Pendaftaran Bidikmisi PTN, PTS, PTKIN, dan Politeknik Negeri 2019/2020

Pendaftaran Bidikmisi PTN 2019 -- Pendaftaran Bidikmisi Jalur SNMPTN / SBMPTN / Mandiri PTN, Jalur Penerimaan Bidikmisi PTN, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Bidikmisi PTN, Pendaftaran Bidikmisi PTN Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri PTN. 2021. 2022.

Informasi yang admin sampaikan kali ini berjudul Pendaftaran Bidikmisi PTN, PTS, PTKIN, dan Politeknik Negeri 2019/2020. Informasi ini ditujukan untuk siswa-siswi yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi melalui jalur Bidikmisi. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, mari simak penjelasannya berikut ini.

https://www.pendaftaranpmb.web.id/

Ada banyak jalur untuk bisa kuliah gratis, misalnya kuliah gratis dengan bantuan perusahaan, kuliah gratis dengan bantuan beasiswa dari pemerintah, kuliah gratis karena berprestasi secara akademik / non akademik, kuliah gratis dengan Bidikmisi, dan lain-lain. Semua itu tentunya ada peraturan dan prosedurnya.

Disini kita fokuskan pada pembahasan kuliah gratis dengan Bidikmisi dan lebih spesifiknya dikhususkan pada pendaftarannya, yaitu pendaftaran Bidikmisi PTN, PTS, PTKIN, dan Politeknik Negeri.

Bagi kalian yang ingin kuliah di perguruan tinggi, namun terkendala masalah biaya, maka dapat mengajukan diri untuk mendapatkan Bidikmisi yang dimulai dari proses pendaftaran hingga selesai.

Untuk mengetahui informasinya dengan jelas, langsung saja simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

A. Pendaftaran Bidikmisi PTN

Calon mahasiswa yang ingin kuliah di PTN tetapi terkendala dalam hal biaya pendidikan, maka dapat mengajukan diri untuk mengikuti seleksi Bidikmisi melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, ataupun jalur seleksi mandiri PTN.

Untuk mengetahui daftar PTN yang membuka penerimaan calon mahasiswa baru melalui seleksi Bidikmisi, maka dapat dilihat pada artikel di bagian bawah.

Proses pendaftarannya secara singkat yaitu calon mahasiswa direkomendasikan oleh pihak sekolah. Pemberian rekomendasi dilakukan dengan mengisi data-data siswa pada sistem yang ada di website resmi Bidikmisi. Setelah direkomendasikan kemudian siswa mendapatkan kode akses untuk digunakan sebagai kode login atau kode verifikasi pada seleksi yang akan diikuti, baik seleksi SNMPTN, SBMPTN, ataupun seleksi mandiri PTN.

Misalnya kita ambil contoh pendaftaran Bidikmisi jalur SNMPTN. Pertama-tama, siswa direkomendasikan oleh pihak sekolah dengan mengisi data-data pendaftaran di web bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Kemudian siswa akan diberi kode akses untuk melakukan verifikasi data di sistem Bidikmisi. Verifikasilah data hingga selesai.

Kemudian mengikuti jalur seleksi yang dibuka oleh PTN (misalnya pilih jalur SNMPTN). Disini pihak sekolah kembali merekomendasikan siswa-siswi terbaiknya dengan mengisi data di pdss.snmptn.ac.id. Kemudian siswa diberi kode akses untuk melakukan verifikasi data di alamat web tersebut. Selanjutnya melakukan pendaftaran dengan melengkapi data di web.snmptn.ac.id

Pada saat pendaftar, siswa harus mengkonfirmasi bahwa dirinya adalah peserta Bidikmisi. Menu konfirmasi terdapat di dalam sistem. Silahkan klik dan ikuti perintahnya.

Itulah gambaran umum pendaftaran Bidikmisi jalur SNMPTN. Harus berkoordinasi dengan pihak sekolah agar proses pendaftaran dapat berjalan lancar.

Untuk pendaftaran Bidikmisi jalur SBMPTN, setelah direkomendasikan oleh pihak sekolah di web Bidikmisi. Calon peserta SBMPTN mendaftarkan diri di web pendaftaran.sbmptn.ac.id dengan memilih menu peserta Bidikmisi. Disitukan ada beberapa pilihan menu. Pilihlah menu peserta Bidikmisi. Lalu ikuti perintah beirkutnya hingga selesai.

Untuk bisa mengikuti seleksi Bidikmisi jalur SNMPTN, SBMPTN, atau jalur mandiri PTN, maka calon peserta harus bisa memenuhi :
  1. Persyaratan pendaftaran Bidikmisi
  2. Persyaratan pendaftaran jalur SNMPTN, SBMPTN, atau jalur mandiri PTN

Kedua kelompok persyaratan tersebut harus dipenuhi agar bisa mengikuti seleksi Bidikmisi pada jalur yang diminati. Tidak bisa jika hanya memenuhi salah satunya. Harus kedua-duanya.

Andaikan kalian tidak lulus mengikuti seleksi Bidikmisi jalur SNMPTN, maka bisa mengikuti seleksi Bidikmisi jalur SBMPTN, ataupun Bidikmisi jalur mandiri PTN.

B. Pendaftaran Bidikmisi PTS

Untuk mendapatkan Bidikmisi di PTS, maka calon peserta bisa mendaftarkan diri secara mandiri tanpa melalui pihak sekolah. Namun apabila ada persyaratan yang mengharuskan rekomendasi dari pihak sekolah, maka calon peserta harus berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk direkomendasikan.

Yang pastinya, semua persyaratan pendaftaran Bidikmisi di PTS harus dilengkapi agar berkas-berkas yang dikumpulkan bisa diterima dan lulus seleksi berkas. Calon peserta biasanya mengisi formulir pendaftaran sebagai calon mahasiswa dan juga mengisi formulir pendaftaran calon peserta Bidikmisi

Kedua formulir tersebut dikumpulkan bersama berkas pendaftaran lainnya dan aka diseleksi oleh panitia di kampus tersebut.

Mengenai informasi persyaratan, jadwal, prosedur, dan keterangan lain yang diperlukan maka bisa dilihat langsung di website resmi PTS yang dituju.

C. Pendaftaran Bidikmisi PTKIN

Untuk bisa mengikuti seleksi Bidikmisi di PTKIN, maka salah satu syaratnya adalah calon peserta lulus dari salah satu jalur seleksi masuk PTKIN yaitu jalur SNMPTN, SBMPTN, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, atau jalur mandiri PTKIN. Dan juga memenuhi persyaratan lainnya yang telah ditentukan.

Bagi yang lulus dari salah satu jalur di atas, maka bisa mendaftar Bidikmisi di PTKIN. Kalian bisa membaca semua persyaratan pendaftaran Bidimisi di wbesite resmi PTKIN yang dituju. Penuhilah semua persyaratannya lalu ikuti prosedur pendaftarannya dengan baik.

D. Pendaftaran Bidikmisi Politeknik Negeri

Untuk bisa mendaftarkan diri pada Bidikmisi di Politeknik Negeri, maka jalur seleksi yang bisa diikuti diantaranya yaitu jalur PMDK-PN, UMPN, ataupun jalur mandiri Politeknik Negeri yang dibuka.

Kalian bisa memilih salah satu jalur seleksi yang diminati, Apabila tidak lulus dari satu jalur seleksi, maka bisa mengikuti jalur seleksi lainnya. Kalian tetap bisa mendaftar sebagai calon peserta Bidikmisi. Misal calon peserta Bidikmisi PMDK-PN, calon peserta Bidikmisi UMPN, dan lainnya.

Sama seperti pada pendaftaran Bidikmisi PTN di atas, calon peserta Bidikmisi direkomendasikan oleh pihak sekolah di web Bidikmisi. Setelah itu melakukan verifikasi data dan melengkapi data-data yang diperlukan di web Bidikmisi.

Selanjutnya mengikuti jalur seleksi yang dibuka oleh Politeknik, yaitu jalur PMDK-PN, UMPN, atau jalur mandiri Politeknik Negeri.

Info: Tidak semua Politeknik Negeri membuka Bidikmisi jalur mandiri. Oleh karena itu, upayakan untuk mendaftar Bidikmisi pada jalur PMDK-PN ataupun UMPN. Yang jelas, baca informasinya di web resmi masing-masing Politeknik Negeri yang diminati.

Untuk mendaftarkan diri menjadi calon peserta Bidikmisi jalur PMDK-PN, UMPN, ataupun jalur mandiri Politeknik Negeri, maka harus bisa memenuhi persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan., baik itu persyaratan Bidikmisi ataupun persyaratan pendaftaran PMDK-PN, UMPN, ataupun jalur mandiri yang akan diikuti. Kedua kelompok persyaratan tersebut harus dipenuhi semua.

Itulah informasi mengenai pendaftaran Bidikmisi dibeberapa perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan lihat di website resmi masing-masing perguruan tinggi.

Bacaan Terkait :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini mengenai Pendaftaran Bidikmisi PTN, PTS, PTKIN, dan Politeknik Negeri. Semoga informasi tersebut bisa memberikan gambaran secara umum mengenai proses pendaftaran Bidikmisi.

Mari turut bagikan informasi ini pada teman-teman lainnya yang membutuhkan info ini. Terima kasih telah meluangkan waktu membaca artikel ini. Cukup sekian dan salam sukses untuk semua. Aamiin.