Tata Cara Pendaftaran UM PTKIN 2025/2026
Cara Pendaftaran UM PTKIN 2025 -- Tata Cara Pendaftaran UM PTKIN, Tata Tertib Pendaftaran UM PTKIN, Tata Cara Registrasi UM PTKIN, Alur Pendaftaran UM PTKIN, Alur Registrasi UM PTKIN, Panduan Pendaftaran UM PTKIN, Cara Daftar UM PTKIN, Pendaftaran UIN - IAIN - STAIN
Kali ini admin akan berbagi informasi mengenai Tata Cara Pendaftaran UM PTKIN 2025/2026. Informasi ini ditujukan untuk kalian yang ingin mendaftar UM PTKIN tahun ini. Langsung saja simak di bawah ini.
UM PTKIN merupakan jalur seleksi masuk ke PTKIN yang mana seleksinya dilakukan melalui Sistem Seleksi Elektronik (SSE).
Jalur UM PTKIN ini terbuka untuk lulusan 3 tahun terakhir jenjang SMA, MA, SMK, sederajat yang berminat untuk mengikutinya dan memenuhi persyaratan.
Mungkin kalian telah membaca informasi lengkap mengenai UM PTKIN pada artikel Pendaftaran UM PTKIN. Jika belum membacanya maka bacalah terlebih dahulu karena artikel ini hanya sebagai pelengkap dari artikel tersebut.
Pada artikel ini hanya akan disampaikan mengenai tata cara pendaftaran / registrasi UM PTKIN dari awal hingga akhir. Simak di bawah ini.
A. Alur Registrasi / Pendaftaran Peserta UM-PTKIN
1. Pendaftaran dilakukan online melalui laman https://um.ptkin.ac.id dengan alur berikut :
- Daftar Akun
- Calon peserta bisa login menggunakan akun SPAN PTKIN, atau bagi yang belum memiliki akun dapat memilih "Daftar Akun"
- Isi Data
- Masukkan NISN, tanggal lahir, nomor WA dan email aktif.
- Password
- Password akun akan dikirimkan ke email yang telah didaftarkan
- Login
- Login dengan NISN dan password yang telah didapatkan, kemudian lengkapi formulir online yang tersedia
- Cetak Invoice
- Cetak invoice tagihan pembayaran
- Pembayaran
- Lakukan pembayaran sesuai tagihan melalui moteode pembayaran yang tersedia
2. Pemilihan Program Studi, Pemilihan Titik Lokasi Ujian, Cetak Kartu Ujian, Ujicoba, dan Ujian SSE UM-PTKIN dilakukan online melalui laman https://um.ptkin.ac.id dengan alur berikut :
- Login
- Setelah melakukan pembayaran, calon peserta kembali lagi ke laman https://um.ptkin.ac.id
- Unggah Foto
- Unggah file foto berwarna dengan ukuran sesuai ketentuan
- Pilih Prodi
- Calon peserta dapat memilih maksimal 3 program studi. Urutan pemilihan menunjukkan prioritas
- Titik Lokasi Ujian
- Calon peserta memilih titik lokasi ujian
- Cetak Kartu
- Cetak kartu peserta ujian SSE UM PTKIN sesuai jadwal
- Mengikuti Ujicoba dan Ujian UM PTKIN
- Ikuti ujicoba dan ujian SSE UM PTKIN sesuai jadwal yang tertera di kartu ujian
B. Tata Cara Registrasi / Pendaftaran Akun Peserta
1. Kunjungi Laman Pendaftaran
Kunjungi laman https://um.ptkin.ac.id/ , lalu pilih "Daftar UM PTKIN"
2. Daftar / Registrasi NISN
a. Pilih Daftar
Bagi Calon Pendaftar wajib memiliki NISN. Bagi yang telah memiliki akun SPAN-PTKIN dapat langsung login untuk memulai pendaftaran.
Bagi yang belum memiliki akun dapat memilih ikon Daftar. Silahkan memasukkan NISN, Tanggal Lahir, Nomor WhatsApp, dan email aktif (password akan dikirimkan ke email ini)
Lalu klik Pilih "Daftar"
b. Masukan NISN, Tanggal Lahir, Nomor Whatsapp, Email Aktif.
Catatan: Tanggal Lahir harus sesuai dengan yang terdaftar di DAPODIK/EMIS. Silahkan ke Operator sekolah atau dapat melihat di laman https://nisn.data.kemdikbud.go.id/
Lalu klik Pilih "Simpan"
c. Cek Email
Silahkan cek email untuk mengetahui password, cek pada kotak masuk / spam / kotak promosi, jika tidak ditemukan calon peserta dapat menghubungi helpdesk UM-PTKIN melalui Chat Whatsapp dengan menyampaikan text dalam format NISN#Nama#Keluhan_anda.
3. Password, Buka email dari UM-PTKIN
Panitia UM PTKIN telah mengirimkan password ke email yang telah didaftarkan.
C. Tata Cara Login Siswa
1. Kunjungi Laman
Kunjungi kembali laman https://um.ptkin.ac.id/
2. Pilih "Login"
3. Isikan NISN dan Password yang diperoleh dari email
Kemudian pilih "Login"
4. Formulir Pendaftaran bagi peserta dengan NISN
a. Pengisian Biodata
Berupa nama lengkap, NIK, jenis kelamin, tempat lahir, tangal lahir, dan lain-lain. Isilah dengan teliti dan jujur.
b. Peserta Berkebutuhan Khusus
Bagi yang berkebutuhan khusus wajib mengisi kolom Berkebutuhan Khusus. Data ini digunakan agar memudahkan panitia dalam mengelola peserta berkebutuhan khusus.
Jika tidak berkebutuhan khusus maka pilih "Tidak"
c. Pendidikan SMA sederajat
Data Pendidikan pada sistem pendaftaran UM-PTKIN akan muncul sesuai dengan sumber pada Dapodik dan EMIS, jika ada kesalahan silahkan ke operator sekolah untuk melakukan perbaikan data.
- Pengisian No.Ijazah / SKL hanya untuk peserta yang lulus tahun sebelum ini.
- Pengisian No.Ijazah / SKL dapat dikosongkan untuk peserta yang lulus tahun ini.
d. Pendidikan Pesantren
Bagian ini diisi jika peserta memiliki / pernah di pesantren, jika tidak maka dapat dikosongkan
e. Cek Biodata Kembali
Cek Kembali Biodata, jika ada ketidaksesuaian data silahkan pilih "Edit Profil" untuk memperbaiki data kembali.
Jika Data sudah sesuai maka peserta dapat melakukan proses pembayaran dengan klik "Bayar"
f. Pembayaran
Jika sudah sesuai maka pilih "Bayar"
Lalu pilih "Lanjut"
Selanjutnya akan muncul INVOICE
Peserta dapat mencetak dengan klik "Cetak Invoice"
Selanjutnya lakukan pembayaran melalui ATM Bank Mandiri, Cabang Bank Mandiri, LIVIN/Mandiri Online (VIA WEB/APPS), atau melalui teller Bank lain di seluruh Indonesia, dan ATM Bank lain.
Tata cara pembayaran tercantum pada lembar INVOICE
D. Tata Cara Pemilihan Program Studi
Pemilihan Program Studi dan Perguruan Tinggi dapat dilakukan jika peserta telah melakukan pembayaran / Pelunasan Invoice. Langkah-langkah pemilihan prodi adalah sebagai berikut:
1. Kunjungi Laman
Kunjungi kembali laman UM-PTKIN di https://um.ptkin.ac.id/
Setelah muncul laman di atas, langkah selanjutnya pilih "Login"
Selanjutnya pilih "Login"
2. Masukkan NISN dan Password
Username/NISN dan Password yang diperoleh setelah pendaftaran biodata
Pilih "Login"
3. Mengunggah / Upload Foto Terbaru
Peserta mengunggah/upload pasfoto dengan background warna biru/merah, Demensi ukuran 3x4, size minimal 1Mb. Peserta dilarang menggunakan foto selfie, selfie,wefie, action, atau berpose tidak sopan (tidak resmi).
Pilih Upload Foto
Cari foto -> Pilih file foto -> Klik Open
4. Upload Scan Ijazah / SKL / KTP / Kartu siswa
Peserta melakukan Unggah / Upload Scan Ijazah bagi Lulusan 2 tahun sebelum ini, sedangkan bagi lulusan ini menyiapkan scan dari salah satu SKL / Pengumuman lulus / KTP / Kartu Siswa dengan format file gambar (jpg/jpeg).
Pilih Upload Gambar
Pilih File Scan Ijazah/SKL bagi lulusan 2 tahun sebelum ini, dan File Scan SKL / Pengumuman Lulus/KTP/Kartu Siswa bagi lulusan tahun ini.
Pilih file -> klik Open
5. Periksa kembali data yang sudah di unggah / Upload
Kemudian Pilih Lanjut
6. Pilih Program Studi dan Titik Lokasi Ujian
Peserta dapat memilih minimal 1(satu) pilihan Program Studi dan maksimal 3(tiga) pilihan Program Studi dari Perguruan Tinggi yang tersedia.
7. Pilih PTKIN Titik Lokasi Ujian
PTKIN Titik Lokasi Ujian dapat dipilih sesuai pilihan. Program Studi dengan ketentuan sebagai berikut:
- Peserta yang hanya memilih 1(satu) pilihan Program Studi maka dapat memilih titik lokasi ujian pada Perguruan Tinggi yang tersedia.
- Peserta yang hanya memilih 2(dua) Pilihan Program Studi maka hanya dapat memilih titik lokasi ujian Perguruan Tinggi yang berada pada 1(satu) Provinsi dengan Perguruan Tinggi yang menjadi pilihan 1 atau 2.
- Peserta dengan memilih 3(tiga) Pilihan Program Studi maka hanya dapat memilih titik lokasi ujian Perguruan Tinggi yang berada pada 1(satu) Provinsi dengan Perguruan Tinggi yang menjadi pilihan 1, 2 atau 3
8. Cek Kembali Pilihan Program Studi
Jika sudah memilih program studi dan PTKIN titik lokasi ujian, silahkan cek kembali pilihan program studi.
9. Finalisasi Pemilihan Program Studi
Catatan Penting : Sebelum melakukan Finalisasi harap cek kembali pilihan program studi yang dipilih. Calon Peserta tidak dapat melakukan perubahan Program Studi dan PTKIN Titik Lokasi Ujian jika sudah melakukan Finalisasi
Pilih FINALISASI, lalu pilih Lanjut
10. Pilih Lihat Kartu
11. Cetak Kartu Ujian
Pilih Cetak kartu ujian
Peserta wajib mencetak kartu peserta ujian dan mengikuti semua petunjuk yang ada pada kartu ujian, mematuhi tatatertib ujian SSE UM-PTKIN, dan melaksanakan Ujian SSE UM-PTKIN
E. Perbaikan Data Siswa
Data Siswa diambil dari data DAPODIK dan EMIS.
- Jika ada perbaikan Data Pokok Siswa, maka sekolah dapat melakukan perbaikan pada laman https://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/.
- Jika ada perbaikan Data Pokok Siswa Lulusan, maka siswa dapat melakukan perbaikan data pada laman https://pd.data.kemdikbud.go.id/verval-lulusan/.
- Satuan Pendidikan di bawah Kementerian Agama dapat melakukan perbaikan Data Pokok untuk atribut yang terdiri dari Nama, NIK, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin dan Nama Ibu Kandung pada laman https://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/. Selain attribut tersebut, perbaikan data dapat dilakukan pada laman http://emispendis.kemenag.go.id dan
F. Kontak Panitia
Sekolah dapat menghubungi panitia melalui :
- Email : info@um-ptkin.ac.id
- Website : https://um.ptkin.ac.id
- WhatsApp: 081578901020 (chat)
- Telepon : 024-3300 1400 (call)
Alamat Panitia SPAN-UM PTKIN : Rektorat Lantai 2 Kampus 3 UIN Walisongo Jl. Prof. Dr. Hamka Ngaliyan, Semarang, Jawa Tengah 50185
Itulah tata cara pendaftaran / registrasi UM PTKIN yang dapat dilakukan oleh calon peserta.
Untuk informasi seperti persyaratan, jadwal, pilihan PTKIN, jumlah pilihan program studi, dan lain sebagainya telah dirangkum pada artikel Pendaftaran Online UM PTKIN. Silahkan kunjungi artikelnya.
Catatan : Jika ada perubahan atau perbedaan dengan tata cara pendaftaran saat ini, maka ikuti yang ada di laman resmi.
Demikian informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Tata Cara Pendaftaran UM PTKIN. Semoga informasi tersebut dapat menjadi panduan untuk kalian yang akan mendaftar UM PTKIN.
Terima kasih atas waktu yang diluangkan untuk membaca artikel ini. Mari bagikan pada teman lainnya.