Pendaftaran ULM 2021/2022 Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri

www.ulm.ac.id 2021 -- Pendaftaran ULM Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri, PMB ULM / UNLAM, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ULM, Pendaftaran Mahasiswa Baru ULM, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/D4/S1/S2/S3 ULM, Pendaftaran KIP Kuliah, Registrasi Mahasiswa Baru ULM, Pendaftaran Online Penerimaan ULM, Jalur SNMPTN, SBMPTN, Utama ULM, Mandiri ULM, Bidikmisi, PPs ULM, Universitas Lambung Mangkurat. 2023. 2024.

Pada kesempatan ini, admin akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran ULM 2021/2022 Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi arahan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru. Ayo simak informasi selengkapnya berikut ini.


Universitas Lambung Mangkurat atau disingkat dengan ULM yang diberi dijulukan sebagai Universitas Perjuangan merupakan Perguruan Tinggi Negeri tertua di Kalimantan, Indonesia, Lokasinya terletak di Jl. Brigjen. Hasan Basery Banjarmasin dan Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Universitas Lambung Mangkurat (ULM) telah dididirikan pada 21 September 1958 dan diresmikan pada 1 November 1960. Moto Universitas Lambung Mangkurat (ULM) adalah Waja Sampai Kaputing.

Berikut ini daftar Program Studi yang ada di Universitas Lambung Mangkurat (ULM), baik jenjang Diploma, Sarjana, araupun Pascasarjana, yaitu :

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), terdiri dari program studi :
  • S1-Pendidikan Matematika, S1-Pendidikan Kimia, S1-Pendidikan Fisika, S1-Pendidikan Biologi, S1-Pendidikan Komputer, S1-Pendidikan IPA, S1-Pendidikan Sejarah, S1-Pendidikan PKn, S1-Pendidikan Ekonomi, S1-Pendidikan Sosiologi Antropologi, S1-Pendidikan Geografi, S1-Pendidikan IPS, S1-Pendidikan Bahasa Indonesia, S1-Pendidikan Bahasa Inggris, S1-Pendidikan Seni Pertunjukan, S1-Pendidikan Jasmani, S1-Bimbingan Konseling, S1-PG-SD, S1-PG-PAUD, S1-Pendidikan Khusus, S1-Teknologi Pendidikan, S2-Pendidikan IPS, S2-Pendidikan Biologi, S2-Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia, S2-Keguruan Olahraga, S2-Keguruan IPA, S2-Pendidikan Guru PAUD

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, terdiri dari program studi :
  • D3 Akuntansi, D3 Perpajakan, S1 Ekonomi Pembangunan, S1 Manajemen, S1 Akuntansi, Pendidikan Profesi Akuntan, S2 Akuntansi, S2 Manajemen, S2 Ekonomi, S3 Ilmu Ekonomi

Fakultas Ilmu Hukum, terdiri dari program studi :
  • S1 Ilmu Hukum, S2 Kenotariatan, S2 Ilmu Hukum

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, terdiri dari program studi :
  • S1 Ilmu Pemerintahan, S1 Administrasi Publik, S1 Ilmu Adm. Bisnis, S1 Ilmu Komunikasi, S1 Sosiologi, S2 Administrasi Publik, S2 Ilmu Pemerintahan, S2 Administrasi Bisnis

Fakultas MIPA, terdiri dari program studi :
  • S1 Matematika, S1 Kimia, S1 Biologi, S1 Fisika, S1 Farmasi, S1 Ilmu Komputer, D3 Anfarma, Profesi Apoteker

Fakultas Perikanan & Kelautan, terdiri dari program studi :
  • S1 Budidaya Perairan, S1 Manajemen Sumberdaya Perairan, S1 Teknologi Hasil Perikanan, S1 Pemanfaatan Hasil Perikanan, S1 Agrobisnis Perikanan, S1 Ilmu Kelautan

Fakultas Kehutanan, terdiri dari program studi :
  • S1 Kehutanan

Fakultas Pertanian, terdiri dari program studi :
  • S1 Agronomi, S1 Agroekoteknologi, S1 Proteksi Tanaman, S1 Ilmu Tanah, S1 Agribisnis, S1 Peternakan, S1 Teknologi Industri Pertanian, S2 Agronomi, S2 Ekonomi Pertanian, S3 Ilmu Pertanian

Fakultas Teknik, terdiri dari program studi :
  • S1 Teknik Sipil, S1 Arsitektur, S1 Teknik Pertambangan, S1 Teknik Kimia, S1 Teknik Lingkungan, S1 Teknik Mesin, S1 Teknologi Informasi, Program Profesi Insinyur (PPI), S2 Teknik Sipil, S2 Teknik Kimia

Fakultas Kedokteran, terdiri dari program studi :
  • S1 Pendidikan Dokter, S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Ilmu Keperawatan, S1 Psikologi, S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat

Fakultas Kedokteran Gigi, terdiri dari program studi :
  • S1 Kedokteran Gigi, Profesi Dokter Gigi

Itulah beberapa Program Studi yang anda di ULM yang dapat anda pilih saat anda melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru ULM.

Setelah mengetahui informasi di atas, selanjutnya anda dapat melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru ULM dengan mengikuti jalur seleksi masuk ULM, yaitu jalur SNMPTN, SBMPTN, KIP Kuliah, Utama ULM, serta PPs ULM. Langsung saja kita ikuti pembahasan selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran ULM Jalur SNMPTN

ULM adalah salah satu Universitas Negeri yang membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN.

SNMPTN merupakan jalur seleksi masuk ke PTN yang dilakukan tanpa tes. Jalur ini seleksinya dilakukan dengan didasarkan pada hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Dengan kata lain bahwa jalur SNMPTN hanya diperuntukkan bagi siswa - siswi berprestasi dan konsisten menunjukkan prestasinya tersebut.

Untuk mendaftar SNMPTN, maka harus mengikuti alur peendaftarannya dari awal hingga akhir sesuai dengan ketentuan dari panitia.

Adapun alur pendaftaran SNMPTN dari awal hingga akhir yang dimaksudkan yaitu registrasi akun LTMPT, pengisian data PDSS, pemeringkatan, dan diakhiri dengan pendaftaran SNMPTN.

Penjelasan mengenai registrasi akun LTMPT selengkapnya dapat dibaca pada artikel Registrasi Akun LTMPT untuk Mendaftar SNMPTN, UTBK dan SBMPTN

Sedangkan penjelasan mengenai pengisian data PDSS dapat dibaca pada artikel berikut : Cara Mendaftar SNMPTN di PDSS SNMPTN dan Web SNMPTN

Untuk informasi lainnya mengenai SNMPTN dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran SNMPTN yang mana kalian dapat menemukan informasi berupa persyaratan mendaftar SNMPTN, jadwal pendaftaran SNMPTN, cara mendaftar SNMPTN, biaya pendaftaran SNMPTN, dan lain sebagainya.

2. Pendaftaran ULM Jalur SBMPTN

Selain membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, ULM juga membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SBMPTN.

Seperti yang dijelaskan di website resminya bahwa SBMPTN adalah jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang didasarkan pada hasil UTBK dan / atau kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

Bagi kalian yang sebelumnya telah mengikuti SNMPTN tetapi dinyatakan tidak lulus seleksi, atau bagi kalian yang memang belum mengikuti jalur seleksi manapun, maka bisa mencoba mengikuti seleksi jalur SBMPTN.

Tahapan pendaftaran SBMPTN dari awal hingga akhir yang harus dilakukan oleh calon peserta yaitu registrasi akun LTMPT, lalu mendaftar UTBK, dan pendaftaran SBMPTN.

Penjelasan mengenai registrasi akun LTMPT telah diuraikan pada bagian atas (di bagian SNMPTN). Sedangkan untuk informasi UTBK dapat dibaca pada artikel Pendaftaran UTBK.

Keterangan penting lainnya mengenai SBMPTN seperti persyaratan pendaftaran SBMPTN, jadwal pendaftaran dan pengumuman SBMPTN, biaya pendaftaran SBMPTN, cara mendaftar SBMPTN, dan lain lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran Online SBMPTN.

3. Pendaftaran KIP Kuliah ULM

Seperti Universitas lainnya, ULM juga merupakan salah satu Universitas Negeri yang menyalurkan program bantuan biaya pendidikan yang disebut dengan Bidikmisi.

Informasi lebih lanjut mengenai Bidikmisi seperti panduan pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal, dan lain sebagainya dapat anda kunjungi artikel Pendaftaran Online Bidikmisi.

Kini, Bidikmisi berganti nama menjadi KIP Kuliah.

Nah, bagi kalian yang berasal dari keluarga kurang mampu namun berprestasi akademik baik, maka dapat mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan yang kini dikenal dengan nama KIP Kuliah.

Bagi yang telah memiliki KIP (Kartu Indonesia Pintar) sejak di SLTA sederajat, maka ketika kuliah bisa langsung mengajukan diri untuk mendapatkan KIP Kuliah dengan memenuhi semua ketentuannya.

Untuk bisa mendapatkan bantuan KIP Kuliah, maka harus melalui seleksi terlebih dahulu. Calon peserta bisa mengikuti seleksi di jalur SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri (jika ada).

Apabila diterima melalui salah satu jalur seleksi di atas, maka peluang untuk mendapatkan bantuan KIP Kuliah terbuka lebar jika memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online melalui website di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id yang mana pendaftarannya menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai KIP Kuliah, silahkan baca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah. Pada artikel tersebut telah dijelaskan informasi berupa persyaratan pendaftaran KIP Kuliah, cara mendaftar KIP kuliah, jadwal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, dan lain sebagainya.

4. Pendaftaran ULM Jalur Mandiri 

Jalur Mandiri ULM adalah jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh Universitas Lambung Mangurat dalam rangka melakukan penerimaan mahasiswa baru.

Jalur ini dapat disebut sebagai jalur alternatif dikarenakan bagi mahasiswa yang sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur SNMPTN atau SBMPTN tetapi dinyatakan tidak lulus, maka dapat mengikuti seleksi jalur mandiri ULM. Jalur mandiri ULM dikenal juga dengan nama jalur utama ULM.

Pendaftaran jalur mandiri ULM dilakukan secara online melalui alamat web admisi.ulm.ac.id. Untuk alur pendaftarannya dilakukan seperti penjelasan di bawah ini.

Alur Pendaftaran Jalur Mandiri ULM :

Pertama-tama silahkan buka alamat admisi.ulm.ac.id lalu klik tombol formulir pendaftaran dan ikuti alur pendaftaran seperti di bawah ini.

Langkah 1 : Formulir Pendaftaran I
  • Anda diminta memilih jenjang pendidikan yang akan dilamar dan jenis sekolah menengah anda.

Langkah 2 : Formulir Pendaftaran II
  • Isikan dengan lengkap formulir pendaftaran. Harap perhatikan baik-baik isi dari data yang anda inputkan karena jika sudah tersimpan maka tidak dapat dirubah lagi.

Langkah 3 : Informasi Account dan Pembayaran
  • Jika proses input formulir pendaftaran sukses, anda akan mendapatkan NOMOR REGISTRASI serta informasi Account dan Pembayaran (Harap dicetak atau simpan halaman). Khusus untuk informasi Account hanya akan ditampilkan sekali pada halaman tersebut, untuk itu perhatikan dengan seksama informasi yang diberikan. Informasi pembayaran dapat anda buka kembali pada portal admisi anda dengan memasukkan Nomor Registrasi dan Password yang telah anda buat.

Langkah 4 : Pembayaran
  • Pembayaran dapat dilakukan melalui TELLER, ATM, dan Internet Banking pada BANK BNI dengan menyebutkan NOMOR REGISTRASI anda.

Langkah 5 : Login dan Metode Ujian
  • Jika anda sudah melakukan pembayaran, anda harus login dengan NOMOR REGISTRASI dan PASSWORD. Harap review kembali data yang anda isi sebelumnya. Pilihlah metode ujian yang anda inginkan (Khusus Ujian Tulis Berbasis Komputer kouta terbatas). Jika sudah terisi semua inputan yang diperlukan. Anda siap untuk BUAT KARTU UJIAN. BUAT KARTU UJIAN hanya dapat dilakukan sekali. Jika kartu ujian sudah terbuat, anda tidak bisa mengganti metode ujian lagi.

Langkah 6 : Upload Foto dan Cetak Ujian
  • Harap upload file pas foto anda berukuran 4x6 cm, Anda dapat mengganti pas foto jika sudah terupload. Jika pas foto sudah diupload anda siap untuk mencetak KARTU UJIAN. dan tunggu pengumuman berikutnya.

Itulah alur pendaftaran yang bisa dilakukan. Jika ada perubahan, ikuti saja yang ada di website resmi ULM. Informasi lain yang anda butuhkan dapat anda lihat langsung di alamat resmi ULM, yaitu : admisi.ulm.ac.id

5. Pendaftaran Pascasarjana ULM

Bagi anda yang ingin melanjutkan kuliah ke jenjang Pascasarjana ULM, silahkan anda melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru di ULM dengan mengikuti jalur seleksi jenjang pascasarjana yang dibuka. Informasi lebih lanjut mengenai Pendaftaran Pascasarjana ULM dapat anda akses langsung melalui alamat : admisipasca.ulm.ac.id

Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke ULM. Silahkan anda pilih jalur seleksi yang anda minati. Apabila ada perubahan atau perbedaan dengan informasi yang telah admin berikan di atas, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi ULM.

Baca juga :

Itulah informasi mengenai Pendaftaran ULM Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri yang dapat anda bagikan kepada anda. Semoga informasi tersebut dapat menambah atau melengkap informasi yang telah anda miliki.

Silahkan bagikan juga artikel ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan.

Admin turut mendoakan semoga harapan anda untuk diterima menjadi mahasiswa ULM dapat terwujudkan, dan juga semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Aamiin.