun tak terlalu ketat seperti jurusan lain. Asalkan mau mengasah ilmu, lulusan dari jurusan ini akan sukses.

10. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Perusahaan BUMN : Jurusan Teknik Kimia

Seperti pada banyak jurusan teknik lainnya, teknik kimia merupakan jurusan yang tak terlalu banyak digandrungi para calon mahasiswa. Padahal peluang jurusan ini untuk bekerja di perusahaan BUMN sangat tinggi. Bagaimana tidak? Karena saat ini tidak ada produk modern yang tidak terpengaruh oleh zat kimia.

Sehingga, membuat jurusan ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Terutama perusahaan BUMN yang bergerak di bidang pertambangan, industri kesehatan dan lainnya.

11. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Perusahaan BUMN : Jurusan Teknik Penerbangan

Perkembangan industri transportasi udara di Indonesia membuat banyak perusahaan BUMN membutuhkan ahli dalam bidang ini. Jurusan yang paling sering dicari selain jurusan pilot, jelas adalah jurusan teknik penerbangan. Almarhum Habibie, juga memilih jurusan ini saat dulu kuliah di Jerman. Untuk gaji yang ditawarkan pada jurusan ini, pastilah sangat tinggi

Teknik penerbangan itu tidak sama dengan pilot. Jika pilot bertugas menerbangkan pesawat. Jurusan ini lebih bertugas dalam hal pembuatan dan perawatan mesin pesawat. Lulusan dari jurusan ini dikenal sangat jenius karena memiliki kemampuan yang baik dalam ilmu terapan seperti matematika, fisika dan kimia.

12. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Perusahaan BUMN : Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA)

Mendengar kata matematika kadang sering membuat orang pusing membayangkan angka-angka. Membuat jurusan ini pun sepi dari peminat. Padahal sebenarnya peluang sukses pada jurusan ini sangat tinggi dan tak akan kehabisan lapangan pekerjaan. Lulusan dari jurusan MIPA merupakan lulusan yang mempunyai keahlian yang akan selalu dibutuhkan jaman.

Dikarenakan ilmu yang dipelajari pada jurusan ini merupakan ilmu dasar, lulusan dari jurusan ini dapat bekerja dimana saja. Baik sektor pertambangan, perbankan, kontraktor dan juga kesehatan, selama bidang kerjanya ada yang berurusan dengan matematika. Di perusahaan BUMN biasanya jurusan MIPA sering menjadi staf ahli dalam hal penelitian lapangan

13. Lain-lain

Selain dari beberapa jurusan yang telah disebutkan di atas, tentu masih banyak juga jurusan lainnya bisa dipilih dan setelah lulus bisa kerja di perusahaan BUMN.

Baca Juga :

Sekian dulu pembahasan tentang Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Perusahaan BUMN. Perbanyaklah membaca referensi informasi sebelum memutuskan jurusan mana yang cocok. Semoga penjelasan di atas, dapat memberikan gambaran serta pengetahuan baru yang ingin dicari. Thanks.