Pendaftaran UNILA 2020/2021 Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri

www.unila.ac.id 2020 -- Pendaftaran UNILA Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri, PMB UNILA, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNILA, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNILA, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3 / S1 / S2 / S3 UNILA, Pendaftaran KIP Kuliah, Registrasi Mahasiswa Baru UNILA, Pendaftaran Online UNILA, Penerimaan Online UNILA, Jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, Simanila UNILA, PPs UNILA, Bidikmisi, Universitas Lampung (UNILA). 2022. 2023.

Pada kesempatan ini, admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran UNILA 2020/2021 Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. Informasi ini disampaikan dengan tujuan dapat memberikan panduan untuk anda dalam melakukan proses pendaftaran. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, ayo simak pembahasannya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Lampung atau yang disingkat UNILA adalah Perguruan Tinggi Negeri pertama dan tertua di kota Lampung, yang terletak di Jl. Prof. Dr. Sumantri Brojonegoro No. 1 Rajabasa, Bandar lampung, Lampung, Indonesia. Universitas Lampung (UNILA) telah didirikan pada 23 September 1965.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Lampung (UNILA), yaitu :

Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Akuntansi D3, Keuangan, Perbankan & Asuransi D3, Pemasaran D3, Perpajakan D3, Akuntansi S1, Ekonomi Pembangunan S1, Manajemen S1, Akuntansi S2, Ekonomi Pembangunan S2, Manajemen S2, Ilmu Ekonomi S3, Profesi Akuntansi Sp1.

Fakultas Hukum
  • Doktoral Ilmu Hukum S3, Magister Hukum S2, Ilmu Hukum S1

Fakultas Keguruan Dan ilmu Pendidikan
  • Bimbingan Konseling S1, Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia S1, Pendidikan Bahasa Inggris S1, Pendidikan Biologi S1, Pendidikan Ekonomi S1, Pendidikan Fisika S1, Pendidikan Geografi S1, Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi S1, Pendidikan Kimia S1, Pendidikan Matematika S1, Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Pendidikan Sejarah S1, Pendidikan Seni Tari  S1, Pendididikan Bahasa Prancis S1, Pendidikan Anak Usia Dini S1, Pendidikan IPS S2, Teknologi Pendidikan S2, Manajemen Pendidikan S2, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia S2, Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah S2, Keguruan IPA S2, Keguruan Guru SD S2, Pendidikan Matematika S2, Pendidikan Bahasa Inggris S2, dan Pendidikan Fisika S2.

Fakultas Pertanian
  • Perkebunan D3, Agribisnis S1, Agroteknologi S1, Budidaya Perairan S1, Kehutanan S1, Teknologi Hasil Pertanian S1, Peternakan S1, Teknik Pertanian S1, Magister Agribisnis S2, Magister Agronomi S2, Magister Teknologi Industri Pertanian S2, Manajemen Sumberdaya Alam S2, Magister Ilmu Kehutanan S2, Teknologi Pangan S2, Ilmu Penyuluhan Pembangunan/Pemberdayaan Masyarakat S2, Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian S2, Agroekoteknologi S2, Doktor Ilmu Pertanian S3

Fakutas Teknik
  • Survai Dan Pemetaan D3, Teknik Mesin D3, Teknik Arsitektur Bangunan Gedung D3, Teknik Elektro S1, Teknik Geofisika S1, Teknik Kimia S1, Teknik Mesin S1, Teknik Sipil S1, Teknik Arsitektur S1, Teknik Geodesi S1, Teknik Informatika S1, Teknik Sipil S2, Teknik Mesin S2

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Sekretaris D3, Hubungan Masyarakat D3, Perpustakaan D3, Ilmu Komunikasi S1, Ilmu Pemerintahan S1, Sosiologi S1, Administrasi Publik S1, Administrasi Bisnis S1, Hubungan Internasional S1, Magister Ilmu Pemerintahan S2, Magister Ilmu Administrasi (FISIP) S2.

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Manajemen Informatika D3, Fisika S1, Kimia S1, Matematika S1, Ilmu Komputer S1, Biologi S1, Ilmu Kimia (FMIPA) S2, Ilmu Biologi (FMIPA) S2, Ilmu Matematika (FMIPA) S2, Magister Fisika S2

Fakultas Kedokteran
  • Pendidikan Dokter S1

Dari beberapa Fakultas dan Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di UNILA.

Pada tahun ini UNILA membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, Jalur Mandiri dan KIP Kuliah. Langsung saja kita bahas selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran UNILA Jalur SNMPTN 

SNMPTN adalah jalur seleksi nasional yang merupakan jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang dilakukan tanpa ujian tertulis atau tanpa tes.

Jalur ini seleksinya dilakukan dengan didasarkan pada hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Perlu diketahui bahwa hanya siswa-siswa yang secara konsisten menunjukkan prestasinya di setiap semester yang akan mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SNMPTN

Untuk mendaftar SNMPTN, maka harus mengikuti alur peendaftarannya dari awal hingga akhir sesuai dengan ketentuan dari panitia.

Adapun alur pendaftaran SNMPTN dari awal hingga akhir yang dimaksudkan yaitu registrasi akun LTMPT, pengisian data PDSS, pemeringkatan, dan diakhiri dengan pendaftaran SNMPTN.

Penjelasan mengenai registrasi akun LTMPT selengkapnya dapat dibaca pada artikel Registrasi Akun LTMPT untuk Mendaftar SNMPTN, UTBK dan SBMPTN

Sedangkan penjelasan mengenai pengisian data PDSS dapat dibaca pada artikel berikut : Cara Mendaftar SNMPTN di PDSS SNMPTN dan Web SNMPTN

Untuk informasi lainnya mengenai SNMPTN dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran SNMPTN yang mana kalian dapat menemukan informasi berupa persyaratan mendaftar SNMPTN, jadwal pendaftaran SNMPTN, cara mendaftar SNMPTN, biaya pendaftaran SNMPTN, dan lain sebagainya.

2. Pendaftaran UNILA Jalur SBMPTN 

Jalur seleksi nasional berikutnya yang dibuka setelah SNMPTN adalah jalur SBMPTN. Jalur SBMPTN juga merupakan jalur favorit selain dari SNMPTN.

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri disebut juga jalur alternatif, mengapa? Karena peserta yang sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur SNMPTN tetapi dinyatakan tidak lulus, maka bisa mengikuti seleksi jalur SBMPTN.

Selain itu juga, bagi peserta yang sebelumnya tidak mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi jalur SNMPTN, maka bisa mengikuti seleksi jalur SBMPTN. Dengan demikian, maka SBMPTN bisa disebut sebagai jalur alternatif masuk Perguruan Tinggi Negeri

Perlu kalian ketahui bahwa jalur SBMPTN ini berbeda dengan SNMPTN. Pada jalur SNMPTN hanya siswa yang berprestasi saja yang bisa mendaftarnya, sedangkan pada jalur SBMPTN tidak ada syarat prestasi untuk mendaftarnya.

Selain itu, pada jalur SNMPTN hanya diperuntukkan bagi lulusan tahun ini saja, sedangkan pada jalur SBMPTN diperuntukkan bagi lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Adapun tahapan pendaftaran SBMPTN dari tahap awal hingga tahap akhir yaitu registrasi akun LTMPT, pendaftaran UTBK, dan diakhiri dengan pendaftaran SBMPTN.

Untuk penjelasan mengenai registrasi akun LTMPT telah dijelaskan pada bagian atas (di bagian SNMPTN), sedangkan untuk penjelasan UTBK telah dijelaskan tersendiri pada artikel berikut : Pendaftaran UTBK.

Keterangan lebih lanjut mengenai SBMPTN dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran Online SBMPTN yang mana pada artikel tersebut telah dijelaskan mengenai persyaratan SBMPTN, jadwal pendaftaran dan pengumuman SBMPTN, biaya SBMPTN, dan lain sebagainya.

3. Pendaftaran KIP Kuliah UNILA

KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan dibuka untuk kalian yang berasal dari keluarga kurang mampu namun berprestasi akademik baik, maka dapat mengajukan diri untuk mendapatkan KIP Kuliah. Dulunya KIP Kuliah ini bernama Bidikmisi.

Silahkan membaca informasi tentang Bidikmisi pada artikel Pendaftaran Bidikmisi atau Pendaftaran Online Bidikmisi

Bagi yang telah memiliki KIP (Kartu Indonesia Pintar) sejak di SLTA sederajat, maka ketika kuliah bisa langsung mengajukan diri untuk mendapatkan KIP Kuliah dengan memenuhi semua ketentuannya.

Untuk bisa mendapatkan bantuan KIP Kuliah, maka harus melalui seleksi terlebih dahulu. Calon peserta bisa mengikuti seleksi di jalur SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri (jika ada).

Apabila diterima melalui salah satu jalur seleksi di atas, maka peluang untuk mendapatkan bantuan KIP Kuliah terbuka lebar jika memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online melalui website di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id yang mana pendaftarannya menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai KIP Kuliah, silahkan baca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah. Pada artikel tersebut telah dijelaskan informasi berupa persyaratan pendaftaran KIP Kuliah, cara mendaftar KIP kuliah, jadwal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, dan lain sebagainya.

4. Pendaftaran UNILA Jalur Mandiri

Selain penerimaan calon mahasiswa baru melalui jalur nasional seperti SNMPTN dan SBMPTN, UNILA juga membuka penerimaan calon mahasiswa baru melalui jalur mandiri yang dikenal dengan sebutan Simanila. Seleksi melalui jalur mandiri (Simanila) ini dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta.

Penerimaan melalui jalur mandiri (Simanila) ini bukan hanya diperuntukkan bagi calon mahasiswa jenjang Sarjana, tetapi juga untuk menerima calon mahasiswa jenjang Diploma, Pascasarjana, dan program lainnya. Berikut ini admin berikan rincian informasinya.

Persyaratan Jalar Mandiri (Simanila) UNILA
  1. Peserta Simanila Reguler, PMPAP dan Vokasi (Diploma 3), harus Lulus Sekolah Menengah Atas untuk lulusan 3tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.
  2. Peserta PMPAP dikhususkan untuk lulusan Sekolah Menengah Atas/Sederajat di Provinsi Lampung dan dari keluarga tidak mampu/miskin.
  3. Peserta Simanila Paralel merupakan Lulus Sekolah Menengah Atas atau sederajat tanpa batas tahun kelulusan, termasuk yang sudah bekerja.
  4. Khusus Peserta Simanila Reguler Fakultas Kedokteran yang dinyatakan lulus seleksi wajib mengikuti Tes Buta Warna dan Tes Kejiwaan.

Berikut ini adalah macam-macam Jalar Mandiri (Simanila) UNILA

a. Jalur Mandiri Simanila Reguler

Simanila Reguler merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru jenjang Sarjana (S1) yang seleksinya dilakukan melalui Paper Based Test (PBT) dan Computer Based Test (CBT). Perkuliahan dilaksanakan mulai dari pagi hingga siang / sore hari.

b. Jalur Mandiri Simanila Paralel

Simanila Paralel merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru jenjang Sarjana (S1). Sama seperti Simanila Reguler, pada Simanila Paralel seleksinya juga dilakukan melalui Paper Based Test (PBT) dan Computer Based Test (CBT). Perkuliahan untuk mahasiswa yang diterima melalui jalur Simanila paralel dimulai dari sore hari.

Kurikulum Simanila Reguler sama saja dengan Simanila Reguler, namun untuk program studi yang ada di jalur Simanila Paralel hanya dibuka untuk beberapa program studi (jurusan) tertentu saja.

c. Jalur Mandiri Simanila Vokasi

Simanila Vokasi merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru jenjang Diploma 3 di UNILA. Untuk anda yang ingin mendaftar jalur ini, silahkan daftarkan diri anda.

d. Jalur Mandiri PMPAP

Penerimaan Mahasiswa Perluasan Akses Pendidikan (PMPAP) adalah jalur seleksi masuk ke UNILA bagi calon mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu/miskin tapi berkemampuan secara akademik dan tinggal di Provinsi Lampung.

e. Jalur Mandiri Program Spesialis dan Profesi

Jalur ini dibuka untuk menerima calon mahasiswa baru Program Spesialis dan Profesi di UNILA. Bagi anda yang ingin mendaftar, silahkan daftarkan diri anda.

f. Jalur Mandiri Program Pascasarjana

Jalur ini dibuka untuk menerima mahasiswa baru jenjang Magister dan Doktor di UNILA. Bagi anda yang berminat, silahkan daftarkan diri anda.

Untuk informasi lainnya berkaitan dengan penerimaan jalur mandiri UNILA jenjang Diploma, Sarjana, dan lainnya dapat dibaca pada simanila.unila.ac.id. Sedangkan untuk penerimaan jenjang Pascasarjana, baik Magister ataupun Doktor dapat dilihat di alamat pasca.unila.ac.id

Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke UNILA. Silahkan anda pilih jalur seleksi yang anda minati. Apabila ada perubahan atau perbedaan dengan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNILA.

Baca juga :

Demikianlah informasi tentang Pendaftaran UNILA Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda. Jika informasi tersebut bermanfaat, silahkan bagikan dengan teman anda yang membutuhkan.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk ke UNILA dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa UNILA. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Aamiin.