Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Kantor

Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Kantor -- Jurusan yang Peluang Kerjanya Banyak Dibutuhkan di Kantor, Jurusan Kuliah yang Bisa Kerja di Kantor, Jurusan Kuliah yang Diminati di Kantor, Jurusan Kuliah yang Bisa Kerja di Kantor Cepat Dan Mudah, Rekomendasi Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja di Kantor, Kerja Kantoran dengan Gaji Besar, Jurusan Kuliah yang Paling dibutuhkan Dikantor, Lowongan Kerja untuk Jurusan Kuliah yang Cepat Dapat Kerja Di Kantor.

Kali ini admin akan berbagi informasi mengenai Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Kantor. Informasi ini ditujukan untuk kalian yang akan kuliah dan nanti bekerja di perkantoran. Pada artikel kali ini akan dijelaskan tentang jurusan apa saja yang bisa dipilih untuk bisa bekerja di kantor. Langsung saja simak di bawah ini.

https://www.pendaftaranpmb.web.id/

Siapa yang tidak ingin bekerja kantoran?

Rasanya itu menjadi impian semua orang. Membayangkan bekerja di sebuah kantor dengan baju bagus, ruangan yang dingin, serta fasilitas penunjang lainnya, pasti menyenangkan. Semua persiapan dilakukan, bahkan ada yang langsung mendaftar ke jurusan kuliah yang bisa bekerja di kantor agar impiannya tersebut menjadi nyata.

Jurusan kuliah di Indonesia sendiri sangat banyak jumlahnya. Tidak hanya puluhan, bahkan setiap tahunnya akan muncul jurusan yang baru. Melihat hal tersebut tentu sebagai calon mahasiswa baru, wajib teliti dalam memilih jurusan kuliah yang bisa bekerja di kantor. Beberapa jurusan tersebut, diantataranya.

A. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Kantor

Melihat fakta yang ada bawah jurusan di Indonesia jumlahnya tidak sedikit, tentu sedikit membuat bingung. Beberapa diantaranya bahkan memiliki kesamaan nama, namun beda segi pembelajarannya. Diantara jumlahnya yang banyak tersebut ada beberapa jurusan kuliah yang bisa bekerja di kantor, diantaranya.

1. Jurusan Ilmu Ekonomi

Jurusan kuliah yang bisa bekerja di kantor yang pertama adalah ilmu ekonomi. Hal ini dikarenakan ilmu ekonomi banyak mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan bisnis. Ilmu ekonomi secara umum sendiri memiliki arti mempelajari kelakuan manusia dalam memilih, dan menciptakan kemakmuran.Di Indonesia sendiri sebenarnya jurusan ekonomi masuk ke dalam fakultas ekonomi.

Apabila nanti masuk ke jurusan ini, maka yang dipelajari lebih spesifik. Para mahasiswa nantinya akan dihadapi dengan 7 konsentrasi ilmu yang harus dipilih seperti, ekonomi Internasional, publik, regional, ekonomi pembangunan, ekonomi moneter, industri, ekonomi sumber daya alam & lingkungan, serta ekonomi SDM. Semua hal ini dinilai sangat penting bagi pekerja kantoran.

2. Jurusan Manajemen

Masih satu fakultas dengan jurusan ilmu ekonomi, kali ada jurusan manajemen. Sebuah jurusan yang paling diminati setiap tahunnya oleh para calon mahasiswa baru. Hal yang paling dipelajari dalam jurusan ini adalah bagaimana mengelola atau mengatur sumber daya yang tersedia. Hal ini berguna untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan efektif serta tepat sasaran.

Manajemen sendiri memiliki empat tahap-tahap pembelajaraan diantaranya, perencanaan, pengalokasian, pelaksanaan, dan pengevaluasian. Keempat hal tersebut sangat tepat bila diterapkan di perusahaan/kantor. Jurusan manajemen memiliki empat konsentrasi yang wajib dipelajari seperti, manajemen keuangan, pemasaran, operasional, dan sumber daya manusia.

3. Jurusan Akutansi

Satu lagi jurusan kuliah yang bisa bekerja di kantor yang merupakan cabang dari fakultas ekonomi, yakni akutansi. Sama seperti dua jurusan di atas, jurusan yang satu ini juga merupakan jurusan favorit untuk kerja kantoran. Jurusan ini sering dijuluki dengan jurusan keuangan, karena pelajarannya yang banyak mengenai perhitungan uang.

Hal yang dipelajari biasanya bagaimana cara membuat laporan keuangan yang baik dan benar. Sehingga jurusan ini sangat cocok untuk bekerja di kantoran terutama bagian keuangan. Banyak kantor yang membutuhkan para lulusan akutansi untuk mengisi posisi di perusahaannya. Jadi, tidak ada salahnya buat yang mau bekerja di kantor bisa masuk jurusan ini.

4. Manajemen Logistik

Mendengar namanya mungkin langsung terfikir bahwa jurusan ini termasuk ke dalam fakultas ekononomi. Nyatanya jurusan ini masuk ke dalam fakultas terapan yang pembelajarannya lebih menerapkan praktek dibanding teori. Di Indonesia sendiri belum terlalu banyak kampus yang menyediakan jurusan ini, padahal jurusan ini paling diminati untuk kerja kantoran.

Jurusan ini mempelajari tentang penyebaran, tata lokasi, pengiriman, dan hal lainnya yang berhubungan dengan logistik. Perusahaan yang biasanya mencari jurusan ini adalah kantor pos, kantor pengiriman, serta kantor lain yang masih berhubungan dengan pengiriman. Melihat perkembangan dunia ekspedisi di Indonesia, membuat jurusan ini masuk ke jurusan yang patut diperhitungkan.

5. Ilmu Komputer

Pernah terpikir bahwa yang kuliah di jurusan ini bisa menjadi hacker? Jangan salah sangka dulu, ternyata ini pun jurusan kuliah yang bisa bekerja di kantor dan banyak dicari perusahaan. Hal ini dikarenakan hal yang dipelajari dalam jurusan ini ada yang berkaitan dengan perawatan perangkat lunak. Pembelajaran tersebut dibutuhkan oleh setiap kantor yang sudah mulai menggunakan komputer sebagai basis data.

Di zaman sekarang, rasanya sudah 80% perusahaan menggunakan komputer. Sehingga lulusa jurusan ini pasti akan dicari oleh perusahaan. Selain berfungsi untuk perawatan perangkat lunak, jurusan ini juga mempelajari pengolahan informasi. Pengolahan informasi ini sudah berbasis komputer, jadi sangat sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

6. Teknik Informatika

Jurusan ini masuk ke dalam jurusan jalur neraka di beberapa kampus Di Indonesia. Peminat yang ingin masuk ke jurusan ini sangat banyak, maka dari itu masuk ke dalam jalur neraka. Satu bagian konsentrasi umum yang paling cocok untuk bisa kerja kantoran adalah pengembangan software, serta pengolahan informasi.

Kedua jurusan di atas sangat dicari saat ini, terutama perusahaan yang sudah menggunakan komputer hampir diseluruh aktivitasnya. Jangan berfikir bahwa lulusan dari jurusan ini hanya menjadi teknisi di kantor, ada beberapa yang bekerja di depan komputer. Bagian ini masuk ke dalam bagian maintenance di perusahaan.

7. Sistem Informasi

Tergolong berusia muda, sistem informasi juga merupakan jurusan kuliah yang bisa bekerja di kantor. Hal ini dikarenakan beberapa kampus baru memiliki jurusan ini sekitar tahun 2005. Sesuatu yang dipelajari dalam jurusan ini salah satunya adalah tentang sifat pengguna. Pembelajaran inilah yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan.

Lulusan sistem informasi biasanya dibekali dengan manajemen resource untuk mengelola sumber informasi dalam bentuk IT. Suatu perusahaan biasanya menempatkan lulusan ini sebagai jembatan dari orang teknis ke satu bagian tertentu. Lulusan ini nantinya harus mengetahui software atau alat apa yang cocok dipasang di divisi perusahaan tersebut.

8. Desain Grafis

Memasuki era milenial sudah banyak perusahaan yang mengembangkan bisnisnya melalui online. Hal inilah yang menyebabkan lulusan dari jurusan ini sekarang mendapat perhatian dari perusahaan. Dalam desain grafis hal yang dipelajari berupa desain yang cocok untuk menjadi identitas suatu perusahaan.

Lulusan desain grafis ini bisa masuk ke dalam divisi marketing suatu perusahaan sebagai pembuat logo. Selain sebagai pembuat logo, desain gravis juga mampu menjadi media promosi melalui sebuah web. Seperti pembuatan iklan yang menarik, spanduk, dan lainnya yang dipasarkan melalui komputer.

9. Jurusan Perbankan

Siapa yang tidak ingin bekerja di kantor yang bergerak dibagian perbankan? Rasanya beberapa orang memiliki ketertarikan di sini. Meski tidak harus lulusan jurusan perbankan untuk bekerja di bank, tapi sekarang ada jurusan perbankan yang lebih terfokus. Tidak hanya bekerja di bank lulusan ini juga bisa bekerja di perusahaan biasa, sebagai bagian administrasi.

Melihat banyaknya lapangan kerja maka tidak heran jika jurusan ini sudah mulai mendapat kenaikan dalam hal peminat. Jurusan kuliah yang bisa bekerja di kantor ini selain mempelajari hal tentang perbankan, tapi juga mempelajari administrasi, dan manajemen secara umum. Jadi tidak usah heran kalau beberapa lulusan perbankan ada yang bekerja di luar bank terutama divisi administrasi dan keungan.

10. Jurusan Pajak

Salah satu sekolah ikatan dinas paling terkenal di Indonesia, yakni Stan memiliki jurusan ini sebagai favoritnya. Jurusan ini memiliki banyak peminat setiap tahunnya. Hal ini tidaklah mengherankan karena jurusan ini memiliki banyak prospek kerja yang menjanjikan. Lulusan jurusan ini tidak hanya bisa bekerja sebagai pns di ditjen pajak.

Memang salah satu tujuan orang belajar di jurusan pajak adalah ingin menjadi bagian dari ditjen pajak. Nyatanya banyak sekali pekerjaan yang bisa dilakukan oleh lulusan ini. Bila berbicara mengenai perusahaan konvensional maka lulusan ini dapat bekerja pada divisi tax accountant. Sebuah divisi yang menghitung jumlah pajak, serta mengurusi pajak perusahaan.

11. Jurusan Statistika

Di Indonesia ternyata tidak hanya STIS yang menyediakan jurusan statistika, tapi masih banyak kampus lain. Ilmu ini mempelajari tentang menganalisa data, serta pengolahan data untuk menjadi sebuah informasi. Biasanya ilmu ini erat kaitannya dengan matematika jadi masih tidak jauh dari hitung menghitung.

Bagi yang menyukai pengolahan data tidak ada salahnya untuk masuk ke jurusan ini, karena lapangan pekerjaannya sangat banyak. Banyak yang mencari lulusan jurusan kuliah yang bisa bekerja di kantor satu ini. Sebuah perusahaan membutuhkan bagian analisis, yang biasanya berfungsi untuk menganalisis pasar, angka penjualan, dan lain-lain. Divisi inilah yang sangat tepat diisi oleh lulusan statistika.

12. Jurusan Administrasi

Indonesia memiliki dua jurusan administrasi yang paling populer yaitu, administrasi negara, dan administrasi bisnis. Keduanya sama-sama memiliki prospek kerja yang menjajikan, namun jika ingin bekerja kantoran di perusahaan swasta maka dapat mengambil administrasi bisnis. Sebenarnya perbedaan pembelajaran tidak jauh beda, hanya saja penerapan ilmunya yang berbeda.

Administrasi bisnis secara umum mempelajari segala sesuatu yang terkait dengan kegiatan operasional bisnis serta perusahaan. Karena mempelajari hal yang krusial maka tidak heran jika banyak divisi di perusahaan yang bisa dilamar oleh lulusan jurusan ini. Beberapa posisi tersebut diantaranya, divisi administrasi, divisi manajemen, staf pemasaran, staf sdm, dan masih banyak lagi.

13. Ilmu Perpustakaan

Jurusan kuliah yang bisa bekerja di kantor satu ini tergolong sepi peminat. Padahal sebenarnya memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Meskipun kelihatannya hanya berkutat mengenai buku-buku, ternyata jurusan ini memiliki banyak ilmu yang bisa dipelajari. Ilmu tersebut yang bermanfaat diantaranya, surat menyurat, mengarsipkan dokumen, dll.

Di perusahaan lulusan jurusan ini biasanya dibutuhkan menjadi staf administrasi. Ini karena staf administrasi dirasa paling sesuai dengan ilmu yang dipelajari. Selain sebagai ilmu administrasi, ternyata ilmu perpustakaan juga bisa menjadi sekertaris. Hal ini dikarenakan kemampuang surat menyurat, serta mengorganisir dokumen merupakan hal yang sangat dibutuhkan menjadi sekertaris.

14. Jurusan Hukum

Jurusan ini memiliki banyak prospek pekerjaan yang dibutuhkan perusahaan. Prospek pekerjaan yang sangat tepat untuk lulusan ini di perusahaan adalah sebagai konsultan hukum. Sebuah perusahaan membutuhkan seorang profesional untuk membahas mengenai ekspansi yang sering dilakukan sebuah perusahaan. Hal ini karena lulusan ilmu hukum, memahami pasal dengan baik.

Selain sebagai konsultan hukum, sebuah perusahaan biasanya membutuhkan notaris guna menjamin keabsahan surat-surat yang ada. Perusahaan besar biasanya melakukan surat perjanjian dengan jumlah yang tidak sedikit, inilah alasan mengapa kehadiran notaris diperlukan. Biasanya notaris akan bertindak sebagai saksi.

15. Marketing Communication

Jurusan kuliah yang bisa bekerja di kantor selanjutnya ini termasuk ke dalam fakultas komunikasi. Sebuah jurusan yang mempelajari materi komunikasi yang baik dalam hal pemasaran. Komunikasi sangat diperlukan dalam bidang pemasaran karena itu kunci dari menawarkan suatu produk. Hal inilah yang dipelajari dalam jurusan ini.

Melihat namanya tentu sudah dapat diketahui divisi apa yang cocok untuk lulusan ini yaitu, divisi marketing. Sebuah divisi yang sangat penting dan selalu memberikan bonus kepada pegawainya apabila bekerja dengan sangat baik. Divisi ini juga menekankan bagaimana cara komunikasi yang baik, agar calon klien terkesan dengan perusahaan dan ingin melakukan kerja sama.

16. Manajemen Rekayasa Industri

Mendengar namanya mungkin banyak yang berfikir bahwa jurusan ini masuk ke dalam fakultas ekonomi, nyatanya ini masuk fakultas teknik. Hal ini dikarenakan salah satu yang dipelajari di sini adalah dasar pengetahuan engineering. Berbeda dari pemikiran bahwa lulusan teknik selalu bekerja di lapangan, nyatanya jurusan ini lebih banyak bekerja di dalam kantor.

Para lulusan jurusan ini dibekali dengan ilmu manajemen, yaitu ilmu untuk mengatur. Biasanya yang diatur berkisar tentang engineering. Dalam perusahaan lulusan ini biasanya menjadi manajemen industri, analyst production, cost control industri, dan yang lainnya. Sehingga jangan heran jika ada anak teknik yang bekerja kantoran tidak terjun langsung ke lapangan.

17. Kesehatan Masyarakat

Jurusan kuliah yang bisa bekerja di kantor yang terakhir dalam daftar ini belum begitu populer seperti jurusan lainnya, padahal prospek kerjaannya lumayan. Banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga ini di dalam perusahaannya. Jangkauan dari lulusan ini pun sangat luas sehingga pekerjaannya tidak terpaku hanya sekedar di rumah sakit.

Di perusahaan sendiri, jurusan ini dapat menjadi konsultan kesehatan para pegawainya. Tim konsultan ini biasanya diletakkan di divisi k3. Divisi ini harus menjelaskan bagaimana cara kerja yang baik serta cara menghindari kecelakaan kerja. Isi dari tim ini rata-rata merupakan lulusan jurusan kesehatan masyarakat.

B. Kualifikasi Calon Pekerja Kantoran

Dalam dunia bisnis, terutama perusahaan sangat mengedepankan kemampuan individu calon karyawannya. Tidak hanya latar belakang pendidikan yang dilihat, namun kemampuan lain seperti beropini, mengoperasikan komputer, dan lain-lain juga diperhatikan. Hal ini diperlukan sebagai penilaian perusahaan terhadap calon karyawannya. Beberapa kualifikasi yang dibutuhkan, diantaranya:

1. Ahli dibidangnya

Ketika melamar ke suatu perusahaan, ada baiknya untuk melihat bagian apa yang dilamar. Hal ini bertujuan untuk mencocokan kemampuan diri dengan pekerjaan tersebut. Karena selain dilihat dari latar belakang pendidikan, perusahaan biasanya akan melakukan tes untuk mengetahui kemampuan karyawannya.

2. Mampu Mengoperasikan Komputer

Kualifikasi kedua yang dibutuhkan adalah mampu mengoperasikan komputer. Tidak peduli apapun posisinya, biasanya pekerja kantoran diwajibkan untuk mampu mengoperasikan komputer, minimal dasar. Aplikasi yang wajib dikuasai biasanya ms word, excel, powerpoint, email, dan lainnya.

3. Berpengalaman

Hal ini yang paling banyak dicari oleh perusahaan di luar sana. Pertanyaanya, bagaimana yang fresh graduate? Tenang saja, di dunia kuliah sekarang sudah menyediakan fasilitas magang yang bisa menambah pengalaman untuk resume nanti. Jadi jangan malas untuk mengambil kesempatan magang selagi masih tersedia.

4. Kemampuan komunikasi yang baik

Jangan pernah berfikir bahwa bekerja kantoran hanya berupa kerja di depan komputer. Pekerja kantoran juga membutuhkan skil komunikasi yang baik, yang berguna untuk dirinya sendiri. Kualifikasi seperti ini biasanya dibutuhkan untuk komunikasi antar tim, meeting, dan lain-lain.

5. Kelengkapan Surat

Setelah semuanya terpenuhi, ada baiknya untuk mengecek lagi kelengkapan surat yang dibutuhkan. Persiapkan lagi semuanya, lalu cek ulang apakah ada yang tertinggal. Jangan ragu untuk bolak-balik mengecek website perusahaan, agar mengetahui surat tambahan yang mungkin dibutuhkan.

Sebenarnya masih banyak jurusan kuliah yang bisa bekerja di kantor selain yang disebutkan di atas. Hanya saja jurusan-jurusan di atas yang memiliki prospek paling tinggi, serta lulusannya yang paling banyak dicari oleh perusahaan. Jangan lupakan juga kualifikasi yang telah disebutkan setelahnya, karena selain pendidikan perusahaan juga butuh bukti nyata kemampuan seseorang.


Itulah informasi mengenai Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Kantor. Mudah-mudahan infomasi ini bisa menjadi referensi bagi kalian yang ingin kuliah dan suatu saat nanti kerja di kantoran. Terima kasih atas waktunya dan cukup sekian, semoga kesuksesesan selalu bersama kita.