Pendaftaran SPAN PTKIN oleh Siswa 2024/2025 melalui Website dan Aplikasi

siswa.ptkin.ac.id 2024 -- Pendaftaran Siswa SPAN PTKIN, Tata Cara Pendaftaran SPAN PTKIN untuk Siswa, Login Siswa SPAN PTKIN, Cara Pendaftaran SPAN PTKIN Siswa, Pendaftaran SPAN PTKIN melalui Website / Aplikasi, Registrasi Akun Siswa SPAN PTKIN. 2026. 2027. 

Kali ini admin akan berbagi informasi mengenai Pendaftaran SPAN PTKIN oleh Siswa 2024/2025 melalui Website dan Aplikasi. Informasi ini untuk melengkapi informasi sebelumnya tentang Pendaftaran SPAN PTKIN atau melanjutkan informasi sebelumnya tentang Panduan Pengisian PDSS SPAN PTKIN. Langsung saja simak informasi selengkapnya.


SPAN PTKIN adalah jalur seleksi nasional masuk ke perguruan tinggi keagamaan islam negeri (PTKIN) di Indonesia. 

Untuk kalian sebagai calon peserta SPAN PTKIN harus memahami bagaimana cara mendaftar SPAN PTKIN agar serangkaian proses pendaftaran bisa berjalan lancar tanpa ada kesalahan.

Seperti yang dijelaskan di laman resmi SPAN PTKIN bahwa pendaftaran SPAN PTKIN oleh siswa dapat dilakukan melalui website dan juga melalui aplikasi. Kalian cukup melakukan pendaftaran melalui salah satunya saja.

Di bawah ini akan dijelaskan tentang pendaftaran SPAN PTKIN oleh siswa melalui website dan aplikasi. Silahkan disimak informasinya.

I. Pendaftaran SPAN PTKIN untuk Siswa Melalui Website

A. Alur Registrasi Siswa

1. Pendaftaran Akun Siswa

Buka laman https://siswa.ptkin.ac.id

Pilih pendaftaran akun, isikan NISN, NPSN, tanggal lahir, dan email aktif. Password akan dikirimkan ke email yang telah didaftarkan.

2. Login

Buka kembali laman https://siswa.ptkin.ac.id

Masukkan NISN dan password kemudian pilih login untuk melengkapi biodata

3. Cek Nilai Rapor

Siswa diwajibkan untuk mengecek nilai rapor yang sudah terinput di sistem. Apabila ada perbedaan nilai, silahkan hubungi pihak sekolah

4.  Unggah File Rapor

Unggah file rapor kelas X/1, X/2, XI/1, XI/2, XII/1 dalam bentuk pdf

Unggah file rapor bersifat wajib

5. Pilih PTKIN dan Prodi

Siswa memilih 2 PTKIN dan 2 prodi

6. Finalisasi dan Unduh Kartu Peserta

Siswa wajib melakukan finalisasi pendaftaran dan unduh kartu peserta

B. Tata Cara Registrasi / Pendaftaran Akun Siswa

1. Kunjungi Laman

Kunjungi laman https://siswa.ptkin.ac.id

Isikan NISN, password, dan kode chaptha yang terlihat lalu Pilih "Pendaftaran Akun"

2. Muncul Tampilan Registrasi Akun Siswa

Siapkan NISN, NPSN, Tanggal Lahir (yyyy-mmdd) dan Email Siswa Aktif.

Isikan NISN (harus sesuai), NPSN (harus sesuai), Tanggal Lahir (harus sesuai dengan format yyyy-mm-dd) dan Email, kemudian pilih "Daftar"

3. Buka Email

Buka email dari SPAN-PTKIN untuk melihat password. 

C. Tata Cara Login Siswa

1. Kunjungi Laman

Kunjungi kembali laman https://siswa.ptkin.ac.id/

2. Isikan NISN dan Password

Isikan NISN, password, dan kode chaptha yang terlihat lalu Pilih "Login". Password yang diperoleh dari email yang telah didaftarkan.

3. Mengisi Biodata

Setelah Login berhasil maka Siswa akan diarahkan pada laman Biodata. Cek Kembali NISN, Nama, Sekolah, dan Jurusan.

Jika ada kesalahan silahkan hubungi operator Satuan Pendidikan / Sekolah untuk perbaikan data pada Dapodik / Emis. Data akan tersinkron dengan sistem SPAN-PTKIN dalam jangka waktu 1x24 Jam setelah pengajuan perbaikan ke Dapodik / Emis. 

Setelah data tersebut sesuai, siswa dapat melanjutkan pengisian biodata siswa.

4. Unggah Foto

Pada bagian ini ada 3 langkah yang wajib dipenuhi, yaitu :

a) Foto Siswa

Siswa dapat memilih tombol "foto" untuk mengunggah Foto Siswa ukuran 3x4 dengan background merah. Setelah Foto selesai diunggah, pilih "Simpan Foto"

b) Data Siswa

Siswa mengisi Data Siswa, seperti No.KTP/NIK, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, Agama, Nomor Whatsapp, Alamat, Lokasi, No. KIP (Optional / Kosongkan jika tidak memikili), No.PKH (Optional / Kosongkan jika tidak memiliki), No.KJP (Optional / Kosongkan jika tidak memiliki).

c) Data Hafidz (optional)

Data Hafidz bersifat optional/tidak wajib. Bagi siswa yang memiliki sertifikat / bukti Hafidz dapat mengisikan pada kolom ini.

d) Data Orang Tua

Siswa mengisi Data Orang Tua, seperti Nama Ayah, Nama Ibu, Pendidikan Ayah, Pendidikan Ibu, Penghasilan Ayah, Penghasilan Ibu, NO HP Orang Tua, Alamat dan Tempat Tinggal. Setelah isian Data Orang Tua selesai, pilih "Simpan"

5. Data Rapor

Pada bagian ini terdapat 2 step / langkah yang wajib dipenuhi yaitu:

a) Cek Nilai Rapor Siswa

Apabila data nilai rapor tidak sesuai, silakan menghubungi Kepala Sekolah.

Siswa wajib melakukan cek Nilai Rapor yang telah diunggah oleh Satuan Pendidikan / Sekolah tempat Siswa. Cek Nilai Rapor Kelas X/Semester 1, Kelas X/Semester 2, Kelas XI/Semester 1, Kelas XI/Semester 2 dan Kelas XII/Semester 1.

Pilih "Rapor"

Jika terjadi kesalahan maka Siswa melaporkan ke Satuan Pendidikan/ Sekolah. Hanya Satuan Pendidikan / Sekolah yang dapat melakukan perubahan Nilai. 

Setelah melakukan Cek Nilai Rapor dan data sesuai, pilih "Nilai Telah Sesuai"

Jika telah yakin, klik OK

b) Foto Rapor

Siswa wajib mengunggah / upload file Rapor Kelas X/1, Kelas X/2, Kelas XI/1, Kelas XI/2, Kelas XII/1 dalam format pdf. Pilih "Rapor"

Pilih file Rapor tiap kelas untuk melakukan unggah Rapor, Sesuaikan unggahan Rapor dengan Kelas pada Aplikasi.

Siswa mengunggah file Rapor per-kelas dalam format PDF, kemudian pilih "Unggah Foto". Selanjutnya pilih kembali Pilihan Rapor Kelas Selanjutnya dan kemudian ulangi langkah Poin b) untuk mengunggah nilai Rapor kelas selanjutnya.

Pastikan Rapor terunggah sesuai Kelas pada aplikasi, berikut tampilan jika Rapot sudah terunggah. Siswa dapat menambahkan file rapor lebih dari 1 file. 

Setelah selesai mengunggah rapor, siswa melajutkan pemilihan Perguuran Tinggi dan Program Studi.

6. Pilihan Program Studi

Siswa dapat memilih 2 (dua) PTKIN/PTN dan 2 (dua) Program Studi.

Siswa terlebih dahulu mengetahui zona / wilayah PTKIN / PTN dan Program Studi yang akan dipilih untuk memudahkan pemilihan.

Pilih wilayah, Pilih PTKIN / PTN, Pilih Program Studi Pilihan 1 dan 2, selajutnya Pilih "Simpan"

7. Data Prestasi

Data Prestasi Siswa bersifat Optional/ tidak wajib. Siswa dapat mengunggah data prestasi paling banyak 3 (tiga) data prestasi, jika Siswa memiliki prestasi lebih dari 3 (tiga) maka pilih 3 (tiga) prestasi yang paling tinggi pencapaiannya.

Pilih Prestasi, kemudian pilih Tambah Prestasi, Pilih Capaian Prestasi, Pilih Jenis Prestasi, Pilih Tingkat Prestasi, dan kemudian Pilih "Simpan"

8. Finalisasi

Siswa diwajibkan melakukan Finalisasi untuk dapat memperoleh Kartu Tanda Peserta SPAN PTKIN Tahun ini.

Pilih menu Finalisasi, Pilih "Finalisasi". Jika telah yakin klik OK

9. Download Kartu Tanda Peserta

Setelah melakukan finalisasi Siswa diwajibkan mengunduh Kartu Tanda Peserta. Pilih "Cetak Kartu" maka akan terunduh file PDF.

Cetak dan Simpan Kartu Tanda Peserta Tersebut sebagai Bukti Pendaftran SPAN-PTKIN dan akan digunakan sebagai salah satu syarat registrasi ulang jika dinyatakan Lulus.

D. Kontak Panitia

Sekolah dapat menghubungi panitia melalui
Email : info@span-ptkin.ac.id
Website : https://span.ptkin.ac.id
Whatsapp: 081578901020 (chat)
Alamat Panitia SPAN-UM PTKIN:
Rektorat Lantai 2 Kampus 3 UIN Walisongo
Jl. Prof. Dr. Hamka Ngaliyan, Semarang, Jawa Tengah 50185

II. Pendaftaran SPAN PTKIN untuk Siswa Melalui Aplikasi

Pendaftaran Akun Siswa

1. Unduh dan Install Aplikasi pada Playstore dengan nama Pendaftaran SPAN-PTKIN.

2. Buka Aplikasi Pendaftaran SPAN-PTKIN
  • Jika belum memiliki akun silahkan klik menu login lalu klik pendaftaran akun, lalu ikuti langkah-langkahnya. Langkah-langkahnya hampir sama dengan pendaftaran melalui website di atas. 
  • Jika sudah memiliki akun silahkan klik menu login lalu klik login, lalu ikuti langkah-langkahnya Langkah-langkahnya hampir sama hampir sama dengan pendaftaran melalui website di atas.


Itulah informasi mengenai pendaftaran SPAN PTKIN yang bisa dilakukan oleh siswa sebagai calon peserta.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, silahkan ikuti yang ada di laman resmi

Kembali lagi ke artikel utama tentang SPAN PTKIN, silahkan kunjungi artikel Pendaftaran Online SPAN PTKIN yang membahas tentang persyaratan, jadwal, daftar PTKIN, jumlah pilihan program studi, dan lain sebagainya.

Terima kasih atas waktu yang diluangkan, silakan berbagi informasi ini dan jangan lupa untuk like.