Pendaftaran Politeknik Caltex Riau (PCR) 2024/2025

pmb.pcr.ac.id 2024 -- PMB PCR, Pendaftaran Politeknik Caltex Riau, PMB Politeknik Caltex Riau, Jalur Masuk Politeknik Caltex Riau, Pendaftaran Online Politeknik Caltex Riau, Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Caltex Riau, Jalur Pendaftaran PCR ; PSUD, UMPCR. CBT, 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran Politeknik Caltex Riau (PCR) 2024/2025. Informasi ini ditujukan bagi para calon mahasiswa baru yang ingin mendaftarkan diri untuk kuliah di Politeknik Caltex Ria. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.


Politeknik Caltex Riau atau dikenal pula dengan singkatan PCR adalah kampus yang diprakarsai oleh PT. Caltex Pacific Indonesia dan Pemerintah Provinsi Riau yang resmi berdiri pada tanggal 31 Agustus 2001 dengan motto “Empowers You to Global Competition”.

Lokasi kampus Politeknik Caltex Riau (PCR) yaitu di Jl. Umban Sari (Patin) No. 1 Rumbai, Pekanbaru - Riau, Indonesia.

Politeknik Caltex Riau (PCR) menyelenggarakan pendidikan di bidang Teknologi dan Bisnis Terapan pada tingkat Nasional maupun ASEAN.

Adapun Program Studi yang ada di Politeknik Caltex Riau (PCR), yaitu :

1. Program Studi jenjang Ahli Madya (D3)
  • Teknik Komputer, Teknik Elektronika, Teknik Mekatronika, Teknik Telekomunikasi, Akuntansi

2. Program Studi jenjang Sarjana Sains Terapan (D4)
  • Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Elektronika Telekomunikasi, Teknik Mesin, Teknik Listrik 

Itulah sedikit informasi mengenai kampus Politeknik Caltex Riau (PCR). Setelah membaca informasi di atas, maka kalian telah memiliki sedikit gambaran mengenal kampus ini.

Bagi kalian yang ingin menempuh pendidikan di kampus Politeknik Caltex Riau (PCR), maka yang pertama dapat dilakukan yaitu mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru.

Pendaftaran calon mahasiswa baru Politeknik Caltex Riau (PCR) dilakukan secara online melalui alamat website pmb.pcr.ac.id . Untuk jalur pendaftaran yang bisa dipilih yaitu jalur PSUD, UMPCR, dan CBT. Penjelasan lengkapnya akan disampaikan di bagian bawah.

Sebagai bentuk persiapan untuk mengikuti proses pendaftaran calon mahasiswa baru Politeknik Caltex Riau (PCR), maka perlu kiranya untuk membaca artikel ini karena disini akan disampaikan mengenai jalur-jalur pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pendaftaran, dan lain-lain.

Informasi yang disampaikan bersumber langsung dari situs resmi Politeknik Caltex Riau (PCR) di alamat pmb.pcr.ac.id. Namun apabila ada perbedaan atau perubahan informasi, maka ikuti yang ada di web resmi tersebut.

Admin telah merangkum informasi dari web tersebut yang bertujuan untuk membantu kalian dalam melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru Politeknik Caltex Riau (PCR).

Tanpa perlu panjang lebar langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini tentang Pendaftaran Politeknik Caltex Riau (PCR).

A. Pendaftaran PCR Jalur PSUD

Penjaringan Siswa Unggul Daerah atau PSUD adalah jalur seleksi masuk ke Politeknik Caltex Riau (PCR) yang ditujukan bagi siswa-siswi yang berprestasi yang mana seleksinya dilakukan melalui nilai raport, bukan tes.

Pada jalur ini, siswa dapat mendaftar dengan mengisi formulir PSUD dan melampirkan foto copy rapor dari semester 1 sampai dengan semester 4 (Kelas XI). 

1. Persyaratan Pendaftaran Jalur PSUD
  1. Siswa kelas XII SMA/MA dan SMK lulusan 3 tahun terakhir. Hitung mundur 3 tahun kebelakang (tahun ini, tahun kemaren, dan tahun kemarennya lagi)
  2. Nilai Raport :
    • Jurusan IPA SMA : Nilai rapor dari semester 1 s.d. 4 untuk masing-masing mata pelajaran Matematika, Fisika dan Bahasa Inggris rata-rata minimal 7,5 (tujuh koma lima)
    • Jurusan IPS SMA : Nilai rapor dari semester 1 s.d. 4 untuk masing-masing mata pelajaran Matematika, Ekonomi/Akuntansi dan Bahasa Inggris rata-rata minimal 7,5 (tujuh koma lima)
    • Persyaratan Siswa SMK : Nilai rapor dari semester 1 s.d. 4 untuk masing-masing mata pelajaran Matematika, Program Produktif dan Bahasa Inggris rata-rata minimal 7,5 (tujuh koma lima)
  3. Pilihan Program Studi :
    • Untuk Jurusan IPA SMA, Siswa / siswi bisa memilih maksimum 3 (tiga) pilihan program studi dan wajib salah satunya memilih program studi D3 kecuali Akuntansi.
    • Untuk jurusan IPS SMA, siswa / siswi hanya bisa memilih 2 (dua) program studi yaitu Sistem Informasi (D4) dan Akuntansi (D3).
    • Untuk siswa SMK, memilih program studi sesuai tabel jurusan yang dilampirkan pada formulir PSUD. 
  4. Mengisi formulir pendaftaran PSUD yang terlampir (formulir dapat digandakan sesuai kebutuhan).
  5. Mengisi Surat Pernyataan Jalur PSUD  (formulir terlampir).
  6. Pas Photo berwarna ukuran 4x6 cm sebanyak 2 lembar (latar belakang merah atau biru).
  7. Melampirkan fotokopi rapor dari semester 1 s.d. 4 yang dilegalisir (1 rangkap). Bagi yang menggunakan kurikulum 2013 agar dapat mengirimkan nilai yang sudah dikonversi (nilai 1-10).
  8. Formulir pendaftaran dikirimkan sesuai jadwal via POS atau jasa kirim lainnya

2. Cara Pendaftaran

Pendaftaran dilakukan mengirimkan formulir PSUD pada halaman download. Silahkan download formulir pendaftaran di laman pmb.pcr.ac.id lalu cari file downloadnya.

3. Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran diprediksikan dibuka pada Oktober tahun sebelumnya hingga Februari tahun ini. Tanggal lengkapnya dapat dilihat langsung di web resmi.

B. Pendaftaran PCR Jalur UMPCR

Ujian Masuk Politeknik Caltex Riau atau UMPCR adalah jalur seleksi masuk ke Politeknik Caltex Riau (PCR) yang seleksinya dilakukan melalui ujian dengan sistem Computer Based Test (CBT) untuk menjaring siswa-siswi lulusan Sekolah Menengah Atas dan sederajat.

Pendaftaran jalur UMPCR akan dibuka dalam beberapa gelombang, biasanya sampai 3 gelombang. Silahkan ikuti gelombang yang dinginkan.

1. Persyaratan Pendaftaran
  1. Lulusan SMA sederajat ( SMA, SMK, MA, Pesantren dan pendidikan sederajat lainnya).
  2. Maksimal lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini. Hitung mundur 3 tahun kebelakang (tahun ini, tahun kemaren, dan tahun kemarennya lagi)
  3. Membawa Fotocopy peserta UAN bagi yang belum menerima ijazah.
  4. Membawa Fotocopy Ijazah 1 lembar untuk tamatan 2 tahun sebelumnya atau bagi yang sudah memiliki ijazah.
  5. Pas photo berwarna ukuran 4x6 sebanyak 2 lembar
  6. Melakukan pembayaran biaya tes (sesuai yang ditentukan)

2. Cara Pendaftaran

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat pmb.pcr.ac.id . Berikut alur pendaftarannya.
  • Buka alamat pmb.pcr.ac.id
  • Klik menu Pendaftaran
  • Pilih jalur masuk dan asal sekolah
  • Kemudian klik "Daftar
  • Lengkapi data pendaftaran hingga mencetak kartu ujian

3. Jadwal Pendaftaran

Pendaftaran jalur UMPCR dibuka dalam beberapa gelombang yang biasanya dibuka dari bulan Maret hingga Juli. Tanggal pendaftarannya dapat dilihat di web resmi.

C. Pendaftaran PCR Jalur CBT Mandiri

Jalur CBT Mandiri merupakan jalur masuk ke Politeknik Caltex Riau (PCR) yang mana seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis dengan sistem CBT.

Pendaftaran dapat dilakukan langsung di panitia PMB di kampus PCR setiap hari yaitu Senin - Jumat Pukul 07.30 - 13.00 WIB sesuai jadwal atau dilakukan secara online melalui website PMB PCR. Pada jalur ini, hasil ujian akan langsung diumumkan pada hari yang sama setelah pelaksanaan ujian dilakukan. 

1. Persyaratan Pendaftaran
  1. Siswa/siswi kelas XII SMA sederajat dan lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini. Hitung mundur 3 tahun kebelakang (tahun ini, tahun kemaren, dan tahun kemarennya lagi)
  2. Membawa Fotocopy peserta UAN bagi yang sudah memiliki
  3. Membawa Fotocopy Ijazah 1 lembar untuk tamatan 2 tahun sebelumnya atau bagi yang sudah memiliki ijazah
  4. Pas photo berwarna ukuran 4x6 sebanyak 2 lembar.
  5. Membawa fotocopy rapor

2. Cara Mendaftar

Pendaftaran jalur CBT Mandiri dilakukan secara online melalui alamat pmb.pcr.ac.id. Berikut alurnya
  1. Buka alamat pmb.pcr.ac.id
  2. Pilih menu Pendaftaran
  3. Pilih jalur seleksi dan asal sekolah
  4. Klik tombol "Daftar"
  5. Lengkapi data pendaftaran
  6. Cetak kartu ujian

Itulah informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru Politeknik Caltex Riau (PCR). Silahkan ikuti jalur seleksi yang kalian inginkan. Persiapkan berkas pendaftaran, lalu daftarkan diri, dan ikuti seleksinya.

Untuk informasi lain yang diperlukan, maka dapat dilihat langsung di website resmi PMB PCR di alamat pmb.pcr.ac.id. Jika ada perubahan atau perbedaan info, ikuti yang ada di alamat tersebut.

Baca Juga Ya :
Demikian penyampaian tentang Pendaftaran Politeknik Caltex Riau (PCR). Mudah-mudahan infromasi yang telah admin sampaikan di atas dapat menjadi panduan dalam melakukan pendaftaran calon mahasiswa baru. PCR. 

Terima kasih admin ucapkan atas waktu yang diluangkan untuk membaca artikel ini. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya juga dan sharing informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan.