Pendaftaran UNUD 2021/2022 Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri

www.unud.ac.id 2021 -- Pendaftaran UNUD Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri, PMB UNUD, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNUD, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNUD, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3 / S1 / S2 / S3 UNUD, Pendaftaran KIP Kuliah, Registrasi Mahasiswa Baru UNUD, Pendaftaran Online UNUD, Penerimaan Online UNUD, Jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, Bidikmisi, PPs UNUD, Universitas Udayana (UNUD), 2023. 2024.

Pada kesempatan ini, admin web akan memberikan informasi untuk anda tentang Pendaftaran UNUD 2021/2022 Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. Informasi ini disampaikan dengan tujuan dapat memberikan panduan untuk anda dalam melakukan proses pendaftaran. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, ayo simak pembahasannya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Udayana atau yang disingkat UNUD adalah Perguruan Tinggi tertua yang berada di Provinsi Bali, Indonesia. Universitas Udayana (UNUD) beralamatkan di Kampus Bukit Jimbaran, Kabupaten Badung, Bali 80361.

Universitas Udayana (UNUD) telah didirikan pada 29 September 1962. Moto dari Universitas Udayana (UNUD) adalah Takitakining Sewaka Guna Widya.

Universitas Udayana memiliki beberapa fakultas dan masing-masing terdiri dari beberapa Program Studi :
  • Fakultas Sastra dan Budaya terdiri dari Program Studi Antropologi Budaya, Arkeologi, Ilmu Sejarah, Sastra Bali, Sastra Daerah, Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Jawa Kuno, dan Sastra Jepang.
  • Fakultas Kedokteran Fisioterapi terdiri dari Program Studi Ilmu Keperawatan, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Kedokteran Gigi, Pendidikan Dokter, Psikologi, Sp1 Ilmu Anestesi dan Terapi Intensif, Sp1 Ilmu Bedah, Sp1 Ilmu Kandungan, Sp1 Ilmu Orthopaedi dan Traumatologi, Sp1 Kardiologi, Sp1 Kesehatan Anak, Sp1 Kesehatan Kulit & Kelamin, Sp1 Mata, Sp1 Pathologi Anatomi, Sp1 Penyakit Dalam, Sp1 Penyakit Syaraf, Sp1 Psikiatri, Sp1 THT
  • Fakultas Hukum terdiri dari Program Studi Ilmu Hukum
  • Fakultas Teknik terdiri dari Teknik Arsitektur, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Sipil, dan Teknologi Informasi
  • Fakultas Pertanian terdiri dari Program Studi Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Profesi AkuntanAkuntansi, Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Profesi Akuntan.
  • Fakultas Peternakan terdiri dari Program Studi Peternakan
  • Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam terdiri dari Program Studi Biologi, Farmasi, Fisika, Ilmu Kimia, Ilmu Komputer/Teknik Informatika, Matematika, dan Profesi Apoteker.
  • Fakultas Kedokteran Hewan terdiri dari Program Studi Kedokteran Hewan
  • Fakultas Teknologi Pertanian terdiri dari Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan, dan Teknik Pertanian
  • Fakultas Pariwisata terdiri dari Program Studi D4 Pariwisata, Destinasi Pariwisata, Industri Perjalanan Wisata.
  • Fakultas Kelautan dan Perikanan terdiri dari Program Studi Ilmu Kelautan terdiri dari Manajemen Sumberdaya Perairan
  • Program Pasca Sarjana terdiri dari Program Studi S2 Agribisnis, S2 Agroteknologi, S2 Akuntansi, S2 Bioteknologi Pertanian, S2 Ergonomi Fisiologi Kerja, S2 Fisiologi Olahraga, S2 Ilmu Biologi, S2 Ilmu Biomedik, S2 Ilmu Ekonomi, S2 Ilmu Hukum, S2 Ilmu Kenotariatan, S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat, S2 Ilmu Lingkungan, S2 Ilmu Peternakan, S2 Kajian Budaya, S2 Kajian Pariwisata, S2 Kimia Terapan, S2 Linguistik, S2 Manajemen, S2 Teknik Arsitektur, S2 Teknik Elektro, S2 Teknik Mesin, S2 Teknik Sipil, S2 Teknologi Pangan, S3 Ilmu Ekonomi, S3 Ilmu Hukum, S3 Ilmu Kedokteran, S3 Ilmu Manajemen, S3 Ilmu Peternakan, S3 Ilmu Teknik, S3 Kajian Budaya, S3 Pariwisata, dan S3 Pertanian

Dari beberapa Fakultas dan Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di UNUD.

Pada tahun ini UNUD membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, SPMB (UMB-PT), Non Reguler, dan KIP Kuliah. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran UNUD Jalur SNMPTN

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang diperuntukkan bagi siswa-siswi yang memiliki prestasi tinggi di sekolah.

Jalur SNMPTN hanya diperuntukkan bagi siswa - siswi yang akan lulus pada tahun ini, berprestasi dan konsisten menunjukkan prestasinya tersebut.

Untuk mendaftar SNMPTN, maka harus mengikuti alur peendaftarannya dari awal hingga akhir sesuai dengan ketentuan dari panitia.

Adapun alur pendaftaran SNMPTN dari awal hingga akhir yang dimaksudkan yaitu registrasi akun LTMPT, pengisian data PDSS, pemeringkatan, dan diakhiri dengan pendaftaran SNMPTN.

Penjelasan mengenai registrasi akun LTMPT selengkapnya dapat dibaca pada artikel Registrasi Akun LTMPT untuk Mendaftar SNMPTN, UTBK dan SBMPTN

Sedangkan penjelasan mengenai pengisian data PDSS dapat dibaca pada artikel berikut : Cara Mendaftar SNMPTN di PDSS SNMPTN dan Web SNMPTN

Untuk informasi lainnya mengenai SNMPTN dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran SNMPTN yang mana kalian dapat menemukan informasi berupa persyaratan mendaftar SNMPTN, jadwal pendaftaran SNMPTN, cara mendaftar SNMPTN, biaya pendaftaran SNMPTN, dan lain sebagainya.

2. Pendaftaran UNUD Jalur SBMPTN

Jalur seleksi nasional berikutnya yang dibuka setelah SNMPTN adalah jalur SBMPTN. Jalur SBMPTN juga merupakan jalur favorit selain dari SNMPTN.

Perlu kalian ketahui bahwa jalur SBMPTN ini berbeda dengan SNMPTN. Pada jalur SNMPTN hanya siswa yang berprestasi saja yang bisa mendaftarnya, sedangkan pada jalur SBMPTN tidak ada syarat prestasi untuk mendaftarnya.

Selain itu, pada jalur SNMPTN hanya diperuntukkan bagi lulusan tahun ini saja, sedangkan pada jalur SBMPTN diperuntukkan bagi lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Nah, bagi kalian yang tertarik untuk mendaftar SBMPTN, maka harus mengetahui alur pendaftarannya dari tahap awal hingga tahap akhir.

Adapun tahapan pendaftaran SBMPTN dari tahap awal hingga tahap akhir yaitu registrasi akun LTMPT, pendaftaran UTBK, dan diakhiri dengan pendaftaran SBMPTN.

Untuk penjelasan mengenai registrasi akun LTMPT telah dijelaskan pada bagian atas (di bagian SNMPTN), sedangkan untuk penjelasan UTBK telah dijelaskan tersendiri pada artikel berikut : Pendaftaran UTBK.

Keterangan lebih lanjut mengenai SBMPTN dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran Online SBMPTN yang mana pada artikel tersebut telah dijelaskan mengenai persyaratan SBMPTN, jadwal pendaftaran dan pengumuman SBMPTN, biaya SBMPTN, dan lain sebagainya.

3. Pendaftaran KIP Kuliah UNUD

Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau yang sering disebut KIP-Kuliah merupakan pengganti dari Bidikmisi.

Sama seperti Bidikmisi bahwa KIP-Kuliah adalah pemberian bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi yang memiliki kemampuan akademik baik.

Informasi lengkap mengenai persyaratan Bidikmisi, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan lainnya silahkan kunjungi artikel yang berjudul  Pendaftaran Online Bidikmisi.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Pendaftarannya dilakukan secara online melalui alamat di kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Untuk informasi lengkap mengenai KIP Kuliah dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah. Pada artikel tersebut telah dijelaskan syarat mendaftar KIP Kuliah,  jadwal KIP Kuliah, tahapan mendaftar KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, tanya jawab tentang KIP Kuliah, dan lain sebagainya.

4. Pendaftaran SPMB (UMB-PT) UNUD

P-SPMBN adalah badan penyelenggara seleksi SPMB yang terdiri dari UMB-PT, UMB-PTS, dan TPBI. Nah, UNUD adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dalam UMB-PT yang diselenggarakan oleh P-SPMBN.

Calon mahasiswa yang sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur SNMPTN atau SBMPTN namun tidak lulus, maka bisa mengikut seleksi jalur UMB-PT.

Pendaftaran UMB-PT dilakukan secara online melalui www.spmb.or.id. Peserta mengakses alamat tersebut untuk melakukan pengisian biodata diri secara lengkap dan benar. Panduan Pendaftaran, jadwal seleksi, daftar PTN yang tergabung dalam UMB-PT serta keterangan lainnya bisa anda baca pada Pendaftaran Online SPMB atau Pendaftaran SPMB

Catatan : Jalur UMB-PT pada tahun lalu tidak dibuka lagi, untuk informasi lebih lanjut lihat di web resmi.

5. Pendaftaran Jalur Non Reguler UNUD

Selain membuka penerimaan mahasiswa baru secara reguler melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, dan UMB-PT, UNUD juga membuka penerimaan calon mahasiswa baru melalui jalur Non Reguler.

Penerimaan penerimaan calon mahasiswa baru melalui jalur Non Reguler dibuka untuk lulusan SLTA / sederajat serta lulusan Diploma untuk melanjutkan pendidikan di UNUD. Penerimaan mahasiswa baru jalur non Reguler meliputi program Non SKS, program Ber-SKS, dan program kelas paralel.

Jalur Non Reguler Nol-SKS adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diperuntukkan bagi lulusan SLTA / sederajat yang seleksinya dilaksanakan melalui tes tulis TPA (Tes Potensi Akademik), dan TKD (Tes Kemampuan Dasar).

Jalur berSKS adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang telah mempunyai transkrip nilai dari institusi pendidikan tinggi yang diakui oleh pemerintah, diperuntukkan bagi lulusan Diploma yang seleksinya dilakukan melalui tes tulis (TPA) dan Tes Wawancara.

Persyaratan Umum Pendaftaran
  • File Pasfoto berwarna terbaru dengan resolusi 600 x 800 piksel.
  • Memiliki ijazah SLTA/sederajat (untuk pendaftar jalur Program Non Reguler).
  • Memiliki ijazah dan transkrip nilai Diploma dari Institusi Pendidikan Tinggi (Perguruan Tinggi, Institut, Politeknik, Sekolah Tinggi) Negeri atau Institusi Pendidikan Tinggi (Perguruan Tinggi, Institut, Politeknik, Sekolah Tinggi) Swasta yang diakui oleh pemerintah dengan peringkat Akreditasi Program Studi minimal "B" (untuk pendaftar jalur Program Non Reguler Ber-SKS).
  • Memiliki ijazah dan transkrip nilai Diploma dari Institusi Pendidikan Tinggi (Perguruan Tinggi, Institut, Politeknik, Sekolah Tinggi) Negeri (untuk pendaftar jalur Program Reguler Ber-SKS).

Tata Cara Pendaftaran Online
  • Calon peserta mengakses alamat : https://nonreguler.unud.ac.id/ untuk mendaftar online.
  • Melakukan registrasi tahap awal untuk mendapatkan Bukti Registrasi Pendaftaran yang berisi Nomor Pendaftaran yang digunakan untuk membayar Biaya Pendaftaran ke Bank BNI.
  • Membayar biaya pendaftaran ke Bank BNI
  • Login dan dilanjutkan proses pendaftaran dengan aktivasi PIN pada laman pendaftaran online : https://nonreguler.unud.ac.id/
  • Proses login ke sistem menggunakan akun yang sama dengan yang dibuat pada saat melakukan Registrasi Awal.
  • Mengisi formulir isian yang terdapat pada sistem pendaftaran.
  • Jika telah selesai, cetaklah Tanda Peserta Seleksi Masuk pada sistem online.

Untuk informasi lainnya yang anda butuhkan dapat anda baca langsung di web resmi UNUD sambil membuka halaman web ini.

6. Pendaftaran Program Pascasarjana UNUD

Penerimaan calon mahasiswa baru untuk program Pascasarjana UNUD dilakukan secara online melalui alamat pps.unud.ac.id atau pendaftaran-pasca.unud.ac.id. Sebelum melakukanpendaftaran, calon peserta harus memenuhi persyaratan umum, persyaratan khusus, persyaratan adminstrasi, dan persyaratan akademik.

Calon peserta mengakses alamat pendaftaran-pasca.unud.ac.id untuk melakukan pengisian data secara online berupa : Nama, Tempat / Tgl. Lahir, Alamat, Nomor Telepon/HP, Alamat Email, Jenis Kelamin, Program Studi yang dipilih, Pendidikan terakhir, Institusi Pendidikan Terakhir, Calon Peserta Beasiswa  (BPP-DN / Non – BPP-DN). Ketentuan lain bisa anda baca melalui alamat web yang telah diberikan.

Itulah jalur-jalur seleksi masuk UNUD yang bisa anda pilih ketika mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru. Silahkan pilih dan ikuti sesuai minat dan bakat anda.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNUD. Lihat juga : jadwal jalur mandiri PTN


Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran UNUD Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Mudah-mudahan informasi tersebut bermanfaat bagi anda.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi UNUD dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa baru UNUD. Ayo turut berbagi info ini pada teman lainnya. Terima kasih telah membaca artikel ini dan salam sukses.