Pendaftaran UNPAD 2021/2022 Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri

smup.unpad.ac.id 2021 -- SMUP UNPAD, PMB UNPAD, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNPAD, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNPAD, Registrasi Mahasiswa Baru UNPAD, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 UNPAD, Pendaftaran KIP Kuliah, Pendaftaran Online UNPAD, Penerimaan Online UNPAD, Jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, Bidikmisi, Universitas Padjajaran, UNPAD. 2023. 2024.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran UNPAD 2021/2022 Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. Informasi ini disampaikan dengan harapan dapat memberikan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Padjadjaran atau yang disingkat dengan UNPAD adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Universitas Padjadjaran (UNPAD) telah didirikan pada 11 September 1957.

Universitas Padjadjaran (UNPAD) memiliki dua lokasi Kampus, yaitu Kampus Iwa Koesoemasoemantri di Dipati Ukur, Bandung dan Kampus Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Selain itu, ada juga kampus lainnya yang tersebar dibeberapa lokasi diantaranya adalah  Singaperbangsa, Sekeloa, Simpang Dago, Dago Pojok, Dago Atas, Dago 4, Cisangkuy, Banda, Cimadiri, Teuku Umar, Eikman, dan Pasirkaliki.

Beberapa Fakultas dan Program Studi yang ada di UNPAD , baik untuk Program Diploma, Program Sarjana, Program Profesi, Program Spesialis, Program Magister, dan Program Doktor, yaitu :
  • Fakultas Teknik Geologi terdiri dari Program Studi Teknik Geologi (S1), Magister Teknik Geologi (S2), Doktor Teknik Geologi (S3).
  • Fakultas Farmasi terdiri dari Program Studi Farmasi (S1), Program Profesi Apoteker, Program Magister Ilmu Farmasi (S2) terdiri dari beberapa konsentrasi, yaitu Konsentrasi Teknologi Farmasi dan Kosmetika, Konsentrasi Farmasi Klinik, Konsentrasi Herbal Medik, Konsentrasi Farmakologi dan Toksikologi, Konsentrasi Radiofarmasi, Konsentrasi Pengawasan Mutu, Konsentrasi Farmasi Rumah Sakit.
  • Fakultas Teknologi Industri Pertanian terdiri dari Program Studi Teknik Pertanian (S1), Teknologi Pangan (S1), Teknologi Industri Pertanian (S1), Magister Teknologi Agroindustri (S2).
  • Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan terdiri dari Program Studi jenjang Sarjan Perikanan, dan Ilmu Kelautan.
  • Fakultas Ilmu Keperawatan terdiri dari Program Studi Ilmu Keperawatan (S1), Program Profesi Ners, Program Magister Keperawatan (S2).
  • Fakultas Ilmu Komunikasi terdiri dari Program Diploma III dengan Program Studi yaitu Pendidikan Ahli Komunikasi Terapan (PAKT), Penyiaran, Kehumasan, Periklanan, Komunikasi Bisnis, Informasi dan Perpustakaan ; Program Sarjana (S1) dengan Program Studi yaitu Ilmu Komunikasi, Ilmu Perpustakaan, Hubungan Masyarakat, Jurnalistik, Manajemen Komunikasi, Televisi dan Film ; Program Magister (S2) dengan Program Studi yaitu Ilmu Komunikasi, Komunikasi Bisnis, Public Relations, Ilmu Informasi dan Perpustakaan, ;Program Doktor (S3) dengan Program Studi yaitu Ilmu Komunikasi.
  • Fakultas Peternakan terdiri dari Program Studi Ilmu Peternakan (S1), Magister Peternakan (S2) : Konsentrasi Nutrisi Ternak, Konsentrasi Produk Ternak, Konsentrasi Ilmu Pemuliaan dan Reproduksi Ternak, Doktor (S3) Peternakan. 
  • Fakultas Psikologi terdiri dari Program Studi Psikologi (S1), Magister Psikologi (S2) terdiri dari Psikologi Perkembangan, Psikologi Sosial, dan Psikologi Sumberdaya Manusia ; Magister Psikologi Profesi (S2)  terdiri dari Psikologi Klinis Dewasa, Psikologi Klinis Anak/Psikologi Perkembangan, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Sosial, Psikologi Pendidikan, Psikologi Kerekayasaan Faktor-faktor Manusia (Psikologi Eksperimen), Program Doktor (S3) Psikologi terdiri dari Psikologi Perkembangan, Psikologi Sosial, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Klinis, dan Psikologi Pendidikan.
  • Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik terdiri dari Program Studi Program Diploma yaitu Administrasi dan Administrasi Pemerintahan ; Program Sarjana (S1) yaitu Administrasi Negara, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Kesejahteraan Sosial, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Administrasi Bisnis, Sosiologi, Antropologi, Ilmu Politik ; Program Magister (S2) terdiri dari Magister Administrasi Publik, Administrasi Bisnis, Ilmu Politik, Antropologi, Sosiologi, Kesejahteraan Sosial, Ilmu-ilmu Sosial konsentrasi seperti Kebijakan Publik, Ilmu Pemerintahan, dan Hubungan Internasional ; Program Doktor (S3) terdiri dari Sosiologi dengan konsentrasi Sosiologi, dan Antropologi, Ilmu Administrasi dengan konsentrasi Administrasi Bisnis, Administrasi Publik, dan Ilmu Pemerintahan, Ilmu Hubungan Internasional dengan konsentrasi Hubungan Internasional, Ilmu Politik, dan Ilmu Kesejahteraan Sosial
  • Fakultas Ilmu Budaya terdiri dari Program Studi Editing (Diploma), Usaha Perjalanan Wisata (Diploma), Sastra Indonesia (S1), Sastra Sunda (S1), Ilmu Sejarah (S1), Sastra Jepang (S1), Sastra Inggris (S1), Sastra Perancis (S1), Sastra Jerman (S1), Sastra Arab (S1), Sastra Rusia (S1), Magister Ilmu-Ilmu Sastra (S2), Magister Kajian Budaya (S2), Magister Ilmu Linguistik (S2), Magister Ilmu Sejarah (S2), dan Doktor Ilmu-ilmu Sastra (S3).
  • Fakultas Kedokteran Gigi terdiri dari Program Studi Pendidikan Kedokteran Gigi (S1), Pendidikan Profesi Dokter Gigi (S2), Spesialis Bedah Mulut (S2), Spesialis Protodontik (S2), Spesialis Ortodontik (S2), Spesialis Kedokteran Gigi Anak (S2), Spesialis Periodontik (S2), Spesialis Konservasi Gigi (S2), BKU Biologi Oral (S2), BKU Ilmu Matrial Kedokteran Gigi (S2).
  • Fakultas Pertanian terdiri dari Program Studi Agroteknologi (S1), Agribisnis (S1), Program Studi Magister Ilmu Ekonomi Pertanian (S1), Program Studi Magister Ilmu Tanah (S2), Program Studi Magister Ilmu Tanaman (S2), Program Doktor Ilmu Pertanian (Reguler) (S3), Program Doktor By Research Ilmu Pertanian (S3).
  • Fakultas Matematika & IPA terdiri dari Program Diploma yaitu Manajemen Informatika, Teknik Informatika, Teknik Komputer, Kimia Industri, dan Analisis Kimia ; Program Sarjana (S1) yaitu Matematika, Kimia, Fisika, Biologi, Statistika, Geofisika, Teknik Informatika, Teknik Elektro ; Program Magister (S2) yaitu Ilmu Kimia, Statistika Terapan, Matematika, Biologi, Program Doktor (S3) yaitu Ilmu Kimia.
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari Program Studi D-III Kebidanan, D-IV Kebidanan, Sarjana Kedokteran (S1), Program Pendidikan Sarjana Kedokteran Twinning (Bachelor in Medicine Twinning program) (S1), Profesi Pendidikan Dokter, Spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif, Spesialis Ilmu Bedah, Spesialis Ilmu Bedah Saraf, Orthopaedi dan Traumatologi, Spesialis Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal, Spesialis Ilmu Kesehatan Jiwa, Spesialis Ilmu Kesehatan Anak, Spesialis Ilmu Penyakit Dalam, Ilmu Kesehatan Mata, Spesialis Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin, Spesialis Ilmu Penyakit Saraf, Spesialis Ilmu Kesehatan Telinga, Hidung, Tenggorok, Bedah Kepala dan Leher, Spesialis Obstetri dan Ginekologi, Spesialis Patologi Anatomi, Spesialis Patologi Klinik, Spesialis Radiologi, Spesialis Ilmu Kedokteran Nuklir, Spesialis Ilmu Bedah Anak, Spesialis Ilmu Bedah Urologi, Spesialis Kardiologi dan Kedokteran Vaskular, Spesialis Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Medik ; Program Magister (S2) terdiri dari Ilmu Kedokteran Dasar, Ilmu Kesehatan Masyarakat, dan Kebidanan ; Program Doktor (S3) terdiri dari Ilmu Kedokteran.
  • Fakultas Ekonomi & Bisnis terdiri dari Program Diploma yaitu Akuntansi, Manajemen Pemasaran, Perpajakan, dan Bisnis Internasional ; Program Sarjana yaitu Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Manajemen, dan Ekonomi Islam ; Program Profesi yaitu Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK) ; Program Magister (S2) yaitu Magister Ilmu Ekonomi, Magister Manajemen, Magister Akuntansi, Magister Ekonomi ; Program Doktor (S3) yaitu Doktor Ilmu Ekonomi, Doktor Kekhususan Manajemen Bisnis, dan Doktor Kekhususan Ekonomi Terapan.
  • Fakultas Hukum terdiri dari Program Sarjana yaitu Ilmu Hukum ; Program Magister (S2) yaitu Ilmu Hukum, dan Kenotariatan ; Program Doktor (S3) yaitu Ilmu Hukum.

Dari beberapa Fakultas dan Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang menjadi minat anda. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di UNPAD.

Pada tahun ini UNPAD membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, KIP Kuliah dan jalur SMUP. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran UNPAD Jalur SNMPTN

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah salah satu jalur seleksi masuk ke UNPAD yang mana pada jalur ini seleksinya dilakukan melalui hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Dengan kata lain bahwa jalur SNMPTN adalah jalur seleksi masuk ke PTN tanpa tes tertulis.

Dapat dikatakan bahwa hanya siswa yang berprestasi dan konsisten menunjukkan prestasinya yang bisa mendaftar dan mengikuti jalur SNMPTN.

Untuk bisa mendaftar dan mengikuti SNMPTN, maka harus memahami alur pendaftaran SNMPTN sejak awal hingga akhir.

Berikut ini alur pendaftaran SNMPTN dari awal hingga akhir yaitu dimulai dari registrasi akun LTMPT, pengisian data PDSS, pemeringkatan, dan diakhiri dengan pendaftaran SNMPTN.

Baca informasi lebih lanjut : Registrasi Akun LTMPT untuk Mendaftar SNMPTN, UTBK dan SBMPTN

Baca juga yang ini :
Cara Mendaftar SNMPTN di PDSS SNMPTN dan Web SNMPTN

Keterangan lengkap mengenai SNMPTN dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNMPTN. Pada artikel tersebut telah diuraikan penjelasan mengenai persyaratan SNMPTN, jadwal SNMPTN, biaya SNMPTN, cara mendaftar SNMPTN, dan lain sebagainya.

Untuk siswa-siswi lain yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SNMPTN, maka bisa mengikuti seleksi SBMPTN atau jalur mandiri yang dibuka oleh UNPAD.

2. Pendaftaran UNPAD Jalur SBMPTN

UNPAD adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang turut membuka jalur SBMPTN.

Seperti yang dijelaskan di website resminya bahwa SBMPTN adalah jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang didasarkan pada hasil UTBK dan / atau kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

Bagi kalian yang sebelumnya telah mengikuti SNMPTN tetapi dinyatakan tidak lulus seleksi, atau bagi kalian yang memang belum mengikuti jalur seleksi manapun, maka bisa mencoba mengikuti seleksi jalur SBMPTN.

Tahapan pendaftaran SBMPTN dari awal hingga akhir yang harus dilakukan oleh calon peserta yaitu registrasi akun LTMPT, lalu mendaftar UTBK, dan pendaftaran SBMPTN.

Penjelasan mengenai registrasi akun LTMPT telah diuraikan pada bagian atas (di bagian SNMPTN).

Sedangkan untuk informasi UTBK dapat dibaca pada artikel Pendaftaran UTBK.

Keterangan penting lainnya mengenai SBMPTN seperti persyaratan pendaftaran SBMPTN, jadwal pendaftaran dan pengumuman SBMPTN, biaya pendaftaran SBMPTN, cara mendaftar SBMPTN, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran Online SBMPTN.

3. Pendaftaran KIP Kuliah UNPAD

Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau yang sering disebut KIP-Kuliah merupakan pengganti dari Bidikmisi.

Sama seperti Bidikmisi bahwa KIP-Kuliah adalah pemberian bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi yang memiliki kemampuan akademik baik.

UNPAD merupakan salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) yang turut menyalurkan bantuan biaya pendidikan melalui KIP Kuliah.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Pendaftarannya dilakukan secara online melalui alamat di kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Untuk informasi lengkap mengenai KIP Kuliah dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

Pada artikel tersebut telah dijelaskan syarat mendaftar KIP Kuliah, jadwal KIP Kuliah, tahapan mendaftar KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, tanya jawab tentang KIP Kuliah, dan lain sebagainya.

4. Pendaftaran SMUP UNPAD

SMUP atau Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran adalah jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh Panitia Universitas Padjajaran untuk menyeleksi calon mahasiswa baru. Jalur SMUP ini dibuka untuk program Diploma, Sarjana, Spesialis & Profesi, dan Pascasarjana. Berikut rincian informasinya.

a. Program Diploma

Program Diploma yang dibuka terdiri dari Diploma 3 dan Diploma 4. Seleksi penerimaan dilakukan melalui ujian tes tertulis, tes MMPI, dan tes wawancara. Calon mahasiswa yang memenuhi kriteria penerimaan akan dinyatakan lulus seleksi.

b. Program Sarjana

Seleksi Program Sarjana dilakukan melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN. Calon mahasiswa yang ingin kuliah di UNPAD dan memilih Program Sarjana harus lulus seleksi melalui salah satu dari kedua jalur tersebut. Informasinya telah dijelaskan di atas.

c. Program Spesialis dan Profesi

Seleksi Program Spesialis dan Profesi dilakukan melalui ujian tertulis dan ujian lainnya sesuai ketentuan program studi. Hasil ujian dari calon mahasiswa yang memenuhi kriteria akan dinyatakan lulus seleksi.

d. Program Pascasarjana UNPAD

Program Pascasarjana terdiri dari Program Magister (S2) dan Program Doktor (S3). Pendaftaran Program Pascasarjana UNPAD dilakukan secara online. Seleksi penerimaan terdiri atas seleksi administrasi (proposal penelitian dan nilai TOEFL / IELTS) dan ujian wawancara. Jika tidak ada perubahan, maka seleksi Program Magister untuk tahun ini tidak ada ujian tertulis.

Info !!! Infomasi pendaftaran online UNPAD, baik Program Diploma, Sarjana, Profesi & Spesialis, ataupun Pascasarjana, bisa anda baca pada alamat website UNPAD, yaitu smup.unpad.ac.id.


Demikianlah informasi tentang Pendaftaran UNPAD Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri yang dapat admin sampaikan. Mudah-mudahan informasi tersebut bisa memberikan pencerahan bagi anda.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi UNPAD. Terima kasih atas waktu yang anda luangkan untuk membaca artikel ini dan salam sukses untuk semuanya.