Jalur Pendaftaran Kuliah UNUD 2024/2025

www.unud.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNUD Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri, PMB UNUD, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNUD, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNUD, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3 / S1 / S2 / S3 UNUD, Pendaftaran KIP Kuliah, Registrasi Mahasiswa Baru UNUD, Pendaftaran Online UNUD, Penerimaan Online UNUD, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, Bidikmisi, PPs UNUD, Universitas Udayana (UNUD), 2026. 2027.

Pada kesempatan ini, admin web akan memberikan informasi tentang Jalur Pendaftaran Kuliah UNUD 2024/2025. Informasi ini disampaikan dengan tujuan dapat memberikan panduan untuk anda dalam melakukan proses pendaftaran kuliah UNUD. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, ayo simak pembahasannya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Udayana atau yang disingkat UNUD adalah Perguruan Tinggi tertua yang berada di Provinsi Bali, Indonesia. Universitas Udayana (UNUD) beralamatkan di Kampus Bukit Jimbaran, Kabupaten Badung, Bali 80361.

Universitas Udayana (UNUD) telah didirikan pada 29 September 1962. Moto dari Universitas Udayana (UNUD) adalah Takitakining Sewaka Guna Widya.

Universitas Udayana memiliki beberapa fakultas dan masing-masing terdiri dari beberapa Program Studi :
  • Fakultas Sastra dan Budaya terdiri dari Program Studi Antropologi Budaya, Arkeologi, Ilmu Sejarah, Sastra Bali, Sastra Daerah, Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Jawa Kuno, dan Sastra Jepang.
  • Fakultas Kedokteran Fisioterapi terdiri dari Program Studi Ilmu Keperawatan, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Kedokteran Gigi, Pendidikan Dokter, Psikologi, Sp1 Ilmu Anestesi dan Terapi Intensif, Sp1 Ilmu Bedah, Sp1 Ilmu Kandungan, Sp1 Ilmu Orthopaedi dan Traumatologi, Sp1 Kardiologi, Sp1 Kesehatan Anak, Sp1 Kesehatan Kulit & Kelamin, Sp1 Mata, Sp1 Pathologi Anatomi, Sp1 Penyakit Dalam, Sp1 Penyakit Syaraf, Sp1 Psikiatri, Sp1 THT
  • Fakultas Hukum terdiri dari Program Studi Ilmu Hukum
  • Fakultas Teknik terdiri dari Teknik Arsitektur, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Sipil, dan Teknologi Informasi
  • Fakultas Pertanian terdiri dari Program Studi Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Profesi AkuntanAkuntansi, Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Profesi Akuntan.
  • Fakultas Peternakan terdiri dari Program Studi Peternakan
  • Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam terdiri dari Program Studi Biologi, Farmasi, Fisika, Ilmu Kimia, Ilmu Komputer/Teknik Informatika, Matematika, dan Profesi Apoteker.
  • Fakultas Kedokteran Hewan terdiri dari Program Studi Kedokteran Hewan
  • Fakultas Teknologi Pertanian terdiri dari Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan, dan Teknik Pertanian
  • Fakultas Pariwisata terdiri dari Program Studi D4 Pariwisata, Destinasi Pariwisata, Industri Perjalanan Wisata.
  • Fakultas Kelautan dan Perikanan terdiri dari Program Studi Ilmu Kelautan terdiri dari Manajemen Sumberdaya Perairan
  • Program Pasca Sarjana terdiri dari Program Studi S2 Agribisnis, S2 Agroteknologi, S2 Akuntansi, S2 Bioteknologi Pertanian, S2 Ergonomi Fisiologi Kerja, S2 Fisiologi Olahraga, S2 Ilmu Biologi, S2 Ilmu Biomedik, S2 Ilmu Ekonomi, S2 Ilmu Hukum, S2 Ilmu Kenotariatan, S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat, S2 Ilmu Lingkungan, S2 Ilmu Peternakan, S2 Kajian Budaya, S2 Kajian Pariwisata, S2 Kimia Terapan, S2 Linguistik, S2 Manajemen, S2 Teknik Arsitektur, S2 Teknik Elektro, S2 Teknik Mesin, S2 Teknik Sipil, S2 Teknologi Pangan, S3 Ilmu Ekonomi, S3 Ilmu Hukum, S3 Ilmu Kedokteran, S3 Ilmu Manajemen, S3 Ilmu Peternakan, S3 Ilmu Teknik, S3 Kajian Budaya, S3 Pariwisata, dan S3 Pertanian

Dari beberapa Fakultas dan Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di UNUD.

Pada tahun ini UNUD membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP, SNBT, dan mandiri. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran UNUD Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang diperuntukkan bagi siswa-siswi yang memiliki prestasi tinggi di sekolah.

Jalur SNBP hanya diperuntukkan bagi siswa - siswi yang akan lulus pada tahun ini, berprestasi dan konsisten menunjukkan prestasinya tersebut.

Untuk mendaftar SNBP, maka terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari kepala sekolah. Setelah drekomendasikan barulah bisa mendaftar SNBP.

Untuk informasi lainnya mengenai SNBP dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran SNBP yang mana kalian dapat menemukan informasi berupa persyaratan pendaftaran, jadwal pendaftaran dan pengumuman, biaya pendaftaran, cara mendaftar, dan keterangan lainnya seputar SNBP.

2. Pendaftaran UNUD Jalur SNBT

Jalur seleksi nasional berikutnya yang dibuka setelah SNBP adalah jalur SNBT. Jalur SNBT juga merupakan jalur favorit selain dari SNBP.

Perlu kalian ketahui bahwa jalur SNBT ini berbeda dengan SNBP. Pada jalur SNBP hanya siswa yang berprestasi saja yang bisa mendaftarnya, sedangkan pada jalur SNBT tidak ada syarat prestasi untuk mendaftarnya.

Selain itu, pada jalur SNBP hanya diperuntukkan bagi lulusan tahun ini saja, sedangkan pada jalur SNBT diperuntukkan bagi lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Nah, bagi kalian yang tertarik untuk mendaftar SNBT, maka lakukan pendaftaran dengan memenuhi persyaratan dan mengikuti ketentuannya.

Pendaftaran SNBT dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses laman resmi untuk melakukan pengisian data secara online.

Keterangan lebih lanjut mengenai SNBT dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online SNBT yang mana pada artikel tersebut telah dijelaskan mengenai persyaratan pendaftaran, jadwal pendaftaran dan pengumuman, biaya pendaftaran, cara mendaftar, dan keterangan lainnya seputar SNBT.

3. Pendaftaran UNUD Jalur Mandiri

Selain jalur nasional di atas, UNUD juga membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri.

Apabila kalian tidak lulus dari jalur SNBP atau SNBT di atas, maka dapat mengikuti jalur mandiri ini.

Informasi lebih lanjut dapat ditelusuri melalui laman unud.ac.id

4. Pendaftaran KIP Kuliah UNUD

Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau yang sering disebut KIP-Kuliah merupakan pengganti dari Bidikmisi.

Sama seperti Bidikmisi bahwa KIP-Kuliah adalah pemberian bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi yang memiliki kemampuan akademik baik.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Pendaftarannya dilakukan secara online melalui alamat di kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Untuk informasi lengkap mengenai KIP Kuliah dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah. Pada artikel tersebut telah dijelaskan syarat mendaftar KIP Kuliah,  jadwal KIP Kuliah, tahapan mendaftar KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, tanya jawab tentang KIP Kuliah, dan lain sebagainya.

5. Pendaftaran Program Pascasarjana UNUD

Penerimaan calon mahasiswa baru untuk program Pascasarjana UNUD dilakukan secara online melalui alamat pps.unud.ac.id atau pendaftaran-pasca.unud.ac.id. Sebelum melakukanpendaftaran, calon peserta harus memenuhi persyaratan umum, persyaratan khusus, persyaratan adminstrasi, dan persyaratan akademik.

Calon peserta mengakses alamat pendaftaran-pasca.unud.ac.id untuk melakukan pengisian data secara online berupa : Nama, Tempat / Tgl. Lahir, Alamat, Nomor Telepon/HP, Alamat Email, Jenis Kelamin, Program Studi yang dipilih, Pendidikan terakhir, Institusi Pendidikan Terakhir, Calon Peserta Beasiswa  (BPP-DN / Non – BPP-DN). Ketentuan lain bisa anda baca melalui alamat web yang telah diberikan.


Itulah jalur-jalur seleksi masuk UNUD yang bisa anda pilih ketika mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru. Silahkan pilih dan ikuti sesuai minat dan bakat anda.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNUD. 


Demikianlah informasi mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah UNUD yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat bagi anda.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi UNUD dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa baru UNUD. Ayo turut berbagi info ini pada teman lainnya. Terima kasih telah membaca artikel ini dan salam sukses.