Tata Cara Pendaftaran Bidikmisi 2020/2021

Tata Cara Pendaftaran Bidikmisi 2020 -- Bagaimana Cara Mendaftar Bidikmisi, Tahapan Pendaftaran Bidikmisi, Petunjuk Pendaftaran Bidikmisi, Alur Pendaftaran Bidikmisi, Prosedur Pendaftaran Bidikmisi, Pedoman Pendaftaran Bidikmisi, Panduan Pendaftaran Bidikmisi, Login Sekolah dan Siswa Peserta Bidikmisi, Tata Cara Pendaftaran Bidikmisi Online dan Offline. 2022. 2023.

Informasi yang akan admin sampaikan kali ini berjudul Tata Cara Pendaftaran Bidikmisi 2020/2021. Informasi ini ditujukan bagi sekolah yang akan memberikan rekomendasi pendaftaran Bidikmisi atau untuk siswa yang akan mendaftar Bidikmisi. Nah, langsung saja kita simak pembahasan selengkapnya berikut ini.


Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan mengenai Pendaftaran Bidikmisi Online dan Offline, kali ini akan dijelaskan lebih detail mengenai pendaftaran Bidikmisi secara online terutama pada tata cara pendaftarannya.

Bagi siswa yang telah mendapatkan rekomendasi dari pihak sekolah untuk mendaftarkan diri mengikuti seleksi penerimaan Bidikmisi, maka dapat melengkapi data pendaftaran dengan login ke sistem Bidikmisi menggunakan akun yang diperoleh dari sekolah.

Nah, untuk mengetahui tata cara pendaftaran Bidikmisi secara lengkap dan jelas, mari simak penjelasannya di bawah ini yang dimulai dari Login, Dashboard, Pelengkapan Data, Kompres Photo, dan Finishing. Informasi ini bersumber dari User Manual Sistem Bidikmisi 2016 – SISWA.

A. Tata Cara Pendaftaran Bidikmisi oleh Sekolah

Ada 2 tahap pendaftaran Bidikmisi yang dilakukan oleh pihak sekolah, yaitu registrasi sekolah, dan proses perekomendasian siswa.

Bagi sekolah yang belum terdaftar di sistem Bidikmisi, maka terlebih dahulu mendaftarkan sekolahnya untuk mendapatkan akun Bidikmisi. Setelah itu baru bisa merekomendasikan siswa-siswinya.

Sedangkan bagi sekolah yang telah terdaftar di sistem Bidikmisi dan telah memiliki akun, maka bisa langsung merekomendasikan siswa-siswinya untuk mendaftar Bidikmisi.

Tata Cara Pendaftaran Bidikmisi untuk Sekolah :
  1. Buka alamat : bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
  2. Klik menu "Sekolah"
    • Jika sekolah anda pernah mendaftar dan mempunyai akun Bidikmisi, langsung saja login dengan memilih fitur "sudah terdaftar".
    • Jika Sekolah anda belum pernah mendaftar Bidikmisi sebelumnya, Pilih fitur"belum terdaftar".
  3. Bagi sekolah yang belum memiliki akun Bidikmisi, maka terlebih dahulu melakukan pengisian data sekolah dengan melampirkan hasil scan beberapa berkas pendaftaran berupa identitas dan prestasi sekolah untuk mendapatkan nomor Kode Akses Sekolah.
  4. Ditjen  Belmawa  akan memverifikasi  data pendaftaran  dalam  kurun  waktu  1  x  24  jam.
  5. Setelah diverifikasi, Sekolah bisa melakukan login pendaftaran ke alamat Bidikmisi di http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/sekolah/ menggunakan NPSN dan Kode Akses Sekolah dengan memilih fitur "sudah terdaftar" untuk merekomendasikan  peserta Bidikmisi.
  6. Setelah mendaftarkan peserta Bidikmisi, Sekolah akan mendapatkan nomor pendaftaran dan kode akses untuk setiap peserta Bidikmisi yang sudah direkomendasikan
  7. Bagikan nomor pendaftaran dan kode akses tersebut kepada peserta Bidikmisi
  8. Selanjutnya siswa peserta Bidikmisi melakukan pendaftaran online Bidikmisi.

            Informasi lengkap mengenai registrasi sekolah dan perekomendasian siswa telah dijelaskan secara rinci pada artikel sebelumnya yang berjudul Pendaftaran Bidikmisi Login Sekolah

            B. Tata Cara Pendaftaran Bidikmisi oleh Siswa

            Bagi siswa-siswi yang telah mendapatkan rekomendasi dari pihak sekolah, maka selanjutnya dapat melakukan pendaftaran Bidikmisi. Berikut tata caranya.

            Tata Cara PendaftaranBidikmisi oleh Siswa :
            1. Buka situs resmi pendaftaran Bidikmisi, yaitu bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
            2. Klik menu "Siswa"
            3. Login menggunakan nomor pendaftaran dan kode akses yang telah diperoleh dari sekolah
            4. Lalu peserta Bidikmisi mengisi biodata pendaftaran dengan lengkap dan benar
            5. Jika telah selesai dan sesuai dengan identitas diri, cetaklah kartu tanda peserta Bidikmisi
            6. Siswa yang telah melakukan pendaftaran Bidikmisi, kemudian mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur nasional atau jalur mandiri sebagai salah satu syarat Bidikmisi, yaitu mengikuti Bidikmisi SNMPTN, Bidikmisi PMDK-PN, Bidikmisi SBMPTN, Bidikmisi jalur Mandiri PTN, atau Bidikmisi jalur Mandiri PTS.

            Untuk informasi mengenai pengisian data pendaftaran Bidikmisi siswa, cetak kartu peserta, dan lainnya telah dijelaskan pada artikel sebelumnya yang berjudul Pendaftaran Bidikmisi Login Siswa.

            Baca Juga :

            Itulah informasi mengenai Tata Cara Pendaftaran Bidikmisi. Semoga informasi tersebut bisa memberikan pencerahan bagi kalian semua. Terima kasih telah membaca informasi ini. Baca juga informasi lainnya di blog ini. Jangan lupa untuk like dan share. Cukup sekian dan salam sukses.