Jalur Pendaftaran Kuliah UPR 2024/2025

www.upr.ac.id 2024 -- Pendaftaran UPR Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri, PMB UPR, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UPR, Pendaftaran Mahasiswa Baru UPR, Info Pendaftaran Mahasiswa Baru UPR, Registrasi Mahasiswa Baru UPR, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3 / S1 / S2 / S3 UPR, Pendaftaran KIP Kuliah, Pendaftaran Online Penerimaan Maba UPR, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, Bidikmisi, Universitas Palangka Raya / UNPAR / UPR, 2026. 2027.

Kali ini admin akan memberikan informasi tentang Jalur Pendaftaran Kuliah UPR 2024/2025. Informasi ini diberikan dengan harapan dapat memberikan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran. Ayo simak informasinya berikut ini.


Universitas Palangka Raya atau yang disingkat dengan UNPAR atau UPR adalah Perguruan tinggi Negeri yang pertama dan tertua di Kalimantan Tengah, Indonesia.

Universitas Palangka Raya (UNPAR / UPR) didirikan pada 10 November 1963. Moto dari Universitas Palangka Raya (UNPAR) adalah "Building Bright Future".

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Palangka Raya (UPR), yaitu :
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) terdiri dari Program Studi : Pendidikan Bahasa Inggris (S1), Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1), Pendidikan Matematika (S1), Pendidikan Fisika (S1), Pendidikan Kimia (S1), Pendidikan Biologi (S1), Pendidikan Teknik Mesin (S1), Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan (S1), Pendidikan Ekonomi (S1), Pendidikan Luar Sekolah (S1), Bimbingan dan Konseling (S1), Teknologi Pendidikan (S1), Administrasi Pendidikan (S1), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1), Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi (S1), Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1), dan Pendidikan Teknik Bangunan (S1)
  • Fakultas Ekonomi (FE) terdiri dari program studi Ekonomi Pembangunan (S1), Manajemen (S1), Akuntansi (S1) & (D3), dan Keuangan dan Perbankan (D3)
  • Fakultas Pertanian (FP) terdiri dari Program Studi : Agroteknologi (S1), Kehutanan (S1), Peternakan (S1), Agribisnis (S1), Budidaya Perairan (S1), Manajemen Sumber Daya Perairan (S1), Teknologi Hasil Perikanan (S1)
  • Fakultas Teknik (FT) terdiri dari Program Studi (Jenjang) : Teknik Sipil (S1), Arsitektur (S1), Teknik Informatika (S1), dan Teknik Pertambangan (S1)
  • Fakultas Hukum (FH) terdiri dari Program Studi Ilmu Hukum (S1)
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) terdiri dari jurusan Sosiologi (S1), Administrasi Negara  (S1), dan Ilmu Pemerintahan  (S1).
  • Fakultas Kedokteran (FK) terdiri dari Program Studi : Program Studi Pendidikan Dokter (S1)
  • Program Magister (S2) terdiri dari Program Studi Magister Manajemen, Magister Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Pendidikan Luar Sekolah, Magister Pendidikan Biologi, Magister Pendidikan Kimia, Magister Ilmu Hukum, dan Magister Ilmu Ekonomi.

Dari beberapa Fakultas dan Program studi yang ada di atas , mungkin ada salah satu yang menjadi pilihan anda. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di Universitas Palangka Raya (UPR).

Pada tahun ini UNPAR / UPR membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP, SNBT, dan mandiri. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

A. Pendaftaran UPR Jalur SNBP

SNBP adalah salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh Universitas Palangka Raya dalam rangka menyeleksi calon mahasiswa baru. 

Seleksi SNBP didasarkan pada prestasi akademik siswa yang dilihat dari nilai rapor serta prestasi lain yang mendukung. Siswa-siswi yang mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi SNBP adalah siswa-siswi terbaik dari masing-masing sekolah dan akan lulus sekolah di tahun ini.

Bagi siswa yang berminat untuk mendaftar SNBP, maka harus mendapatkan rekomendasi dari pihak sekolah, serta harus mengikuti semua ketentuan seleksi SNBP.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai SNBP seperti persyaratan pendaftaran, jadwal pendaftaran - seleksi - pengumuman, tahapan pendaftaran lengkap, biaya pendaftaran, cara mendaftar, pilihan PTN dan program studinya, serta ketentuan lainnya silahkan baca pada artikel Pendaftaran SNBP.

B. Pendaftaran UPR Jalur SNBT

Selain SNBP, SNBT juga merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru masuk ke Universitas Palangka Raya.

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi nasional yang dibuka untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang seleksinya didasarkan pada hasil tes UTBK dan / atau kriteria lain yang ditentukan PTN.

Lulusan 3 tahun terakhir jenjang SMA / MA / SMK / sederajat bisa mendaftar di jalur SNBT ini tentunya dengan memenuhi persyaratan dan ketentuan pendaftaran.

Untuk informasi lengkap mengenai biaya pendaftaran SNBT dan cara membayarnya, syarat mendaftar SNBT, jadwal pendaftaran dan pengumuman SNBT, dan keterangan penting lainnya silahkan baca pada artikel Pendaftaran Online SNBT.

C. Pendaftaran UPR Jalur SMMPTN Barat

Selain kedua jalur di atas, SMMPTN Barat juga merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru untuk masuk ke Universitas Palangka Raya (UPR).

Seleksi dilakukan melalui tes. Oleh karena itu kalian harus mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin agar bisa lulus seleksi melalui jalur ini.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui website resminya. Informasi selengkapnya seperti persyaratan, jadwal, biaya, dan lain sebagainya bisa ditemukan pada artikel Pendaftaran SMMPTN Barat

D. Pendaftaran KIP Kuliah UPR

Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau yang sering disebut KIP-Kuliah merupakan pengganti dari Bidikmisi.

Sama seperti Bidikmisi bahwa KIP-Kuliah adalah pemberian bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi yang memiliki kemampuan akademik baik.

UPR merupakan salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) yang turut menyalurkan bantuan biaya pendidikan melalui KIP Kuliah.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Pendaftarannya dilakukan secara online melalui alamat di kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Untuk informasi lengkap mengenai KIP Kuliah dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah. Pada artikel tersebut telah dijelaskan syarat mendaftar KIP Kuliah, jadwal KIP Kuliah, tahapan mendaftar KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, tanya jawab tentang KIP Kuliah, dan lain sebagainya.

E. Pendaftaran Pascasarjana UPR

UPR juga membuka penerimaan calon mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang berminat, silahkan lakukan pendaftaran di alamat web www.upr.ac.id dan pilih menu pendaftaran.

Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke UPR. Apabila ada perubahan atau perbedaan dengan informasi yang telah admin berikan di atas, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UPR

Baca juga :

Demikianlah informasi mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah UPR yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda. Silahkan bagikan informasi ini dengan teman atau kerabat anda yang membutuhkan.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujain seleksi masuk UPR dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa baru UPR. Terima kasih telah membaca artikel ini dan salam sukses.