Pendaftaran Online UTBK - SBMPTN 2020/2021 Update Terbaru

portal.ltmpt.ac.id 2020 -- Update SBMPTN, Update UTBK, Pendataran SBMPTN Terbaru, Pendaftaran UTBK Terbaru, Cara Pendaftaran SBMPTN, Pendaftaran Online SBMPTN, Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur SBMPTN, Pendaftaran UTBK SBMPTN, Pendaftaran Online Jalur Ujian Tulis (SBMPTN),  Penerimaan Mahasiswa Baru jalur SBMPTN, Pendaftaran Online Mahasiswa Baru jalur SBMPTN, Seleksi Jalur Nasional (SBMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. 2022. 2023.

Pada kesempatan yang sangat baik ini, admin akan memberikan suatu informasi tentang Pendaftaran Online UTBK - SBMPTN 2020/2021 Update Terbaru. Informasi ini berikan dengan harapan dapat memberikan panduan kepada anda dalam melakukan serangkaian proses pendaftaran SBMPTN. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

https://www.pendaftaranpmb.web.id/

SBMPTN merupakan salah satu jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru masuk ke Perguruan Tinggi Negeri. Jalur lainnya seperi jalur SNMPTN, SPMB, jalur  kerjasama, jalur mandiri, dan lain sebagainya. Jalur-jalur tersebut dibuka dengan tujuan memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa baru yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri.

Mungkin ada yang belum tahu apa itu SBMPTN?.

SBMPTN atau yang memiliki kepanjangan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang didasarkan pada hasil UTBK dan / atau kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

Jalur SBMPTN ini diselenggarakan untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang sebelumnya tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi SNMPTN. Selain itu juga bahwa calon mahasiswa yang sebelumnya telah mengikuti seleksi SNMPTN tetapi dinyatakan tidak lulus SNMPTN, maka bisa mengikuti seleksi SBMPTN.

Pada tahun sebelumnya diketahui bahwa pendaftar SBMPTN ini mencapai ratusan ribu orang. Sedangkan kuota penerimaan di masing-masing PTN hanya ribuan orang saja. Maka dari itu, anda harus melakukan persiapan semaksimal mungkin agar nantinya anda bisa lulus seleksi SBMPTN.

Persiapan menjelang SBMPTN yang bisa anda lakukan misalnya mengikuti les di Bimbel terkenal, mengerjakan soal-soal SBMPTN tahun sebelumnya, mencari informasi prediksi soal SBMPTN tahun ini, membaca materi-materi yang berkaitan dengan soal SBMPTN tersebut, dan kegiatan lain yang menunjang anda untuk lulus SBMPTN.

Bagi anda yang tinggal di daerah perkotaan, tentunya anda memiliki koneksi jaringan internet yang lancar dan anda pasti sering melakukan online setiap hari. Ketika anda akan melakukan pendaftaran online SBMPTN, tentunya anda tidak akan banyak mengalami kesulitan, namun anda tetap harus membaca panduan berikut agar pendaftaran SBMPTN yang akan anda lakukan berjalan lancar.

Sedangkan bagi anda yang tinggal di daerah yang sulit mengakses jaringan internet dan anda juga jarang bahkan tidak pernah sebelumnya melakukan pendaftaran online, mungkin ketika anda akan mendaftar SBMPTN secara online, anda akan mengalami kesulitan. Untuk itu, kami hadir untuk memberikan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran online SBMPTN.

Sebelum melakukan pendaftaran SBMPTN, anda harus mempersiapkan beberapa peralatan untuk melakukan pendaftaran SBMPTN, peralatan tersebut adalah sebagai berikut:
  • Komputer, Notebook, atau Laptop
  • Modem dan kuota internet atau wifi dengan kecepatan tinggi

Setelah mempersiapkan peralatan tersebut, selanjutnya anda bisa melakukan pendaftaran SBMPTN.

Ada beberapa ketentuan dan persyaratan yang harus anda penuhi ketika akan melakukan pendaftaran SBMPTN. Berikut persyaratan selengkapnya.

I. Ketentuan - ketentuan UTBK dan SBMPTN di Masa Pandemik Covid-19

Pelaksanaan UTBK dan SBMPTN d masa pendemik covid-19 dilakukan secara bersamaan. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

A. Ketentuan Umum UTBK

Peserta diperbolehkan mengikuti UTBK sebanyak satu kali

B. Persyaratan UTBK

Persyaratan UTBK adalah sebagai berikut :
  1. Siswa SMA / MA / SMK Kelas XII pada tahun 2020 atau peserta didik Paket C tahun 2020 dengan maksimal umur 25 Tahun.
  2. Lulusan SMA / MA / SMK / Sederajat tahun 2018 dan 2019 atau lulusan Paket C tahun 2018 dan 2019 dengan maksimal umur 25 Tahun.
  3. Peserta mengikuti satu kali tes UTBK.
  4. Membayar biaya UTBK.

C. Jenis Pendaftaran

Jenis pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 dibagi menjadi dua tipe:
  1. Pendaftaran Berbayar (untuk pendaftar reguler dan pendaftar yang memilih skema KIP Kuliah tetapi ditetapkan harus tetap membayar biaya untuk mengikuti UTBK).
  2. Pendaftaran Tidak Berbayar (khusus untuk pendaftar yang memilih skema KIP Kuliah dan ditetapkan sebagai pendaftar Tidak Berbayar untuk mengikuti UTBK oleh Kemdikbud)

D. Tahapan Pendaftaran

Tahapan Pendaftaran UTBK-SBMPTN dibedakan menjadi 2 tipe, yaitu tipe A dan tipe B. Silahkan ikuti salah satu saja. Berikut penjelasannya.

Bacaan Sebelumnya : Registrasi Akun LTMPT untuk Mendaftar SNMPTN, UTBK dan SBMPTN

Tahapan Pendaftaran UTBK-SBMPTN Tipe A:
  1. Telah memiliki akun LTMPT untuk siswa, yaitu akun LTMPT di mana siswa sudah melakukan registrasi akun melalui https://portal.ltmpt.ac.id hingga proses menyimpan data secara permanen pada saat pendaftaran akun LTMPT
  2. Melakukan login menggunakan akun LTMPT untuk siswa di laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  3. Memilih menu Pendaftaran UTBK-SBMPTN Tipe A.
  4. Memilih Pusat UTBK di mana siswa akan mengikuti tes.
  5. Mengisi kebutuhan khusus (jika diperlukan).
  6. Bagi siswa yang akan mendaftar melalui skema KIP Kuliah Berbayar, lakukan tahapan berikut:
    • Pastikan siswa sudah memiliki Nomor Pendaftaran KIP Kuliah. Jika belum, siswa harus terlebih dahulu mendaftar KIP Kuliah di laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.
    • Mengisikan Nomor Pendaftaran KIP Kuliah (bagi siswa yang belum mengisi).
  7. Mencetak Slip Pembayaran untuk membayar biaya mengikuti UTBK-SBMPTN.
  8. Membayar biaya mengikuti UTBK-SBMPTN melalui salah satu bank mitra LTMPT, yaitu Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BTN menggunakan Nomor Slip Pembayaran yang sudah dimiliki dalam kurun waktu maksimum 2 x 24 jam sesuai yang tercetak dalam Slip Pembayaran. Lihat dan baca petunjuk tata cara pembayaran di laman https://www.ltmpt.ac.id. Jika batas waktu 2 x 24 jam terlewati, siswa harus mengulang proses pendaftaran dari awal.
  9. Setelah melakukan pembayaran biaya mengikuti UTBK-SBMPTN, siswa harus login kembali menggunakan akun LTMPT untuk siswa di laman  https://portal.ltmpt.ac.id untuk menuntaskan proses pendaftaran UTBK-SBMPTN.
  10. Mengisi jenis jurusan SMTA.
  11. Memilih paling banyak dua program studi baik dari satu PTN yang sama atau dari dua PTN berbeda. Kedua program studi yang dipilih semuanya harus berasal dari satu jenis PTN (Non-Politeknik saja atau PTN Poilteknik saja, tidak boleh campuran dari dua jenis PTN yang berbeda).
  12. Mengunggah portofolio (bagi siswa yang memilih program studi yang mewajibkan portofolio).
  13. Melakukan konfirmasi data pendaftaran dan simpan permanen.
  14. Mencetak kartu tanda bukti peserta UTBK-SBMPTN untuk dibawa pada saat mengikuti UTBK.

Tahapan Pendaftaran UTBK-SBMPTN Tipe B:
  1. Telah memiliki akun LTMPT untuk siswa, yaitu akun LTMPT di mana siswa sudah melakukan registrasi akun melalui https://portal.ltmpt.ac.id hingga proses menyimpan data secara permanen pada saat pendaftaran akun LTMPT
  2. Melakukan login menggunakan akun LTMPT untuk siswa di laman https://portal.ltmpt.ac.id
  3. Memilih menu Pendaftaran UTBK-SBMPTN Tipe B.
  4. Memilih Pusat UTBK di mana siswa akan mengikuti tes.
  5. Mengisi kebutuhan khusus (jika diperlukan).
  6. Bagi siswa yang akan mendaftar melalui skema KIP Kuliah Gratis, lakukan tahapan berikut:
    • Pastikan siswa sudah memiliki Nomor Pendaftaran KIP Kuliah. Jika belum, siswa harus terlebih dahulu mendaftar KIP Kuliah di laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.
    • Mengisikan Nomor Pendaftaran KIP Kuliah (bagi siswa yang belum mengisi).
  7. Mengisi jenis jurusan SMTA
  8. Memilih paling banyak dua program studi baik dari satu PTN yang sama atau dari dua PTN berbeda. Kedua program studi yang dipilih semuanya harus berasal dari satu jenis PTN (Non-Politeknik saja atau PTN Poilteknik saja, tidak boleh campuran dari dua jenis PTN yang berbeda).
  9. Mengunggah portofolio (bagi siswa yang memilih program studi yang mewajibkan portofolio).
  10. Melakukan konfirmasi data pendaftaran dan simpan permanen.
  11. Mencetak kartu tanda bukti peserta UTBK-SBMPTN untuk dibawa pada saat mengikuti UTBK.

D. Jenis Tes

Sehubungan dengan adanya Pandemi Covid-19 maka tes UTBK Tahun 2020 hanya berupa Tes Potensi Skolastik (TPS).

TPS mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Kemampuan ini meliputi kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

E. Kelompok Ujian

Kelompok Ujian pada UTBK dibagi menjadi 2 (dua) kelompok sebagai berikut.
  • Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek)
  • Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum)

F. Jumlah Pilihan PTN dan Program Studi

Ketentuan mengenai jumlah pilihan PTN dan program studi, yaitu :

Siswa pendaftar dapat memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN.
Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.

G. Biaya UTBK

Ketentuan mengenai biaya UTBK adalah sebagai berikut :
  1. Biaya yang ditanggung oleh peserta adalah sebesar Rp. 150.000,00 (seratus lima puluh ribu rupiah).
  2. Biaya UTBK dapat dibayarkan melalui channel ATM, SMS Banking, Mobile Banking, Internet Banking maupun ATM Bersama Bank Mandiri, BNI, atau BTN.
  3. Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.
  4. Calon peserta KIP Kuliah (KIP-K) yang dinyatakan lolos persyaratan tidak dipungut biaya

H. Jadwal Resmi Pelaksanaan SBMPTN 2020
    • Pendaftaran SBMPTN: 2 - 13 Juni 2020
    • Pengumuman hasil SBMPTN: 30 Juni 2020 (pukul 15.00 WIB), lihat disini / disini  
    • Pendaftaran ulang dilakukan di masing-masing PTN

    H. Daftar PTN pada SBMPTN

    Agar anda mengetahui nama-nama PTN yang tergabung dalam SBMPTN, admin akan memberikan daftarnya untuk anda. Perguruan Tinggi Negeri yang telah tergabung tersebut merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang telah ditetapkan oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI). Berikut daftar PTN selengkapnya.
    1. Pendaftaran Online SBMPTN Institut Pertanian Bogor (IPB)
    2. Pendaftaran Online SBMPTN Institut Teknologi Bandung (ITB)
    3. Pendaftaran Online SBMPTN Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)
    4. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Airlangga (UNAIR)
    5. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Andalas (UNAND)
    6. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Bangka Belitung (UBB)
    7. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Bengkulu (UNIB)
    8. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Borneo Tarakan (UBT)
    9. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Brawijaya (UB)
    10. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Cenderawasih (UNICEN)
    11. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Diponegoro (UNDIP)
    12. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Gadjah Mada (UGM)
    13. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Haluoleo (UHO)
    14. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Hasanudin (UNHAS)
    15. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Indonesia (UI)
    16. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Islam Negeri Alauddin
    17. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Islam Negeri Malang
    18. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
    19. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN SUKA)
    20. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN SUSKA)
    21. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Islam Negeri Walisongo
    22. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Lampung (UNILA)
    23. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Mulawarman (UNMUL)
    24. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Malikussaleh (UNIMAL)
    25. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH)
    26. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Mataram (UNRAM)
    27. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Musamus Merauke (UNMUS)
    28. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Negeri Gorontalo (UNG)
    29. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Negeri Makassar (UNM)
    30. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Negeri Manado (UNIMA)
    31. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Negeri Medan (UNIMED)
    32. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
    33. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Negeri Malang (UM)
    34. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Negeri Padang (UNP)
    35. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Negeri Semarang (UNNES)
    36. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Negeri Surabaya (UNESA)
    37. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
    38. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Nusa Cendana (UNDANA)
    39. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Padjadjaran (UNPAD)
    40. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Palangka Raya (UPR)
    41. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Pattimura (UNPATTI)
    42. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Papua (UNIPA)
    43. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Pendidikan Ghanesa (UNDIKSHA)
    44. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
    45. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Riau (UNRI)
    46. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT)
    47. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS)
    48. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Sriwijaya (UNSRI)
    49. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Sultan Agung Tirtayasa (UNTIRTA)
    50. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Sumatera Utara (USU)
    51. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH)
    52. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Tadulako (UNTAD)
    53. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Tanjungpura (UNTAN)
    54. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Trunojoyo (UTM)
    55. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Udayana (UNUD)
    56. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Jambi (UNJA)
    57. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED)
    58. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Teuku Umar (UTU)
    59. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Samudra (UNSAM)
    60. Pendaftaran Online SBMPTN Institut Teknologi Sumatera (ITERA)
    61. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Islam Negeri Raden Fatah
    62. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Islam Negeri Jakarta (UINJKT)
    63. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Siliwangi (UNSIL)
    64. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Jember (UNEJ)
    65. Pendaftaran Online SBMPTN UPN "Veteran" Jakarta (UPNVJ)
    66. Pendaftaran Online SBMPTN UPN "Veteran" Yogyakarta (UPNYK)
    67. Pendaftaran Online SBMPTN UPN "Veteran" Jawa Timur (UPN JATIM)
    68. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Timor (UNIMOR)
    69. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM)
    70. Pendaftaran Online SBMPTN Institut Teknologi Kalimantan (ITK)
    71. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Sulawesi Barat (UNSULBAR)
    72. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Sembilan Belas November (USN)
    73. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA)
    74. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Tidar (UNTIDAR)
    75. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas Khairun (UNKHAIR)
    76. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas UIN Sumatera Utara
    77. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas UIN Ar-Raniry
    78. Pendaftaran Online SBMPTN Universitas UIN Sunan Gunung Djati
    79. Pendaftaran Online SBMPTN Institut Seni Indonesia Yogyakarta
    80. Pendaftaran Online SBMPTN Institut Seni Indonesia Surakarta
    81. Pendaftaran Online SBMPTN Institut Seni Indonesia Denpasar
    82. Pendaftaran Online SBMPTN Institut Seni Indonesia Padangpanjang
    83. Pendaftaran Online SBMPTN Institut Seni Budaya Indonesia Aceh
    84. Pendaftaran Online SBMPTN Institut Seni Budaya Indonesia Bandung
    85. Pendaftaran Online SBMPTN Institut Seni Budaya Indonesia Tanah Papua

    Selain PTN di atas, ada beberapa Politeknik Negeri yang tergabung dalam jalur SBMPTN, yaitu :

    1. Pendaftaran SBMPTN Politeknik Negeri Batam (Polibatam)
    2. Pendaftaran SBMPTN Politeknis Negeri Bengkalis (Polbeng)
    3. Pendaftaran SBMPTN Politeknik Negeri Padang (PNP)
    4. Pendaftaran SBMPTN Politeknik Negeri Jakarta (PNJ)
    5. Pendaftaran SBMPTN Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia)
    6. Pendaftaran SBMPTN Politeknik Negeri Banyuwangi (Poliwangi)
    7. Pendaftaran SBMPTN Politeknik Negeri Jember (Polije)
    8. Pendaftaran SBMPTN Politeknik Pertanian Negeri Samarinda (Poltanesa)


    Itulah ketentuan UTBK dan SBMPTN tahun ini. Silahkan ikuti ketentuan di atas. Untuk ketentuan di bawah ini hanya sekedar informasi SBMPTN tahun sebelumnya.

    Sekali lagi, cukup ikuti ketentuan UTBK dan SBMPTN di atas.

    II. Ketentuan - ketentuan SBMPTN Tahun Sebelumnya

    A. Persyaratan Pendaftaran SBMPTN
    1. Siswa SMA / MA / SMK / Sederajat lulusan tahun 2018, 2019 harus sudah memiliki ijazah.
    2. Bagi siswa SMA / MA / SMK / Sederajat lulusan tahun 2020 memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan dengan ditandatangani oleh kepala sekolah dan dibubuhi cap stempel yang sah.
    3. Memiliki Nilai UTBK.
    4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
    5. Memiliki NISN.
    6. Bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah PORTOFOLIO.
    7. Biaya UTBK ditanggung oleh peserta dan subsidi pemerintah.
    8. Tidak lulus jalur SNMPTN

                  Itulah beberapa persyaratan pendaftaran yang harus anda penuhi sebagai calon peserta SBMPTN. Selanjutnya anda juga perlu memperhatikan beberapa ketentuan saat akan memilih PTN dan Program Studi yang anda minati. Berikut ketentuan selengkapnya.

                  B. Ketentuan Pilihan PTN dan Program Studi pada SBMPTN
                  1. Peserta dapat memilih program studi sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan sebagai berikut :
                    • Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok saintek, maka peserta mengikuti kelompok ujian saintek.
                    • Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian soshum.
                    • Jika program studi yang dipilih terdiri dari kelompok saintek dan soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian campuran.
                  2. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan. Misal, jika anda ingin kuliah di UNSRI, maka letakkanlah UNSRI pada pilihan utama anda karena itu akan menjadi prioritas.
                  3. Program Studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek  dan kelompok Soshum.
                  4. Peserta ujian yang hanya memilih 1 (satu) program studi dapat memilih program studi di PTN manapun.
                  5. Peserta ujian yang memilih 2 (dua) program studi atau lebih (maksimal 3 program studi), salah satu pilihan program studi tersebut harus di PTN yang berada dalam satu wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan program studi lainnya boleh di PTN di luar wilayah tempat peserta mengikuti ujian seleksi.

                  C. Pendaftaran Bidikmisi SBMPTN

                  Untuk calon peserta SBMPTN yang berasal dari keluarga kurang mampu bisa mengajukan program Bidikmisi yang diselenggarakan oleh Dikti. Pengajuan Bidikmisi ini diawali oleh sekolah yang memberikan rekomendasi kepada siswa calon peserta Bidikmisi SBMPTN. Setelah mendapatkan rekomendasi, maka peserta bisa mendaftar Bidikmisi secara mandiri.

                  Informasi selengkapnya mengenai Pendaftaran Bidikmisi seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan lain sebagainya dapat anda baca pada alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Setelah selesai mendaftar Bidikmsi, selanjutnya peserta melakukan pendaftaran SBMPTN. 

                  Baca Selengkapnya :

                  Bagi peserta Bidikmisi SBMPTN, silahkan langsung saja melakukan pendaftaran online SBMPTN, tidak perlu melakukan pendaftaran tahap awal SBMPTN. Pendaftaran tahap awal SBMPTN dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan KAP dan PIN.

                  Sedangkan peserta Bidikmisi SBMPTN yang telah mendapatkan KAP dan PIN setelah mendaftar Bidikmisi, maka peserta Bidikmisi SBMPTN tersebut tidak perlu melakukan pendaftaran tahap awal SBMPTN. Maka langsung saja login pendaftaran SBMPTN.

                  Bagi peserta SBMPTN yang bukan peserta Bidikmisi, maka perlu melakukan pendaftaran tahap awal SBMPTN hingga tahap penyelesaian akhir pendaftaran online SBMPTN.

                  D. Pendaftaran UTBK untuk SBMPTN

                  Salah satu syarat mendaftar SBMPTN adalah harus memiliki nilai UTBK. Oleh karena itu, calon peserta harus mengikuti UTBK terlebih dahulu. Baca informasinya pada artikel di bagian bawah.

                  E. Cara Pendaftaran Online SBMPTN 
                  1. Silahkan akses website resmi pendaftaran online SBMPTN, yaitu sbmptn.ltmpt.ac.id
                  2. Login menggunakan KAP dan PIN yang telah anda dapatkan dari Bank (pendaftar non Bidikmisi).
                  3. Login menggunakan KAP dan PIN yang telah anda setelah mendaftar Bidikmisi (pendaftar bidikmisi jalur SBMPTN).
                  4. Selanjutnya isilah biodata diri anda berupa nama, program studi, pemilihan PTN, dan biodata lain yang diperlukan.
                  5. Isi semuanya dengan lengkap dan benar.
                  6. Jika telah selesai dan yakin benar, cetaklah kartu tanda peserta SBMPTN
                  7. Bawalah kartu tanda peserta SBMPTN pada saat ujian berlangsung.

                  F. Biaya Pendaftaran SBMPTN
                  • Biaya pendaftaran SBMPTN sebesar Rp. 200.000,-
                  • Biaya dibayar melalui Bank Mandiri atau Bank BNI atau Bank BTN
                  • Biaya yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.

                  G. Kriteria Penerimaan SBMPTN
                  1. Lulus pendidikan menengah
                  2. Lulus SBMPTN 2020
                  3. Sehat jasmani dan rohani
                  4. Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima

                  H. Daftar PTN pada SBMPTN

                  Daftar PTN telah disampaikan di bagian atas. Silahkan cek kembali.

                  I. Jadwal Resmi Pelaksanaan SBMPTN 2020
                  • Jadwal pelaksanaan telah disampaikan di bagian atas.

                  J. Informasi SBMPTN

                  Jika ada hal-hal yang kurang jelas mengenai proses pendaftaran online SBMPTN, maka anda bisa menghubungi langsung Call Center SBMPTN di nomor telepon 0804-1-456-456 atau di http://halo.sbmptn.ac.id

                  Penting!!!
                  Untuk informasi yang belum/tidak disampaikan disini maka dapat dilihat langsung di web resmi SBMPTN. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di web resmi SBMPTN.

                  Baca Jalur Lainnya : Pendaftaran Jalur SMMPTN Barat

                  Silahkan Baca Juga :

                  Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Online UTBK - SBMPTN Update Terbaru. Semoga informasi tersebut bisa memberikan pencerahan untuk anda yang akan mengikuti seleksi SBMPTN.

                  Silahkan bagikan informasi secara gratis ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan.

                  Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian tertulis maupun ujian keterampilan dan akhirnya bisa diterima di PTN impian anda. Terima kasih atas waktu yang anda luangkan untuk membaca artikel ini. Sekian dari admin dan salam sukses untuk kita semua.