Pendaftaran ITB 2021/2022 Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri

usm.itb.ac.id 2021 -- Pendaftaran ITB Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri, USM ITB, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ITB, Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB, Info Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB, Registrasi Mahasiswa Baru ITB, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3 / S1 / S2 / S3 ITB, Pendaftaran Online ITB, Pendaftaran KIP Kuliah, Penerimaan Online ITB, Jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, Bidikmisi, Institut Teknologi Bandung. 2023. 2024.

Pada kesempatan ini admin web akan memberikan informasi tentang Pendaftaran ITB 2021/2022 Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. Informasi ini disampaikan dengan harapan dapat memberikan pencerahan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran. Ayo simak informasinya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Institut Teknologi Bandung atau yang disingkat dengan ITB adalah Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Bandung. Institut Teknologi Bandung (ITB) resmi didirikan pada 2 Maret 1959. Moto dari Institut Teknologi Bandung (ITB) adalah Kemajuan dalam keselarasan.

Kampus ITB beralamatkan di Jl. Ganesha No. 10 Bandung, Jawa Barat 40132, Indonesia, dan juga ada yang beralamat di Jl. Winaya Mukti no. 1, Jatinangor.

Berikut ini akan diinformasikan beberapa Fakultas/Sekolah dan Program Studi yang ada di Institut Teknologi Bandung (ITB). Perhatikan selengkapnya berikut ini.
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) terdiri dari Matematika (MA) (S1, S2, S2 Pengajaran, dan S3), Fisika (FI) (S1, S2, S2 Pengajaran, dan S3), Kimia (KI) (S1, S2, S2 Pengajaran, dan S3), Astronomi (AS) (S1, S2, S2 Pengajaran, dan S3), Aktuaria (S2), Sains Komputasi (S2).
  • Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) terdiri dari Teknik Geologi (GL) (S1, S2, dan S3), Teknik Geodesi dan Geomatika (GD) - (S1, S2, dan S3), Meteorologi (ME) (S1), Oseanografi (OS) (S1), Teknik Air Tanah (S2), Sains Kebumian (S2 dan S3).
  • Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) terdiri dari Teknik Pertambangan (TA) (S1, S2, dan S3), Teknik Perminyakan (TM) (S1, S2, dan S3), Teknik Geofisika (TG) (S1, S2, dan S3), Teknik Metalurgi (MG) (S1, S2, dan S3), Teknik Geothermal (S2).
  • Fakultas Teknologi Industri (FTI) terdiri dari Teknik Kimia (TK) (S1, S2, dan S3), Teknik Fisika (TF) (S1, S2, S2 Instrumentasi dan Kontrol, dan S3), Teknik Industri (TI) (S1, S2, dan S3), Manajemen Rekayasa Industri (MRI) (S1).
  • Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) terdiri dari Teknik Mesin (MS) (S1, S2, dan S3), Aeronotika dan Astronotika (AE) (S1, S2, dan S3), Teknik Material (MT) (S1, S2, dan S3).
  • Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) terdiri dari Seni Rupa (SR) (S1), Kriya (KR) (S1), Desain Komunikasi Visual (DKV) (S1), Desain Interior (DI) (S1), Desain Produk (DP) (S1), Program Magister Seni Rupa (S2), Program Magister Desain (S2), Program Doktor Ilmu Seni Rupa dan Desain (S3).
  • Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) terdiri dari Teknik Sipil (SI) (S1, S2, dan S3), Teknik Lingkungan (TL) (S1, S2, dan S3), Teknik Kelautan (KL) (S1, S2, dan S3).
  • Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) terdiri dari Teknik Elektro (EL) (S1, S2, dan S3), Informatika (IF) (S1, S2, dan S3), Teknik Tenaga Listrik (EP) (S1, S2, dan S3), Teknik Telekomunikasi (ET) (S1, S2, dan S3)3, Sistem dan Teknologi Informasi (II) (S1, S2, dan S3).
  • Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) terdiri dari Arsitektur (AR) (S1, S2, dan S3), Perencanaan Wilayah dan Kota (PL) (S1, S2, dan S3), Program Magister Studi Pembangunan (S2), Program Magister & Doktor Transportasi (S2, dan S3), Program Magister Studi Pertahanan (S2), Program Magister Rancang Kota (S2), Program Magister Perencanaan Kepariwisataan (S2).
  • Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) terdiri dari Manajemen (MB) (S1), Program Magister Sains Manajemen (S2), Program Magister Administrasi Bisnis (S2), Program Doktor Sains Manajemen (S3).
  • Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) terdiri dari Biologi (BI) (S1, S2, dan S3), Mikrobiologi (BM) (S1), Rekayasa Hayati (BE) (S1), Rekayasa Pertanian (S1), Rekayasa Kehutanan (S1), Biomanajemen (S2), Bioteknologi (S2).
  • Sekolah Farmasi (SF) terdiri dari Sains dan Teknologi Farmasi (FA) (S1), Farmasi Klinis dan Komunitas (FK) (S1), Program Studi Profesi Apoteker, Program Pasca Sarjana Farmasi (S2 dan S3)

Dari beberapa Fakultas / Sekolah dan Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang menjadi minat anda. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru ITB tahun ini.

Pada tahun ini ITB membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mahasiswa Transfer, dan KIP Kuliah. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

A. Pendaftaran ITB Jalur SNMPTN

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang memiliki prestasi akademik yang unggul di sekolah. 

Calon mahasiswa yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SNMPTN ini, maka bisa mengikuti seleksi jalur SBMPTN.

Jalur SNMPTN ini seleksinya didasarkan pada hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Adapun alur pendaftaran SNMPTN yaitu registrasi akun LTMPT, pengisian data PDSS, pemeringkatan, dan diakhiri dengan pendaftaran SNMPTN oleh siswa.

Penjelasan mengenai registrasi akun LTMPT dapat dibaca selengkapnya pada artikel Registrasi Akun LTMPT untuk Mendaftar SNMPTN, UTBK dan SBMPTN

Sedangkan informasi pengisian data PDSS dapat ditemukan pada artikel berikut : Cara Mendaftar SNMPTN di PDSS SNMPTN dan Web SNMPTN

Selanjutnya lengkapi informasi SNMPTN ini dengan mengunjungi artikel Pendaftaran SNMPTN yang mana pada artikel tersebut telah dijelaskan mengenai syarat pendaftaran SNMPTN, mekanisme mengikuti SNMPTN, biaya SNMPTN, jadwal SNMPTN, ketentuan seleksi, dan penjelasan lainnya.

B. Pendaftaran ITB Jalur SBMPTN

Jalur seleksi nasional berikutnya yang dibuka setelah SNMPTN adalah jalur SBMPTN. Jalur SBMPTN juga merupakan jalur favorit selain dari SNMPTN.

Perlu kalian ketahui bahwa jalur SBMPTN ini berbeda dengan SNMPTN. Pada jalur SNMPTN hanya siswa yang berprestasi saja yang bisa mendaftarnya, sedangkan pada jalur SBMPTN tidak ada syarat prestasi untuk mendaftarnya.

Selain itu, pada jalur SNMPTN hanya diperuntukkan bagi lulusan tahun ini saja, sedangkan pada jalur SBMPTN diperuntukkan bagi lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Nah, bagi kalian yang tertarik untuk mendaftar SBMPTN, maka harus mengetahui alur pendaftarannya dari tahap awal hingga tahap akhir.

Adapun tahapan pendaftaran SBMPTN dari tahap awal hingga tahap akhir yaitu registrasi akun LTMPT, pendaftaran UTBK, dan diakhiri dengan pendaftaran SBMPTN.

Untuk penjelasan mengenai registrasi akun LTMPT telah dijelaskan pada bagian atas (di bagian SNMPTN),

sedangkan untuk penjelasan UTBK telah dijelaskan tersendiri pada artikel berikut : Pendaftaran UTBK.

Keterangan lebih lanjut mengenai SBMPTN dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran Online SBMPTN yang mana pada artikel tersebut telah dijelaskan mengenai persyaratan SBMPTN, jadwal pendaftaran dan pengumuman SBMPTN, biaya SBMPTN, dan lain sebagainya.

C. Pendaftaran KIP Kuliah ITB

KIP Kuliah atau yang memiliki kepanjangan nama Kartu Indonesia Pintar Kuliah adalah pengganti dari Bidikmisi yang merupakan pemberian bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa yang memiliki keterbatasan ekonomi namun memiliki potensi akademik baik.

Calon mahasiswa yang demikian berpeluang untuk mendapatkan bantuan KIP Kuliah dengan catatan dapat memenuhi persyaratan dan ketentuan lainnya.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan secara online melalui laman resminya di kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan dengan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai KIP Kuliah dapat dibaca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

Pada artikel tersebut telah dijelaskan secara rinci informasi berupa cara mendaftar KIP Kuliah, syarat pendaftaran KIP Kuliah, jadwal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, dan lain-lain.

D. Pendaftaran Mahasiswa Transfer ITB

ITB membuka jalur pertukaran mahasiswa (student exchange program) untuk para mahasiswa dari Perguruan Tinggi yang telah mengadakan kerjasana dengan ITB yang ada di luar Negeri untuk melakukan studi di ITB sebagai mahasiswa pertukaran.

Program ini ditawarkan baik bagi mahasiswa dari Perguruan Tinggi mitra ITB di luar negeri yang ingin mengambil kredit di ITB (Credit Earning Program) maupun bagi mahasiswa dari Perguruan Tinggi mitra ITB di luar negeri yang hanya ingin mengikuti proses pembelajaran di ITB tanpa melakukan pengambilan kredit. Untuk infomasi lebih lanjut silahkan baca langsung di web resmi ITB

E. Pendaftaran Program Pascasarjana ITB

Pendaftaran program pascasarjana dilakukan secara online melalui website resmi Pascasarjana ITB. Untuk bisa mendaftar, maka calon mahasiswa harus memenuhi beberapa persyaratan pendaftaran seperti nilai TOEFL, EILTS, dan lain-lain. Info lebih lanjut silahkan baca di http://usm.itb.ac.id

Penting ! Informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru ITB bisa dilihat juga melalui alamat resmi ITB yaitu usm.itb.ac.id. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi ITB. 
Demikianlah informasi tentang Pendaftaran ITB Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat bagi anda semua.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa baru ITB. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Aamiin.

Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat,