Jurusan Kuliah yang Cepat Dapat Kerja

Jurusan Kuliah yang Cepat Dapat Kerja -- Jurusan Kuliah Cepat Kerja, Jurusan Kuliah Gaji Besar, Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja, Jurusan Kuliah Peluang Kerja Besar, Jurusan Kuliah Mudah Dapat Kerja, Jurusan Kuliah Gaji Besar, Jurusan Kuliah IPA, Jurusan Kuliah IPS.

Kali ini admin akan berbagi ulasan mengenai Jurusan Kuliah yang Cepat Dapat Kerja. Ulasan singkat ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi adik-adik yang ingin menempuh pendidikan di perguruan tinggi terkhusus dalam hal pemilihan jurusan kuliah yang memiliki peluang besar untuk cepat dapat kerja. 

Siapkah melangkah ke jenjang perkuliahan?

Adik-adik tamatan SMA yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan, jangan khawatir dan bingung dalam mencari jurusan kuliah yang cepat dapat kerja. Disini akan dibahas tips-tips memilih jurusan kuliah yang cepat dapat kerja serta beberapa daftar jurusan kuliah yang cepat dapat kerja. Yuk simak di bawah ini.


A. Tips-Tips untuk Memilih Jurusan Kuliah Yang Cepat Dapat Kerja

Negara ini memiliki sarjana muda yang banyak belum mendapatkan pekerjaan sesuai passion dari jurusan kuliah yang diambil. Masalah kompleks yang menerpa adalah dari peluang kerja yang sempit. 

Berikut cara memilih jurusan kuliah yang cepat dapat kerja.

1. Mengetahui apa saja bakat serta minat dari awal

Kebanyakan orang tidak mengenali dirinya sendiri, bahwa bakat dan minat sudah ada dalam dirinya. Hal ini menjadi faktor banyak orang salah memilih jurusan.

2. Memperhitungkan peluang serta karir kedepan

Banyak orang tidak memikirkan jurusan kuliahnya sejak awal. Sehingga setelah lulus kuliah masih bingung untuk mencari pekerjaannya. Perhitungkan karir kedepan pada saat memilih jurusan untuk kuliah. Dan juga pertimbangkan dengan matang peluang pekerjaan setelah lulus kuliah.

3. Pilihlah jurusan yang tepat

Terburu-buru dalam memilih jurusan kuliah akan membuat menyesal dikemudian hari. Sebelum melangkah, sebaiknya pikir secara berulang-ulang, mencari tahu informasi dan penuh pertimbangan. Sebaiknya juga meminta pendapat banyak orang seperti guru konseling ataupun orang tua yang sudah mengenali karakter diri.

4. Diploma atau Sarjana?

Lulusan dari kedua ini mempunyai kelebihan dan kekurangan dalam kesempatan mencari pekerjaan. Hal ini bergantung pada tujuan dari tempat kerja yang diinginkan. Sarjana atau diploma memang mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing.

5. Pilih Universitas Terbaik

Kuliah di Perguruan Tinggi terbaik dan favorit biasanya menjadi kebanggaan tersendiri setelah lulus dari kuliah. Tetapi untuk mendapatkan duduk di kursi Universitas terbaik dan favorit juga dibarengi dengan kerja keras selama bersekolah. Jadi, persiapkan sebaik mungkin ya.


B. Jurusan Kuliah yang Memiliki Peluang Cepat Dapat Kerja

Mau meneruskan kuliah tetapi masih bimbang dan pusing masuk jurusan apa? Perjalanan menuju kesuksesan banyak diawali dengan bekal pendidikan. Pendidikan yang tepat menjadikan seseorang lebih tenang dan nyaman untuk menjalaninya. Dalam memutuskan kuliah memang perlu pertimbangan yang matang untuk dipikirkan. Di bawah ini merupakan referensi untuk adik-adik SMA dalam memilih jurusan kuliah. 


1. Jurusan Kuliah yang Cepat Dapat Kerja : Jurusan Sastra Inggris

Jurusan Sastra Inggris merupakan salah satu jurusan kuliah yang cepat dapat kerja dari bermacam-macam jurusan dari perguruan tinggi di Indonesia. Namun, pada faktanya pada Jurusan Sastra Inggris masih sedikit sekali peminatnya. Padahal, jurusan ini mempunyai peluang besar untuk prospek kedepannya. Khususnya bekerja sebagai penerjemah yang memiliki gaji yang sangat tinggi.

Selain bekerja menjadi penerjemah, mahasiswa dan mahasiswi dari lulusan Sastra Inggris bisa mendapatkan pekerjaan menjadi guru maupun dosen di Universitas. Kalau bisa Berbahasa Inggris, pasti kebanyakan orang menilai menjadi keren atau nilai tambah tersendiri. Dan memang Bahasa Inggris memang dibutuhkan sampai sekarang ini.

Tidak berhenti disitu saja. Karena lulusan dari Sastra Inggris juga bisa mendapatkan pekerjaan di tenaga kursus bimbingan Bahasa Inggris di berbagai tempat kursus. Sebenarnya dalam dunia pariwisata sangat membutuhkan tenaga lulusan Sastra Inggris, biasanya untuk memandu para turis yang sedang berlibur di Indonesia.

Bahkan, di dunia percetakan membutuhkan sebagai penulis atau menjadi bagian dari editor. Sampai dalam dunia bisnispun masih membutuhkan lulusan Sastra Inggris untuk memegang pada bidang ekspor dan impor. Selain itu, yang lebih keren lagi Sastra Inggris berpeluang bekerja di kedutaan  luar negeri.

Sudah banyak perguruan tinggi yang mempunyai Jurusan Sastra Inggris. Adapun universitas terbaik yang mempunyai Jurusan Sastra Inggris diantaranya Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), dan Universitas Airlangga Surabaya (UNAIR).


2. Jurusan Kuliah yang Cepat Dapat Kerja : Jurusan Kedokteran

Jurusan Kedokteran ini merupakan impian yang selalu dicita-citakan oleh adik-adik pada jaman TK sampai SD. Tapi tak banyak juga Jurusan Kedokteran ini masih diminati oleh tamatan SMA. Meskipun tergolong yang jurusan mahal, tentunya Jurusan Kedokteran masih menjadi incaran favorit dan masuk dalam kategori jurusan kuliah yang cepat dapat kerja.

Hal ini terbukti dari banyaknya yang memilih Jurusan Kedokteran pada seleksi masuk Perguruan Tinggi baik negeri maupun Swasta. Banyak juga yang mengejar-ngejar Kedokteran ini dari seleksi SNMPTN, SBMPTN sampai seleksi Mandiri. Walaupun persaingannya ketat, tetap saja Kedokteran masih menjadi jurusan primadona calon mahasiswa.

Pekerjaan berhubungan dengan kesehatan manusia memang tugas utama seorang dokter. Dalam dunia medis, memang ilmu kesehatan selalu berkembang dengan perubahan zaman. Karena kesehatan memang merupakan segalanya bagi semua orang. Dokter memiliki peran penting dalam membantu orang yang sakit kembali lagi menjadi sehat.

Eitz, tidak diragukan lagi dengan gaji dokter. Pendapatan (gaji) dokter tergolong sangat menjanjikan dan sangat besar. Kapanpun dan dimanapun berada, profesi sebagai Dokter selalu dibutuhkan.

Selain itu, dari dulu hingga sekarang dokter memang menjadi menantu idaman para orang tua. Jelas pasti, seorang dokter memiliki otak yang cerdas serta mempunyai gaji besar.

Jangan bimbang lagi untuk kuliah jurusan Kedokteran. Tentunya banyak pilihan Perguruan Tinggi yang menawarkan Jurusan Kedokteran, baik di PTN maupun PTS.

Universitas favorit yang mempunyai Jurusan Kedokteran diantaranya: Universitas Indonesia Jakarta, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Dipoenegoro Semarang dan Universitas Negeri Surakarta.


3. Jurusan Kuliah yang Cepat Dapat Kerja : Jurusan Ilmu Hukum

Indonesia merupakan negara yang menganut sistem hukum yang berlaku. Generasi muda di negeri perlu belajar dan tahu akan jalannya proses hukum negara yang berlaku. Tentunya, lewat jurusan hukum ini, adik-adik dapat belajar ilmu hukum.

Banyak orang mengatakan, mahasiswa Jurusan Hukum memiliki watak kaku, jiwa mengkritik dan suka berdebat. Namun, Jurusan Hukum masuk dalam kategori yang memiliki mahasiswa dan mahasiswi paling banyak. Menurut survey dilansir dari Inggris, Jurusan Hukum menempati sepuluh jurusan setelah lulus yang cepat dapat kerja.

Kenapa sih harus memilih dengan Jurusan Hukum? Jawabannya, memang setiap pekerjaan di perusahaan membutuhkan seorang legal officer. Seorang lulusan hukum dapat bekerja di hal tersebut untuk mengurus segala urusan perusahaan yang berhubungan dengan hukum. Nah, tentu saja ilmu hukum merupakan jurusan kuliah cepat dapat kerja.

Kebutuhan dari para ahli hukum sudah banyak sekali dibutuhkan dalam perusahaan di Indonesia. Jangan ragu dan terlalu khawatir kuliah di Jurusan Hukum sulit jika mencari pekerjaan. Karena lapangan pekerjaan setia menanti secara terus-menerus pada masa yang akan datang.

Banyak Perguruan Tinggi favorit seperti UGM, UI, UNDIP dan UNAIR yang memiliki Jurusan Hukum. Dimana Jurusan Hukum juga banyak diminati oleh siswa-siswi yang ingin melanjutkan pendidikannya.


4. Jurusan Kuliah yang Cepat Dapat Kerja : Jurusan Ilmu Komunikasi

Salah satu jurusan kuliah yang cepat dapat kerja, menarik dan mumpuni pada rumpun Ilmu Pengetahuan Sosial adalah Jurusan Ilmu Komunikasi. Pasti pada bertanya, apa sih hal yang menarik kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi? Ya, jawabannya karena sekarang adalah zaman millenial serba cepat, kreatif dan inovatif yang apa-apa selalu dikaitkan dengan digital.

Selain itu, sekarang ini banyak juga berdiri industri-industri yang besar. Hal tersebut membuat tamatan dari komunikasi digunakan. Industri tersebut membutuhkan industri yang kreatif yang mempunyai notaben yang berkembang dan menjanjikan. Mulai pada zaman sekarang hingga masa yang nantinya. Jauh dalam lagi, prospek kerja Ilmu Komunikasi sangat banyak mendapatkan kesempatan.

Ilmu Komunikasi merupakan induk ilmu dari banyak turunannya. Dimana turunan dari Ilmu Komunikasi seperti Hubungan Masyarakat, Jurnalistrik, Periklanan dan sebagainya. Mahasiswa tamatan Jurusan Ilmu Komunikasi mempunyai gelar Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom atau S.Kom). Jurusan ini mengajarkan cara menyampaikan suatu pesan dengan memanfaatkan atau inovasi teknologi terbaru seiring dengan perkembangan zaman.

Contoh dari perkembangan zaman adalah internet, sosial media, ke tren hiburan yang sedang hitz dan faktor-faktor yang mempengaruhi lainnya. 

Banyak Universitas terbaik yang mempunyai Jurusan Ilmu Komunikasi ini, misalnya saja Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Airlangga (UNAIR).


5. Jurusan Kuliah yang Cepat Dapat Kerja : Jurusan Ekonomi

Jurusan Kuliah yang memiliki peluang kerja dan dibutuhkan sepanjang masa salah satunya adalah Ekonomi. Ada apa sih dengan Jurusan Ekonomi? Karena hampir semua yang kita lakukan dari hal kecil sampai ke besar memang berhubungan dengan pereokonomian. Semua sektor bisnis maupun usaha mikro, menengah dan makro akan berhubungan dengan kegiatan ekonomi.

Di Jurusan Ekonomi, hal-hal apa saja yang dapat dipelajari? Pada Jurusan Ekonomi mahasiswanya diajarkan untuk melatih skill-skill yang dibutuhkan pada pasaran kerja. Mahasiswa tamatan Jurusan Ekonomi mempunyai gelar Sarjana Ekonomi (SE).

Jurusan yang bergelar SE ini memang diminati dari berbagai penjuru nusantara. Dari sekian banyaknya jurusan, Jurusan Ekonomi juga termasuk yang paling laris diminati banyak orang. Karena seorang Sarjana Ekonomi dapat dikatakan mempunyai cakupan yang lumayan luas untuk memilih dunia lapangan pekerjaan. Tentu saja Ekonomi tidak bakal tergerus oleh berkembangnya zaman.

Salah satu hasil godokan dari Sarjana Ekonomi yang laris manis adalah Akuntansi. Akuntansi merupakan salah satu anak dari Jurusan Ekonomi yang mudah mendapatkan pekerjaan. Seorang yang tamatan Akuntansi akan bekerja sebagai akunting pada suatu perusahaan. Selain itu, akunting dapat membuka jasa sebagai Akuntan Publik.

Seorang akuntan yang membuka jasa Akuntan Public akan berhubungan dengan urusan rekam jejak transaksi keuangan. Selain rekam jejak, akuntan juga mempunyai tugas lain untuk menyiapkan surat keuangan serta mengurusi pajak (TaxReturns). Sarjana Ekonomi juga bisa bekerja pada tim HRD. 

Universitas favorit yang menaungi Jurusan Ekonomi diantaranya UGM, UI, dan UNAIR.


6. Jurusan Kuliah yang Cepat Dapat Kerja : Jurusan Teknik Mesin

STOP untuk membayangkan dan menghubungkan Sarjana Teknik Mesin dengan dunia perbengkelan. Jangan salah lho, teknik mesin ini merupakan jurusan kuliah yang cepat dapat kerja dan banyak melakukan analisa dengan perhitungan angka. Tentu saja, karena sarjana Teknik Mesin banyak dibutuhkan oleh perusahaan dan akan bertambah hingga sepanjang waktu.

Nyata dari Jurusan Teknik Mesin bagaimana sih? Teknik mesin adalah bidang yang mempelajari ilmu yang mengaplikasikan dari prinsip fisika. Ilmu fisika tersebut dikembangkan untuk mendesain mesin dan menganalisisnya, manufaktur serta memelihara mekanik dengan sistem yang ada.

Tak hayal bila zaman sekarang ini manusia dalam bekerja dibantu oleh mesin. Setiap hari selalu ada banyak ragam permesinan yang turut membantu dalam pekerjaan. Baik ringan dalam sehari-hari hingga membantu ke hal berat lainnya.

Contohnya saja seperti mesin di pabrik-pabrik besar dan dalam kehidupan sehari-hari yang sering digunakan adalah kendaraan bermotor. Hal tersebut membuat lulusan dari Teknik Mesin selalu dibutuhkan apalagi di perusahaan besar yang memproduksi mesin maupun yang menggunakan mesin. 

Perguruan Tinggi terbaik dengan Jurusan Teknik Mesin antara lain adalah UGM, UI, dan ITB.


7. Jurusan Kuliah yang Cepat Dapat Kerja : Jurusan Teknik Elektronika

Sampai saat ini, dari berkembang pesatnya suatu teknologi di dunia aktifitas dalam kehidupan sehari-hari berhubungan dengan elektronika. Contohnya saja tentu banyak yang menggunakan suatu penemuan dari ilmu pengetahuan, adalah listrik. Setiap hari, setiap jam, setiap menit dan detik pasti banyak menggunakan listrik.

Hal yang diketahui kedalam ilmu listrik ini disebut elektronika.  Nah, elektronika merupakan hal yang mempelajari di Jurusan Teknik Elektronika. Kesempatan bekerja lulusan Teknik Elektronika beragam, juga termasuk kedalam jurusan kuliah yang cepat dapat kerja. Perusahaan besar dari peralatan listrik, konsultan kelistrikan, pembangkit tenaga listrik sampai perusahaan umum membutuhkan lulusan elektronika.

Walaupun bekerja pada dunia kelistrikan memang sedikit mengerikan. Tetapi, untuk gaji yang dibayarkan kepada lulusan Teknik Elektronika memang cukup besar lho. 

Nah, beberapa Perguruan Tinggi Negeri dengan jurusan Teknik Elektro antara lain ialah Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI) dan Institut Teknologi Bandung (ITB).


8. Jurusan Kuliah yang Cepat Dapat Kerja : Jurusan Psikologi

Ilmu Psikologi merupakan ilmu yang belajar mengenai perilaku dan kejiwaan seorang manusia. Sudah banyak kampus yang membuka Jurusan Psikologi ini. Baik kampus negeri maupun swasta dan Psikologi memang cukup banyak diminati oleh banyak orang. Tamatan dari Sarjana Psikologi ini mempunyai gelar (S.Psi) yang nantinya menjadi psikolog ataupun dokter kejiwaan manusia.

Bagaimana sensasinya bertemu orang gila? Memandang saja rasanya takut. Namun semua yang lulus Jurusan Psikologi bakal mengurusi orang sakit jiwa alias edan. Banyak banget peluang dalam kesempatan kerja yang dapat diambil oleh Sarjana Psikologi ini. Tentunya, psikologi merupakan salah satu jurusan kuliah yang cepat dapat kerja.

Salah satunya menjadi Human Resources Departement biasa disingkat dengan HRD. HRD memang pekerjaan yang banyak diminati oleh tamatan Jurusan Psikologi. Tentu saja, perusahaan kecil maupun besar, negeri maupun swasta sangat membutuhkan divisi ini. HRD ini sangat berperan penting untuk mencari dan merekrut karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Selain hal tersebut tugas seorang HRD alumni dari Jurusan Psikologi, antara lain mengurus operasional atau gaji karyawan dan mengembangkan organisasi. Selain hal tersebut, HRD juga mengecek performancemanagement perusahaannya, serta melakukan trainingdevelopment dalam mengembangkan karyawannya tersebut guna meningkatkan SDM.

Jika melanjutkan study S2 dalam bidang Jurusan Psikologi akan mendapatkan pendalaman psikologi klinis. Dalam hal tersebut, lulusan Psikologi dapat dikatakan seorang Psikolog. Nah, seorang psikolog ini banyak dibutuhkan dalam dunia medis. Salah satunya adalah mengeluarkan hasil secara legal tes dari kejiwaannya.

Atau jika bekerja bidang medis lainnya,lulusan psikolog dapat menangani pasien dengan gangguan jiwa di Rumah Sakit Jiwa. Selain itu dapat membuka praktek sendiri layaknya seorang dokter untuk anak-anak yang terganggu perkembangan mental.


Selain dari beberapa jurusan kuliah yang dijelaskan di atas, tentunya masih banyak lagi jurusan kuliah lainnya yang juga memiliki peluang besar untuk cepat dapat kerja. Jangan hanya berpatokan pada ulasan ini.

Baca Juga :


Itulah ulasan jurusan kuliah yang memiliki peluang besar untuk cepat dapat kerja. Jangan sampai kurangnya informasi membuat adik-adik menyesal dikemudian hari. Pilihlah jurusan kuliah edngan tepat. Demikian informasi ini semoga bermanfaat untuk semua. Terima kasih dan salam sukses.