Jurusan Kuliah di Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor) - Ponorogo, Jatim

Jurusan Kuliah di Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor) -- Daftar Jurusan di UNIDA Gontor, Fakultas di Universitas Darussalam Gontor, Program Studi di Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor), Jurusan Kuliah yang ada di UNIDA Gontor, Pilihan Jurusan untuk Calon Mahasiswa Baru Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor), Fakultas dan Program Studi.

Informasi yang admin bagikan kali ini berjudul Jurusan Kuliah di Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor). Informasi ini ditujukan bagi siswa-siswi lulusaan SMA / SMK / MA / sederajat khususnya yang ingin kuliah di UNIDA Gontor. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, langsung saja simak di bawah ini.

https://www.pendaftaranpmb.web.id/2017/12/jurusan-kuliah-di-unida-gontor.html

Universitas Darussalam Gontor atau pula dengan nama UNIDA Gontor, terletak di tengah hamparan tanah persawahan di sebuah desa di Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia.

Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor) merupakan universitas yang unik dibanding universitas semacamnya di tanah air. Unik karena menerapkan sistim asrama (boarding system) yang didesain untuk pembelajaran yang efektif dan efisien. Di dalam sistim asrama, Bahasa Arab dan Inggris digunakan sebagai pengantar pengajaran dan komunikasi di antara dosen dan mahasiswa. Di dalam sistim asrama pula aktivitas keilmuan, kerohanian, dan kewirausahaan dapat dilaksanakan dengan mudah, sehingga akan tercipta komunitas dan dari komunitas terbentuk tradisi keilmuan.

Sejarah singkat pendirian Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor) yaitu pada 1 Rajab 1383 / 17 November 1963 didirikanlah Institut Pendidikan Darussalam (IPD) dengan dua fakultas, yaitu Ushuluddin dan Tarbiyah. Pada tahun 1994, IPD mendirikan Fakultas SyariĆ”h dan dengan itu IPD diberi nama baru yaitu Institut Studi Islam Darussalam (ISID).

Akhirnya pada 2014, Universitas Darussalam Gontor telah resmi berdiri dengan terbitnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 197/E/O/2014 tentang Izin Pendirian Universitas Darussalam Gontor tertanggal 4 Juli 2014.

Kini, jurusan kuliah yang ada di Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor) telah bertambah semakin banyak. Bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di kampus ini, maka bisa lebih mudah dalam memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan potensi diri berupa kemampuan, minat, atau bakat.

Pemilihan jurusan kuliah yang tepat itu sangat penting, karena salah satu hal yang akan mengantarkan kalian dalam meraih kesuksesan khususnya di dunia kerja nanti adalah jurusan kuliah. Saat memilih jurusan kuliah dengan tepat, perkuliahan bisa diikuti dengan nyaman, dan potensi diri akan semakin berkembang, sehingga saat kelulusan kuliah bisa memperoleh predikat IPK cum laude. Dengan bermodalkan hal tersebut, maka untuk mencari kerja akan berpeluang lebih besar dibanding yang lain.

Selain itu, analis pula potensi daerah kalian, orang seperti apa yang dibutuhkan di daerah tersebut dan kerjaan apa yang mudah di dapatkan. Analisa dengan teliti.

Jadi, sekali lagi ingat, pilihlah jurusan kuliah yang sesuai dengan potensi diri berupa kemampuan, minat, atau bakat, serta potensi daerah yang memiliki peluang besar membuka usaha atau kerjaan baru.

Ya.. mungkin sudah terlalu panjang ulasan di atas. Tapi itu perlu diketahui sebagai gambaran keterkaitan antara pemilihan jurusan kuliah dengan peluang kerja di masa depan.

Nah, sekarang kita memasuki pembahasan utama kita mengenai Jurusan Kuliah di Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor). Jurusan kuliah yang ada di UNIDA Gontor bisa dilihat dari banyaknya fakultas dan program studi yang ada. Berikut ini informasi selengkapnya.

Jurusan Kuliah di Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor)

1. Fakultas Ushuluddin, terdiri dari :
  • Program Studi S1 Perbandingan Agama
  • Program Studi S1 Akidah dan Filsafat Islam
  • Program Studi S1 Ilmu al-Quran dan Tafsir

2. Fakultas Tarbiyah, terdiri dari :
  • Program Studi S1 Pendidikan Agama Islam
  • Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Arab

3. Fakultas Syariah, terdiri dari :
  • Program Studi S1 Perbandingan Madzhab dan Hukum
  • Program Studi S1 Hukum Ekonomi Islam

4. Fakultas Ekonomi dan Manajemen, terdiri dari :
  • Program Studi S1 Ekonomi Islam
  • Program Studi S1 Manajemen Bisnis

5. Fakultas Humaniora, terdiri dari :
  • Program Studi S1 Hubungan Internasional
  • Program Studi S1 Ilmu Komunikasi

6. Fakultas Ilmu Kesehatan, terdiri dari :
  • Program Studi S1 Farmasi
  • Program Studi S1 Ilmu Gizi
  • Program Studi S1 Keselamatan dan Kesehatan Kerja

7. Fakultas Sains dan Teknologi, terdiri dari :
  • Program Studi S1 Teknik Informatika
  • Program Studi S1 Agroteknologi
  • Program Studi S1 Teknologi Industri Pertanian

8. Program Pascasarjana, terdiri dari :
  • Program Studi S3 Aqidah dan Filsafat Islam
  • Program Studi S2 Aqidah dan Filsafat Islam
  • Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Arab
  • Program Studi S2 Hukum Ekonomi Syariah

Itulah jurusan kuliah yang ada di Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor). Silahkan pilih salah satu sesuai potensi diri kalian. Jika nanti ada penambahan jurusan kuliah baru, maka informasinya bisa dlihat langsung di website resmi Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor).

Sumber : 
  • http://unida.gontor.ac.id/program-sarjana/
  • http://pps.unida.gontor.ac.id/program-studi/

Demikianlah informasi mengenai Jurusan Kuliah di Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor). Mudah-mudahan informasi tersebut bisa memberikan pencerahan bagi kalian terutama yang ingin kuliah di Universitas Darussalam Gontor (UNIDA Gontor).

Terima kasih admin ucapkan atas waktu luang yang telah diluangkan untuk membaca artikel ini. Ayo like & share pada temanmu. Jangan lupa baca juga artikel lainnya. Cukup sekian dan salam sukses.