Pendaftaran Politeknik Aceh 2024/2025

simakpta.politeknikaceh.ac.id 2024 -- Pendaftaran Politeknik Aceh, SIMAK-PTA (Seleksi Masuk Politeknik Aceh), Pendaftaran Kuliah D3 & D4 di Politeknik Aceh, Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Aceh, Jalur Pendaftaran PTA, Syarat, Jadwal, Cara Pendaftaran PTA, 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi mengenai Pendaftaran Politeknik Aceh 2024/2025. Informasi ini ditujukan bagi calon mahasiswa yang akan mendaftarkan diri untuk kuliah Politeknik Aceh. Langsung saja simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.


Politeknik Aceh merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta berbentuk Politeknik yang menyelenggarakan pendidikan jenjang vokasi. 

Alamat Politeknik Aceh yaitu di Jl. Politeknik Aceh, Desa Pango Raya, Kec. Ulee Kareng, Banda Aceh. Website resmi : www.politeknikaceh.ac.id . Telp. (0651) 31857.

Pada Februari 2008, Politeknik Aceh didirikan atas kerjasama pihak Pemerintah Kota Banda Aceh bersama Pemerintah Provinsi Aceh dan BRR NAD-Nias yang membantu menyediakan lahan sebesar 5,5 Ha, PT. Chevron Pacific Indonesia mendirikan bangunan kampus, USAID membantu operasional, dan Dirjen Perguruan Tinggi menyediakan pra sarana laboratorium dan pelatihan tenaga pengajar / staf. Pada 28 Juli 2008, Politeknik Aceh secara resmi dibuka oleh Presiden Republik Indonesia (Susilo Bambang Yudhoyono).

Visi dari Politeknik Aceh, yaitu :
"Menjadikan institusi pendidikan terkemuka yang produktif, inovatif, dan mampu bersaing di tingkat global."

Adapun Program Studi yang ada di Politeknik Aceh, yaitu :
  • Diploma III Teknik Informatika
  • Diploma III Teknik Mekatronika
  • Diploma III Teknik Elektronika Industri
  • Diploma III Akuntansi
  • Diploma IV Akuntansi Keuangan Publik

Melihat sedikit ulasan di atas apat kita ketahui bahwa Politeknik Aceh adalah Politeknik Swasta yang menyelenggarakan pendidikan jenjang vokasi. Ada beberapa pilihan program studi yang bisa dipilih oleh calon mahasiswanya sesuai keinginan.

Nah, untuk bisa menempuh pendidikan di kampus Politeknik Aceh, maka kalian harus mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa pada saat dibuka penerimaan mahasiswa baru. Kalian bisa memilih salah satu jalur seleksi yang dibuka sebagai jalur masuk ke Politeknik Aceh.

Bagi kalian yang berprestasi di sekolah, maka dapat mengikuti seleksi jalur prestasi nilai raport, sedangkan yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti jalur tersebut maka dapat mengikuti jalur ujian tulis.

Mekanisme seleksi dari kedua jalur tentunya berbedan. Penjelasannya dapat dilihat di bagian bahasan ini. Yang jelas, persiapkan diri kalian sebaik mungkin khususnya bagi yang mengikuti seleksi jalur ujian tulis karena kalian akan diuji melalui soal-soal untuk bisa lulus seleksi.

Bagi yang dinyatakan lulus melalui jalur manapun, selanjutnya melakukan pendaftaran ulang sesuai ketentuan dan jadwal yang telah ditentukan. Setelah semua beres, kalian dapat menempuh pendidikan di kampus Politeknik Aceh.

Langung saja berikut ini admin berikan penjelasan rinci mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke Politeknik Aceh beserta semua ketentuan terkait lainnya. Silahkan disimak dengan baik.

A. Jalur Seleksi Masuk ke Politeknik Aceh

1. Jalur Prestasi Nilai Rapor

Jalur Prestasi Nilai Rapor merupakan jalur seleksi masuk ke Politeknik Aceh yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi. Seleksi jalur ini didasarkan pada penyaringan prestasi akademik tanpa ujian tertulis.

Tahapan Seleksi
  • Pendaftaran -> Verifikasi data calon mahasiswa -> Pengumuman Hasil -> Registrasi Ulang

2. Jalur Ujian Tertulis (Reguler)

Jalur ujian tertulis merupakan jalur seleksi masuk ke Politeknik Aceh yang mana sEleksinya dilakukan melalui ujian tertulis.

Mekanisme seleksi calon mahasiswa baru pada jalur ini yaitu peserta akan diurutkan berdasarkan Nilai Ujian Tertinggi sampai dengan kouta yang tersedia.

a. Tahapan Seleksi
  • Pendaftaran -> Ujian Tertulis -> Pengumuman Hasil -> Registrasi Ulang

b. Materi Ujian
  • Tes Potensi Akademik :
    • Matematika, dan Bahasa Inggris
  • Tes Bidang Studi Prediktif :
    • Rekayasa : Fisika
    • Tataniaga : Akuntansi

B. Syarat dan Ketentuan
  1. Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Asing yang memperoleh ijin belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  2. Calon mahasiswa merupakan siswa SMA / SMK / MA / MAK kelas terakhir (kelas XII) yang akan mengikuti ujian nasional pada tahun ini.
  3. Lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SMA, MA, SMK) Dengan nilai rata-rata UN ≤ 7,2 (untuk jurusan IPA / IPS / SMK). 
  4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak menggangu kelancaran proses pembelajaran.
  5. Tidak cacat tubuh dan cacat lainnya yang akan mengganggu jalannya belajar/praktek.
  6. Usia maksimum 24 tahun
  7. Bebas narkoba, bebas psikotropika, serta sehat jasmani dan rohani
  8. Pendaftaran yang telah dilakukan tidak dapat dipindah tangankan kepada orang lain
  9. Tidak buta warna bagi calon mahasiswa yang memilih Program studi Teknik Elektronika Industri, Teknik Informatika dan Teknik Mekatronika.
  10. Berpotensi akademik baik berdasarkan rekomendasi kepala sekolah

C. Pengajuan KIP Kuliah Bagi Calon Mahasiswa Baru

KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu dan berprestasi akademik baik.

Informasi selengkapnya seperti yarat pendaftaran, jadwal, cara mendaftar, dan lain-lain dapat dilihat pada artikel : Pendaftaran KIP Kuliah. Pada saat memilih perguruan tinggi, pilih Politeknik Aceh.

D. Cara Pendaftaran Mahasiswa Baru

Pendaftaran calon mahasiswa baru Politeknik Aceh dapat dilakukan secara online, secara langsung di kampus, ataupun melalui pihak sekolah. 
  • Pendaftaran online dilakukan dengan mengakses website resmi Politeknik Aceh
  • Pendaftaran langsung dengan membawa dokumen pendaftaran sesuai persyaratan yng telah ditentukan dan mendaftarkan bagian akademik Politeknik Aceh. 
  • Pendaftaran melalui pihak sekolah jenjang SMA / SMK yang memiliki kerjasama dengan Politeknik Aceh (undangan).

Penjelasan lebih lanjut mengenai pendaftaran online dapat dilihat dibawah ini :

1. Prosedur Pendaftaran Online :
  1. Pendaftaran dapat dilakukan secara Online melalui alamat simakpta.politeknikaceh.ac.id
  2. Syarat-syarat pendaftaran turut diupload sebagai berikut:
    • Softcopy / Scan Rapor yang telah dilegalisir (Jika Mendaftar pada Jalur Penerimaan Prestasi Rapor)
    • Softcopy / Scan Surat keterangan berbadan sehat & tidak buta warna dari Dokter
    • Fotodigital warna ukuran 3 x 4.
    • Wanita Memakai Kemeja Putih dan Jilbab Putih Latar Belakang Merah.
    • Lelaki Memakai Kemeja Putih dan Latar Belakang Merah
  3. Bagi yang mengajukan Beasiswa Bidikmisi turut mengupload dokumen berikut :
    • Softcopy / Scan KTP
    • Softcopy / Scan KK
    • Softcopy / Scan Rekening Listrik bulan terakhir
    • Softcopy / Scan Surat Keterangan Tidak mampu dari Kepala Desa
    • Foto rumah (Tampak depan, Ruang Tamu, Kamartidur, dan Dapur).

2. Cara Pendaftaran Secara Online :

Proses pendaftaran online Politeknik Aceh terdiri dari tahapan seperti di bawah ini :
  1. Membuat account di situs penerimaan Politeknik Aceh 9 (simakpta.politeknikaceh.ac.id)
    • Lalu klik tombol Daftar Sekarang.  Lalu isikan formulir yang muncul
  2. Melakukan Konfirmasi Pembayaran
    • Memasukkan kode pembayaran via Bank pada kolom yang telah tersedia, lalu menunggu konfirmasi dari pihak Penerimaan Mahasiswa Baru di Politeknik Aceh.
  3. Mengisi Formulir Pendaftaran
    • setelah Konfirmasi Berhasil, maka proses selanjutnya melanjutkan mengisi Formulir yang berupa identitas calon Mahasiswa.
  4. Memilih Program Studi
    • Setiap peserta dapat memilih paling banyak dua program studi.
  5. Mengunggah foto berwarna ukuran 4x6 cm
    • Anda harus mengunggah foto.
  6. Mengunggah file
    • File berupa scan Rapor (bagi peserta Jalur Prestasi Nilai Rapor), scan daftar UAN / Transkip nilai / Surat keterangan Hasil Ujian (SKHU) yang telah dilegalisir (bagi peserta Jalur Prestasi nilai UAN dan Jalur Prestasi Ujian tertulis (Reguler)), scan surat berbadan sehat dan tidak buta warna
  7. Cetak Kartu Ijian (Bukti pendaftaran).
    • Sesudah data sudah valid / benar, maka Anda dapat mencetak lembar ujian, dengan guna sebagai tanda bahwa registrasi berhasil dan sebagai kartu untuk mengikuti ujian.
  8. Mengikuti ujian seleksi masuk pada waktu yang telah ditentukan
  9. Setelah mengikuti ujian seleksi masuk, Anda dapat melihat hasil seleksi pada tanggal pengumuman.

E. Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran jalur prestasi nilai rapor dibuka lebih dulu dari pada jalur ujian tertulis. Pendaftaran secara keseluruhan diprediksikan dibuka dari bulan Februari hingga Agustus. Kemungkinan jadwal dibagi menjadi 2 untuk kedua jalur tersebut. Untuk lebih jelasnya, silahkan tanyakan langsung pada panitia atau melihat di website resmi.


Itulah penjelasan mengenai jalur-jalur masuk ke Politeknik Aceh beserta semua ketentuan pendaftaran dan hal terkait lainnya. Silahkan ikuti salah satu jalur seleksi yang diinginkan.

Untuk informasi lain yang diperlukan dapat di baca langsung di website resmi di alamat simakpta.politeknikaceh.ac.id. Jika ada perubahan atau perbedaan informasi, silahkan ikuti yang ada di website resmi tersebut.

Baca Juga :

Demikian informasi tentang Pendaftaran Politeknik Aceh. Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk kalian terutama yang ingin mendaftar di kuliah di Politeknik Aceh.

Terima kasih atas waktu yang diluangkan untuk membaca artikel ini. Silahkan baca artikel terkait lainnya dan silahkan berbagi pada teman lainnya juga. Cukup sekian dan semoga sukses.