Lowongan Kerja Freelance untuk Mahasiswa yang Masih Aktif Kuliah

Lowongan Kerja Freelance untuk Mahasiswa yang Masih Aktif Kuliah -- Kerja Freelance yang Cocok untuk Mahasiswa, Lowongan Kerja Freelance Bulan Ini, Lowongan Pekerjaan Freelance Untuk Mahasiswa yang Masih Kuliah, Lowongan Pekerjaan Freelance untuk Mahasiswa Aktif, Lowongan Kerja untuk Mengisi Libur Kuliah, Pekerjaan Online untuk Mahasiswa, Lowongan Kerja untuk Mahasiswa Libur Semester, Kerja Sampingan Mahasiswa, Kerja Online Sambil Kuliah.

Kali ini admin akan berbagi sebuah ulasan mengenai Lowongan Kerja Freelance untuk Mahasiswa yang Masih Aktif Kuliah. Ulasan ini ditujukan bagi para mahasiswa yang berkeinginan untuk kuliah sambil kerja freelance. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

https://www.pendaftaranpmb.web.id/

Berbeda dengan jadwal saat sekolah yang padat dan tetap, jadwal kuliah umumnya akan lebih renggang. Sehingga memungkinkan anda bisa mencari aktivitas tambahan. Seperti mencari lowongan kerja freelance bagi mahasiswa.

Di samping organisasi kampus, kerja part time juga bisa jadi salah satu opsi yang baik dalam mengisi waktu luang. Saat ini juga sudah banyak lowongan kerja freelance bagi mahasiswa yang bisa membuat anda mendapat uang tambahan.

Kerja paruh waktu atau part time artinya anda tidak perlu bekerja penuh seperti orang yang bekerja di kantor pada umumnya yaitu bekerja selama 8 jam sehari. Hanya butuh waktu beberapa jam saja atau sesuai dengan acara tertentu. Jadi anda dapat mengerjakan pekerjaan tersebut sambil tetap aktif berkuliah.

Bila anda terpikir untuk kerja freelance namun belum mendapatkan ide pekerjaan apa yang cocok. Di sini anda bisa melihat berbagai macam ide lowongan kerja part time yang mungkin saja cocok untuk anda.

A. Ide Lowongan Kerja Freelance untuk Mahasiswa yang Masih Aktif Kuliah

Sebagai seorang mahasiswa memang kewajiban utama anda adalah menimba ilmu dengan sebaik mungkin. Tetapi masalahnya kadang uang saku yang diberikan orang tua seringkali kurang untuk mencukupi kebutuhan bulanan.

Oleh sebab itu, anda bisa berusaha sendiri untuk menambah uang dengan bekerja paruh waktu. Berikut ini adalah beberapa lowongan pekerjaan untuk mahasiswa yang masih kuliah yang bisa anda coba.

1. Menjadi Web Developer

Pekerjaan sebagai web developer saat ini memang sedang booming. Sebab perkembangan website sedang pesat di era yang saat ini serba online.

Bila anda kebetulan mengambil jurusan ilmu komputer, anda bisa mengambil kerja freelance sebagai web developer. Umumnya ada banyak perusahaan seperti startup yang menyediakan kerja part time untuk posisi ini.

Soal gajinya lumayan, rata-rata perusahaan startup bisa memberikan gaji sampai dengan 3 juta, bahkan ada yang lebih. Misalnya mahasiswa sedang libur semester panjang.

Untuk bisa memperoleh informasi mengenai kerja freelance sebagai web developer ini. Anda bisa memperoleh informasi secara online atau langsung bertanya pada perusahaan bersangkutan.

2. Menjadi Personal Assistant

Bila anda pernah mendengar istilah personal assistant mungkin anda akan bertanya-tanya sebenarnya apa pengertian personal assistant itu. Seorang personal assistant yang mempunyai tugas membantu seseorang yang terkait dengan masalah bisnis atau personal nya.

Seperti seorang artis atau public figure membutuhkan personal asisten untuk membantunya dalam mengatur jadwal. Memesan tiket pesawat atau apapun itu sesuai dengan kebutuhan dari artis tersebut.

Personal asisten bisa menjadi kerja sampingan mahasiswa yang sering diumumkan lewat jejaring pribadi artis atau public figure tersebut. Seperti di media sosial instagram.

Anda bisa mencoba untuk mengikuti media sosial artis atau public figure tersebut. Siapa tahu mereka sedang membuka kesempatan kerja part time sebagai personal assistant.

3. Menjadi Guru Les atau Tutor

Lowongan kerja freelance yang satu ini banyak diambil oleh mahasiswa. Menjadi guru les atau tutor di rasa adalah pilihan yang tepat.

Lowongan kerja tutor di berbagai kampus ada yang menyediakan layanan tutor untuk junior yang ada di semester awal. Bila anda menguasai materi perkuliahan bisa mencoba menjadi tutor.  Sekaligus berbagi ilmu serta pengalaman selama kuliah kepada para junior anda.

Umumnya di sini ada bayaran tersendiri atau beasiswa dan potongan SKS. Hal ini tentunya sangat lumayan. Uang yang seharusnya digunakan untuk membayar SKS dapat menjadi tambahan uang jajan membeli barang idaman.

Untuk menjalankan kerja part time sebagai guru les juga bukan hal yang sulit. Anda bisa memberikan les mata pelajaran untuk anak-anak mulai dari SD hingga SMA.

Soal materi, anda kan sudah pernah mendapatkannya. Tentunya akan lebih mudah untuk mengajari mereka. Atau jika anda punya kemampuan bahasa asing, anda bisa memberikan les bahasa asing dan ini bisa membuat anda mendapat uang tambahan lebih.

4. Creative Writer dan Admin Social Media

Saat ini media sosial sudah seperti kebutuhan. Memang ada dari anda yang yang merupakan generasi milenial yang tidak bisa lepas dari gadget untuk melihat media sosial sehari-hari. Lowongan kerja freelance menjadi creative writer dan admin sosial media cocok sekali untuk anda yang memiliki passion di sosial media.

Tidak seperti pekerjaan web developer yang memiliki skill coding dan lain sebagainya. Kerja part time sebagai admin sosial media dan creative writer dapat dilakukan asalkan anda memiliki wawasan luas dan berpikiran out of the box. Apalagi bila anda suka menulis anda bisa mengambil ini sebagai kerja part time.

5. Barista atau Waiter

Keberadaan coffee shop akhir-akhir ini sangat menjamur. Ternyata hal ini juga memberikan peluang bagi anda sebagai mahasiswa untuk bisa bekerja freelance. Kerja partime jenis ini bisa dilakukan dengan menjadi barista atau waiter di tempat tersebut.

Tugas anda adalah membuatkan minuman dan makanan, menyajikannya hingga bersih-bersih toko. Umumnya kerja part time yang dilakukan di coffee shop akan dibayar dengan hitungan per jam. Namun harinya dapat disesuaikan dengan jadwal kuliah anda.

Bagi penikmat kopi dapat mencoba kerja part time di coffee shop ini. Sambil sekalian anda mencuri ilmu owner dan barista lain. Itung-itung anda bisa belajar banyak plus mendapatkan bayaran juga.

B. Tips Memperoleh Lowongan Kerja Freelance untuk Mahasiswa yang Masih Aktif Kuliah

Terkadang mahasiswa juga ingin memiliki uang saku yang lebih untuk bisa berkumpul dengan teman di sebuah kafe atau membeli sesuatu yang mereka inginkan. Tetapi bila mengandalkan uang saku saja pastinya tidak cukup.

Selain itu, bukanlah sebuah hal yang baik bila anda memaksakan kehendak dan meminta uang saku yang lebih dari orang tua. Anda harus ingat bahwa biaya studi yang dikeluarkan orang tua mungkin dicari dengan susah payah. Lantas solusi yang tepat bagi anda yaitu mencoba mencari lowongan pekerjaan untuk mahasiswa yang masih kuliah.

Bila anda belum pernah mencoba bekerja freelance atau part time dan bingung apa yang harus dilakukan. Maka kami punya tips yang bisa membantu anda untuk mendapatkan lowongan pekerjaan untuk mahasiswa aktif seperti anda.

1. Rajin Membuka Situs Khusus Job

Sekarang ini ada banyak sekali situs khusus lowongan kerja yang di dalamnya tersedia ribuan informasi pekerjaan profesional. Baik yang bisa dilakukan secara full time maupun part time. Ada beberapa situs pekerjaan yang bisa memberikan info lowongan kerja dari rumah.

2. Memanfaatkan Koneksi yang Anda Miliki

Bila anda mempunyai jaringan pertemanan yang baik. Ini bisa menjadi salah satu ide yang baik bila anda dapat memanfaatkan jaringan tersebut untuk memperoleh informasi mengenai pekerjaan part time.

Dengan demikian anda dapat memperoleh informasi mengenai perusahaan yang saat ini sedang membuka lowongan kerja freelance untuk mahasiswa seperti anda. Dasi sana, anda bisa mengetahui seperti apa lowongan kerja yang bisa anda coba untuk mendapatkan uang tambahan.

3. Mengajukan Lamaran Pekerjaan di Musim Liburan

Berbagai macam jenis bisnis seperti perusahaan marketing, restoran, bisnis kecil dan agency umumnya membutuhkan pekerja freelance yang bisa bekerja ketika musim liburan. Selain itu, juga bisa mengerjakan project project lepas.

Khususnya bila anda seorang penulis, web designer, grafik designer atau yang lainnya. Banyak peluang pekerjaan yang dapat anda manfaatkan ketika musim liburan.

Ketika anda melamar posisi untuk holiday focused pastikan anda mengirimkan portofolio yang terbaik dan juga penghargaan yang sudah pernah anda raih. Umumnya perusahaan lebih cepat mempekerjakan orang ketika musim liburan. Dengan menyertakan sampel kerja dan surat lamaran anda maka peluang anda tentu akan semakin besar.

4. Follow Up Lamaran Anda

Saat anda melamar pekerjaan freelance, jangan lupa memfollow up perusahaan dengan waktu 7 hingga 10 hari setelah mengirimkan lamaran. Ini bisa menunjukkan bahwa anda benar-benar tertarik dengan posisi tersebut dan bisa membuat anda berbeda dari pelamar lain.

Jika anda sudah berhasil menggali lebih dalam saat mencari lowongan kerja freelance bagi mahasiswa. Maka anda bisa menemukan banyak peluang untuk bisa mengembangkan karir.

Tetapi anda harus tetap menjaga agar kerja part time yang diambil tidak mengganggu kuliah anda saat ini. Jangan sampai kuliah anda terbengkalai.

5. Be Flexible

Saat musim liburan tiba, banyak perusahaan yang memberlakukan waktu ekstra agar bisa mencapai target bisnis yang mereka inginkan. Bila anda memasarkan diri sebagai salah satu pekerja yang fleksibel anda bisa meningkatkan peluang diterima untuk kerja freelance.

Saat anda melamar kerja jelaskan kepada mereka anda bisa bekerja di luar jam kerja biasanya. Misalnya ketika akhir pekan atau malam hari. Anda juga bisa menjelaskan bahwa anda adalah mahasiswa.

Dengan demikian perusahaan part time tidak akan membebani anda dengan tugas yang banyak saat anda sudah mulai bergabung dengan perusahaan tersebut. Sehingga ini bisa membuat anda nyaman dalam bekerja.

C. Manfaat Kerja Freelance untuk Mahasiswa yang Masih Aktif Kuliah

Sebagai mahasiswa tentunya anda ingin agar mendapatkan uang saku yang lebih. Walaupun sudah ada jatah dari orang tua, tetapi ketika ada kebutuhan lain yang tidak terduga maka saat memiliki uang lebih anda bisa menggunakan uang tersebut.

Bukan hanya digunakan untuk kepentingan pribadi yang penting saja. Tetapi anda juga bisa digunakan menggunakannya untuk menabung dan sesudah lulus dapat digunakan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Sebagai mahasiswa yang punya jam kuliah sedikit, tentunya anda punya banyak waktu luang. Waktu luang ini bisa digunakan dengan memanfaatkan nya seproduktif mungkin. Salah satunya adalah dengan mencari lowongan kerja freelance bagi mahasiswa agar bisa bermanfaat dan menghasilkan sesuatu.

Ternyata ada banyak sekali manfaat yang bisa anda peroleh saat anda mengambil lowongan kerja freelance tersebut. Dengan demikian, anda bisa memanage waktu dengan baik sehingga kuliah tidak terganggu. Apa saja keuntungan yang diperoleh bila anda bekerja freelance?

1. Bisa Menambah Uang Saku

Jelas sekali bahwa keuntungan pertama yang bisa anda dapatkan saat bekerja freelance adalah bisa menambah uang saku. Bila bekal dari orang tua anda sudah menipis, pastinya anda akan tenang. Sebab memperoleh gaji sebagai uang tambahan dari hasil jerih payah anda saat bekerja.

Walaupun jumlahnya belum bisa dibilang banyak. Dengan demikian anda tetap aman saat kehabisan uang bekal. Umumnya para pekerja freelance ini dibayarkan berdasarkan lama waktu kerja seperti per shift per jam atau per hari.

2. Belajar Masuk ke Dunia Kerja

Walaupun memang tidak sedikit orang tua yang tidak ingin anaknya bekerja lebih dulu karena takut bila mengganggu kuliah. Tetapi dengan bersikap dan berpikir dewasa, anda bisa menjelaskan pada orang tua.

Jelaskan bahwa anda bisa memanage semua itu sehingga berhasil menjalani keduanya. Dengan masuk ke dunia kerja, anda bisa belajar memanage waktu dan bisa belajar lebih awal. Supaya proses belajar anda tidak terganggu.

3. Menambah Pengalaman

Salah satu keuntungan bekerja freelance bagi mahasiswa yang paling banyak memberikan manfaat yaitu berupa pengalaman. Dengan pengalaman selama kuliah, ketika lulus kuliah dan melamar pekerjaan. Anda sudah punya point khusus sebagai salah satu nilai tambah yang nantinya dicantumkan di dalam CV anda.

4. Belajar Mandiri

Selain berperan sebagai mahasiswa yang tinggal jauh dari orang tua. Pastinya pribadi yang mandiri dituntut saat sejak anda masuk perkuliahan dari semester awal. Ketika anda sudah berkecimpung dalam dunia kerja kemandirian juga menjadi sebuah tuntutan.

Dengan menjadi pribadi yang mandiri, anda akan mengetahui bagaimana anda bekerja dan bertemu dengan banyak orang. Agar bisa memperoleh pendapataan dari hasil kerja sendiri yang bisa membantu ekonomi orang tua anda.

5. Memiliki Waktu Kerja yang Fleksibel

Kebanyakan dari kita merasa takut bila sudah bekerja maka waktu kuliah akan terganggu. Tapi jangan salah, sekarang itu  banyak yang mencari pekerja freelance dan menyediakan fasilitas fleksibel time.

Jadi waktu kerja anda dapat disesuaikan dengan jadwal kuliah. Umumnya anda juga bisa diberi dispensasi seperti saat ujian atau kepentingan kampus mendadak. Jadi, anda bisa tetap bekerja tetapi kuliah juga jalan terus.

6. Belajar Manajemen

Karena anda sudah ber kuliah sambil kerja, maka anda harus dapat mengatur waktu serta prioritas. Bila anda sudah melamar kerja tentunya harus berkomitmen dengan tanggung jawab.

Namun jangan karena sudah bekerja anda menjadi lupa tugas dan berbagai macam hal tentang pendidikan lainnya. Satu hal yang pasti, kuliah harus tetap menjadi prioritas utama. Sementara pekerjaan menjadi tanggung jawab anda yang harus dipenuhi.

7. Peluang Networking

Bila anda tidak memperoleh pengalaman kerja dalam bidang karir yang anda rencanakan, kerja freelance tetap memiliki manfaat. Anda tidak pernah tahu siapa yang mungkin anda temui nantinya.

Anda dapat memperoleh teman baik, koneksi, referensi atau bahkan klien baru. Membangun networking atau jaringan adalah salah satu karakteristik orang sukses. Walaupun tampak sudah punya banyak jaringan, orang sukses akan terus mengembangkannya.

Hal ini karena mereka tahu bila semakin banyak mengenal orang dan orang-orang mengenal mereka. Tentu akan semakin banyak peluang dan kesempatan yang dimiliki dalam mengembangkan usaha tersebut.

8. Mengembangkan Keterampilan Diri

Walaupun anda tidak berpikir keterampilan yang anda kembangkan saat bekerja freelance bermanfaat untuk karir anda kedepannya. Namun hal itu bisa saja terjadi. Memanfaatkan lowongan kerja freelance bagi mahasiswa mengajarkan keterampilan yang dicari oleh setiap bos.

Manajemen waktu, komitmen, kepemimpinan, kerja tim, layanan pelanggan, organisasi dan daftarnya terus berlanjut. Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk mengembangkan keterampilan diri yang bisa digunakan sebagai bekal anda nanti setelah merintis usaha.

Dalam hal ini anda harus menerapkan prinsip kerja bagus kuliah jalan terus. Lowongan kerja freelance bagi mahasiswa memang bisa menambah uang saku, pengalaman dan juga kemandirian anda. Tetapi anda harus tetap mengutamakan kuliah agar lulus dengan hasil terbaik.

Baca Juga :

Demikian ulasan mengenai Lowongan Kerja Freelance untuk Mahasiswa yang Masih Aktif Kuliah. Semoga ulasan singkat di atas dapat memberikan ide dan pencerahan untuk kalian semua. Baca juga artikel terkait lainnya di blog ini. Cukup sekiand dan salam sukses. Bagikan juga ulasan ini ya.