Pendaftaran Bidikmisi Online dan Offline 2022/2023

Pendaftaran Bidikmisi Online dan Offline 2022 -- bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id, Cara Pendaftaran Bidikmisi Online dan Offline, Pendaftaran Bidikmisi Login Sekolah dan Siswa, Informasi Pendaftaran Bidikmisi Online dan Offline, Ketentuan Pendaftaran Bidikmisi Online (Daring) dan Offline (Langsung). Pendaftaran Bidikmisi Online dan Langsung. 2024. 2025.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran Bidikmisi Online dan Offline 2022/2023. Informasi ini ditujukan bagi sekolah ataupun siswa yang akan mengikuti Bidikmisi tahun ini. Mari simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranpmb.web.id/

Informasi Update :
Bidikmisi kini telah berganti menjadi KIP Kuliah. Baca informasi selengkapnya pada artikel berikut : Daftar KIP Kuliah Online -- Daftar Akun dan Login KIP Kuliah
Kesulitan ekonomi terkadang bisa membuat keinginan seorang siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi terhenti. Kondisi ekonomi keluargaa yang dibilang kurang memadai atau pas-pasan menjadikan seorang siswa berpikir ulang untuk kuliah.

Pemerintah saat ini telah memberikan solusi tepat untuk membantu siswa yang mengalami kondisi demikian itu. Pemerintah dalam hal ini memberikan bantuan biaya pendidikan atau yang dikenal dengan sebutan Bidikmisi.

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu.

Bidikmisi berbeda dengan beasiswa. Beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi, sedangkan Bidikmisi berfokus kepada yang memiliki keterbatasan kemampuan ekonomi (lihat penjelasan Pasal 76 UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi).

Walaupun demikian, syarat prestasi pada Bidikmisi ditujukan untuk menjamin bahwa penerima bidikmisi terseleksi dari yang benar-benar mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

Fakta menunjukkan bahwa pemberian Beasiswa Bidikmisi telah memberikan dampak ikutan selain bagi mahasiswa itu sendiri, yaitu meningkatnya prestasi dan iklim akademik di suatu perguruan tinggi. Dengan adanya mahasiswa Bidikmisi, maka kualitas perguruan tinggi juga meningkat. Ini terjadi karena mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi memiliki prestasi yang dapat dibanggakan (IPK rata-rata di atas 3), sehingga mampu meningkatkan prestasi atau kualitas perguruan tinggi (Kemenristekdikti, 2017)

Jadi, dengan adanya Bidikmisi, diharapkan calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi yang berkeinginan kuat untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi bisa merealisasikan keinginannya dan saat kuliah bisa berprestasi tinggi.

Calon mahasiswa yang bisa mendaftar sebagai calon peserta Bidikmisi adalah siswa-siswi SMA / MA / SMK / sederajat yang telah lulus sekolah pada tahun kemaren atau yang akan lulus sekolah pada tahun ini.

Apabila kamu termasuk dalam lulusan yang dimaksud di atas, maka kamu bisa mendaftarkan diri sebagai calon peserta Bidikmisi dan tentunya harus memenuhi persyaratan pendaftaran lainnya juga.

Pendaftaran Bidikmisi dapat dilakukan melalui 2 cara, yaitu secara online (daring) dan offline (langsung). Berikut penjelasan secara rincinya.

A. Pendaftaran Bidikmisi Online (Daring)

Tata cara pendaftaran Bidikmisi melalui SNMPTN, SBMPTN, SNMPN Politeknik atau Seleksi Mandiri perguruan tinggi secara daring pada laman bidikmisi (bidikmisi belmawa.ristekdikti.go.id) adalah sebagai berikut:

1. Tahapan Pendaftaran Bidikmisi
  1. Sekolah mendaftarkan diri sebagai institusi pemberi rekomendasi ke laman Bidikmisi dengan melampirkan hasil pindaian (scan) (Lampiran II bagian persetujuan dan tanda tangan) untuk mendapatkan nomor Kode Akses Sekolah.
  2. Ditjen Belmawa memverifikasi pendaftaran dalam kurun waktu 1 x 24 jam pada hari dan jam kerja;
  3. Sekolah merekomendasikan masing-masing siswa melalui laman Bidikmisi menggunakan kombinasi NPSN dan Kode akses yang telah diverifikasi.
  4. Sekolah memberikan nomor pendaftaran dan kode akses kepada masing-masing siswa yang sudah direkomendasikan;
  5. Siswa mendaftar melalui laman Bidikmisi dan menyelesaikan semua tahapan yang diminta didalam sistem pendaftaran.

2. Mendaftar Seleksi Nasional atau Mandiri

Siswa yang telah menyelesaikan pendaftaran Bidikmisi, selanjutnya mendaftar seleksi nasional atau mandiri dengan mengikuti ketentuan masing-masing pola seleksi melalui alamat berikut :
  1. SNMPTN melalui www.snmptn.ac.id
  2. SBMPTN melalui www.sbmptn.ac.id
  3. SNMPN Politeknik melalui snmpn.politeknik.or.id
  4. Seleksi Mandiri PTN sesuai ketentuan masing-masing PTN
  5. Seleksi Mandiri PTS sesuai ketentuan masing masing PTS

3. Berkas Pendaftaran Ulang

Siswa yang mendaftar dan ditentukan lolos melalui seleksi masuk, melengkapi berkas dan dibawa pada saat pendaftaran ulang, yaitu:
  1. Kartu peserta dan formulir pendaftaran program Bidikmisi yang dicetak dari laman Bidikmisi;
  2. Surat keterangan lulus dari Kepala Sekolah;
  3. Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d. 6 (enam) (rapor dari kelas X sampai kelas XII) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
  4. Fotokopi ijazah yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
  5. Fotokopi nilai ujian akhir nasional yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
  6. Surat keterangan tentang prestasi / peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain dikegiatan ekstrakurikuler yang disahkan (legalisasi) oleh Kepala Sekolah (jika ada);
  7. Kartu Indonesia Pintar (KIP), Beasiswa Siswa Miskin (BSM), atau sejenis (jika ada);
  8. Bagi yang belum memenuhi syarat point 7 di atas, maka harus membawa Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/Wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Kepala Dusun/Instansi tempat orang tua bekerja/tokoh masyarakat;
  9. Fotokopi Kartu Keluarga atau Surat Keterangan tentang susunan keluarga;
  10. Fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan atau bukti pembayaran PBB (apabila mempunyai bukti pembayaran) dari orang Tua / Wali-nya.

B. Pendaftaran Bidikmisi Langsung (Off-line)

1. Ketentuan Pendaftaran Bidikmisi Off-line

Sekolah dan / atau calon peserta yang tidak dapat melakukan tahapan pendaftaran Bidikmisi secara on-line untuk Seleksi Mandiri karena keterbatasan akses internet, maka:
  1. Calon mengisi formulir yang terdapat di dalam lampiran Buku Pedoman Bidikmisi, dan selanjutnya formulir yang telah diisi beserta berkas persyaratan lainnya disampaikan ke Kepala Sekolah.
  2. Kepala Sekolah mengirimkan formulir rekomendasi (Lampiran 2), formulir pendaftaran (Lampiran 3) beserta kelengkapan berkas lainnya secara kolektif kepada masing-masing Rektor/Direktur/Ketua PTN yang menyelenggarakan seleksi mandiri masuk perguruan tinggi negeri sesuai pilihan calon. Surat pengantar rekomendasi diberi keterangan perihal surat tentang Pendaftaran Bidikmisi .... (titik-titik tersebut diisi dengan tahun sekarang).

2. Berkas yang harus dikirim meliputi:
  1. Formulir pendaftaran Bidikmisi yang sudah terisi;
  2. Surat keterangan lulus dari Kepala Sekolah;
  3. Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d. 6 (enam) (rapor dari kelas X sampai kelas XII) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
  4. Fotokopi ijazah yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
  5. Fotokopi nilai ujian akhir nasional yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
  6. Surat keterangan tentang prestasi/peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di kegiatan ekstrakurikuler yang disahkan (legalisasi) oleh Kepala Sekolah (jika ada);
  7. Kartu Indonesia Pintar (KIP), Beasiswa Siswa Miskin (BSM), atau sejenis (jika ada);
  8. Bagi yang belum memenuhi syarat point 7 di atas, maka harus membawa Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/Wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh Kepala Desa / Kepala Dusun / Instansi tempat orang tua bekerja / tokoh masyarakat;
  9. Fotokopi Kartu Keluarga atau Surat Keterangan tentang susunan keluarga;
  10. Fotokopi rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan atau bukti pembayaran PBB (apabila mempunyai bukti pembayaran) dari orang Tua/Wali-nya.

Sekolah harus memastikan bahwa PTN atau PTS yang dipilih calon peserta membuka kesempatan pola seleksi Bidikmisi secara offline. Untuk lebih jelasnya, maka pihak sekolah dapat menghubungi pihak kampus melalui email atau datang secara langsung ke kampus bila memungkinkan.

Itulah Pendaftaran Bidikmisi Online dan Offline. Untuk informasi lainnya seperti persyaratan, jadwal, tata cara pendaftaran, dan lain sebagainya telah admin rangkum pada artikel lainnya. Silahkan kamu baca artikel berikut sesuai kebutuhan :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan untuk anda tentang Pendaftaran Bidikmisi Online dan Offline. Semoga informasi yang telah admin sampaikan tersebut dapat memberikan pencerahan bagi kalian semua.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus seleksi dan bisa mendapatkan Bidikmisi. Terima kasih admin ucapkan atas waktu yang kamu luangkan untuk membaca artikel ini. Silahkan berbagi informasi ini pada teman-teman lainnnya.