Pilih Kuliah atau Kerja? Harus Fokus atau Bisa Kedua-duanya

Pilih Kuliah atau Kerja -- Kerja Dulu atau Kuliah Dulu, Pilih Kuliah atau Kerja atau Kuliah Sambil Kerja, Pilih Mana Antara Kuliah atau Kerja, Kuliah Sambil Kerja, Bekerja sambil Kuliah, Lulus Sekolah mau Kemana, Lulus Kuliah Langsung Kerja, Fokus Kuliah atau Bisa Kedua-duanya, Bimbang Kuliah Atau Kerja, Kerja Atau Kuliah Mana Yang Lebih Penting, Lulus SMK Kerja Atau Kuliah, Kuliah Atau Kerja Setelah Lulus SMK?, Lanjut Kuliah Atau Kerja, Kuliah Atau Kerja Setelah Lulus SMA, Enakan Kuliah Atau Kerja, Pilih Kuliah Atau Kerja Setelah Lulus Sekolah.

Kali ini admin akan membahas sebuah artikel yang menarik tentang Pilih Kuliah atau Kerja? Harus Fokus atau Bisa Kedua-duanya. Permbahasan ini utamanya diperuntukkan bagi lulusan sekolah jenjang SMA/MA/SMK. Pembahasan selengkapnya dapat anda simak berikut ini.

https://www.pendaftaranpmb.web.id/

Senang rasanya telah lulus dari Sekolah. Beban di otak terasa hilang. Tak ada lagi hal yang perlu dipikirkan secara mendalam.

Namun harus anda ingat, perjuangan anda bukan hanya sampai pada lulus Sekolah saja, perjuangan akan terus berlanjut hingga akhir hayat.

Ada sebuah pertanyaan yang mesti anda jawab untuk menentukan masa depan anda. Ini dia pertanyaannya : "Pilih Kuliah atau Kerja?"

Kuliah atau Kerja? 

Mungkin itu adalah sebuah pertanyaan yang cukup sulit untuk dijawab. Perlu diketahui bahwa anda lanjut kuliah atau langsung kerja, ujung-ujungnya adalah kerja. Namun dengan kuliah terlebih dahulu diharapkan dapat mendapatkan perkerjaan yang lebih baik dibanding langsung kerja ketika lulus Sekolah. Namun semua itu tidak ada jaminannya.

Siswa-siswi yang telah lulus dari jenjang pendidikan SMA/MA/SMK/sederajat mungkin akan bingung apakah akan lanjut kuliah atau langsung kerja saja. atau bisa masuk TNI/POLRI.

Ketika bingung mengenai hal itu, mungkin anda membutuhkan pencerahan agar kebingunan anda bisa hilang.

Disini admin akan memberikan sedikit pencerahan mengenai hal tersebut. Silahkan anda baca.

1. Pilih Kuliah

Orang-orang yang memiliki minat tinggi untuk kuliah, serta mendapatkan dukungan dari orang tua tentunya akan memilih kuliah terlebih dahulu baru kemudian mencari pekerjaan.

Kuliah merupakan salah satu proses menambah pengetahui dan wawasan. Dengan kuliah, kita akan berkumpul dengan berbagi teman dari berbagai daerah yang kemungkinan besar mereka memiliki kemampuan dan bakatnya masing-masing.

Dengan saling bertukar pikiran, untuk mereka yang telah memiliki bakat dan kemampuan di atas rata-rata, maka bisa berbagi dengan teman lainnya agar teman lainnya juga bisa menambah kemampuan yang dimiliki.

Jika telah memiliki kemampuan yang memadai, maka gunakanlah kemampuan tersebut untuk mendapatkan penghasil tambahan untuk mencukup kebutuhan sehari-hari. Dengan demikian, beban orang tua untuk menanggung biaya kuliah kita akan sedikit berkurang. 

Namun perlu diingat bahwa ketika anda lulus kuliah, tidak ada jaminan anda bisa langsung bekerja. Anda harus mencari pekerjaan sendiri setelah lulus kuliah. Apabila ada yang setelah lulus kuliah langsung bekerja, maka itu adalah suatu rejeki atau kemudahan dari Tuhan, maka bersyukurlah.

Apabila anda telah lulus kuliah lalu mencari kerja dan mendapatkan pekerjaan. Namun terkadang pekerjaan itu tidak sesuai dengan bidang pendidikan yang telah ditempuh sebelumnya. Hal tersebut tidak masalah asalkan anda mampu melakukan pekerjaan tersebut dengan baik dan benar. Terus belajar agar anda bisa menguasai hal-hal yang berkiatan dengan bidang pekerjaan anda.

2. Pilih Kerja

Orang-orang yang seperti berikut ini mungkin tidak akan melanjutkan kuliah, namun langsung pilih bekerja :
  • Tidak mendapatkan dukungan dari orang tua
  • Tidak memiliki biaya untuk kuliah
  • Tidak memiliki minat untuk kuliah

Jika anda termasuk dalam salah satu ciri di atas, mungkin anda tidak beminat untuk kuliah namun memilih untuk bekerja.

Bekerja adalah suatu usaha untuk mendatangkan rejeki yang utamanya berbentuk uang. Dengan memiliki uang, maka bisa mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.

Bagi lulusan SMA/MA/SMK yang ingin bekerja, maka bisa memilih bekerja di Perusahaan BUMN, Perusahaan BUMD, atau Perusahaan Swasta.

Dari ketiga macam lulusan jenjang pendidikan di atas, maka lulusan SMK adalah yang paling memiliki peluang paling besar untuk langsung bekerja karena pendidikan di SMK berbasis pada pengasahan skill sehingga ketika lulus dari SMK bisa langsung bekerja.

Sedangkan untuk lulusan SMA/MA, maka untuk mendapatkan pekerjaan yang dianggap cukup baik dan layak maka terlebih dahulu harus kuliah karena dengan gelar yang dimiliki maka diharapkan bisa mendapatkan pekerjaan yang baik dan layak.

3. Lulus Kuliah Langsung Kerja

Anda ingin lulus kuliah langsung kerja? tentu dijawab ya. Setiap mahasiswa yang sedang kuliah berharap dirinya setelah lulus kuliah bisa langsung bekerja. 

Apakah bisa seperti itu?

Ya tentu saja bisa. Anda bisa kuliah di Sekolah Ikatan Dinas yang diselenggarakan oleh Kementerian Repiblik Indonesia. 

Ingat!!! Kuliahlah di Sekolah Ikatan Dinas, bukan kedinasan karena Sekolah Kedinasan terdiri dari Sekolah Ikatan Dinas dan Sekolah Non Ikatan Dinas.

Untuk yang Ikatan Dinas, apabila telah lulus kuliah bisa langsung bekerja dan biasanya akan langsung diangkat jadi PNS. Sedangkan yang Non Ikatan Dinas, setelah lulus kuliah silahkan menceri pekerjaan sendiri. Jadi pilihlah Ikatan Dinas.

Apa saja Sekolah Ikatan Dinas yang ada di Indonesia?

Berikut ini admin berikan daftar Sekolah Ikatan Dinas yang ada di Indonesia. 
  • Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN)
  • Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)
  • Sekolah Tinggi Intelejen Negara (STIN)
  • Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN)
  • Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD)
  • Politeknik Ilmu Permasayarakatan (POLTEKIP)
  • Akademi Imigrasi (AIM)
  • Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG)
  • Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN)

Untuk mengenai informasi mengenai pendaftaran sekolah ikatan dinas di atas, silahkan kunjungi artikel : Pendaftaran Perguruan Tinggi Ikatan Dinas atau klik langsung pada link aktif dari nama Sekolah Ikatan Dinas di atas.

3. Kerja Sambil Kuliah

Apakah bisa Kerja Sambil Kuliah?  Tentu saja bisa.

Bagi anda yang telah bekerja namun ingin sambil kuliah karena tuntutan dari Instansi tempat anda bekerja, maka anda bisa kerja sambil kuliah dengan memperhatikan beberapa hal seperti berikut ini :
  • Pilih kampus yang ada kuliah kelas karyawannya karena kampus yang demikian itu memfasilitasi mahasiswanya yang kuliah sambil kerja. Atau jika tidak ada yang kuliah kelas karyawan, maka pilihkan kuliah di akhir pekan atau weekend.
  • Harus bisa membagi waktu dengan baik antara kuliah atau kerja dan mengurusi segenap tugas-tugas kuliah atau pekerjaan anda.
  • Pilih jurusan kuliah yang sesuai dengan bidang pekerjaan anda karena itu bisa menunjang karier anda kedepan dan ketika menjalankan perkuliahan anda bisa merasa nyaman.

4. Kuliah Sambil Kerja

Apakah anda seorang mahasiswa yang ingin kuliah sambil bekerja? Tentu saja Iya.

Bagi mahasiswa yang rutinitas hariannya adalah kuliah namun tetap ingin menghasilkan uang hanya sekedar untuk membeli pulsa, mencukupkan makan dan minum setiap hari. membeli bensin, dan memenuhi kebutuhan ringan lain. maka anda bisa kiah sambil kerja dengan memilih pekerjaan yang terutama yang sesuai dengan jurusan kuliah yang anda jalani.

Misalnya anda memilijh jurusan Pendidikan Matematika atau Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, maka anda bisa membuka privat di rumah atau datang langsung di rumah siswa, atau mengajar les di Bimbel yang ada d sekitas anda.

Selan itu, untuk anda yang kuliah dijurusan Elektro, maka anda bisa mencoba memperbaiki alat-alat rumah tanggal yang rusak seperti TV, Digital, Kipas, DVD, dan lain-lain.

Dengan bekerja seperti itu, maka bisa menghasilkan uang yang semoga bisa mencukupkan kebutuhan anda sehari-hari.

5. Tidak Kuliah Tapi Masuk TNI / POLRI

Bagi anda yang telah lulus SMA/MA/SMK/Lulusan Sarjana (sesuai kebutuhan) yang memiliki biaya cukup, yang tidak ingin kuliah, maka anda bisa masuk ke TNI / POLRI.

Dengan masuk menjadi anggota TNI / POLRI, maka hanya cukup beberapa bulan saja untuk mengikuti pendidikan, maka anda bisa langsung bekerja di TNI / POLRI.


Kesimpulan

* Pilih kuliah atau kerja? itu semua tergantung dari anda yang menjalaninya asalkan pilihan anda didukung oleh keluarga.

* Bagi yang ingin kuliah sambil kerja atau kerja sambil kuliah, maka harus bisa mengatur waktu dengan baik

* Bagi yang lulus SMA/MA/SMK dan ingin langsung bekerja, maka pilihlah jenis pekerjaan yang sesuai dengan skill yang anda miliki dan digaji dengan gaji yang pantas.

* Bagi yang ingin kuliah langsung bekerja, maka pilihlah kuliah yang ikatan dinas atau masuk TNI / POLRI, maka setelah lulus bisa langsung bekerja.

* Akhir dari kuliah / sekolah adalah bekerja.

* Bekerja untuk menghasilkan uang

* Uang digunakan untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari

Itulah artikel yang dapat admin sampaikan tentang Pilih Kuliah atau Kerja? Harus Fokus atau Bisa Kedua-duanya. Mudah-mudahan setelah membaca artikel ini anda dapat menentukan pilihan untuk kuliah atau bekerja.

Silahkan bagikan informasi ini pada teman-teman lain yang membutuhkan atau ajak mereka secara langsung untuk membaca artikel ini. Jangan lupa untuk menyukai halaman web kami. Cukup sekian dan terima kasih atas kunjungan anda.