Pendaftaran Bidikmisi Login Siswa 2019/2020

Pendaftaran Bidikmisi Login Siswa 2019 -- Cara Login Siswa Pendaftar Bidikmisi, Login Peserta Bidikmisi, Alur Pendaftaran Login Bidikmisi Siswa, Bagaimana Cara Pendaftaran Bidikmisi oleh Siswa, Tata Cara Pendaftaran Bidikmisi Login Siswa, Formulir Pendaftaran Bidikmisi Siswa, Proses Pendaftaran Bidikmisi oleh Siswa. 2021. 2022.

Artikel yang admin bagikan kali ini berjudul Pendaftaran Bidikmisi Login Siswa 2019/2020. Informasi ini ditujukan bagi siswa-siswi yang telah mendapatkan rekomendasi dari pihak sekolah dan selanjutnya harus melakukan login peserta Bidikmisi. Ayo simak pembahasan selengkapnya berikut ini.


Artikel ini merupakan kelanjutan dari informasi sebelumnya tentang Pendaftaran Bidikmisi Login Sekolah. Bagi yang belum membaca artikel tersebut, silahkan baca terlebih dahulu.

Siswa-siswi yang telah direkomendasikan oleh pihak sekolah selanjutnya bisa melanjutkan pendaftaran Bidikmisi dengan login ke sistem Bidikmisi menggunakan kode akses berupa No. Pendaftaran dan Kode Akses.

Begitu pentingnya kode akses ini, maka siswa harus menyimpannya dengan baik agar tidak hilang. Karena jika hilang, maka bisa membuat bingung saat ingin login ke sistem Bidikmisi. Namun siswa bisa melaporkan kehilangan tersebut pada pihak sekolah dan memintanya kembali.

Pendaftaran Bidikmisi yang dilakukan oleh siswa bertujuan untuk melengkapi data pendaftaran yang belum finish serta mengecek kebenaran data yang telah diisikan oleh pihak sekolah.

Salah satu data yang akan diisi yaitu berupa pilihan jalur Bidikmisi seperti Bidikmisi SNMPTN, Bidikmisi SBMPTN, Bidikmisi PMDK-PN, Bidikmisi Mandiri PTN / PTS, dan Bidikmisi jalur lainnya.

Untuk mendapatkan Bidikmisi, maka harus bisa lulus dari salah satu jalur seleksi masuk ke perguruan tinggi yang diikuti seperti jalur nasional atau jalur mandiri yang disebutkan di atas.

Setelah lulus dari salah satu jalur seleksi yang diikuti, kemudian panitia akan mengecek kebenaran data Bidikmisi yang telah didaftarkan. Jika sesuai dengan kriteria kelulusan, maka kalian bisa diterima di perguruan tinggi dan biaya kuliahnya menggunakan biaya Bidikmisi hingga selesai.

Lalu, bagaimana proses pendaftaran yang dilakukan oleh siswa?

Untuk memahami proses pendaftaran Bidikmisi oleh siswa, langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Proses Pendaftaran Bidikmisi oleh Siswa

1. Login
  • Buka alamat web : bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
  • Pilih dan klik menu Siswa
  • Login menggunakan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses 
  • Klik tombol "Masuk Sekarang"
  • Setelah masuk, tampilan menu-menu di dashboard

Info : Nomor Pendaftaran bisa diperoleh melalui rekomendasi sekolah, melalui pendaftaran secara pribadi, atau melalui pembaruan akun.

2. Dashboard

Setalah berada di halaman dashboard, maka siswa dapat melihat informasi menu pendaftaran siswa yang berada di bagian atas, menu langkah pengisian berkas yang berada di bawahnya, dan informasi jadwal penting yang berada di samping.

Adapun data-data yang wajib dilengkap oleh siswa meliputi :
  1. Biodata Biodata pribadi siswa
  2. Kondisi Ekonomi Data mengenai kondisi ekonomi orang tua
  3. Data Keluarga Berisi mengenai daftar dan status keluarga siswa
  4. Data Prestasi Daftar prestasi yang telah dicapai oleh siswa selama sekolah
  5. Kondisi Rumah Data mengenai kondisi rumah yang ditempati
  6. Aset Keluarga Data mengenai aset yang dimiliki oleh keluarga
  7. Rencana Hidup Rencana hidup/tinggal pendaftar di perguruan tinggi tujuan
  8. Jalur seleksi Pengisian jalur seleksi yang akan diikuti

3. Pelengkapan Data

1. Biodata

Pada laman form Biodata, ada beberapa isian yang harus dilengkapi oleh siswa, yaitu :

a. NISN
  • Nomor Induk Siswa Nasional. Apabila siswa tidak memiliki NISN, maka gunakan NIS dari sekolah lalu tambahkan angka 0 hingga berjumlah 10 digit. Contoh, NIS dari sekolah 10396 maka NISN penggantinya adalah 1039600000.

b. Nama Siswa
  • Nama sesuai raport / ijazah jenjang pendidikan sebelumnya. Nama yang digunakan disini harus sama persis dengan nama yang digunakan saat mendaftar SNMPTN, SBMPTN atau seleksi lainnya

c. Jenis Kelamin
  • Jenis kelamin siswa

d. Agama
  • Agama yang dianut siswa saat ini

e. Tempat Lahir
  • Kabupaten / Kota tempat kelahiran siswa.

f. Tanggal Lahir
  • Tanggal lahir siswa

g. Alamat
  • Alamat surat menyurat yang mudah dihubungi

h. Email
  • Alamat email yang valid dan bisa dihubungi

i. Kode Pos
  • Kode pos daerah tempat tinggal

j. No Telepon
  • No Telepon yang bisa dihubungi (Kosongkan jika tidak ada)

k. No Handphone
  • No Handphone yang bisa dihubungi (Kosongkan jika tidak ada)

Setelah melengkapi form biodata, klik pada tombol "Simpan". Lalu munculah data-data yang telah anda isikan tersebut. Silahkan periksa apakah data tersebut sudah benar dan sesuai dengan diri anda.

Selajutnya, silahkan unggah foto anda. Ini tidak wajib, namun sangat disarankan sebagai data pendukung. Caranya, tekan tombol Pilih file foto pribadi lalu tekan tombol Simpan.

Ketentuan foto : ukuran foto maksimal 300 kb, Khusus untuk pengaturan foto pribadi, perlu diatur ukurannya hingga menjadi 400x600 pixel.

2. Kondisi Ekonomi

Pada halaman form ekonomi, ada beberapa data yang harus dilengkap, yaitu :

a. Pekerjaan Ayah / Wali
  • Pekerjaan yang sedang ditekuni Ayah saat ini

b. Penghasilan Ayah
  • Pilih pilihan yang sesuai dengan rata-rata penghasilan kotor per bulan yang diterima oleh Ayah / Wali dalam 4 bulan terakhir. Contoh : pilih kotak < 1 Juta jika penghasilan kotor 4 bulan terakhir adalah : (1) Bulan 1 : Rp. 500.000,-. (2) Bulan 2 : Rp. 300.000,-.  (3) Bulan 3 : Rp. 400.000,-. (4) Bulan 4 : Rp. 400.000.-. (5) Rata-rata : Rp. 400.000.-

c. Bantuan pemerintah (Jika Ada)
  • Pada form ini juga ditampilkan formulir bantuan pemerintah. Silahkan isi jika ada dan silahkan kosongkan jika tidak ada

d. Pekerjaan Ibu
  • Pekerjaan yang sedang ditekuni Ibu saat ini

e. Penghasilan Ibu
  • Pilih pilihan yang sesuai dengan rata rata penghasilan kotor per bulan yang diterima oleh Ibu dalam 4 bulan terakhir. Contoh : pilih kotak < 1 Juta jika penghasilan kotor 4 bulan terakhir adalah (1) Bulan 1 : Rp. 500.000,-. (2) Bulan 2 : Rp. 300.000,-. (3) Bulan 3 : Rp. 400.000,-. (4) Bulan 4 : Rp. 400.000.-. (5) Rata-rata : Rp. 400.000.-'.

f. Total Hutang Kepada Pihak Lain
  • Hutang kepada pihak lain. Contoh: 2500000 (tanpa tanda titik atau koma).

g. Cicilan Hutang Dibayar Per Bulan
  • Cicilan hutang dibayar per bulan. Contoh: 2500000 (tanpa tanda titik atau koma)

h. Total Piutang Kepada Pihak Lain
  • Piutang kepada pihak lain. Contoh: 2500000 (tanpa tanda titik atau koma)

i. Cicilan Piutang Dibayar Per Bulan
  • Cicilan piutang dibayar per bulan.<br>Contoh: 2500000 (tanpa tanda titik atau koma)

j. Tabungan Keluarga

Tabungan Keluarga Bentuk Kas / Giro atau setara kas lainnya.


Penting!!!
  • Perlu diketahui bahwa data pada form Ekonomi setelah disimpan tidak dapat dirubah kembali, maka dari itu disarankan untuk lebih teliti dalam mengisi form ini

Setelah mengisi data-data di atas, lalu klik "Simpan" dan siswa akan melihat data-data yang telah diisikan tersebut pada halaman.

Langkah selanjutnya adalah mengunggah foto SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) melalui panel sebelah kanan pada halaman Ekonomi. Caranya adalah dengan menekan tombol "Pilih file foto SKTM" lalu pilih filenya pada komputer. File foto harus berukuran tidak lebih dari 300Kb. Setelah foto dipilih, lalu tekan tombol "Simpan"

3. Data Keluarga

Jika siswa baru pertama kali masuk ke menu data keluarga, maka siswa secara otomatis akan masuk ke halaman Form Keluarga. Data-data yang harus diisi pada halaman tersebut berupa :

a. Nama Ayah
  • Mengisikan nama lengkap Ayah. Contoh: Rahman Abdullah

b. Status Ayah
  • Memilih status Ayah

c. Status Hubungan
  • Memilih status hubungan antara siswa dengan Ayah

d. Hubungan Wali
  • Memilih hubungan antara siswa dengan Walinya. Diisi apabila hubungan antara siswa dengan Ayah adalah Wali.

e. Pendidikan Ayah
  • Memilih pendidikan terakhir yang pernah ditempuh oleh Ayah.

f. Kerja Ayah
  • Memilih pekerjaan yang saat ini sedang ditekuni oleh Ayah.

g. Detail Ayah
  • Keterangan mengenai pekerjaan Ayah seperti profesi, tempat bekerja, berapa lama sudah bekerja, jadwal kerjanya, kondisi kesehatan dan kondisi karir/profesinya.

h. Nama Ibu
  • Mengisikan nama lengkap Ibu

i. Status Ibu
  • Memilih status Ibu

j. Pendidikan Ibu
  • Memilih pendidikan terakhir yang pernah ditempuh oleh Ibu.

k. Kerja Ibu
  • Memilih pekerjaan yang saat ini sedang ditekuni oleh Ibu.

l. Detail Ibu
  • Keterangan mengenai pekerjaan Ibu seperti profesi, tempat bekerja, berapa lama sudah bekerja, jadwal kerjanya, kondisi kesehatan dan kondisi karir/profesinya.

m. Jumlah Tanggungan
  • Jumlah orang yang ditanggung keluarga, tidak termasuk ayah / ibu sendiri.

n. No. Telepon Orang tua
  • Mengisi nomor telpon orang tua (Kosongi jika tidak ada).

Setelah melengkapi form keluarga, klik pada tombol "simpan" dibagian bawah dan kemudian akan muncul data yang baru saja diisikan.

Langkah selanjutnya adalah upload foto keluarga melalui panel foto yang tersedia di sebelah kanan halaman Data Keluarga. Caranya adalah dengan menekan tombol "Pilih file foto keluarga", lalu pilih file foto keluarga. dari komputer anda dan jika sudah diupload selanjutnya tekan tombol "simpan". Perlu diperhatikan bahwa ukuran file foto keluarga tidak boleh melebihi 300Kb.

4. Prestasi

Halaman pada menu Prestasi digunakan apabila siswa pernah meraih prestasi semasa sekolah. Melalui halaman ini siswa dapat mengklain prestasi yang pernah dicapainya.

Untuk menambahkan prestasi, tekan tombol "tambah prestasi", lalu akan terbuka halaman Daftar Prestasi yang berisi seluruh pencapaian/prestasi yang pernah dicapai oleh siswa pada sekolah asal siswa.

Apabila siswa kesulitan menemukan prestasi yang dicari, tekan tombol "cari prestasi" untuk mempermudah pencarian. Klik pada tombol "+" untuk mengklaim prestasi yang ditampilkan. Setelah mengklaim prestasi-prestasi yang dipilih, tekan tombol "←" untuk kembali ke halaman Prestasi.

Langkah selanjutnya adalah mengunggah sertifikat dari setiap prestasi yang diklaim. Siswa tidak diwajibkan untuk mengunggah file sertifikat prestasi, namun sangat direkomendasikan. Cara mengunggah file foto sertifikat adalah dengan menekan tombol "unggah" yang tersedia disetiap prestasi yang dikalim.

Unggah sertifikat dengan menekan tombol "Pilih file sertifikat prestasi". Pilih file sertifikat sesuai dengan prestasi terkait. Setelah itu tekan tombol "simpan sertifikat". Perlu diperhatikan bahwa ukuran file foto sertifikat tidak boleh melebihi 300Kb.

5. Rumah

Apabila siswa baru pertama kali masuk ke menu data rumah, maka secara otomatis siswa akan masuk ke dalam halaman Form Rumah. Data-fata yang harus diisi berupa :

a. Kepemilikan
  • Kepemilikan rumah yang ditempati keluarga sekarang

b. Tahun Perolehan
  • Mengisi tahun perolehan dari rumah tinggal

c. Sumber Listrik
  • Memilih pilihan yang sesuai dengan sumber listrik dari rumah

d. Daya Listrik
  • Memilih daya listrik yang digunakan. Hanya diisi jika sumber listrik PLN

e. Luas Tanah
  • Memilih pilihan yang sesuai dengan luas tanah rumah tinggal. Contoh: Pilih pilihan < 25 M² jika luas tanah rumah tinggal mempunyai luasan 25 M²

f. NJOP/Meter
  • Mengisi besaran NJOP berdasarkan dokumen resmi. Isikan 0 apabila tidak ada dokumen tersebut. Contoh: 105000 (tanpa tanda titik atau koma)

g. Luas Bangunan
  • Memilih pilihan yang sesuai dengan luas bangunan. Contoh: Pilih pilihan <25 M² jika rumah memiliki luasan 25 M²

h. Bahan Atap
  • Memilih jenis atap yang paling banyak digunakan rumah tinggal

i. Bahan Lantai
  • Memilih jenis lantai yang paling banyak digunakan rumah tinggal

j. Bahan Tembok
  • Memilih jenis tembok yang paling banyak digunakan rumah tinggal

k. Mandi Cuci Kakus
  • Memilih pilihan yang sesuai dengan fasilitas mandi cuci kakus di rumah

l. Sumber Air Utama
  • Memilih jenis sumber air yang dapat dimanfaatkan oleh rumah tinggal

m. Jarak dari pusat kota
  • Mengisi jarak rumah tinggal dari pusat kabupaten / kota dalam satuan kilometer

n. Jumlah orang tinggal
  • Jumlah orang yang tinggal dirumah termasuk ayah dan ibu.

Setelah melengkapi form rumah tersebut. lalu klik pada tombol "simpan".

Langkah selanjutnya adalah mengupload foto rumah tampak depan dan ruangan rumah sebagai data pendukung. Caranya adalah dengan menekan tombol "pilih file foto rumah tampak depan" untuk memilih foto rumah tampak depan dan untuk memilih foto ruang keluarga "pilih file foto ruang keluarga", setelah terupload lalu klik "simpan". Perlu diperhatikan bahwa ukuran file foro masing-masing tidak boleh melebihi 300Kb.

6. Aset

Jika keluarga memiliki aset, silahkan gunakan menu ini untuk mengisi setiap aset yang dimiliki. Untuk mengisi data aset silahkan klik tombol "tambah aset" kemudian mengisi data-data berupa :

a. Nama Barang / Aset
  • Diisi dengan nama barang/aset. Contoh: Sepeda motor, Handphone

b. Merk / Tipe
  • Diisi dengan merk / tipe / jenis barang. Contoh: Samsung Galaxy S

c. Jenis Barang
  • Pilih jenis barang yang sesuai dengan barang yang disebutkan

d. Tahun Perolehan
  • Tahun saat barang diperoleh

e. Metode Perolehan
  • Metode / cara perolehan barang

f. Kondisi Barang / Aset
  • Kondisi barang / aset saat ini

g. Harga Beli
  • Harga ketika membeli barang

h. Estimasi Nilai Barang Saat Ini
  • Estimasi / perkiraan harga barang ketika dijual

Jika telah selesai mengisi data tersebut, lalu klik "Simpan Aset"

7. Rencana Hidup / Tinggal

Saat pertama kali membuka menu ini, maka siswa akan diarahkan untuk mengisi data rencana hidup. Data-data yang harus diisi berupa :

a. Rencana Tinggal
  • Memilih pilihan yang sesuai dengan rencana tempat tinggal saudara. Contoh : pilih kotak Bersama Keluarga / Kenalan jika akan tinggal bersama keluarga di lokasi pendidikan

b. Dukungan Keluarga
  • Dukungan keluarga untuk biaya transport pertama

c. Transportasi Asal
  • Transportasi dari tempat tinggal asal ke Perguruan Tinggi pilihan utama

d. Transportasi Harian
  • Rencana transporasi harian di PT pilihan utama

e. Biaya Transportasi
  • Estimasi biaya Transportasi 1 kali dari tempat tinggal ke PT pilihan utama. Contoh : 20000

Jika sudah mengisi data, silahkan klik "simpan"

8. Seleksi

Menu seleksi hanya bisa diakses apabila siswa sudah melengkapi semua data yang wajib dipenuhi. Untuk melanjutkan pada menu seleksi, sebelumnya siswa harus membaca beberapa persetujuan yang perlu dipahami. Diantaranya adalah yang berhubungan dengan:
  • Penghasilan orang tua
  • Dampak pemalsuan data
  • Ketentuan yang mengharuskan siswa mendaftar seleksi masuk Perguruan Tinggi (PT)

Siswa harus menyetujui ketentuan dari masing-masing pernyataan dengan mencentang "Saya Memahami", setelah itu klik tombol " proses selanjutnya"

Siswa bisa memilih untuk mengikuti seleksi dengan menekan tombol “DAPATKAN KAP & PIN” dan kemudian pilih jalur seleksi yang tersedia lalu ikuti perintah yang diberikan. Siswa bisa saja menemui tombol tersebut tidak aktif pada saat itu, hal itu dikarenakan rentang waktu seleksi terkait sudah habis / belum dibuka.

Daftar seleksi yang tersedia di bidikmisi:
  • PMDK-PN, SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mandiri PTN, Seleksi Mandiri PTS, dan UMPN

9. Cetak Kartu Peserta

Siswa bisa mencetak formulir apabila siswa sudah memilih minimal salah satu jalur seleksi. Kartu Peserta wajib dibawa ketika daftar ulang diterima seleksi di Perguruan Tinggi.

10. Cetak Formulir

Siswa bisa mencetak formulir apabila siswa sudah memilih minimal salah satu jalur seleksi. Formulir digunakan untuk arsip siswa dan digunakan apabila perlu dalam hal pendaftaran hingga daftar ulang

Itulah informasi seputar Bidikmisi yang dapat admin bagikan. Apabila ada informasi lain yang anda butuhkan maka bisa anda lihat langsung di website resmi Bidikmisi atau bertanya pada panitia melalui kontak berikut.

Kontak Resmi Bidikmisi :
Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti Gedung D Lantai 7, Jalan Pintu 1 Senayan
Email : bidikmisi@kemdikbud.go.id atau bidikmisi@dikti.go.id
Facebook : fb.me/program.bidik.misi
Twitter : twitter.com/bidikmisi
Zendesk : bidikmisi.zendesk.com
Untuk informasi pendaftaran, baca : Tata Cara Pendaftaran Bidikmisi

Itulah informasi mengenai Pendaftaran Bidikmisi Login Siswa. Semoga informasi yang admin sampaikan tersebut bermanfaat bagi kalian semua. Terima kasih telah membaca artikel ini. Cukup sekian dan salam sukses.