Jalur Pendaftaran Kuliah UNDANA 2024/2025

www.undana.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNDANA Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri PMB UNDANA, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNDANA, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNDANA, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 UNDANA, Pendaftaran KIP Kuliah, Registrasi Mahasiswa Baru UNDANA, Pendaftaran Online Penerimaan Maba UNDANA, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, PPs UNDANA, Bidikmisi, Universitas Nusa Cendana, 2026, 2027.

Pada kesempatan yang baik ini, admin akan memberikan informasi tentang Jalur Pendaftaran Kuliah UNDANA 2024/2025. Informasi ini disampaikan dengan tujuan dapat memberikan panduan untuk anda dalam melakukan proses pendaftaran UNDANA. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, ayo simak pembahasannya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Nusa Cendana atau yang disingkat UNDANA adalah Perguruan Tinggi Negeri pertama yang didirikan di propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Indonesia. 

Alamat kampusnya yaitu di Jl. Adisucipto, Penfui-Kupang. Universitas Nusa Cendana (UNDANA) telah didirikan pada tanggal 1 September 1962.

Fakultas dan Program Studi di Universitas Nusa Cendana (UNDANA), yaitu :

Faculty of Education & Teachers Training (FKIP)
  • Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni terdiri dari Program Studi Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, dan Bahasa Inggris
  • Jurusan Pendidikan MIPA terdiri dari Program Studi Matematika, Fisika, Biologi, dan Kimia
  • Jurusan Pendidikan PPKn
  • Jurusan Pendidikan Ekonomi
  • Jurusan Pendidikan Sejarah
  • Jurusan Pendidikan Geografi
  • Jurusan Pendidikan Teknik dan Kejuruan terdiri dari Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Pendidikan Teknik Mesin, Pendidikan Teknik Elektro
  • Jurusan Ilmu Pendidikan  terdiri dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PGAUD), Pendidikan Luar Sekolah (PLS)
Faculty of Social and Political Science (FISIP)
  • Ilmu Adminstrasi Negara, Ilmu Adminstrasi Bisnis, Sosiologi, Ilmu Politik, Ilmu Komunikasi, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi.
Faculty of Animal Science (FAPET)
  • Produksi Ternak, Nutrisi dan Makanan Ternak, Peternakan, dan Loboratorium yang terdiri dari Lab. Kimia Pakan, Lab. Biologi Produksi, Lab. Teknologi Hasil Ternak, dan Lab. Lapangan.
Faculty of Law (FH)
  • Ilmu Hukum dengan 6 (enam) bagian yaitu : Bagian Hukum Perdata, Bagian Hukum Pidana, Bagian Hukum Tata Negara, Bagian Hukum Administrasi, Bagian Hukum Acara, dan Bagian Hukum Internasional
Faculty of Agriculture (FAPERTA)
  • Agronomi-Agroteknologi, Sosial Ekonomi Pertanian-Agribisnis, Ilmu Tanah-Agroteknologi, IHPT-Agroteknologi, Budidaya Pertanian, Perikanan dan Ilmu Kelautan, Agroteknologi
Faculty of Veterinary Medicine (FKH)
  • Sarjana Kedokterann Hewan, dan Profesi Kedokteran Hewan
Faculty of Science and Engineering (FST)
  • Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Ilmu Komuter, Teknik Arsitektur, dan Teknik Pertambangan.
Faculty of Public Health (FKM)
  • Epidemologi dan Biostatistik, Kesehatan Lingkungan, Pendidikan Kesehatan dan Perilaku, Administrasi dan Kesehatan Kerja, Gizi dan Kesehatan Masyarakat.
Faculty of Medicine (FK)
  • Pendidikan Dokter
Faculty Economic and Business (FEB)
  • Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Manajemen.
Faculty Marine Sciences and Fisheries (FKP)
  • Budidaya Perairan dan Manajemen Sumberdaya Perairan

Dari beberapa Fakultas dan Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di UNDANA.

Pada tahun ini UNDANA membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP, SNBT, dan jalur Mandiri. Langsung saja simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran UNDANA Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah salah satu jalur seleksi masuk ke UNDANA yang mana pada jalur ini seleksinya dilakukan melalui hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Dengan kata lain bahwa jalur SNBP adalah jalur seleksi masuk ke PTN tanpa tes tertulis dengan menjaring siswa-siswa yang berprestasi dan konsisten menunjukkan prestasinya sehingga terpilih untuk mendaftar dan mengikuti jalur SNBP.

Untuk bisa mendaftar dan mengikuti SNBP, maka harus memahami alur pendaftaran SNBP sejak awal hingga akhir serta harus bisa memenuhi persyaratan dan mengikuti ketentuannya.

Pemberian rekomendasi oleh kepala sekolah menjadi langkah awal dari rangkaian proses pendaftaran SNBP ini. Siswa yang telah direkomendasikan dapat melanjutkan proses pendaftaran sampai dengan mencetak kartu peserta.

Keterangan lengkap mengenai SNBP dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBP. Pada artikel tersebut telah diuraikan penjelasan mengenai persyaratan, jadwal, biaya, cara mendaftar, link pendaftaran, daftar PTN, dan lain sebagainya.

2. Pendaftaran UNDANA Jalur  SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi nasional yang dibuka untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang seleksinya didasarkan pada hasil tes UTBK dan / atau kriteria lain yang ditentukan PTN.

Lulusan 3 tahun terakhir jenjang SMA / MA / SMK / sederajat bisa mendaftar di jalur SNBT ini tentunya dengan memenuhi persyaratan dan ketentuan pendaftaran.

Pendaftaran SNBT dilakukan sendiri secara online dengan mengisi formulir di laman resminya sampai dengan mencetak kartu peserta.

Untuk informasi lengkap mengenai biaya pendaftaran dan cara membayarnya, syarat mendaftar jadwal pendaftaran dan pengumuman, daftar PTN, dan keterangan penting lainnya. silahkan baca pada artikel Pendaftaran Online SNBT.

3. Pendaftaran KIP Kuliah UNDANA

Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau yang sering disebut KIP-Kuliah merupakan pengganti dari Bidikmisi.

Sama seperti Bidikmisi bahwa KIP-Kuliah adalah pemberian bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi yang memiliki kemampuan akademik baik.

UNPATTI merupakan salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) yang turut menyalurkan bantuan biaya pendidikan melalui KIP Kuliah.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Pendaftarannya dilakukan secara online melalui alamat di kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Untuk informasi lengkap mengenai KIP Kuliah dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah. Pada artikel tersebut telah dijelaskan syarat mendaftar KIP Kuliah, jadwal KIP Kuliah, tahapan mendaftar KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, tanya jawab tentang KIP Kuliah, dan lain sebagainya.

4. Pendaftaran UNDANA Jalur Mandiri

Jalur mandiri UNDANA dilaksanakan dalam rangka seleksi penerimaan program studi di luar domisili kabupaten Ngada dan Kabupaten Sumba Barat Daya. Penerimaan jalur mandiri UNDANA salah satunya bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang ingin kuliah di UNDANA. Informasi jalur mandiri dapat anda baca di www.undana.ac.id.

5. Pendaftaran Pascasarjana UNDANA

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke program Pascasarjana UNDANA, silahkan melakukan pendaftaran secara online sesuai jadwal pelaksanaan yang telah ditentukan.

Setelah mendaftar, maka peserta harus mengikuti seleksi ujian masuk Pascasarjana UNDANA. Hasil dari ujian tersebut akan dijadikan dasar untuk kelulusan masuk UNDANA. Informasi lainnya bisa anda baca pada pps.undana.ac.id

Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke UNDANA. Apabila ada perubahan atau perbedaan dengan informasi yang telah admin berikan di atas, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNDANA.


Demikianlah informasi  yang dapat admin sampaikan mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah UNDANA. Semoga informasi tersebut bisa memberikan pencerahan dan bermanfaat bagi anda. 

Admin turut mendoakan semoga anda diterima menjadi mahasiswa baru UNDANA. Terima kasih telah membaca artikel ini dan salam sukses. Ayo turut berbagi info ini pada teman lainnya.