Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Pemerintahan

Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Pemerintahan -- Jurusan Kuliah yang Banyak Peluang Kerjanya di Pemerintahan, Jurusan yang Kesempatan Kerjanya Banyak Di Pemerintahan, Jurusan yang Kesempatan Kerjanya Dibutuhkan di Pemerintahan, Jurusan Kuliah dan Prospek Kerja Beserta Penjelasannya, Jurusan yang Peluang Kerjanya Banyak Dibutuhkan, Jurusan Kuliah yang Bisa Membawa Masa Depan Cerah, Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Kantor Pemerintah.

Informasi ini berjudul Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Pemerintahan. Informasi ini ditujukan khusunya bagi para calon mahasiswa yang saat ini mungkin masih bingung memilih jurusan kuliah terutama jurusan kuliah yang nantinya setelah lulus bisa kerja di pemerintahan. Nah, pada artikel ini akan dijelaskan semua tentang itu.

https://www.pendaftaranpmb.web.id/

Saat masih SMA, kuliah menjadi keinginan bagi semua siswa. Menginjak kelas 3 saatnya mencari universitas dan jurusan yang diinginkan. Pasalnya, untuk masuk di universitas bagus bukan hal yang mudah.

Memilih jurusan yang bisa membuat masa depan cerah juga dibutuhkan, contohnya tepat memilih jurusan kuliah yang bisa bekerja di pemerintahan. Instansi pemerintah merupakan tempat kerja yang menjadi banyak incaran karena bisa menjamin masa tua menjadi lebih baik.

A. Gambaran Bekerja di Pemerintahan

Bekerja di sebuah instansi pemerintahan menjadi keinginan banyak orang. Menjadi pegawai negeri sipil dapat menjamim masa tua lebih baik. Namum, bekerja di instansi pemerintah bukan hal mudah butuh banyak seleksi yang harus dilalui dan setiap tahap harus lulus. Untuk itu perlunya persiapan matang dengan belajar giat dan memilih formasi sesuai dengan jurusan agar peluang diterima lebih besar.

Namun, tidak semua orang tertarik di instansi pemerintah ada juga yang tidak minat dan hanya menginginkan bekerja di perusahaan swasta. Bagi yang minat di instansi pemerintah merupakan sebagai sektor yang stabil di sepanjang masa karena berkaitan dengan negara. Untuk bisa bekerja di instansi pemerintah hanya lewat jalur pendaftaran PNS dan PPPK.

B. Hal Menarik Bekerja di Instansi Pemerintah

Generasi muda saat ini banyak yang mengikuti tes CPNS yang diadakan pemerintah. Jika ingin Bekerja di instansi pemerintah harus lolos seleksi CPNS dulu. Ada beberapa hal menarik kenapa banyak orang ingin menjadi PNS dan bekerja di instansi pemerintahan diantaranya gaji pokok tidak sama dengan perusahaan Swasta jika di instansi pemerintah apabila tidak masuk gaji tidak dipotong.

Selain gaji pokok, PNS juga mendapat tunjangan seperti tunjangan istri maupun tunjangan anak. Mendapat uang pensiun, berbeda dengan perusahaan swasta jika di instansi pemerintah akan mendapat uang pensiun yang bisa menjadi bekal masa tua. Berseragam, ini menjadi keinginan bagi sebagian orang jika kerja berseragam akan terlihat lebih bergengsi.

Alasan berikutnya tidak takut di PHK karena jarang ada PNS yang di PHK selama tidak melanggar peraturan yang tidak parah. Jenjang karir jelas jika menjadi PNS ada banyak dan bertahap jenjang karir dari golongan maupun jabatan. Memiliki peluang bertemu orang penting jika PNS di Pemda atau Pemkot seperti bertemu dengan pejabat daerah maupun nasional.

Selanjutnya, mengenai waktu kerja saat bekerja di instansi pemerintah hari kerja senin sampai jumat dari pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB tidak perlu berfikir berangkat di hari sabtu. Jalan-jalan keluar kota/negeri yang biasa disebut dengan perjalanan dinas ini menjadi hal menarik dan bisa dijadikan refreshing.

C. Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat Sesuai Minat dan Bakat

Terlepas dari pilihan jurusan kuliah yang bisa bekerja di pemerintahan, tak selalu hasilnya demikian. Adakalanya yang memperoleh pekerjaan yang berbeda jauh dengan jurusan kuliah yang diambil. Selain itu, jurusan yang tepat juga akan mempengaruhi motivasi dalam menjalani perkuliahan. Berikut ini tips memilih jurusan kuliah yang tepat yaitu:
  • Mengetahui Minat dan Hobi. Minat di sini bukan hanya sesuai dengan diri seseorang namun juga serius dan konsisten dalam menjalani usahanya. Minat dan hobi sesuai dengan jurusan kuliah jika ada tugas tentu tidak merasa capeknya.
  • Kenali Potensi Diri. Selain minat dalam memilih jurusan kuliah, bakat juga diperlukan untuk menentukan kemampuan kuliah. Seseorang memiliki keunggulan masing-masing sesuai dengan potensi diri yang berbeda-beda.
  • Pertimbangkan Peluang Karir sebelum Memilih Jurusan. Hal ini merupakan penting yang bisa difikirkan karena setelah kuliah pasti akan bekerja. Disamping itu peluang kerja yang besar bisa menentukan masa depan yang cerah.
  • Sesuaikan dengan Kemampuan Keuangan. Setiap jurusan kuliah memiliki biaya masing-masing dari yang murah hingga mahal. Sesuaikam dengan kemampuan keuangan menjadi hal penting dalam memilih jurusan kuliah agar tidak terbeban dengan biaya kuliah

C. Pilihan Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Pemerintahan

Setiap orang pasti menginginkan pekerjaan yang bisa menjamin pada masa tuanya. Pekerjaan yang bagus dan sesuai keinginan pasti menjadi incaran. Instansi pemerintah merupakan salah satu tempat kerja yang banyak diminati.

Jika ingin bekerja di instansi pemerintah tentu perlu memilih jurusan yang sesuai juga. Berikut ini jurusan kuliah yang bisa bekerja di Pemerintahan:

1. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Pemerintahan : Jurusan Ilmu Hukum

Jurusan ilmu hukum akan menghasilkan Sarjana Hukum yang profesional dan memiliki integritas tinggi. Mata kuliah yang diajarkan yaitu hukum pidana, perdata, peradilan tata usaha, adat, internasional, dagang dan ilmu negara. Peminat jurusan ini sangat banyak karena memiliki prospek kerja yang cukup besar.

Adapun pekerjaan di pemerintahan yang sesuai dengan jurusan ini diantaranya hakim, membutuhkan kredibilitas yang tinggi karena tonggak penting dalam keputusan pengadilan.

Yang kedua, jaksa, pemerintah melakukan penyeleksian yang sangat ketat karena pekerjaan ini harus bisa menyampaikan dakwaan pelaku kejahatan.  Staff kementerian membutuhkan lulusan jurusan hukum pada kementrian hukum bisa dilihat dari pendaftaran CPNS peluang jurusan hukum besar.

2. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Pemerintahan :Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial

Kesejahteraan mengajarkan tentang dasar pekerjaan dan nilai prinsip, kebijakan pelayanan tingkat lokal dan internasional. Jurusan ilmu kesejahtaraan sosial ini cocok untuk sesorang yang memiliki jiwa sosial tinggi dan serius. 

Lulusan ini dianggap memiliki advokasi tinggi sehingga banyak dibutuhkan oleh instansi pemerintahan pusat maupun daerah. Selain itu juga bisa menjadi konsultan dalam program pengembangan sosial.

Adapun prospek pekerjaan yang bisa dicoba untuk jurusan ini yaitu ahli sosial dan pengembangan masyarakat baik dibutuhkan di lembaga pemerintahan maupun non pemerintahan. 

BUMN bisa dicoba bagi seseorang yang memiliki gelar S.Sos. Kemudian bisa juga di instansi pemerintah seperti di Bappeda maupun Bappenas dengan mendaftar PNS. Berikutnya bisa di Lembaga Pelayanan Publik baik swasta maupun pemerintah karena memiliki keahlian di bidang advokasi.

3. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Pemerintahan : Jurusan Ilmu Pemerintahan

Jurusan Ilmu pemerintahan merupakan salah satu jurusan pada fakultas ilmu sosial dan politik. Pembahasan materi ini yaitu mempelajari ilmu tentang masalah organisasi, administrasi, manajemen dalam penyelenggaraan badan-badan publik.

Mengingat Indonesia merupakan negara hukum maka pemerintahan sangat penting. Perkuliahan yang diajarkan seputar etika pemerintah, ekologi pemerintah, hukum tata pemerintahan dan sebagainya.

Gelar yang akan didapat pada jurusan ini yaitu S. I. P adapun jenis pekerjaan yang cocok yaitu aparat pemerintah agar terlibat dalam mengurus pemerintahan. 

Ada juga pekerjaan staf atau anggota legislatif baik pusat maupun daerah dengan bekal ilmu yang telah dipelajari seputar pemerintahan. Pengawas dan penyelidikan properti pemerintahan guna mengatur kepatuhan, menyiapkan korespondensi serta memeriksa dokumen.

4. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Pemerintahan : Jurusan Hukum Publik

Jurusan Hukum Publik merupakan salah satu jurusan kuliah yang bisa bekerja di pemerintahan. Hukum pada dasarnya mengatur antara negara dengan warga negaranya. 

Mata kuliah terkait jurusan ini yaitu hukum konstitusi, hukum kriminal dan hukum administrasi. Jika ingin mengetahui hukum internasional secara menyeluruh bisa mencari modul hukum publik.

Mahasiswa jurusan hukum biasanya menginginkan bekerja sebagai advokat, pengacara, peneliti hukum yang bisa memperoleh gaji tinggi. Untuk lulusan sarjana hukum publik jika ingin melanjutkan legal advise biasanya tidak perlu mengambil kualifikasi Graduate Diploma in Law.

5. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Pemerintahan : Jurusan Administrasi Publik

Administrasi Publik atau biasa disebut dengan administrasi negara merupakan salah satu jurusan kuliah yang memiliki elemen penting tentang kehidupan bernegara yaitu eksekutif, legislatif dan yudikatif.

Sedangkan publik pembahasannya pada kebijakan publik, manajemen publik dan administrasi pembangunan. Materi yang diulas mencakup birokrasi, mengimplementasikan hingga mengevaluasi kebijakan publik.

Jika kuliah di Jurusan Administrasi Publik bisa bekerja di aparat pemerintahan, bertugas mengatur proses pemerintahan dengan sebaik-baiknya.

Yang kedua bisa bekerja sebagai staf atau anggota legislatif pusat maupun daerah dengan materi yang di bahas pada saat kuliah bisa diaplikasikan di sini cocok sebagai anggota legislatif juga. 

Bisa juga menjadi jurnalis pemerintahan karena jurusan ini mampu menguasai pengetahuan dasar tentang fenomena politik.

6. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Pemerintahan : Jurusan Ilmu Politik

Saat ini banyak anak muda yang tertarik di dunia politik. Tak menutup kemungkinan jika kuliah dengan jurusan ilmu politik akan mendapat peluang besar ketika mencari kerja. 

Ilmu politik merupakan cabang dari ilmu sosial mengulas politik serta prakteknya maupun analisis sistem politik. Pada pembahasannya berorientasi dengan teori, akademis dan riset.

Ilmu politik merupakan salah satu jurusan kuliah yang bisa bekerja di pemerintahan. Adapun beberapa prospek kerjanya yaitu sebagai aparat pemerintah aktif dan bekerja dalam menjalankan roda pemerintahan.

Misalnya menjadi anggota legislatif, karena program studi ini sudah memiliki banyak ilmu di bidang pemerintahan. Atau bisa juga menjadi anggota partai politik dapat menjadi salah satu wadah dalam menyampaikan aspirasinya.

7. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Pemerintahan : Jurusan Pembangunan Sosial & Kesejahteraan

Yang berikutnya adalah jurusan Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan yaitu kelompok fakultas ilmu sosial dan ilmu politik. Jurusan ini biasa disingkat dengan PSDK merupakan salah satu jurusan kuliah yang bisa bekerja di pemerintahan. 

Ada tiga konsentrasi yang dikaji pada jurusan PSDK ini berdasarkan pada analisis kesejahteraan masyarakat yaitu negara, swasta maupun masyarakat sipil.

Jurusan pembangunan sosial dan kesejahteraan diharapkan mampu menjadi ahli pembangunan masyarakat, menganalisis kebijakan sosial baik pemerintahan maupun legislatif serta bisa menjadi peneliti sosial. 

Alumni jurusan ini banyak yang sudah bekerja di berbagai sektor publik maupun private. Beberapa instansi pemerintah seperti kementrian sosial, pertamina, kemendos.

8. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Pemerintahan : Jurusan Fisika

Jurusan fisika merupakan salah satu jurusan yang bisa bekerja di pemerintahan. Karena lulusan fisika mendapat banyak ilmu untuk dapat diaplikasi dalam pekerjaan.

Kelompok keahlian dalam ilmu fisika ini meliputi fisika terapam, radiasi, energi, material dan medis. Ilmunya juga dikombinasikan dengan matematika maka dari jurusan fisika lumayan banyak diminati oleh calon mahasiswa.

Adapun pekerjaan di instansi pemerintah yang cocok untuk jurusan fisika yaitu bekerja di lembaga pemerintahan seperti pemda (Pemerintah Daerah), BPS (Badan Pusat Statistik), badan standarisasi nasional, LIPI, lapan, dinas pendidikan nasional. 

Bekerja di instansi pemerintahan seleksinya cukup sulit untuk itu perlu persiapkan matang-matang untuk melalui setiap tahap seleksinya.

9. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Pemerintahan : Jurusan Akuntansi

Jurusan Akuntansi memiliki prospek kerja yang cerah dan peluang kerjanya sangat luas. Tak heran jika jurusan ini menjadi banyak peminatnya dalam pendafatran SMPTN karena setiap perusahaan pasti membutuhkan. Posisi pekerjaan yang dibutuhkan untuk jurusan ini menjanjikan serta adanya kenaikan level dengan cepat.

Adapun pekerjaan di bidang pemerintahan yang membutuhkan jurusan akuntansi yaitu akuntan pemerintah bisa diartikan bahwa membuat laporan keuangan pemerintah maupun mengaudit beberapa Instansi Pemerintahan. Akuntansi pemerintah memiliki sendara sendiri untuk itu Ahli Akuntan Pemerintah (AAP) dijadikan standarisasi tentang akuntansi.

10. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Pemerintahan : Jurusan Psikologi

Jurusan psikologi tidak selalu mengurus orang-orang yang punya penyakit jiwa. Namun, ilmu yang didapat pada jurusan ini cukup luas. Psikologi merupakan ilmu yang mengatur perilaku dari jiwa seseorang meliputi teori kepribadian, perkembangan fisik dan psikis, sistem syaraf dan tingkah laku.

Perkembangan karir tentang psikologi pun sangat luas ada juga psikologi industri maupun konselor psikologis. Di seluruh universitas banyak generasi muda yang minat jurusan psikologi. Psikologi merupakan salah satu jurusan kuliah yang bisa bekerja di pemerintahan seperti dinas sosial.

11. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Pemerintahan : Jurusan Agribisnis

Lulusan dari jurusan agribisnis dimaksudkan agar hasil bumi yang kita olah menjadi tidak ternilai harganya dan menjadi komoditas. 

Adanya jurusan ini agar bisa mengelola pertanian menjadi maksimal. Walaupun terkadang jurusan ini tidak diminati karena seputar pertanian namun nyatanya cukup menjanjikan. ironis, jika Indonesia merupakan Negara agraris namun masih mengimpor bahan pangan.

Agribisnis merupakan salah satu program studi yang menggabungkan antara Soshum dan Saintek. Karena  jurusan ini banyak membahas tentang aspek budidaya, manajemen usaha, pengelolaan hasil pertanian.

Gelar yang didapatkan jurusan ini yaitu S.P. (Sarjana Pertanian). Jurusan Agribisnis bisa menjadi peneliti di LIPI, kementrian pertanian, perdagangan maupun kementrian perindustrian.

12. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Pemerintahan : Jurusan Teknik Sipil

Ahli teknik sipil sering bekerja secara tim. Sebelum melakukan pembangunan perlu dirancang bentuk bangunan dalam skala kecil oleh ahli teknik sipil. Keputusan yang harus diambil perlu mempertimbangkan adanya fungsi bangunan, keselamatan pekerja, anggaran, serta manfaat untuk masyarakat.

Ada beberapa cabang dalam teknik sipil yaitu manajemen konstruksi, geoteknik, transportasi, hidrologi, dan struktur bangunan. 

Teknik sipil merupakan salah satu jurusan kuliah yang bisa bekerja di pemerintahan dengan menjadi pegawai negeri sipil (PNS) di instansi pemerintahan seperti badan perencanaan daerah, PMU bina negara, departemen ESDM, dinas tata kota dan pertamananan.

13. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Pemerintahan : Jurusan Teknik Lingkungan

Teknik lingkungan merupakan salah satu perkuliahan yang mengajari seputar lingkungan berdasarkan masalahnya serta mencari solusi maupun melakukan pencegahan.

Jurusan teknik lingkungan akan membahas pemantauan kualitas air, tanah dan udara, pengelolaan sampah, perencanaan pengelolaan air minum, sanitalisi lingkungan. Selain itu juga membahas pengendalian tingkat pencemaran dan mnegelola dampak lingkungan yang terjadi.

Banyaknya masalah yang terjadi pada lingkungan saat ini. Peraturan Undang-undang semakin ketat agar masyarakat lebih peka dalam menjaga lingkungan dan tidak mencemarinya. 

Teknik lingkungan merupakan salah satu jurusan kuliah yang bisa bekerja di pemerintahan seperti kementrian perindustrian, instansi kementrian lingkungan hidup maupun kementrian kelautan.

14. Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Pemerintahan : Jurusan Administrasi Fiskal

Administrasi Fiskal merupakan salah satu bidang studi pada Fakultas Ilmu Administrasi. Jurusan ini mempelajari seputar perpajakan serta mempelajari berbagai perspetif mulai dari akuntansi, ekonomi hingga hukum. Pembahasan yang akan diulas yaitu bagaimana cara menyusun laporan pajak yang benar sesuai dengan ketentuan peraturan pajak.

Selain itu bagaimana cara menghitung administrasi pajak. Mahasiswa yang kuliah di administrasi pajak ini dituntut untuk menghafal aturan pajak dan tarif pajak yang banyak dan berbeda-beda agar siap untuk menghadapi dunia kerja.

Jurusan ini merupakan salah satu kuliah yang bisa bekerja di pemerintahan seperti kementerian keuangan  atau direktorat jenderal pajak.

Itulah ulasan kenapa banyak orang ingin bekerja di Instansi pemerintahan hal menarik yang bisa membawa kehidupan menjadi lebih baik. Bagi generasi muda yang menginginkan untuk bekerja menjadi PNS perlu dipersiapkan dengan memilih jurusan kuliah yang bisa bekerja di pemerintahan seperti yang telah diulas di atas juga yang dapat memberikan informasi lebih jelas.
Demikian informasi mengenai Jurusan Kuliah yang Bisa Bekerja di Pemerintahan. Semoga infomasi tersebut bisa memberikan gambaran tentang jurusan kuliah yang ingin kalian pilih. Terima kasih dan cukup sekian. Ayo bantu share artikel ini pada teman lainnya.