Jenis Seleksi dan Metode Verifikasi Bidikmisi PTN dan PTS 2019/2020

Jenis Seleksi dan Metode Verifikasi Bidikmisi PTN dan PTS 2019 -- Jenis Seleksi dan Metode Verifikasi Bidikmisi PTN dan PTS, Jalur Seleksi Nasional, Lokal, dan Mandiri PTN dan PTS, Jenis Seleksi Bidikmisi dan Metode Verifikasi Bidikmisi, Jalur Seleksi Bidikmisi dan Metode Verifikasinya. 2021. 2022.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Jenis Seleksi dan Metode Verifikasi Bidikmisi PTN dan PTS 2019/2020. Informasi ini ditujukan bagi calon peserta Bidikmisi yang telah melakukan pendaftaran beberapa waktu yang lalu. Mari simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

https://www.pendaftaranpmb.web.id/

Seperti yang telah di bahas pada artikel sebelumnya bahwa Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik.

Untuk bisa mendapatkan Bidikmisi, tentunya harus melalui tahapan-tahapan atau proses pendaftaran, seleksi, hingga pengumuman.

Nah, sebagai modal awal bagi kalian yang ingin mendaftar Bidikmisi, maka perlu sekali untuk mengetahui apa saja jalur seleksi penerimaan Bidikmisi.

Dalam Buku Petunjuk Teknik Bidikmisi Siswa disebutkan bahwa daftar seleksi yang tersedia di bidikmisi ada beberapa jalur yaitu :
  • SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
  • SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
  • PMDK-PN (Penelusuran Minat Dan Kemampuan Politeknik Negeri)
  • Seleksi Mandiri PTN
  • Seleksi Mandiri PTS

Dari beberapa jalur seleksi yang ada tersebut, kalian bisa memilih salah satu jalur seleksi yang memiliki peluang besar untuk lulus dan nantinya berhak mendapatkan Bidikmisi.

Perlu diketahui pula bahwa, selain jalur seleksi Bidikmisi yang dikelola secara nasional, ada pula jalur Bidikmisi yang dikelola secara mandiri seperti yang ada di PTKIN (UIN, IAIN, STAIN), Politeknik, dan beberapa perguruan tinggi lainnya.

Dari daftar seleksi yang disebutkan dalam buku petunjuk teknik bidikmisi di atas, masing-masing memiliki ketentuan yang harus dipahami. Berikut informasi selengkapnya.

A. Seleksi Bidikmisi untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

1. Jenis Seleksi dan Metode Verifikasi Bidikmisi jalur SNMPTN dan SBMPTN 

Jalur seleksi Bidikmisi yang banyak diikuti oleh calon mahasiswa yaitu jalur seleksi Bidikmisi melalui SNMPTN dan SBMPTN. Adapun ketentuan yang harus dipahami dapat disimak di bawah ini

Ketentuan seleksi Bidikmisi jalur SNMPTN dan SBMPTN, serta Metode Verifikasinya :
  1. PTN melakukan seleksi terhadap penerima rekomendasi Bidikmisi yang merupakan lulusan seleksi nasional (SNMPTN-SBMPTN) sesuai persyaratan dan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN;
  2. Seleksi ditentukan oleh masing-masing PTN dengan memprioritaskan, pendaftar yang mempunyai potensi akademik yang paling tinggi, pendaftar yang paling tidak mampu secara ekonomi, urutan kualitas Sekolah, dan memperhatikan asal daerah pendaftar. Untuk memastikan kondisi ekonomi pendaftar, akan lebih baik kalau PTN melakukan kunjungan ke alamat pendaftar;
  3. Pertimbangan khusus dalam kelulusan seleksi diberikan kepada pendaftar yang mempunyai prestasi ekstra kurikuler paling rendah peringkat ke-3 di tingkat kabupaten/kota atau prestasi non kompetitif lain yang tidak ada pemeringkatan (contoh ketua organisasi siswa sekolah / OSIS);
  4. Pelamar Bidikmisi penerima BSM dan / atau memiliki KIP dan sejenisnya dapat dikecualikan dalam proses verifikasi kelayakan ekonomi. Namun jika di kemudian hari ditemukan ternyata tidak layak dapat dikenakan sanksi
  5. Kunjungan ke alamat pendaftar dapat dilakukan dengan mendayagunakan mahasiswa PTN yang bersangkutan atau PTN dari domisili pendaftar dengan mekanisme yang disetujui bersama.
  6. Hasil seleksi nasional calon mahasiswa diumumkan oleh pengelola di tingkat perguruan tinggi dan diinformasikan ke Ditjen Belmawa melalui Sistem Informasi Manajemen Bidikmisi.
  7. maaf, artikel ini sedang dalam proses penyelesaian.

2. Jenis Seleksi dan Metode Verifikasi Bidikmisi Seleksi Mandiri (Seleksi Lokal) PTN

Selanjutnya, ada pula jalur seleksi Bidikmisi melalui seleksi mandiri PTN. Bagi kalian yang tidak lulus dari seleksi jalur SNMPTN atau SBMPTN, maka bisa mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur mandiri PTN dan sekaligus mendaftar Bidikmisi jalur mandiri. Adapun ketentuan dan metodenya yang harus dipahami dapat dilihat di bawah ini.

Ketentuan dan Metode Verifikasi Bidikmisi pada Seleksi Mandiri PTN :
  1. PTN melakukan seleksi terhadap pendaftar menggunakan jalur, persyaratan dan kriteria khusus yang ditetapkan oleh masing-masing PTN;
  2. Seleksi ditentukan oleh masing-masing PTN dengan memprioritaskan pendaftar yang mempunyai potensi akademik yang paling tinggi, pendaftar yang paling tidak mampu secara ekonomi, urutan kualitas Sekolah, dan memperhatikan asal daerah pendaftar. Untuk memastikan kondisi ekonomi pendaftar, dianjurkan kalau PTN melakukan kunjungan ke alamat pendaftar. Disamping itu dapat juga dilakukan verifikasi dan rekomendasi oleh penerima Bidikmisi sebelumnya.
  3. Pertimbangan khusus dalam kelulusan seleksi diberikan kepada pendaftar yang mempunyai prestasi ekstra kurikuler paling rendah peringkat ke-3 di tingkat kabupaten/kota atau prestasi non kompetitif lain yang tidak ada pemeringkatan (contoh ketua organisasi siswa sekolah / OSIS);
  4. Apabila diperlukan tes di lokasi yang memerlukan kehadiran fisik pendaftar, maka seluruh biaya untuk mengikuti proses seleksi mandiri termasuk biaya transportasi dan akomodasi ditanggung oleh PTN yang bersangkutan;
  5. Pelamar Bidikmisi penerima BSM dan / atau memiliki KIP dan sejenisnya dapat dikecualikan dalam proses verifikasi kelayakan ekonomi. Namun jika di kemudian hari ditemukan ternyata tidak layak dapat dikenai sanksi
  6. Hasil seleksi calon mahasiswa diumumkan oleh Rektor / Direktur / Ketua atau yang diberi wewenang melalui media yang dapat diakses oleh setiap pendaftar dan diinformasikan ke Ditjen Belmawa melalui Sistem Informasi Manajemen Bidikmisi.

B. Jalur Seleksi Bidikmisi untuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS)

Sebelum kalian ingin mendaftar Bidikmisi di suatu PTS, maka pastikan terlebih dahulu apakah PTS yang dituju menyelenggarakan Bidikmisi atau tidak. Jika ya, maka kalian bisa mendaftarkan diri. Adapun beberapa ketentuan yang harus diketahui dalam pelaksanaan Bidikmisi di PTS djelaskan di bawah ini.

Ketentuan dan Metode Verifikasi Seleksi Bidikmisi untuk PTS :
  1. Seleksi ditentukan oleh masing-masing PTS dengan memprioritaskan pendaftar yang mempunyai potensi akademik yang paling tinggi, pendaftar yang paling tidak mampu secara ekonomi, dan memperhatikan asal daerah pendaftar. Untuk memastikan kondisi ekonomi pendaftar, akan lebih baik kalau PTS melakukan kunjungan ke alamat pendaftar;
  2. Kunjungan ke alamat pendaftar dapat dilakukan dengan mendayagunakan mahasiswa PTS yang bersangkutan atau PTS dari domisili pendaftar dengan mekanisme yang disetujui bersama.
  3. Pelamar Bidikmisi penerima BSM dan/atau memiliki KIP dan sejenisnya dapat dikecualikan dalam proses verifikasi kelayakan ekonomi. Namun jika di kemudian hari ditemukan ternyata tidak layak dapat dikenai sanksi
  4. Hasil seleksi calon mahasiswa diumumkan oleh panitia seleksi PTS dan diinformasikan ke Ditjen Dikti melalui Sistem Informasi Manajemen Bidikmisi. 

Itulah ketentuan-ketentuan dan metode verifikasi yang harus dipahami sebelum mendaftar Bidikmisi agar kalian tahu. Untuk informasi lain yang diperlukan bisa dicari di website resmi masing-masing PTN atau PTS.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi Bidikmisi

Untuk infomasi seputar Bidikmisi seperti persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, tata cara pendaftaran, dan lain sebagainya dapat disimak secara lengkap pada artikel Pendaftaran Bidikmisi 
Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Jenis Seleksi dan Metode Verifikasi Bidikmisi PTN dan PTS. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk kalian semua. Terima kasih telah membaca artikel ini. Ayo like dan bagikan pada teman lainnya. Cukup sekian dan salam sukses.