Pendaftaran Bidikmisi Login Sekolah 2019/2020

Pendaftaran Bidikmisi Login Sekolah 2019 -- Cara Login Sekolah pada Pendaftaran Bidikmisi, Login Pemberi Rekomendasi Bidikmisi oleh Sekolah, Alur Pendaftaran Bidikmisi Sekolah, Tata Cara Login Pendaftaran Bidikmisi Sekolah, Proses Login Pendaftaran Bidikmisi oleh Sekolah. 2020. 2021.

Artikel yang admin bagikan kali ini berjudul Pendaftaran Bidikmisi Login Sekolah 2019/2020. Informasi ini ditujukan bagi sekolah yang akan memberikan rekomendasi untuk siswa-siswinya dalam mengikuti Bidikmisi. Ayo simak ulasan selengkapnya berikut ini.


Bagi kalian yang telah membaca informasi sebelumnya mengenai Tata Cara Pendaftaran Bidikmisi, nah kali ini akan diberikan kelanjutannya yaitu mengenai Pendaftaran Bidikmisi Login Sekolah, dalam artian pendaftaran Bidikmisi yang dilakukan oleh pihak sekolah.

Proses pendaftaran Bidikmisi dimulai oleh pihak sekolah yang melakukan dari registrasi sekolah lalu pemberian rekomendasi untuk siswa-siswinya dengan mengisi data pendaftaran. Kemudian siswa yang telah direkomendasikan oleh pihak sekolah melanjutkan pendaftaran Bidikmisi dengan login ke sistem Bidikmisi menggunakan akun yang diberikan oleh pihak sekolah.

Proses pendaftaran Bidikmisi ini wajib dilakukan sebagai proses awal untuk kemudian mengikuti proses berikutnya yaitu proses seleksi hingga pengumuman hasil seleksi.

Jika data pendaftaran serta berkas-berkas yang didaftarkan telah sesuai dengan data yang diminta oleh panitia seleksi, maka mudah-mudahan proses pendaftaran bisa selesai dengan aman. Artinya, kalian tidak melakukan kesalahan dalam hal pendaftaran. Selanjutnya urusan panitia dalam hal menyeleksinya.

Nah, bagi kalian yang mungkin saja merasa kebingungan dalam melakukan pendaftaran Bidikmisi, tenang saja, disini admin akan membantu kalian dengan memberikan informasi tata cara pendaftaran Bidimisi oleh Sekolah. Pada bagian berikutnya akan diberikan informasi pendaftaran bidikmisi oleh siswa. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai informasi ini. Langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

A. Registrasi Sekolah

Proses pendaftaran Bidikmisi dimulai oleh pihak Sekolah dengan memberikan rekomendasi untuk siswa-siswinya. Berikut alur pendaftarannya:
  1. Pendaftaran dimulai dengan mengakses alamat: bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
  2. Kemudian memilih menu Sekolah
  3. Muncul 2 pilihan menu yaitu Sudah Terdaftar atau Belum Terdaftar

Info :
  • Menu Sudah Terdaftar diperuntukkan bagi sekolah yang sudah mendaftar dan mendapatkan akun.
  • Menu Belum Terdaftar diperuntukkan bagi sekolah yang belum pernah mendaftar bidikmisi.

1. Untuk Sekolah yang Belum Terdaftar

a. NPSN
  • Mengisi NPSN Sekolah yang telah terdaftar di sistem pusat data dan statistik pendidikan dan kebudayaan (PDSPK). Jika belum mempunyai NPSN silahkan melapor ke dinas pendidikan kabupaten / kota setempat.

b. Nama Sekolah
  • Mengisi Nama Sekolah

c. Alamat Sekolah
  • Mengisi alamat surat menyurat yang bisa dihubungi dengan format: nama jalan dan nomor, kecamatan, kota. Contoh: Jl Aman No 6, RT 39 RW 08, Kecamatan Srijaya, Kota Palembang.

d. Provinsi
  • Memilih Provinsi tempat sekolah berada

e. Kota
  • Memilih Kota tempat sekolah berada

f. Email Sekolah
  • Mengisi alamat email sekolah sesuai dengan format email pada umumnya. Contoh: namaemail@domain.com

g. Nomor Telepon Sekolah
  • Mengisi nomor telepon sekolah yang bisa dihubungi, sertakan juga kode area tempat sekolah berada. Contoh: 031-8123212

h. Nama Kepala Sekolah
  • Mengisi nama kepala sekolah beserta gelarnya

i. Email Kepala Sekolah
  • Mengisi alamat email kepala sekolah

j. No. Telepon Kepala Sekolah
  • Mengisi nomor telepon kepala sekolah yang bisa dihubungi

k. Status Sekolah
  • Memilih status sekolah

l. Akreditasi
  • Memilih status akreditasi sekolah

m. Nilai Akreditasi
  • Mengisi nilai akreditasi sekolah. Contoh: 87.61

n. Jenis Sekolah
  • Memilih jenis sekolah

o. Lampiran Lembar F
  • Lembar F adalah lembar persetujuan dan tanda tangan yang menyatakan bahwa data sekolah yang diisi adalah benar. Contoh Lembar F bisa didownload dengan menekan tombol "Download contoh formulir" di halaman tersebut.

p. Kode Verifikasi
  • Menulis ulang kode verifikasi yang tampil pada gambar.

Jika anda menemukan kasus seperti ini!!!
  • Ketika mendaftarkan sekolah, terkadang ditemukan sekolah telah memiliki NPSN namun dianggap tidak valid. Hal ini dikarenakan NPSN tidak terdaftar pada Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK).
  • Solusinya adalah pihak sekolah harus melaporkan ke dinas pendidikan kabupaten / kota setempat dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku

Setelah selesai mengisi semua data pendaftaran sekolah, selanjutnya muncul pesan sukses pada halaman Bukti Pendaftaran Sekolah. Artinya sekolah telah terdaftar pada sistem Bidikmisi. Bukti pendaftaran juga akan dikirimkan ke email yang telah didaftarkan pada saat pengisian data.

Pada halaman Bukti Pendaftaran Sekolah, terdapat Username / NPSN dan Kode Akses yang dapat digunakan untuk login ke sistem Bidikmisi.

2. Untuk Sekolah yang Sudah Terdaftar

Untuk sekolah yang telah mendaftar dan memiliki akun Bidikmisi bisa langsung melakukan login ke sistem Bidikmisi menggunakan NPSN dan Kode Akses yang diperoleh ketika pendaftaran.

Ketika proses login berhasil, jika data informasi sekolah di sistem bidikmisi sama dengan informasi di sistem PDSPK, maka user akan masuk ke halaman Dashboard Sekolah. Jika terdapat perbedaan, maka user akan diarahkan menuju laman verifikasi data.

Jika yang masuk ke halaman Dashboard Sekolah, maka bisa langsung merekomendasikan siswa-siswinya. Namun jika menuju ke laman verifikasi data, maka klik tombol “Ganti Nama Sekolah” untuk melakukan perubahan. Kemudian klik tombol simpan dan tunggu perubahan data diverifikasi oleh administrator.

B. Proses Perekomendasian Siswa

1. Dashdoard

Di halaman dashboard, terdapat petunjuk mengenai langkah-langkah pemberian rekomendasi siswa. Bacalah petunjuk tersebut dengan cermat dan teliti. Langkah-langkah perekomendasian siswa sebaiknya dilakukan secara terurut meskipun tidak diwajibkan.

2. Data UNAS

Pada saat pertama membuka Data UNAS, tidak ada data apapun. Pihak sekolah bisa menambahkan data UNAS dengan menekan tombol "Tambah Data". Setelah itu akan memasuk ke halaman Tambah Data Ujian Nasional.

Disini pihak sekolah bisa menambahkan nilai rata-rata UNAS yang dicapai oleh sekolah dari jumlah mata pelajaran yang menjadi bahan UNAS

Info Tambahan!!!
Bagi sekolah yang tidak memiliki kelas tertentu (seperti BAHASA atau SMK), biarkan nilai tetap seperti yang ditampilkan / tidak perlu dirubah.

3. Data Prestasi

Seperti pada data UNAS, pada saat pertama kali dibuka pada Data Prestasi maka tidak ditemukan data apapun. Data prestasi wajib diisikan bagi sekolah yang memiliki prestasi, namun tidak wajib diisikan bagi sekolah yang tidak memiliki prestasi.

Nantinya prestasi yang dimasukkan ke dalam sistem akan ditampilan pada proses pendaftaran siswa, dimana siswa yang memiliki prestasi dapat mengklaim prestasi yang dimasukkan oleh sekolah.

Untuk menambahkan prestasi tekan tombol "tambah prestasi" kemudian muncul halaman pengisian data. Jika telah selesai, klik tombol "simpan"

4. Rekomendasi Siswa

Untuk merekomendasikan siswa, silahkan pilih menu rekomendasi pada derata menu yang ada di dashbord. Setelah ketemu, klik tombol "Rekomendasi Siswa".

Selanjutnya klik tombol "Mulai impor". Proses impor dilakukan sampai seluruh siswa yang ada pada sistem PDSPK sukses terimpor ke dalam sistem bidikmisi.

Setelah proses impor selesai, silahkan pilih menu rekomendasikan siswa untuk mulai merekomendasikan siswa yang sebelumnya telah Anda impor ke sistem Bidikmisi.

Proses rekomendasi dapat dilakukan dengan memasukkan NISN ke kolom yang telah disediakan atau dengan memilih menu "Rekomendasikan" pada masing-masing baris data yang ditampilkan pada tabel data siswa yang telah diimpor.

Jika memilih menu "Rekomendasikan", maka sistem akan mengecek apakah siswa yang akan didaftarkan sudah direkomendasikan atau belum. Sistem akan memberikan keterangannya.

Jika telah berhasil direkomendasikan, maka sistem akan menampilkan data diri siswa dan yang paling terpenting adalah menampilkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses yang nantinya digunakan untuk login pendaftaran Bidikmisi oleh siswa.


Sampai disini informasi mengenai Pendaftaran Bidikmisi Login Sekolah. Jika ada yang kurang jelas silahkan baca buku panduan pendaftaran Bidikmisi. Untuk informasi lain yang diperlukan bisa baca langsung dengan mengakses website resmi Bidikmisi.

Baca Informasi Lanjutan : Pendaftaran Bidikmisi Login Siswa

Demikian informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Pendaftaran Bidikmisi Login Sekolah. Mudah-mudahan informasi ini bisa memberikan pencerahan untuk kalian semua. Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga proses pendaftaran Bidikmisi berjalan lancar dan sukses.