Lowongan Kerja Part Time untuk Mahasiswa yang Masih Aktif Kuliah

Lowongan Kerja Part Time untuk Mahasiswa yang Masih Aktif Kuliah -- Ide Kerja Part Time buat Mahasiswa dan Gajinya, Lowongan Part Time untuk Mahasiswa Bulan Ini, Lowongan Kerja Part Time untuk Mahasiswa di Kota, Lowongan Kerja Part Time untuk Mahasiswa di Perusahaan, Contoh Kerja Part Time untuk Mahasiswa, Pekerjaan Part Time bagi Mahasiswa yang Aktif Kuliah.

Informasi yang akan admin bagikan kali ini berjudul Lowongan Kerja Part Time untuk Mahasiswa yang Masih Aktif Kuliah. Informasi ini ditujukan bagi para mahasiswa yang ingin kuliah sambil kerja part time. Langsung saja simak infomasi selengkapnya di bawah ini.

https://www.pendaftaranpmb.web.id/

Menjadi mahasiswa terkadang memiliki waktu luang yang bisa digunakan untuk berbagai macam kegiatan atau aktifitas. Baik hanya sekedar bersantai maupun mencari aktivitas yang bermanfaat bahkan bisa untuk mencari tambahan penghasilan. 

Terkadang menjadi mahasiswa juga ingin memiliki uang saku yang lebih untuk bisa digunakan saat ada acara berkumpul dengan teman-teman sambil makan atau membeli sesuatu yang diinginkan. Apabila hanya mengandalkan uang saku saja, pastinya tidak akan mencukupi. 

Dan tentunya dalam hal ini anda semua tidak akan meminta pada orang tua hanya untuk hal yang kurang penting dan diluar kegiatan kualiah. Mengingat orang tua kita mencari biaya untuk pendidikan kita saat kualiah itu tidaklah mudah dan penuh dengan perjuangan. 

Lain halnya dengan jadwal pada saat sekolah yang tetap dan juga cukup padat, untuk jadwal kuliah ini mungkin dinilai lebih senggang, sehingga memungkinkan anda semuanya untuk mencari aktivitas lain yang bisa memberikan pemasukan tambahan pada anda. 

Untuk hal ini,  solusi yang paling tepat yaitu dengan mencoba untuk bekerja part time. Karena saat ini banyak lowongan kerja part time untuk mahasiswa. Tak hanya organisasi di kampus saja, kerja part-time ini juga menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi anda untuk mengisi waktu luang. Nah, keuntungannya yaitu anda bisa memperoleh penghasilan di sela-sela waktu senggang.

A. Lowongan Kerja Part Time untuk Mahasiswa yang Masih Aktif Kuliah

Kerja part time merupakan kerja paruh waktu, disini anda semua yang masih berstatus mahasiswa tidak perlu bekerja seharian penuh seperti orang yang bekerja kantor pada umumnya. 

Akan tetapi anda hanya bekerja dalam waktu beberapa jam saja, atau disesuaikan dengan acara tertentu saja. Dengan demikian, anda semuanya bisa mengerjakannya sambil berkuliah tanpa mengganggu waktu belajar anda.

Tak hanya itu saja, bekerja part-time ternyata juga dapat mengajari anda semuanya mengenai betapa penting dan berharganya waktu dan juga skill di dalam mengatur keuangan. Di dalam memulainya, anda semuanya dapat membuat daftar mengenai skill serta bakat yang anda miliki.

Selanjutnya, anda semuanya dapat memutuskan target pekerjaan apa yang akan anda coba lakukan. Dengan demikian, anda semuanya lebih bisa menghemat waktu serta menggunakannnya untuk mengerjakan pekerjaan yang cocok.  Berikut ini adalah lowongan kerja part time bagi mahasiswa yang bisa anda coba.

1. Personal Assistant

Personal Assistant bisa menjadi pilihan terbaik untuk anda semua yang ingin mendapatkan pekerjaan di sela waktu kuliah.  Nah, Personal Assistant  ini tugasnya yaitu untuk membantu seseorang dalam hal bisnis ataupun personalnya. 

Bisa digambarkan seperti seorang artis atau publik figur misalnya, mereka biasanya membutuhkan Personal Assistant di dalam membantunya mengatur jadwal, bisa juga bertugas memesankan tiket pesawat, atau berbgai hal yang sesuai dengan kebutuhan artis atau publik figur itu. 

Lowongan kerja part time bagi mahasiswa sebagai Personal Assistant ini pada umumnya akan diumumkan lewat jejaring pribadi artis atau publik figur  yang membutuhkan. Salah satu diantaranya yaitu dengan melalui media sosial instagramnya. 

Anda semua bisa mengikuti media sosial dari para artis atau publik figur, bisa jadi anda semua bisa mendapatkan kesempatan kerja part time Personal Assistant dari publik figur tersebut.

2. Tutor atau Guru Les

Menjadi guru les merupakan salah satu kerja part-time yang banyak dicoba oleh para mahasiswa. Untuk yang ingin menjadi tutor, pada umumnya di beberapa kampus ada yang menyediakan layanan sebagai seorang tutor untuk junior yang masih berada di semester awal. 

Apabila anda cukup menguasai dalam hal materi-materi perkuliahan, anda bisa mencoba lowongan kerja part time menjadi tutor. Selain itu anda juga dapat berbagi ilmu dan pengalaman semasa kuliah kepada junior anda. 

Pada umumnya ini akan ada bayaran tersendiri, bisa juga berupa beasiswa serta potongan SKS. Jadi, anda bisa membeli sesuatu yang anda inginkan dari hasil kerja ini.

Selain menadi tutor anda bisa juga mencoba menjadi guru les. Kerja part time menjadi seorang guru les cukup mudah untuk anda lakukan. Berikan saja les mata pelajaran khusus untuk anak-anak SD sampai dengan SMA, yang mana materinya sudah anda kuasai. 

Yang pastinya, ini akan menjadikan anda bisa lebih mudah di dalam mengajarkannya. Atau apabila anda semuanya memiliki kemampuan bahasa asing, anda dapat memberikan les bahasa asing untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Bisa juga lewat lembaga les tertentu atau anda sendiri yang membuka jasa les tersebut.

3. Desainer

Untuk anda semuanya yang kuliahnya mengambil jurusan desain, atau anda hoby dan bisa mendesain, anda dapat memanfaatkan bakat yang anda miliki. Contohnya saja, buka jasa untuk desain CV teman anda.  Bisa juga anda membuka jasa untuk desain logo, kartu nama, dan website apabila teman anda ingin mencoba membuat bisnis tertentu. 

Pada awalnya kerja part-time ini, anda semuanya dapat membuat sendiri logo serta profil diri sendiri untuk dijadikan sebagai portfolio yang nantinya dapat ditunjukkan kepada orang-orang lain. Tujuannya agar mereka bisa menjadi semakin yakin untuk menggunalan jasa desain anda.

4. Penulis Lepas

Banyak sekali jenis bisnis yang membuka lowongan kerja part time sebagai penulis lepas, entah itu untuk website kesehatan dan kecantikan, website karier, hingga website untuk co-working space. 

Sebab dalam kenyataannya, masyarakat milenial saat ini akan lebih memilih mencari informasi mengenai suatu hal lewat apa yang mereka lihat dan apa yang mereka baca. 

Maka dari itu tak heran jika saat ini banyak bisnis yang dijalankan dengan mengembangkan isi website atau media sosial mereka, supaya dapat lebih dekat dengan publik. Nah, kerja part time menjadi seorang penulis lepas ini dapat anda coba.

5. Web Developer

Kerja part time untuk mahasiswa selanjutnya yaitu web developer.  Karena, saat ini perkembangan website sedang pesat pesatnya di zaman modern yang serba online ini. 

Nah, untuk anda semuanya yang mungkin seudah mengambil jurusan ilmu komputer, anda dapat mencoba mengambil kerja part time untuk menjadi seorang web developer. Pada umumnya banyak sekali perusahaan, terlebih lagi startup yang memyediakan kerja part time untuk posisi ini. 

Sedangkan untuk masalah gaji yang didapatkannya juga tidak perlu diragukan. Sebab, gajinya cukup besar untuk anda yang mengambilnya untuk kerja paruh waktu saja. 

Untuk bisa memperoleh informasi kerja part time sebagai web developer, anda dapat memperolehnya secara online ataupun bisa juga langsung ditanyakan kepada perusahaan yang bersangkutan.

6. Fotografer

Setiap acara atau momen yang spesial pastinya ingin diabadikan untuk bisa dijadikan sebagai kenang-kenangan di masa yang akan datang. Apalagi, untuk saat ini semakin banyak orang yang mempunyai platform media sosial untuk menampilkan momen-momen pentingnya yang berkesan. 

Dan dalam hal ini, banyak sekali orang yang mulai mencari jasa fotografer yang bisa mengabadikan bebagai momen, dari pada harus mengambil fotonya dendiri melalui handphone. 

Kerja part time menjadi seorang fotografer  ini dapat anda coba dijadikan pilihan untuk anda dalam mengisi waktu luang. Sebab, untuk saat ini hampir semua kegiatan membutuhkan jasa foto.

Sebagai contoh saja, pada saat ada acara pembukaan restoran baru yang pastinya membutuhkan jasa fotografer supaya memotret menu-menunya denga menarik. 

Atau untuk momen atau acara seminar, ulang tahun, hingga untuk acara pernikahan dapat menjadi acara yang baik untuk yang ingin mencoba kerja part-time fotografer. 

Anda semuanya dapat membuka jasa foto sendiri. Jika tidak, anda bisa bergabung dengan komunitas atau agen penyedia jasa fotografer untuk kerja part time sebagai fotografer.

7. Pemandu Wisata

Untuk anda semuanya yang bertempat tinggal di daerah wisata yang banyak wisatawan asinga tau turis, maka kerja part-time menjadi seorang pemandu wisata dapat menjadi salah satu pilihan yang menyenangkan untuk anda semua. 

Anda bisa memperkenalkan keindahan daerah tersebut, dan bisa juga menunjukkan spot-spot bagus untuk digunakan berfoto.

 Bisa juga anda semuanya menceritakan budaya. Dan ini bisa menjadi kerja part-time yang tepat untuk anda yang hoby jalan-jalan serta suka berinteraksi. 

Anda semuanya juga bisa memposting jasa anda dengan website pribadi atau pun media sosial yang anda miliki, dan mencoba menjelaskan keindahan yang ada di daerah tempat tinggal anda. 

Tak hanya jalan-jalan dan anda mendapatkan bayaran, disini anda semuanya juga dapat mengasah kemampuan anda di dalam berbahasa, dengan cara berinteraksi serta belajar bahasa apabila ada turis asing yang menggunakan jasa kerja part time pemandu wisata anda.

B. Tips Mencari Kerja Part Time untuk Mahasiswa

Nah, untuk anda semuanya yang ingin mencari kerja part time untuk mahasiswa, sebaiknya anda memperhatikan tips-tips berikut ini.

1. Carilah Pekerjaan Dari Berbagai Sumber

Sumber terbaik untuk mahasiswa yang mencari pekerjaan yaitu lewat papan pengumuman ataupun website kampus. Anda juga dapat meminta informasi dari dosen yang sudah anda kenal. 

Nah, yang paling mudah anda bisa mencari informasi tentang pekerjaan part-time secara online di mesin pencarian, media sosial, atau mencoba mendatangi perusahaan secara langsung atau menghubungi di kontak perusahaan lewat email dan media sosial.

Sedangkan jika lewat media sosial mungkin anda semuanya dapat memanfaatkan Linkedln, Facebook serta Twitter. 

2. Mulai Lebih Awal

Apabila anda semuanya memiliki waktu lebih awal sebelum mulai masuk di suatu universitas sebaiknya anda bisa memanfaatkan waktu itu dengan baik. Anda bisa mencari pekerjaan part-time sebelum ada mulai masuk kuliah.

Sebab, pada awal kuliah anda memperoleh banyak saingan dalam mencari pekerjaan part-time. Maka dari itu, sebaiknya anda mencari pekerjaan paruh waktu ini dengan lebih awal.

3. Perhatikan CV Anda

Walaupun pekerjaan yang anda inginkan adalah pekerjaan part-time, tetap saja CV merupakan poin yang penting. Maka dari itu, usahakan CV anda bisa benar-benar menjual serta menarik orang supaya tertarik membacanya.

Karena pengalaman akan menjadikan CV semakin menarik, jadi sebaiknya anda semuanya mencantumkan beberapa pengalaman anda sebelumnya. Pengalaman yang dicantumkan ini tidak harus tentang pekerjaan. 

Namun juga bisa tentang pengalaman anda sebagai sukarelawan untuk suatu event, pengalaman juga bisa membantu usaha keluarga atau yang lainnya.

Pastikan juga seluruh informasi yang ada pada CV anda juga tidak ketinggalan zaman. Jangan sampai sebab suatu kesalahan yang kecil anda akan kehilangan kesempatan besar menjadi salah satu karyawan part-time pada suatu perusahaan.

Tak hanya itu saja, sebaiknya anda semuanya juga memiliki beberapa CV yang berbeda apabila anda memiliki niat untuk mencari pekerjaan part time pada beberapa sektor yang berbeda.

4. Perhatikan Akun Media Sosial Anda

Tips mencari kerja part time selanjutnya yaitu perhatikan media sosial anda. Buatlah supaya feed media sosial anda menunjukkan sisi positif serta kelebihan yang anda miliki. 

Hindari juga memposting konten-konten yang sifatnya negatif dan tidak sesuai aatu kurang pas dengan kepribadian seseorang yang berpendidikan. Tak hanya itu saja, pastikan juga profil media sosial anda lengkap dan tampak profesional. 

5. Freelance Bisa Menjadi Alternatif

Apabila diri anda merasa tidak yakin dapat membagi waktu antara kuliah dan bekerja maka anda bisa mencoba untuk bekerja sebagai freelancer. Pekerjaan freelance ini dinilai menawarkan fleksibilitas serta kapasitas yang dapat anda sesuaikan dengan kemampuan anda. 

Bahkan jika anda semuanya bekerja menjadi seorang freelance maka nantinya dapat membawa anda bisa membuka bisnis sendiri di kedepannya.

Untuk sekarang ini, terdapat banyak platform online yang menyiapkan wadah untuk para freelance di dalam memperoleh pekerjaan berdasarkan dengan skill, bakat serta passion yang mereka miliki. 

Mungkin anda semuanya dapat menjadi content writer apabila menulis merupakan salah satu hobi yang anda miliki. Jika passion anda  ada di design, maka ada banyak pekerjaan design yang tersedia secara online.

Diantaranya mulai dari desain video, desain animasi, logo sampai dengan desain website. Semua itu dapat anda coba untuk mengisi waktu luang di sela kuliah anda.

6. Ajukan Lamaran Saat Musim Liburan

Beberapa macam bisnis seperti restoran, perusahaan marketing dan bisnis lainnya pada umumnya memerlukan pekerja part-time untuk bekerja ketika musim liburan dan juga mengerjakan project lepas. 

Terlebih lagi apabila anda merupakan penulis, grafik desainer, maupun web desainer, maka akan banyak peluang pekerjaan yang dapat anda manfaatkan ketika musim liburan. 

Ketika akan melamar posisi untuk holiday-focused, sebaiknya anda semuanya mengirimkan portofolio terbaik dan juga beberapa penghargaan yang mungkin pernah diraih.

Pada umumnya perusahaan ini bisa lebih cepat mempekerjakan orang ketika musim liburan. Yaitu dengan memberikan sample kerja dengan surat lamaran anda, denan begitu peluang anda bisa menjadi lebih besar.

7. Flexible

Pada saat sedang musim liburan, banyaksekali perusahaan yang membutuhkan waktu ekstra di dalam mencapai target bisnis. Apabila anda semuanya menawarkan sebagai pekerja yang fleksibel, maka peluang diterima untuk kerja part time anda akan lebih besar. 

Pada saat anda semuanya melamar kerja, maka jelaskan pada mereka jika anda semuanya bisa bekerja di luar jam-jam kerja biasanya. Diantaranya ketika malam hari atau di akhir pekan. 

Jelaskan juga jika anda sudah memiliki pekerjaan full-time, sehingga pihak perusahaan part time tidak akan membebani anda dengan tugas yang diluar kemampuan pada saat mulai bekerja nanti.

8. Follow-up Lamaran Anda

Pada saat anda semua melamar pekerjaan part-time, sebaiknya jangan lupa untuk mefollow-up perusahaan dalam waktu 7 sampai dengan 10 hari sesudah mengirimkan lamaran anda. 

Karena ini bisa menunjukkan jika anda semuanya benar-benar tertarik dalam posisi tersebut. Dan bisa menjadikan anda terlihat berbeda dari pelamar lainnya. 

Sesudah anda semuanya berhasil menggali lebih dalam lagi pada saat mencari kerja part-time, anda semuanya akan menemukan banyak peluang di dalam mengembangkan karir. 

Akan tetapi, anda semuanya harus tetap menjaga agar kerja part-time yang anda ambil tidak akan menganggu kerja full-time anda sekarang ini.

Baca Juga :

Demikian informasi mengenai Lowongan Kerja Part Time untuk Mahasiswa yang Masih Aktif Kuliah. Semoga informasi ini bisa memberikan ide-ide kerja part time untuk mahasiswa. Terima kasih dan semoga kalian bisa mendapatkan pekerjaan part time yang sesuai keinginan.