Tips dan Cara Menentukan Jurusan Kuliah Sesuai Kepribadian dan Kemampuan

Tips dan Cara Menentukan Jurusan Kuliah Sesuai Kepribadian dan Kemampuan -- Cara Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Kepribadian, Tips Menentukan Jurusan Berdasarkan Tipe Kepribadian, Jurusan Kuliah yang Cocok sesuai Kepribadian, Tips Memilih Jurusan Kuliah Sesuai Prioritas, Tes Kepribadian Online Untuk Memilih Jurusan Kuliah, Tes Psikologi Untuk Menentukan Jurusan Kuliah, Memilih Jurusan Kuliah Berdasarkan Kepribadian, Soal Psikologi Untuk Memilih Jurusan Kuliah, Tes Minat Dan Bakat Untuk Memilih Jurusan Kuliah Online Gratis, Aplikasi Untuk Menentukan Jurusan Kuliah, Tes Kecocokan Jurusan Kuliah Online Gratis.

Informasi yang akan admin bagikan kali ini berjudul Tips dan Cara Menentukan Jurusan Kuliah Sesuai Kepribadian dan Kemampuan. Informasi ini ditujukan khususnya untuk siswa-siswi kelas XII yang berkeinginan untuk lanjut kuliah ke perguruan tinggi namun masih bingung dalam menentukan jurusan kuliah. Untuk itu, silahkan simak penjelasan di bawah ini.

https://www.pendaftaranpmb.web.id/

Dalam hal pendidikan, menentukan jurusan kuliah merupakan suatu hal yang dinilai paling sering menjdikan siswa-siswi yang lulus SMA merasakan bingung. Tidak hanya disebabkan oleh masalah biaya saja, akan tetapi juga terdapat banyak sekali pertimbangan yang harus direncanakan. 

Salah satunya yaitu di saat akan menentukan jurusan kuliah yang kedepannya bisa memiliki prospek karir yang menjanjikan.

Terkadang masih banyak calon mahasiswa yang belum bisa berpikir secara matang pada saat mereka menentukan jurusan kuliah. Hingga pada akhirnya kuliah pun menjadi terasa membosankan.

Bahkan banyak juga yang terpaksa harus berhenti atau pindah jurusan di tengah pendidikannya di bangku kuliah. Hingga mereka justru menjadi gagal di dalam meraih impian serta cita-citanya.

Untuk menentukan jurusan kuliah, sebaiknya memang harus dengan didampingi serta mendapatkan bimbingan dari orang tua serta guru. Tujuannya agar mereka bisa mengambil keputusan yang tepat ketika memilih jurusan. 

Jangan sampai pada saat anda memilih jurusan ketika kuliah hanya asal-asalan atau ngikut dengan teman anda. 

Yang menjadi masalah sisini yaitu setiap orang pastinya mempunyai kekurangan dan juga memiliki  kelebihan yang berbeda-beda. Maka dari itu, sebaiknya anda semuanya bisa mengambil jurusan yang sesuai dengan kepribadian yang anda miliki.

A. Cara Menentukan Jurusan Kuliah Sesuai Kepribadian dan Kemampuan

Selain passion, ternyata kepribadian juga mempunyai peranan yang sangat penting untuk menentukan jurusan kuliah. Bahkan, kepribadian dan kemampuan juga menjadi salah satu faktor yang bisa menjadikan seseorang bisa sukses pada bidang tersebut.

Berikut ini adalah beberapa kepribadian yang sebaiknya harus anda ketahui dan sesuaikan dengan kepribadian yang anda miliki.

1. Realistic (Pelaku)

Orang yang mempunyai kepribadian realistis pada umumnya mereka akan cenderung memilih pekerjaan yang ada kaitannya dengan alat, benda, mesin, binatang maupun dengan tanaman. 

Tak hanya itusaja, orang yang memiliki kepribadian ini biasanya juga lebih menyukai praktek jika dibandingkan dengan teori. Kemudian juga memiliki kemampuan penunjang seperti halnya komputer, pemrograman, serta matematika. 

Seseorang yang mempunyai kepribadian ini pada umumnya juga akan memilih lapangan kerja yang orientasinya berada pada penerapan. 

Nah, untuk ciri-ciri tipe realistic diantaranya yaitu lebih mengutamakan keberanian dan juga kekuatan otot. Kemudian untuk kepribadian ini juga mempunyai kterampilan fisik.

Tak hanya itu saja, mereka juga mempunyai kecakapan dan juga mempunyai koordinasi motorik yang cukup kuat.

Selain mereka suka praktek jika dibandingkan dengan teori, mereka juga mempunyai kemampuan penunjang. Diantaranya seperti computer (software serta hardware), pemrograman, serta matematika.

Seseorang yang memiliki kemampuan  dan juga minat pada umumnya akan menikmati bidang bangunan dan juga pondasi. 

Kemudian, untuk teknik elektronika di Sekolah Tinggi Elektronika dan Komputer pas juga untuk jenis kepribadian ini. Namun, anda juga bisa memilih jurusan lainnya. Diantaranya seperti jurusan Teknik Mesin, Teknik Sipil, jurusan Teknik Pertanian, Perikanan, Farmasi, dll.

2. Investigative (Pemikir)

Nah, untuk seorang yang mempunyai kepribadian yang seperti ini pada umumnya akan cenderung memilih pekerjaan yang sifatnya akademik. 

Selain itu, untuk mereka yang memiliki kepribadian Investigatif pada umumnya juga akan lebih intelek di dalam lingkungannya. Tak hanya itu saja, mereka juga mempunyai kemampuan menulis

Untuk ciri-ciri kepribadian dengan tipe investigative yaitu biasanya mereka mempunyai kecenderungan di dalam merenungkan jika dibandingkan mereka harus mengatasinya dalam melakukan suatu pemecahan masalah.

Nah, untuk jurusan yang tepat untuk jenis kepribadian ini diantaranya adalah Kimia, Fisika, Desain Periklanan, Biologi, Perangkat Lunak, Gizi, dan Kriminologi.

3. Artistic (Pencipta)

Seseorang yang mempunyai kepribadian artistic ini mempunyai kecenderungan berhubungan kepada orang lain dengan cara tidak langsung.

Selain itu juga bersifat sosial serta sulit untuk menyesuaikan diri. Kecenderungan Atistic ini juga ditandai dengan aneka ragam jenis tugas serta masalah yang membutuhkan interpretasi maupun kreasi dari bentuk-bentuk artistik. Yaitu dengan melalui cita rasa, perasaan serta imajinasi.

Orang artistik ini juga terus mempunyai aneka ragam inovasi baru yakni dengan daya intuitifnya. Mereka juga justru lebih menyukai hal yang tidak terstruktur, mempumyai imajinasi tinggi, dan juga sensitif

Yang perlu anda ketahui yaitu kemampuan penunjang yang ada pada kepribadian ini yaitu berupa komputer software. 

Kemudian juga mempunyai bakat seni dan suka berkarya. Selain itu juga mempunyai kemampuan menggambar dengan sangat baik. Yaitu pada bidang visual art.

Kemudian, untuk jurusan yang tepat untuk kepribadian tipe ini yaitu seni rupa, seni tari. Selanjutnya pada desain komunikasi visual, desain interior, dan juga arsitektur.

Lebih menariknya lagi kepribadian ini juga memiliki kemampuan dalam hal seni tari, seni musik dan juga mempunyai kemampuan dalam hal bahasa.

Bidang artistic ini ternyata juga erat kaitannya dengan seni serta sastra. Diantaranya seperti ilustrator, penyanyi, fotografer, composer, pelukis, penari pemain alat music. 

Kemudian juga erat kaitannya dengan desainer grafis, perancang busana, penulis naskah produksi seni seperti halnya film dan iklan dan juga penulis fiksi.

4. Social (Penolong)

Pada umumnya, untuk orang-orang yang memiliki kepribadian ini juga dinilai lebih memilih lapangan pekerjaan yang sifatnya lebih pada membantu orang lain dan ada kaitannya dengan banyak orang. 

Untuk kepribadian ini biasanya juga pandai bergaul. Bahkan juga diketahui menjdi seseorang yang bertanggung jawab, responsive, dan juga mempunyai kecakapan verbal.

Ciri-ciri dari tipe kepribadian social atau penolong diantranya yaitu menjadi seseorang yang pandai bergaul dan juga pandai dalam berbicara.

Selain bertanggung jawab, kepribadian ini juga mempunyai sifat kemanusiaan, religius, serta membutuhkan perhatian. Yang mana mereka lebih berorientasi pada perasaan.

Selanjutnya, untuk jurusan yang tepat dengan tipe ini yaitu jurusan psikologi, bimbingan konseling, jurusan komunikasi, sosiologi, dan juga sekretaris.

5. Enterprising (Pembujuk)

Nah, untuk jenis kepribadian pembujuk ini sifatnya ambisius, memiliki jiwa pemimpin, komunikasi tegas dan juga mudah dimengerti. 

Selain itu, mereka juga suka memberikan pengaruh dengan dukungan positif. Bahkan mereka juga siketahui sebagai orang yang hebat ketika berbicara pada suatu kelompok. 

Kepribadian yang tegas juga didukung dengan cara berbicara yang begitu semangat, efektif serta terstruktur. Dan mereka juga tepat untuk dijadikan sebagai pemimpin.

Kemudian, untuk jurusan yang tepat untuk tipe kepribadian ini yaitu jurusan manajemen, jurusan bisnis, komunikasi, hubungan internasional, dan juga jurusan marketing komunikasi.

6. Conventional (Pengatur)

Selanjutnya, untuk jenis kepribadian ini juga sangat menyukai bekerja dengan data dengan cara detail. Kemudian juga bisa diandalkan pada bidang administrasi.

Kemudian juga bisa diandalkan dalam pekerjaan yang ada kaitannya dengan angka detail, terorganisasi. Kemudian juga menginginkan akurasi tujuan yamg tinggi. Ini merupakan ciri-ciri dari kepribadian tipe conventional.

Mereka juga akan selalu mengikuti prosedur dengan cara teliti. Pada umumnya mereka juga menyukai pekerjaan yang ada di dalam ruangan yang ada kaitannya dengan data maupun dengan angka.

Jurusan yang ada kaitannya dengan IT seperti halnya komputerisasi akuntansi. Selain itu juga yang ada kaitannya dengan sistem komputer, teknik komputer, serta dalam hal komputer grafis yang terdapat di Sekolah Tinggi Elektronika. 

Yang mana ini cocok sekali untuk kepribadian tipe ini.  Atau dapat juga memilih jurusan lain seperti Statistik, Ekonomi dan juga Administrasi.

Harus anda ketahui, jika jurusan yang tepat untuk tipe kepribadian ini diantaranya yaitu jurusan akuntansi, statistik, ekonomi, administrasi, dan juga programer (IT).

Dengan anda semuanya mengetahui beberapa tipe kepribadian, nantinya anda semuanya bisa menjadi lebih mudah di dalam menentukan jurusan pada waktu kuliah. Dengan demikian anda semuanya bisa meraih impian dan juga bisa meraih kesuksesan sesuai dengan cita-cita anda.

B. Cara Mengetahui Kemampuan dan Minat

Saat ini anda semuanya sudah mengetahui betapa pentingnya di dalam memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan juga bakat. Akan tetapi untuk bisa mengetahui bakat dan minat tak hanya lewat berbagai macam tes formal disediakan di berbagai tempat.

Sebenarnya,  kita dapat mendeteksi sendiri kemampuan dan minat kita itu ada di mana. Nah, berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat kita tempuh untuk mengetahui minat dan juga kemampuan anda sendiri tanpa adanya bantuan tes bakat dan juga minat.

1. Pastikan Anda Mempunyai Pengalaman atau Prestasi Pada Bidang yang Anda Pilih

Pengalaman serta prestasi anda semuanya selama ini dapat dijadikan sebagai tanda bakat dan minat anda pada bidang tersebut. Contohnya saja apabila anda semuanya banyak memiliki pengalaman.

Diantaranya pada bidang menulis, bercerita dan lain sebagainya. Terlebih lagi anda semuanya memiliki prestasi di sana. 

Anda semuanya juga dapat memilih jurusan yang memang ada kaitannya dengan pengalaman dan prestasi yang anda miliki tersebut, salah satunya yaitu pada jurusan Jurnalistik.

2. Hobi Juga Dapat Dijadikan Sebagai Petunjuk

Jika anda semuanya masih bingung di dalam menentukan minat serta bakat yang cocok, sebaiknya anda semuanya mencoba telusuri hobi anda selama ini. 

Sebab, hal ini dapat dijadikan sebagai petunjuk untuk anda semuanya dalam menentukan jurusan kuliah. 

Contohnya, anda semuanya sudah mempunyai hobi menggambar tokoh kartun yang dari Jepang. Dalam hal ini, anda semuanya bisa mengambil jurusan Animasi atau sejenisnya yang telah tersedia.

3. Pilihlah Sesuai Dengan Cita-cita

Cita-cita juga dapat dijadikan sebagai acuan yang jelas untuk anda semuanya di dalam mengambil jurusan kuliah. 

Terlebih lagi apabila cita-cita tersebut telah menjadi impian yang terpendam sejak lama. Contohnya, jika anda ingin menjadi seorang pengacara, maka sebaiknya anda memilih jurusan yang dapat membantu, yaitu berupa jurusan Hukum.

C. Hal Yang Harus Diprioritaskan Dalam Memilih Jurusan Kuliah

1. Passion

Hal yang paling penting di dalam menentukan jurusan yaitu bisa diukur dari keinginan anda sendiri. Anda juga dapat mengetahui apa yang anda sukai serta anda minati di sekolah. 

Hal ini juga bisa dipakai sebagai kunci awal untuk bisa mengetahui ke arah mana minat yang anda miliki. 

Contohnya saja anda suka dengan pelajaran IPA serta gemar juga dalam hal hitungan, anda semuanya dapat lebih mengarah pada jurusan Kedokteran, jurusan Sains, Pertanian, Biokimia, Biologi, dan masih banyak lagi jurusan yang lainnya. 

Anda semuanya juga lebih suka dalam hal menghafal serta pelajaran sosial. Anda semuanya jga dapat memilih jurusan Sosiologi, Komunikasi, Kriminologi, dan lain sebagainya. 

Dengan mengetahui hal tersebut, anda semuanya telah sedikit menjawab keraguan anda mengenai jurusan yang anda inginkan. Jangan sampai anda semuanya memilih jurusan yang sebenarnya tidak cocok untuk anda.

2. Motivasi Diri

Perhatikan juga motivasi diri anda semuanya dalam memilih jurusan. Motivasi juga bisa diartikan jika anda semuanya mengetahui tujuan utama sesudah anda semuanya masuk jurusan itu. 

Jika tidak memiliki motivasi yang jelas, anda semuanya tidak akan merasa nyaman di dalam menjalani dunia perkuliahan. 

Selanjutnya, ini semuanya bisa memberikan dampak pada nilai IPK anda. Maka dari itu, usahakan anda semuanya memiliki motivasi diri mengapa anda memilih jurusan itu.

3. Potensi

Jika anda semuanya tidak menyadari potensi diri anda sendiri, maka ini dapat menjadikan anda semuanya kehilangan cara di dalam memilih jurusan. 

Tidak jarang jika para siswa tersebut tidak mengetahui kemampuan yang sebenarnya masih terpendam. Padahal, kemampuan itu bisa menjadi prioritas di dalam memilih jurusan yang tepat. 

Maka dari itu, sebisa mungkin galilah potensi yang ada pada diri anda sebisa mungkin. Potensi tersebut juga lebih mengarah ke bidang seni. Dan anda semuanya dapat memilih jurusan sastra, desain, dan lain sebagainya.

4. Kepribadian

Setiap anak pastinya juga dilahirkan dengan kepribadian yang bebeda-beda. Sebab, ada kaitan antara kepribadian dengan prioritas di dalam memilih jurusan. 

Dengan anda semuanya mengetahui kepribadian yang ada pada diri anda sendiri, maka di dalam memilih jurusan pastinya akan menjadi lebih mudah. 

Dan dari berbagai macam jenis kepribadian yang ada tersebut, anda semuanya dapat mencocokkan dengan tipe jurusan yang akan anda pilih, sesuai maupun tidak. 

Apabila anda semuanya merupakan orang yang terorganisir, maka anda semuanya di dalam bisa memilih jurusan seperti halnya Manajemen.

5. Konsultasi Sesuai Dengan Pengalaman

Anda bisa mengungkapkan kebingungan anda semuanya dengan cara mencoba konsultasi dengan guru bimbingan konseling. Bisa juga anda konsultasi dengan orang tua, dan lain sebagainya. 

Anda juga bisa bertanya mengenai pengalaman mereka di dalam memilih suatu jurusan hingga pada prospek pekerjaan sesudah lulus. Dengan anda bertanya langsung secara real nantinya bisa mempermudah. 

Sebaiknya anda juga menyesuaikan antara fakta dari pengalaman yang terjadi dengan kemampuan yang telah anda miliki. Anda jangan sampai malu dalam bertanya.

6. Peluang Masa Depan

Peluang maupun tujuan dari masa depan anda setelah kuliah juga bisa anda jadikan sebagai prioritas di dalam menentukan jurusan. Peluang masa depan dapat dikatakan sebagai cita-cita. 

Untuk bisa meraih cita-cita yang anda harapkan, solusinya yaitu bisa dengan mencari jurusan yang peluangnya sudah cukup menjanjikan. Nah, untuk jurusan IT sekarang ini juga bisa jadi peluang yang sangat menjanjikan. 

Sudah banyak sekali dibangun berbagai macam perusahaan baru yang berbasis teknologi. Oleh sebab itu, anda semuanya wajib untuk mengetahui jurusan yang sesuai dengan cita-cita dan masa depan anda. 

7. Biaya

Dari berbagai macam hal di atas, sebaiknya anda semuanya jangan lupa untuk memprioritaskan pada masalah biaya. 

Jika kemampuan biaya yang orang tua anda miliki tidak seimbang dengan jurusan yang anda inginkan. Maka kualiah anda bisa menjadi kendala kedepannya. 

Walaupun anda semuanya bisa mencari beasiswa, namun tidak seluruh anak dapat memperoleh beasiswa yang mudah. Maka dari itu, dengan semaksimal mungkin anda bisa menyesuaikannya keinginan anda dengan biaya yang dimiliki saat itu.
Demikian informasi mengenai Tips dan Cara Menentukan Jurusan Kuliah Sesuai Kepribadian dan Kemampuan. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk kalian semua calon mahasiswa baru.