Pendaftaran Online UM PTKIN 2024/2025 (UIN, IAIN, STAIN)

um.ptkin.ac.id 2024 -- Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur UM PTKIN, PMB jalur UM-PTKIN, Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur UM-PTKIN, Info Pendaftaran Online UM-PTKIN, Cara Pendaftaran Online UM-PTKIN, Panduan Pendaftaran Online UM-PTKIN, Pendaftaran Jalur Ujian Tertulis (UM-PTKIN), Pendaftaran UM-PTKIN Online, Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. 2026. 2027.

Pada kesempatan yang baik ini admin akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran Online UM PTKIN 2024/2025 (UIN, IAIN, STAIN). Informasi ini diberikan dengan tujuan dapat memberikan panduan untuk anda yang akan melakukan proses pendaftaran UM-PTKIN. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Banyak jalur masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang dibuka untuk melakukan penerimaan calon mahasiswa baru, diantaranya adalah jalur SPAN-PTKIN, jalur UM-PTKIN, jalur mandiri, dan lain sebagainya. Pembahasan kita kali ini akan difokuskan pada jalur UM-PTKIN.

UM-PTKIN atau yang memiliki kepanjangan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur seleksi nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin kuliah di Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

Seleksi UM-PTKIN didasarkan pada hasil ujian tertulis calon mahasiswa. Hasil ujian tertulis dari calon mahasiswa yang memenuhi kriteria penerimaan yang telah ditentukan oleh panitia, maka calon mahasiswa tersebut memiliki peluang untuk dinyatakan lulus seleksi UM-PTKIN.

Jalur UM-PTKIN ini diselenggarakan untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa baru yang sebelumnya tidak mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi jalur SPAN-PTKIN.

Selain itu, bagi calon mahasiswa yang sebelumnya telah mengikuti seleksi SPAN-PTKIN namun dinyatakan tidak lulus seleksi, maka bisa juga mengikuti seleksi jalur UM-PTKIN.

Melihat data statistik dari tahun sebelumnya bahwa peserta UM-PTKIN semakin banyak. Dengan banyak peserta tersebut, berarti pesaing anda untuk lulus seleksi semakin banyak pula. Untuk itu anda harus mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi ujian seleksi berupa ujian tertulis.

Beberapa persiapan yang bisa anda lakukan misalnya saja anda mengerjakan soal-soal latihan berkaitan dengan UM-PTKIN, mengerjakan soal-soal ujian UM-PTKIN tahun sebelumnya, mencari soal informasi prediksi soal-soal UM-PTKIN tahun ini, dan hal lain yang menunjang anda untuk lulus seleksi UM-PTKIN.

Baiklah, langsung saja kita akan membahas secara lengkap proses pendaftaran UM-PTKIN yang dilakukan secara online. Hal-hal yang berkaitan dengan UM-PTKIN seperti proses pendaftaran, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, daftar PTKIN se-Indonesia, dan hal-hal terkait lainnya yang akan dijelaskan berikut ini.

Sebelum melakukan pendaftaran, anda perlu memperhatikan beberapa persyaratan pendaftaran yang diperuntukkan bagi setiap calon peserta UM-PTKIN. Berikut persyaratan selengkapnya.

A. Persyaratan Pendaftaran UM-PTKIN
  1. Peserta yang berhak mendaftar adalah siswa pada Satuan Pendidikan MA / MAK / SMA / SMK / SPM / PDF / PKPPS / sederajat lulusan tahun 2022, 2023, dan 2024.
    • Peserta lulusan tahun 2022 dan 2023 wajib memiliki Ijazah / Surat Keterangan Lulus (SKL), 
    • Peserta lulusan 2024 wajib memiliki salah satu dari Surat Keterangan Lulus (SKL) / Pengumuman Lulus / KTP / Kartu Siswa.
  2. Peserta wajib memiliki:
    • Nomor Induk Siswa Nasional (NISN);
    • Email yang aktif dan dapat dihubungi;
    • Nomor WhatsApp yang aktif dan dapat dihubungi.

                      B. Biaya Pendaftaran UM-PTKIN

                      Biaya pendaftaran UM-PTKIN yang harus dibayar oleh setiap calon peserta UM-PTKIN sebesar Rp. 200.000,00 yang dibayar melalui Bank BNI, belum termasuk biaya tambahan jika transaksi menggunakan Virtual Account

                      C. Alur Pendaftaran UM-PTKIN

                      1. Pendaftaran dilakukan online mellaui laman https://um.ptkin.ac.id dengan alur berikut :
                      1. Daftar Akun
                        • Calon peserta bisa login menggunakan akun SPAN PTKIN, atau bagi yang belum memiliki akun dapat memilih "Daftar Akun"
                      2. Isi Data
                        • Masukkan NISN, tanggal lahir, nomor WA dan email aktif.
                      3. Password
                        • Password akun akan dikirimkan ke email yang telah didaftarkan
                      4. Login
                        • Login dengan NISN dan password yang telah didapatkan, kemudian lengkapi formulir online yang tersedia
                      5. Cetak Invoice
                        • Cetak invoice tagihan pembayaran
                      6. Pembayaran
                        • Lakukan pembayaran sesuai tagihan melalui moteode pembayaran yang tersedia

                      2. Pemilihan Program Studi, Pemilihan Titik Lokasi Ujian, Cetak Kartu Ujian, Ujicoba, dan Ujian SSE UM-PTKIN dilakukan online melalui laman https://um.ptkin.ac.id dengan alur berikut :
                      1. Login
                        • Setelah melakukan pembayaran, calon peserta kembali lagi ke laman https://um.ptkin.ac.id
                      2. Unggah Foto
                        • Unggah file foto berwarna dengan ukuran sesuai ketentuan
                      3. Pilih Prodi
                        • Calon peserta dapat memilih maksimal 3 program studi. Urutan pemilihan menunjukkan prioritas
                      4. Titik Lokasi Ujian
                        • Calon peserta memilih tiitk lokasi ujian
                      5. Cetak Kartu
                        • Cetak kartu peserta ujian SSE UM PTKIN sesuai jadwal
                      6. Mengikuti Ujicoba dan Ujian UM PTKIN
                        • Ikuti ujicoba dan ujian SSE UM PTKIN sesuai jadwal yang tertera di kartu ujian

                                    Lebih rinci baca di : Tata Cara Pendaftaran UM PTKIN

                                    D. Ketentuan Pilihan PTKIN dan Program Studi pada UM-PTKIN

                                    Ada beberapa ketentuan yang perlu anda perhatikan saat memilih PTKIN dan program studi, yaitu sebagai berikut :
                                    • Setiap peserta dapat memilih maksimal 3 (tiga) PTKIN
                                    • Setiap peserta dapat memilih maksimal 3 (tiga) Program Studi
                                    • Urutan pilihan menyatakan prioritas pilihan. Untuk itu, letakkan pada pilihan pertama untuk PTKIN dan program studi yang sangat anda minati.

                                    E. Materi Ujian UM-PTKIN

                                    1. Penalaran Akademik (PA) mengukur kemampuan potensi calon mahasiswa yang dapat menghantarkan penyelesaian dan keberhasilan studi di jenjang strata satu. TPA terdiri atas:
                                    • Penalaran Verbal berupa kemampuan pemahaman berbahasa secara tertulis dan ketrampilan bahasa yang berdasarkan struktur dan aturan bahasa baik dalam kata, kalimat, maupun narasi;
                                    • Penalaran Gambar berupa kemampuan dalam menvisualisasikan dan memahami objek atau simbol secara abstrak. Penalaran gambar sangat cocok untuk memprediksi kreativitas calon mahasiswa;
                                    • Penalaran Kuantitatif berupa kemampuan menerapkan konsep hitungan, logika angka, simbol numerical dalam berpikir sistematis dan memecahkan masalah. Konteks dalam tes penalaran “gambar” bersifat umum, sedangkan konteks dalam penalaran “verbal” dikaitkan dengan aspek-aspek dalam kehidupan sehari-hari yang meliputi masalah keindonesiaan, keislaman, sains dan teknologi, Pendidikan, Kesehatan, ekonomi dan bisnis, dan seni budaya dan olah raga.

                                    2. Penalaran Matematika mengukur kemampuan peserta dalam memahami dan menganalisis isi bacaan sederhana dengan menggunakan penalarannya guna memecahkan permasalahan kehidupan sehari-hari melalui penerapan konsep, prosedur dan fakta dalam matematika. Bacaan tersebut dielaborasi melalui beragam representasi (grafik/ tabel/bagan atau representasi lainnya) untuk memprediksi dan/atau mengambil keputusan yang dibutuhkan mereka sebagai bekal dalam menghadapi tuntutan hidup abad ke-21.

                                    3. Literasi membaca mengukur kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dalam konteks sosio humaniora dan konteks sains serta jenis teks Bahasa Arab untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu yang moderat dan unggul sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif dan proporsional.

                                    4. Literasi Ajaran Islam mengukur kemampuan memahami, menerapkan dan menganalisis materi ajaran Islam meliputi Al-Quran, Hadis, Fikih dan Sejarah Kebudayaan Islam dalam konteks personal, masyarakat, global dan moderasi untuk mewujudkan masyarakat madani. Penguasaan literasi ajaran Islam ini sangat penting untuk menanamkan kepribadian yang baik dan memperkuat iman serta mengaplikasikan ajaran Islam dalam kehidupan individu sehari-hari maupun dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.

                                    F. Tipe Ujian UM-PTKIN

                                    Ujian hanya terdiri dari satu tipe ujian yaitu : Sistem Seleksi Elektronik (SSE), berupa ujian yang diselenggarakan menggunakan komputer. SSE ini tidak lagi menggunakan kertas (paperless), baik untuk naskah soal maupun lembar jawaban.

                                    G. Kriteria Penerimaan UM-PTKIN

                                    Calon peserta UM-PTKIN yang akan dinyatakan lulus seleksi ujian UM-PTKIN dan diterima di PTKIN adalah peserta yang memenuhi kriteria berikut ini :
                                    1. Lulus seleksi UM-PTKIN tahun ini
                                    2. Telah lulus satuan pendidikan menengah atas (SMA / MA / Pesantren Mu`adalah / Sederajat)
                                    3. Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTKIN.
                                    4. Melakukan pendaftaran ulang pada PTKIN Penerima.
                                    5. Sehat jasmani dan rohani sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran di PTKIN

                                      H. Jadwal UM-PTKIN 2024 update

                                      Untuk melengkapi informasi anda, maka anda perlu mengetahui jadwal pelaksanaan berikut ini.
                                      • Pendaftaran / Pembayaran : 06 Mei 2024 pukul 08.00 WIB - 15 Juni 2024 pukul 15.00 WIB
                                      • Finalisasi Pendaftaran : 06 Mei 2024 pukul 08.00 WIB - 19 Juni 2024 pukul 15.00 WIB
                                      • Cetak Kartu Peserta Ujian SSE UM-PTKIN : Dimulai pada 29 Juni 2024 pukul 15.00
                                      • Pelaksanaan Ujian SSE UM-PTKIN : 24 Juni - 04 Juli 2024
                                      • Pengumuman : 17 Juli 2024

                                      I. Daftar Nama PTKIN pada UM-PTKIN

                                      Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia yang telah tergabung dalam UM-PTKIN terbagi ke dalam beberapa wilayah, yaitu PTKIN wilayah I, PTKIN wilayah II, PTKIN wilayah III, PTKIN wilayah IV, PTKIN wilayah V, dan PTKIN wilayah VI. Berikut informasi selengkapnya.

                                      Pendaftaran PTKIN Zona I
                                      1. Pendaftaran Online UM-PTKIN UIN Sumatera Utara Medan
                                      2. Pendaftaran Online UM-PTKIN UIN Sultan Syarif Kasim Riau
                                      3. Pendaftaran Online UM-PTKIN UIN Ar-Raniry Banda Aceh
                                      4. Pendaftaran Online UM-PTKIN UIN Imam Bonjol Padang
                                      5. Pendaftaran Online UM-PTKIN IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa
                                      6. Pendaftaran Online UM-PTKIN IAIN Padangsidimpuan
                                      7. Pendaftaran Online UM-PTKIN IAIN Bukittinggi
                                      8. Pendaftaran Online UM-PTKIN IAIN Malikussaleh Lhokseumawe 
                                      9. Pendaftaran Online UM-PTKIN IAIN Batusangkar
                                      10. Pendaftaran Online UM-PTKIN STAIN Gajar Putih Takengon Aceh Tengah
                                      11. Pendaftaran Online UM-PTKIN STAIN Bangkelis
                                      12. Pendaftaran Online UM-PTKIN STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh
                                      13. Pendaftaran Online UM-PTKIN STAIN Sultan Abdurrahman
                                      14. Pendaftaran Online UM-PTKIN STAIN Mandailing Natal

                                      Pendaftaran PTKIN Zona II
                                      1. Pendaftaran Online UM-PTKIN UIN Raden Fatah Palembang
                                      2. Pendaftaran Online UM-PTKIN UIN Raden Intan Lampung
                                      3. Pendaftaran Online UM-PTKIN UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
                                      4. Pendaftaran Online UM-PTKIN IAIN Bengkulu
                                      5. Pendaftaran Online UM-PTKIN IAIN Kerinci Jambi
                                      6. Pendaftaran Online UM-PTKIN IAIN Curup
                                      7. Pendaftaran Online UM-PTKIN IAIN Metro Lampung
                                      8. Pendaftaran Online UM-PTKIN IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung

                                      Pendaftaran PTKIN Zona III
                                      1. Pendaftaran Online UM-PTKIN UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
                                      2. Pendaftaran Online UM-PTKIN UIN Sunan Gunung Djati Bandung
                                      3. Pendaftaran Online UM-PTKIN UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
                                      4. Pendaftaran Online UM-PTKIN IAIN Syekh Nurjati Cirebon
                                      5. Pendaftaran Online UM-PTKIN IAIN Pontianak
                                      6. Pendaftaran Online UM-PTKIN UNSIKA

                                      Pendaftaran PTKIN Zona IV
                                      1. Pendaftaran Online UM-PTKIN UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
                                      2. Pendaftaran Online UM-PTKIN UIN Walisongo Semarang
                                      3. Pendaftaran Online UM-PTKIN IAIN Surakarta
                                      4. Pendaftaran Online UM-PTKIN IAIN Purwokerto
                                      5. Pendaftaran Online UM-PTKIN IAIN Salatiga
                                      6. Pendaftaran Online UM-PTKIN IAIN Pekalongan
                                      7. Pendaftaran Online UM-PTKIN IAIN Kudus

                                      Pendaftaran PTKIN Zona V
                                      1. Pendaftaran Online UM-PTKIN UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
                                      2. Pendaftaran Online UM-PTKIN UIN Sunan Ampel Surabaya
                                      3. Pendaftaran Online UM-PTKIN UIN Antasari Banjarmasin
                                      4. Pendaftaran Online UM-PTKIN UIN Mataram
                                      5. Pendaftaran Online UM-PTKIN IAIN Samarinda
                                      6. Pendaftaran Online UM-PTKIN IAIN Jember
                                      7. Pendaftaran Online UM-PTKIN IAIN Tulungagung
                                      8. Pendaftaran Online UM-PTKIN IAIN Palangkaraya
                                      9. Pendaftaran Online UM-PTKIN IAIN Kediri
                                      10. Pendaftaran Online UM-PTKIN IAIN Madura
                                      11. Pendaftaran Online UM-PTKIN IAIN Ponorogo

                                      Pendaftaran PTKIN Zona VI
                                      1. Pendaftaran Online UM-PTKIN UIN Alauddin Makasar
                                      2. Pendaftaran Online UM-PTKIN IAIN Sultan Amai Gorontalo
                                      3. Pendaftaran Online UM-PTKIN IAIN Ambon
                                      4. Pendaftaran Online UM-PTKIN IAIN Manado
                                      5. Pendaftaran Online UM-PTKIN IAIN Dato Karama Palu
                                      6. Pendaftaran Online UM-PTKIN IAIN Kendari
                                      7. Pendaftaran Online UM-PTKIN IAIN Ternate
                                      8. Pendaftaran Online UM-PTKIN IAIN Palopo
                                      9. Pendaftaran Online UM-PTKIN IAIN Pare-Pare
                                      10. Pendaftaran Online UM-PTKIN IAIN Bone
                                      11. Pendaftaran Online UM-PTKIN IAIN Fattahul Muluk Papua
                                      12. Pendaftaran Online UM-PTKIN STAIN Sorong
                                      13. Pendaftaran Online UM-PTKIN STAIN Majene

                                      Itulah daftar PTKIN yang dapat anda pilih ketika mendaftar seleksi jalur UM-PTKIN. Silahkan pilih PTKIN yang anda minati.

                                      Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan infomasi, maka yang berlaku adalah yang ada di situs resmi UM-PTKIN
                                      Demikianlah informasi yang bisa admin berikan. Semoga informasi tentang Pendaftaran Online UM PTKIN (UIN, IAIN, STAIN) yang telah admin jelaskan bisa memberikan pencerahan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran online UM-PTKIN.

                                      Silahkan share informasi ini kepada teman anda. Admin turut mendoakan semoga anda lulus seleksi UM-PTKIN, Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Aamiin Ya Robbal 'Alamin.