Jalur Pendaftaran Kuliah UPN Veteran Jawa Timur 2024/2025

simaba.upnjatim.ac.id 2024 -- Pendaftaran UPN Veteran Jawa Timur Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri, PMB UPN Veteran Jawa Timur / Jatim, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UPN Veteran Jawa Timur, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3 / D4 / S1 / S2 / S3 UPN Veteran Jawa Timur, Registrasi Mahasiswa Baru UPN Veteran Jawa Timur, Pendaftaran Online Penerimaan Maba UPN Veteran Jawa Timur, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, Bidikmisi, KIP Kuliah, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur / UPN Veteran Jatim Surabaya. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin web akan memberikan informasi mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah UPN Veteran Jawa Timur 2024/2025. Informasi ini disampaikan dengan harapan bisa memberikan panduan kepada anda dalam melakukan serangkaian proses pendaftaran kuliah UPN Veteran Jatim. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur atau sering disebut dengan UPN Veteran Jawa Timur atau UPN Jatim merupakan salah satu Universitas Negeri yang berada di kota Surabaya, Indonesia, tepatnya di Jl. Raya Rungkut Madya, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.

UPN Veteran Jawa Timur didirikan pada 5 Juli 1959 sebagai Perguruan Tinggi Swasta, dan pada 6 Oktober 2014 UPN Veteran Jawa Timur berubah status menjadi Perguruan Tinggi Negeri.

Moto dari UPN Veteran Jawa Timur adalah Maju Mandiri Modern Terpercaya.

UPN Veteran Jawa Timur telah memiliki beberapa fakultas dan program studi, yaitu sebagai berikut :
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis terdiri dari Program Studi : Ekonomi Pembangunan, Akuntansi, dan Manajemen.
  • Fakultas Pertanian terdiri dari Program Studi : Agroteknologi, dan Prodi Agribisnis.
  • Fakultas Teknologi Industri terdiri dari Program Studi Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknologi Pangan, Teknik Informatika, dan Sistem Informasi.
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari Program Studi Admintrasi Negara, Administrasi Bisnis, Ilmu Komunikasi, dan Hubungan Internasional.
  • Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan terdiri dari Program Studi Teknik Sipil, Arsitektur, Teknik Lingungan, dan DKV.
  • Fakultas Hukum terdiri dari Program Studi Ilmu Hukum.
  • Program Pascasarjana terdiri dari Program Studi Magister Manajemen Agribisnis, Magister Manajemen, dan Magister Akuntansi.

Itulah beberapa Fakultas dan Program studi yang ada di UPN Veteran Jawa Timur. Dari penjelasan di atas, mungkin ada salah satu program studi yang menjadi minat anda. Untuk itu, silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di UPN Veteran Jawa Timur.

Pada tahun ini UPN Veteran Jawa Timur membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Nasional dan juga jalur mandiri, serta KIP Kuliah. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran UPN Veteran Jawa Timur Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah salah satu jalur seleksi masuk ke UPN Veteran Jawa Timur yang mana pada jalur ini seleksinya dilakukan melalui hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Dengan kata lain bahwa jalur SNBP adalah jalur seleksi masuk ke PTN tanpa tes tertulis.

Dapat dikatakan bahwa hanya siswa yang berprestasi dan konsisten menunjukkan prestasinya yang bisa mendaftar dan mengikuti jalur SNBP, serta lulus sekolah di tahun ini.

Calon peserta yang ingin mendaftar SNBP harus mendapatkan rekomendasi dari kepala sekolah. Calon peserta yang telah direkomendasikan harus melanjutkan proses pendaftaran sampai selesai.

Keterangan lengkap mengenai SNBP dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBP. Pada artikel tersebut telah diuraikan penjelasan mengenai persyaratan, link, jadwal, biaya, cara mendaftar, daftar PTN, dan lain sebagainya..

2. Pendaftaran UPN Veteran Jawa Timur Jalur SNBT 

Jalur seleksi nasional berikutnya yang dibuka setelah SNBP adalah jalur SNBT. Jalur SNBT juga merupakan jalur favorit selain dari SNBP.

Perlu diketahui bahwa jalur SNBT ini berbeda dengan SNBP. Pada jalur SNBP hanya siswa yang berprestasi saja yang bisa mendaftarnya, sedangkan pada jalur SNBT tidak ada syarat prestasi untuk mendaftarnya.

Selain itu, pada jalur SNBP hanya diperuntukkan bagi lulusan tahun ini saja, sedangkan pada jalur SNBT diperuntukkan bagi lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Nah, bagi kalian yang tertarik untuk mendaftar SNBT, maka harus mengetahui alur pendaftarannya dari tahap awal hingga tahap akhir serta harus bisa memenuhi persyaratan dan mengikuti ketentuannya.

Keterangan lebih lanjut mengenai SNBT dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online SNBT yang mana pada artikel tersebut telah dijelaskan mengenai persyaratan, Llink, jadwal, biaya, cara mendaftar, pilihan program studi, daftar PTN, dan lain sebagainya.

3. Pendaftaran KIP Kuliah UPN Veteran Jawa Timur

Bidikmisi adalah pemberian bantuan biaya kuliah dan biaya hidup yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dilihat dari tingkat ekonomi, serta memiliki prestasi akademik yang baik dan mempunyai keinginan yang kuat untuk mengikuti pendidikan di Perguruan Tinggi.

Saat ini, Bidikmisi berubah nama menjadi KIP Kuliah.

Nah, untuk kalian yang berasal dari keluarga kurang mampu namun berprestasi akademik baik, maka dapat mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan yang kini dikenal dengan nama KIP Kuliah

Bagi yang telah memiliki KIP (Kartu Indonesia Pintar) sejak di SLTA sederajat, maka ketika kuliah bisa langsung mengajukan diri untuk mendapatkan KIP Kuliah dengan memenuhi semua ketentuannya.

Untuk bisa mendapatkan bantuan KIP Kuliah, maka harus melalui seleksi terlebih dahulu. Calon peserta bisa mengikuti seleksi di jalur SNBP, SNBT, dan jalur mandiri (jika ada).

Apabila diterima melalui salah satu jalur seleksi di atas, maka peluang untuk mendapatkan bantuan KIP Kuliah terbuka lebar jika memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online melalui website di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id yang mana pendaftarannya menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai KIP Kuliah, silahkan baca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

Pada artikel tersebut telah dijelaskan informasi berupa persyaratan pendaftaran KIP Kuliah, cara mendaftar KIP kuliah, jadwal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, dan lain sebagainya.

4. Pendaftaran Jalur Mandiri UPN Veteran Jawa Timur

Jalur Mandiri adalah jalur seleksi yang diadakan secara lokal oleh panitia penyelenggara dari UPN Veteran Jawa Timur Salah satu tujuan di selenggarakannya jalur mandiri ini adalah memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa baru yang ingin kuliah di UPN Veteran Jawa Timur.

Mungkin anda sebelumnya telah mengikuti seleksi SNBP atau SNBT tetapi tidak lulus seleksi, maka anda bisa mengikuti seleksi jalur mandiri ini.

Untuk bisa lulus seleksi, tentunya anda harus melakukan persiapan diri lebih baik dari sebelumnya. Dengan usaha anda tersebut, semoga anda mendapatkan hasil terbaik sesuai yang anda inginkan.

Alur Pendaftaran Jalur Mandiri
  • Pendaftaran jalur mandiri dilakukan secara online melalui laman simaba.upnjatim.ac.id
  • Kemudian klik menu pendaftaran jalur mandiri untuk mendapatkan Nomor Pendafataran.
  • Setelah anda mendapatkan nomor pendaftaran, selanjutnya anda klik beli formulir pendaftaran.
  • Melakukan pembayaran biaya pendaftaran di Bank BNI
  • Melakukan konfirmasi pembayaran pembelian formulir
  • Edit biodata yang masih kurang lengkap dan cetak kartu ujian
  • Bawa kartu ujian pada saatnya.

5. Pendaftaran Program Pascasarjana UPN Veteran Jawa Timur

Bagi anda yang ingin kuliah jenjang Pascasarjana di UPN Veteran Jawa Timur, maka harus dapat memenuhi persyaratan berikut.

Persyaratan yang dibutuhkan :
  1. Mengisi Formulir Pendaftaran
  2. Menyerahkan Pas Foto 3x4 sebanyak 4 lembar
  3. Menyerahkan foto copy ijasah S1 dan transkrip yang sudah di legalisir sebanyak dua lembar
  4. Menyerahkan foto copy KTP  sebanyak 1 lembar

Seleksi Meliputi :
  • TPA, TOEFL, Wawancara, dan Tes Bidang Studi

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat https://simaba.upnjatim.ac.id/pasca/. Untuk informasi lainnya silahkan baca di web resmi UPN Veteran Jawa Timur.

Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke UPN Veteran Jawa Timur. Apabila ada perubahan atau perbedaan dengan informasi yang telah admin berikan di atas, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UPN Veteran Jawa Timur.


Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah UPN Veteran Jawa Timur. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda terutama yang akan kuliah di UPN Veteran Jawa Timur. 

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa baru UPN Veteran Jawa Timur. Mari bantu berbagi informasi ini pada rekan atau kerabat anda lainnya yang membutuhkan. Terima kasih telah membaca artikel ini dan salam sukses untuk kita semua.