Jalur Pendaftaran Kuliah UIN Sunan Gunung Djati Bandung 2024/2025

www.uinsgd.ac.id 2024 -- Jalur SNBP, SNBT, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Sunan Gunung Djati Bandung, PMB UIN SGD, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UIN SGD, Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN SGD, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 UIN SGD, Registrasi Mahasiswa Baru UIN SGD, Pendaftaran Online UIN SGD, Penerimaan Online UIN SGD, Mandiri, Bidikmisi, KIP Kuliah, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. 2026. 2027.

Kali ini admin akan memberikan informasi mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah UIN Sunan Gunung Djati Bandung 2024/2025. Informasi ini ditujukan untuk kalian yang ingin mendaftar kuliah di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Ayo simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati atau yang dikenal dengan UIN Bandung atau yang disingkat dengan UIN SGD adalah sebuah Perguruan Tinggi Islam Negeri yang yang terletak di daerah Cibiru, Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Pada mulanya Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) bernama IAIN Sunan Gunung Djati. IAIN SGD Bandung berdiri pada 8 Agustus 1968 yang kemudian berubah nama menjadi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN-SGD) dan secara resmi didirikan pada 10 Oktober 2005.

Adapun Fakultas, Jurusan, dan Program Studi yang ada di UIN SGD Bandung, yaitu :

Fakultas Ushuluddin, terdiri dari Jurusan :
  • Ilmu Al-Quran & Tafsir 
  • Tasawuf dan Psikoterapi
  • Ilmu Hadits
  • Studi Agama-Agama
  • Aqidah dan Filsafat Islam

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, terdiri dari Jurusan :
  • Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
  • Pendidikan Guru MI (PGMI)
  • Pendidikan Agama Islam (PAI), terdiri dari:
    • Program Studi Pendidikan Agama Islam
    • Program Studi Pendidikan Guru RA (PGRA)
  • Pendidikan Bahasa, terdiri atas:
    • Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
    • Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI)
  • Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (PMIPA), terdiri dari:
    • Program Studi Pendidikan Matematika
    • Program Studi Pendidikan Fisika
    • Program Studi Pendidikan Kimia
    • Program Studi Pendidikan Biologi

Fakultas Syariah dan Hukum, terdiri dari Jurusan :
  • Ahwal Al-Syakhsiyyah, Hukum Pidana Islam, Ilmu Hukum, Manajemen Keuangan Syariah, Muamalah, Perbandingan Madzhab, Siyasah

Fakultas Dakwah dan Komunikasi, terdiri dari Jurusan :
  • Ilmu Komunikasi, Komunikasi Penyiaran Islam, Bimbingan dan Konseling Islam, Manajemen Dakwah, dan Pengembangan Masyarakat Islam

Fakultas Adab dan Humaniora, terdiri dari Jurusan :
  • Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Program Vokasi Bahasa Inggris, Sejarah dan Peradaban Islam

Fakultas Psikologi, terdiri dari Jurusan :
  • Program studi Psikologi

Fakultas Sains dan Teknologi, terdiri dari Jurusan :
  • Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Teknik Informatika, Agroteknologi, dan Teknik Elektro

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, terdiri dari Jurusan :
  • Administrasi publik, Manajemen, Sosiologi, dan Ilmu Politik

Program Magister (S2)
  • Ilmu Hukum, Ekonomi Syari’ah, Religious Studies, Pendidikan Agama Islam, Hukum Keluarga (Ahwal Syakhsiyyah), Manajemen Pendidikan Islam, Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Ilmu Hadits, Pendidikan Bahasa Arab, Komunikasi dan Penyiaran Islam, Hukum Ekonomi Syari’ah, dan Sejarah Kebudayaan Islam

Program Doktor (S3)
  • Hukum Islam,. Pendidikan Islam (Konsentrasi Pendidikan Islam, dan konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab), Perbandingan Agama, dan Filsafat Agama

Itulah informasi mengenai Fakultas dan Program Studi di UIN SGD Bandung, semoga informasi tersebut dapat menambah pengetahuan terutama yang ingin kuliah di UIN SGD Bandung.

Setelah mengetahui informasi di atas, kalian perlu mengetahui informasi selanjutnya yaitu tentang jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru UIN SGD Bandung.

Dengan mengetahui jalur-jalur seleksi UIN SGD Bandung, kalian dapat menentukan jalur yang akan dipilih. Berikut informasi jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru UIN SGD Bandung.

1. Pendaftaran UIN SGD Bandung Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur seleksi nasional yang seleksinya dilakukan melalui penelusuran prestasi akademik siswa terutama dilihat dari nilai raport.

Adapun program studi yang ditawarkan melalui jalur SNBT adalah program studi bidang umum (selain bidang keagamaan islam).

Pendaftaran SNBP diawali dengan pengisian data di PDSS oleh Kepala Sekolah dan verifikasi oleh siswa, kemudian melakukan pendaftaran SNBP secara online oleh siswa.

Informasi lebih lengkap seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, biaya seleksi, dan lain sebagainya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online SNBP.

2. Pendaftaran UIN SGD Bandung Jalur SPAN-PTKIN

SPAN PTKIN atau Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur seleksi undangan yang seleksinya dilakukan tanpa ujian tertulis, namun didasarkan pada prestasi akademik siswa seperti pada SNBP.

Calon peserta yang mengikuti jalur SPAN-PTKIN merupakan calon peserta yang memilih program studi bidang keagamaan islam.

Informasi lebih lanjut mengenai SPAN-PTKIN seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTKIN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTKIN se-Indonesia, dan lain sebagainya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SPAN PTKIN.

3. Pendaftaran UIN SGD Bandung Jalur SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi nasional yang mana seleksinya dilakukan melalui tes berbasis komputer (UTBK).

Adapun program studi yang ditawarkan melalui jalur SNBT adalah program studi bidang umum (selain bidang keagamaan islam).

Untuk informasi berupa panduan, persyaratan, jadwal, daftat PTN / PTKIN lain, dan keterangan lain yang dibutuhkan dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online SNBT atau Pendaftaran SNBT

4. Pendaftaran UIN SGD Bandung Jalur UM-PTKIN

UM-PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan ke PTKIN di Indonesia seperti UIN, IAIN, dan STAIN. Salah satunya masuk ke UIN SGD Bandung.

Seleksi UM-PTKIN dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua calon peserta. 

Calon peserta yang mengikuti jalur UM-PTKIN merupakan calon peserta yang memilih program studi bidang keagamaan islam.

Informasi terkait UM-PTKIN seperti panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTKIN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTKIN se-Indonesia, dan lain keterangannya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online UM-PTKIN.

5. Pendaftaran UIN SGD Bandung Jalur Mandiri

Jalur Mandiri adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan secara lokal oleh UIN Sunan Gunung Djati untuk meneriman calon mahasiswa baru.

Persyaratan Pendaftaran
  1. Berijazah SMA / SMK / MA / MAK / Pesantren Mu'adalah 
  2. Mengisi dan menyerahkan formulir yang dilampiri (masing-masing rangkap dua):
  3. Fotocopy Ijazah yang dilegalisir oleh yang berwenang dan menunjukan aslinya:
    • Pas photo ukuran 3x4 hitam putih sebanyak 2 lembar.
    • Khusus bagi calon peserta lulusan Paket C, harus menyerahkan fotocopy Rapor tiga tahun terakhir.
  4. Lulusan tahun ini sekurang-kurangnya telah memiliki surat keterangan Lulusan dari Kepala Sekolah / Madrasah yang dilengkapi pas foto terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap Sekolah / Madrasah.
  5. Membayar uang pendaftaran.
  6. Bagi Calon Mahasiswa yang telah hafal Al-Quran minimal 5 juz, ujian tetap mengikuti PMB Jalur Mandiri UIN SGD Bandung dengan tambahan test Tahfidz yang dilakukan tersendiri.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai jalur mandiri UIN SGD yang belum dimuat disini, maka dapat langsung dilihat di web resmi UIN SGD, yaitu pmb.uinsgd.ac.id

6. Pendaftaran KIP Kuliah UIN SGD

KIP Kuliah adalah progam pemberian bantuan dana pendidikan yang diberikan kepaa calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dan mempunyai prestasi akademik tinggi.

Bagi yang telah memiliki KIP (Kartu Indonesia Pintar) sejak di SLTA sederajat, maka ketika kuliah bisa langsung mengajukan diri untuk mendapatkan KIP Kuliah dengan memenuhi semua ketentuannya.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online dengan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai KIP Kuliah, silahkan baca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

Pada artikel tersebut telah dijelaskan informasi berupa persyaratan pendaftaran KIP Kuliah, cara mendaftar KIP kuliah, jadwal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, dan lain sebagainya.

7. Pendaftaran Pascasarjana UIN SGD Bandung

Bagi kalian yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Pascasarjana UIN SGD, silahkan daftarkan diri selama masa pendaftaran dibuka. Informasi pendaftaran program pascasarjana UIN SGD dapat dibaca pada alamat pps.uinsgd.ac.id


Itulah beberapa jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UIN Sunan Gunung Djati pada tahun ini. Silahkan ikuti jalur-jalur yang dibuka tersebut. Pilihlah jalur yang memberikan peluang lebih besar untuk bisa diterima menjadi mahasiswa abru UIN SGD.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UIN SGD. 

Persiapkanlah diri dengan sebaik mungkin untuk menghadapi ujian tertulis bagi yang mengikutinya. Semoga dengan persiapan tersebut dapat membantu mewujudkan keinginan.
Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Jalur Pendaftaran Kuliah UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk kalian.

Silahkan bagikan informasi ini kepada teman atau keluarga yang membutuhkan.

Admin turut mendoakan semoga kalian lulus melalui salah satu jalur seleksi yang diikuti dan nantinya bisa menjadi mahasiswa baru UIN SGD. Terima kasih admin sampaikan kepada pengunjung setia web ini yag setiap hari selalu berkunjung. Mari sama-sama berdoa semoga Allah SWT selalu memberikan kemudahan untuk kita salam menuju kesuksesan. Aamiin Ya Robbal Alamin.