Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Sunan Gunung Djati Bandung 2019/2020

www.uinsgd.ac.id 2019 -- PMB UIN SGD, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UIN SGD, Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN SGD, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 UIN SGD, Registrasi Mahasiswa Baru UIN SGD, Pendaftaran Online UIN SGD, Penerimaan Online UIN SGD, Jalur SNMPTN, SBMPTN, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Mandiri, Bidikmisi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. 2021. 2022.

Kali ini admin akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Sunan Gunung Djati Bandung 2019/2020. Informasi ini disampaikan dengan harapan semoga bisa menjadi arahan bagi anda dalam persiapan melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru. Ayo simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati atau yang dikenal dengan UIN Bandung atau yang disingkat dengan UIN SGD adalah sebuah Perguruan Tinggi Islam Negeri yang yang terletak di daerah Cibiru, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Pada mulanya Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) bernama IAIN Sunan Gunung Djati. IAIN SGD Bandung berdiri pada 8 Agustus 1968 yang kemudian berubah nama menjadi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN-SGD) dan secara resmi didirikan pada 10 Oktober 2005.

Adapun Fakultas, Jurusan, dan Program Studi yang ada di UIN SGD Bandung, yaitu :

Fakultas Ushuluddin, terdiri dari Jurusan :
  • Ilmu Al-Quran & Tafsir 
  • Tasawuf dan Psikoterapi
  • Ilmu Hadits
  • Studi Agama-Agama
  • Aqidah dan Filsafat Islam

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, terdiri dari Jurusan :
  • Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
  • Pendidikan Guru MI (PGMI)
  • Pendidikan Agama Islam (PAI), terdiri dari:
    • Program Studi Pendidikan Agama Islam
    • Program Studi Pendidikan Guru RA (PGRA)
  • Pendidikan Bahasa, terdiri atas:
    • Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
    • Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI)
  • Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (PMIPA), terdiri dari:
    • Program Studi Pendidikan Matematika
    • Program Studi Pendidikan Fisika
    • Program Studi Pendidikan Kimia
    • Program Studi Pendidikan Biologi

Fakultas Syariah dan Hukum, terdiri dari Jurusan :
  • Ahwal Al-Syakhsiyyah, Hukum Pidana Islam, Ilmu Hukum, Manajemen Keuangan Syariah, Muamalah, Perbandingan Madzhab, Siyasah

Fakultas Dakwah dan Komunikasi, terdiri dari Jurusan :
  • Ilmu Komunikasi, Komunikasi Penyiaran Islam, Bimbingan dan Konseling Islam, Manajemen Dakwah, dan Pengembangan Masyarakat Islam

Fakultas Adab dan Humaniora, terdiri dari Jurusan :
  • Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Program Vokasi Bahasa Inggris, Sejarah dan Peradaban Islam

Fakultas Psikologi, terdiri dari Jurusan :
  • Program studi Psikologi

Fakultas Sains dan Teknologi, terdiri dari Jurusan :
  • Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Teknik Informatika, Agroteknologi, dan Teknik Elektro

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, terdiri dari Jurusan :
  • Administrasi publik, Manajemen, Sosiologi, dan Ilmu Politik

Program Magister (S2)
  • Ilmu Hukum, Ekonomi Syari’ah, Religious Studies, Pendidikan Agama Islam, Hukum Keluarga (Ahwal Syakhsiyyah), Manajemen Pendidikan Islam, Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Ilmu Hadits, Pendidikan Bahasa Arab, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Hukum Ekonomi Syari’ah, dan Sejarah Kebudayaan Islam

Program Doktor (S3)
  • Hukum Islam,. Pendidikan Islam (Konsentrasi Pendidikan Islam, dan konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab), Perbandingan Agama, dan Filsafat Agama

Itulah informasi mengenai Fakultas dan Program Studi di UIN SGD Bandung, semoga informasi tersebut dapat menambah pengetahuan anda terutama yang ingin kuliah di UIN SGD Bandung.

Setelah mengetahui informasi di atas, anda perlu mengetahui informasi selanjutnya yaitu tentang jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru UIN SGD Bandung.

Dengan mengetahui jalur-jalur seleksi UIN SGD Bandung, maka anda dapat menentukan jalur yang akan anda pilih. Berikut informasi jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru UIN SGD Bandung.

1. Pendaftaran UIN SGD Bandung Jalur SNMPTN

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi undangan masuk ke Perguruan Tinggi negeri yang dilakukan tanpa ujian tertulis.

Seleksi ini didasarkan pada prestasi akademik siswa yang dilihat dari nilai rapor mulai dari kelas X hingga kelas XII semester 1. Jadi penilaian nilai rapor selama 5 semester.

Pendaftaran SNMPTN diawali dengan pengisian data di PDSS oleh Kepala Sekolah dan verifikasi oleh siswa di alamat pdss.snmptn.ac.id , kemudian melakukan pendaftaran SNMPTN secara online oleh siswa melalui alamat website web.snmptn.ac.id.

Informasi lebih lengkap seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, biaya seleksi, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran Online SNMPTN.

2. Pendaftaran UIN SGD Bandung Jalur SBMPTN

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi ujian tertulis untuk mahasiswa yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri.

Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online melalui alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id. Untuk informasi berupa panduan, persyaratan, jadwal, daftat PTN / PTKIN lain, dan keterangan lain yang anda butuhkan dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SBMPTN ac id atau Pendaftaran Online SBMPTN

3. Pendaftaran UIN SGD Bandung Jalur SPAN-PTKIN

SPAN PTKIN atau Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur seleksi undangan yang seleksinya dilakukan tanpa ujian tertulis, namun didasarkan pada prestasi akademik siswa seperti pada SNMPTN.

Perbedaan dengan SNMPTN yaitu bahwa jalur SPAN-PTKIN diperuntukkan bagi calon peserta yang ingin masuk ke PTKIN di Indonesia seperti UIN, IAIN, dan STAIN. Peserta yang mengkuti jalur SPAN-PTKIN merupakan peserta yang memilih program studi jenis keagamaan islam.

Pendaftaran SPAN PTKIN dilakukan melalui alamat www.span-ptkin.ac.id. Informasi lebih lanjut mengenai SPAN-PTKIN seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTKIN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTKIN se-Indonesia, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SPAN PTKIN.

4. Pendaftaran UIN SGD Bandung Jalur UM-PTKIN

UM-PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan ke PTKIN di Indonesia seperti UIN, IAIN, dan STAIN. Salah satunya masuk ke UIN SGD.

Seleksi UM-PTKIN dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua calon peserta. Pendaftaran UM-PTKIN dilakukan secara online melalui alamat www.um-ptkin.ac.id

Informasi terkait UM-PTKIN seperti panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTKIN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTKIN se-Indonesia, dan lain keterangannya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran Online UM-PTKIN.

5. Pendaftaran UIN SGD Bandung Jalur Mandiri

Jalur Mandiri adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara lokal oleh UIN Sunan Gunung Djati untuk meneriman calon mahasiswa baru.

Persyaratan Pendaftaran
  1. Berijazah SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu'adalah 
  2. Mengisi dan menyerahkan formulir yang dilampiri (masing-masing rangkap dua):
  3. Fotocopy Ijazah yang dilegalisir oleh yang berwenang dan menunjukan aslinya:
    • Pas photo ukuran 3x4 hitam putih sebanyak 2 lembar.
    • Khusus bagi calon peserta lulusan Paket C, harus menyerahkan fotocopy Rapor tiga tahun terakhir.
  4. Lulusan tahun ini sekurang-kurangnya telah memiliki surat keterangan Lulusan dari Kepala Sekolah/Madrasah yang dilengkapi pas foto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap Sekolah/Madrasah.
  5. Membayar uang pendaftaran.
  6. Bagi Calon Mahasiswa yang telah hafal Al-Quran minimal 5 juz, ujian tetap mengikuti PMB Jalur Mandiri UIN SGD Bandung dengan tambahan test Tahfidz yang dilakukan tersendiri.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai jalur mandiri UIN SGD yang belum dimuat disini, maka dapat langsung dilihat di web resmi UIN SGD, yaitu www.uinsgd.ac.id

6. Pendaftaran Bidikmisi UIN SGD

Bidikmisi adalah progam pemberian bantuan dana pendidikan yang diberikan kepaa calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dan mempunyai prestasi akademik tinggi.

Calon peserta yang dapat mendaftar Bidikmisi di UIN SGD adalah peserta yang terdaftar sebagai peserta jalur seleksi SNMPTN, SBMPTN, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, dan jalur mandiri (tulis / prestasi). 

Persyaratan Pendaftaran
  1. Telah melakukan Registrasi sebagai Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung tahun ini (dibuktikan dengan resi pembayaran);
  2. Beasiswa Bidikmisi diperuntukan bagi Mahasiswa Miskin tidak mampu secara ekonomi;
  3. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (strata 1) atau Diploma 4; 
  4. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun;
  5. Calon Mahasiswa Bidikmisi melakukan tahapan pendaftaran dengan cara:
    • Mengisi Formulir pendaftaran Online (dengan memasukan nomor test dan tanggal lahir);
    • Formulir pendaftaranyang telah diisi (On-Line) di Print out beserta berkas persyaratan lainnya dikumpulkan di Bagian Kemahasiswaan Lt. 4 Gedung O. Djauharudin AR. pengumpulan berkas disertai dengan melampirkan berkas sebagai berikut:
      1. Resi Pembayaran UKT;
      2. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah, (Format masing-masing sekolah).
      3. Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d. 5 (lima) dan nilai SKHUN yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
      4. Surat Keterangan tentang peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lainnyadi bidang ko-kurikuler dan ekstrakurikuler yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
      5. Surat keterangan :
        • Penghasilan Bapak, dan Penghasilan Ibu
        • Tidak mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya; dikeluarkan oleh Kepala Desa / Lurah setempat;
      6. Fotocopy Kartu Keluarga, KTP yang bersangkutan, BapakdanIbu;
      7. Foto berwarna terbaru 3x4 = 3 buah;
      8. Fotocopy rekening listrik bulan terakhir (apabila tersedia aliran listrik) dan bukti pembayaran PBB dari orang tua/wali-nya (apabila mempunyai bukti pembayaran);
      9. Foto rumah/tempat tinggal dari tiga sisi (depan, samping dan belakang)(Format 1 lembar);
      10. Surat Pernyataan Orangtua yang menyatakan bahwa apabila anaknya tidak mentaati kode etik / dan peraturan yang di tentukan maka siap untuk di berhentikan dari Beasiswa Bidikmisi. (Format pernyataan di download di http://www.uinsgd.ac.id/bidikmisi/)

Calon peserta melakukan pendaftaran Bidikmisi secara online melalui alamat http://www.uinsgd.ac.id/bidikmisi/

Informasi Lebih Lanjut silahkan hubungi Bagian Kemahasiswaan Lt. 4 Gedung O. Djauharudin AR (Gd. Al-Jamiah).

Baca juga : Pendaftaran Bidikmisi PTN pada artikel Pendaftaran Online Bidikmisi atau Pendaftaran Bidikmisi

7. Pendaftaran Pascasarjana UIN SGD Bandung

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Pascasarjana UIN SGD, silahkan daftarkan diri anda selama masa pendaftaran dibuka. Informasi pendaftaran program pascasarjana UIN SGD dapat anda baca pada alamat www.ppsuinsgdbdg.ac.id

Itulah beberapa jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UIN Sunan Gunung Djati pada tahun ini. Silahkan anda ikuti jalur-jalur yang dibuka tersebut. Pilihlah jalur yang memberikan peluang lebih besar untuk bisa diterima menjadi mahasiswa abru UIN SGD.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UIN SGD.  Baca : untuk jadwal pelaksanaan.

Persiapkanlah diri anda untuk menghadapi ujian tertulis bagi yang mengikutinya. Semoga dengan persiapan anda tersebut dapat membantu mewujudkan keinginan anda.
Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk anda.

Silahkan bagikan informasi ini kepada teman atau keluarga anda yang membutuhkan dengan cara klik tombol G+1 yang tersedia.

Admin turut mendoakan semoga anda lulus melalui salah satu jalur seleksi yang anda ikuti dan nantinya bisa menjadi mahasiswa baru UIN SGD. Terima kasih admin sampaikan kepada pengunjung setia web ini yag setiap hari selalu berkunjung. Mari sama-sama berdoa semoga Allah SWT selalu memberikan kemudahan untuk kita salam menuju kesuksesan. Amin Ya Robbal Alamin.