Jalur Pendaftaran Kuliah UNKHAIR 2024/2025

www.unkhair.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNKHAIR Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri, PMB UNKHAIR, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNKHAIR, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNKHAIR, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3 / D4 / S1 / S2 / S3 UNKHAIR, Pendaftaran KIP Kuliah, Registrasi Mahasiswa Baru UNKHAIR, Pendaftaran Online UNKHAIR, Penerimaan Online UNKHAIR, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, Bidikmisi, Universitas Khairun, 2026. 2027.

Pada kesempatan ini, admin web akan memberikan informasi mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah UNKHAIR 2024/2025. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru. Ayo ikuti pembahasan selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Khairun atau yang disingkat UNKHAIR adalah Perguruan Tinggi Negeri yang terdapat di Kota Ternate, Maluku Utara, Indonesia, tepatnya di Jl. Kampus Unkhair, Kel. Gambesi, Ternate, Maluku Utara. Universitas Khairun (UNKHAIR) telah didirikan pada tanggal 15 Agustus 1964.

Moto UNKHAIR : Maju Bersama dengan Ilmu

Program Studi yang ada di Universitas Khairun (UNKHAIR) yaitu :
  • Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Arsitektur, Teknologi Pertanian, Peternakan, Manajemen Sumberdaya Perairan, Ilmu Kelautan, Pemanfaatan Sumberdaya Perairan, Budidaya Perairan, Pend. Matematika, Pend. Biologi, Pend. Fisika, Pend. Kimia, Agroteknologi, Teknik Informatika,  Kehutanan, Ppkn, Pend. Bahasa Indonesia, Pend. Bahasa Inggris, Akuntansi, Pend. Geografi, PGSD S1, Antropologi Sosial, Pendidikan Guru Paud.

Dari infomasi mengenai Program Studi di atas, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu, silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di UNKHAIR.

Untuk bisa menjadi mahasiswa UNKHAIR, maka terlebih dahulu anda harus mendaftarkan diri sebagao mahasiswa baru dengan mengikuti seleksi masuk UNKHAIR.

Pada tahun ini UNKHAIR membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP, SNBT, dan jalur Mandiri. Penjelasan selegkapnya diberikan berikut ini.

I. Pendaftaran UNKHAIR Jalur SNBP 

SNBP atau dikenal dengan jalur undangan masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi yang dilaksanakan tanpa ujian tertulis, seleksinya didasarkan pada prestasi akademik siswa yang dilihat dari nilai rapor dan portofolio akademik.

UNKHAIR adalah salah satu Perguruan Tinggi yang telah bergabung dalam SNBP. Jadi, untuk anda yang ingin kuliah di UNKHAIR, maka bisa mengikuti seleksi jalur UNKHAIR.

Namun perlu diketahui bahwa jalur SNBP ini hanya diperuntukkan bagi siswa-siswa berprestasi dan konsisten menunjukkan prestasinya tersebut.

Pemberian rekomendasi oleh kepala sekolah menjadi langkah awal dari rangkaian proses pendaftaran SNBP ini.

Untuk informasi lainnya mengenai SNBP dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran SNBP yang mana kalian dapat menemukan informasi berupa persyaratan, jadwal, biaya, cara mendaftar, daftar PTN, dan lain sebagainya.

II. Pendaftaran UNKHAIR SNBT

Selain membuka jalur seleksi SNBP, UNKHAIR juga membuka jalur seleksi nasional lainnya yaitu jalur SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi nasional yang dibuka untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang seleksinya didasarkan pada hasil tes UTBK dan / atau kriteria lain yang ditentukan PTN.

Jalur ini dibuka untuk para lulusan 3 tahun terakhir jenjang SLTA Sederajat yang ingin memilih program studi jenjang Sarjana.

Pendaftaran SNBT secara online di laman resminya dengan mengisi formulir secara lengkap dan benar sampai dengan mencetak kartu peserta.

Untuk informasi lengkap mengenai SNBT silahkan baca pada artikel Pendaftaran Online SNBT.

Pada artikel tersebut telah dijelaskan secara rinci mengenai biaya pendaftaran dan cara membayarnya, syarat mendaftar jadwal pendaftaran dan pengumuman, daftar PTN, dan keterangan penting lainnya.

III. Pendaftaran KIP Kuliah UNKHAIR

Seperti kebanyakan pada Perguruan Tinggi lainnya, UNKHAIR juga merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang menyalurkan program Bantuan kepada calon mahasiswa yang disebut dengan program Bidikmisi.

Nah, untuk kalian yang berasal dari keluarga kurang mampu namun berprestasi akademik baik, maka dapat mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan yang kini dikenal dengan nama KIP Kuliah. Dulunya KIP Kuliah ini bernama Bidikmisi.

Bagi yang telah memiliki KIP (Kartu Indonesia Pintar) sejak di SLTA sederajat, maka ketika kuliah bisa langsung mengajukan diri untuk mendapatkan KIP Kuliah dengan memenuhi semua ketentuannya.

Untuk bisa mendapatkan bantuan KIP Kuliah, maka harus melalui seleksi terlebih dahulu. Calon peserta bisa mengikuti seleksi di jalur SNBP, SNBT, dan jalur mandiri (jika ada).

Apabila diterima melalui salah satu jalur seleksi di atas, maka peluang untuk mendapatkan bantuan KIP Kuliah terbuka lebar jika memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online melalui website di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id yang mana pendaftarannya menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai KIP Kuliah, silahkan baca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah. Pada artikel tersebut telah dijelaskan informasi berupa persyaratan pendaftaran KIP Kuliah, cara mendaftar KIP kuliah, jadwal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, dan lain sebagainya.

IV. Pendaftaran UNKHAIR Jalur Mandiri

Selain membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional, UNKHAIR juga membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri. Salah satu tujuannya aalah untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa untuk bisa masuk ke UNKHAIR.

Untuk bisa lulus seleksi, tentunya anda harus mempersiapkan diri anda dengan mempelajari berbagai materi yang akan diujian pada saat seleksi masuk jalur mandiri UNKHAIR. Dengan usaha tersebut, mudah-mudahan harapan anda untuk diterima bisa terkabulkan. 

Untuk bisa mendaftar, maka anda harus bisa memenuhi persyaratan berikut :
  1. Berkelakuan baik dan berbadan sehat
  2. Lulus SMA, SMK, SPP, MA, semua jurusan
  3. Membayar biaya pendaftaran
  4. Mengisi formulir ujian masuk dengan melampirkan fotocopy ijazah dan NEM yang telah dilegalisir masing-masing 2 (dua) lembar
  5. Menyerahkan Pas Foto berwarna ukuran 2 x 3 sebanyak 4 (empat) lembar dan 4 x 6 sebanyak 1 (satu) lembar

Informasi lain yang belum dibahas disini mengeni jalur mandiri UNKHAIR dapat anda baca langsung di website resmi UNKHAIR yaitu www.unkhair.ac.id

V. Pendaftaran Pascasarjana UNKHAIR

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Pascasarjana UNKHAIR, silahkan daftarkan diri anda mengikuti jalur penerimaan yang dibuka. Penuhi persyaratan dan ikuti proses pendaftaran hingga mencetak kartu tanda peserta. Informasi lebih lanjut dapat anda baca langsung di pps.ukhair.ac.id

Itulah jalur-jalur seleksi masuk UNKHAIR yang bisa anda pilih ketika mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UNKHAIR. Silahkan pilih dan ikuti sesuai minat dan bakat anda. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resminya.

Baca juga :

Demikianlah informasi mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah UNKHAIR yang dapat anda bagikan kepada anda. Semoga informasi tersebut dapat menambah atau melengkap informasi yang telah anda miliki. Silahkan bagikan juga artikel ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan. 

Admin turut mendoakan semoga harapan anda untuk diterima menjadi mahasiswa UNKHAIR dapat terwujudkan, dan juga semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Aamiin.