Jalur Pendaftaran Kuliah UNTIRTA 2024/2025

pmb.untirta.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNTIRTA Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri, PMB UNTIRTA, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNTIRTA, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNTIRTA Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 UNTIRTA, Pendaftaran KIP Kuliah, Registrasi Mahasiswa Baru UNTIRTA, Penerimaan Online UNTIRTA, Jalur SNBP, SNBT, UMMPTN, Mandiri UNTIRTA, PPs UNTIRTA, Bidikmisi, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA), 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin web akan memberikan informasi mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah UNTIRTA 2024/2025. Informasi ini disampaikan dengan harapan dapat memberikan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran online UNTIRTA. Ayo simak informasinya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa atau yang sering disebut dengan UNTIRTA merupakan Universitas Negeri yang terletak di Jalan Raya Jakarta KM. 04, Kec. Serang, Banten, Indonesia.

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) memiliki dua kampus yaitu kampus Serang dan kampus Cilegon. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) didirikan pada 1 Oktober 1981 sebagai Perguruan Tinggi Swasta yang kemudian berubah menjadi Perguruan Tinggi Negeri pada 19 Maret 2001.

Moto dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) adalah Maju, Bermutu, dan Berkarakter dalam Kebersamaan. Julukan untuk Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) adalah Kampus Peradaban.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA), yaitu :

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Program Studi Pendidikan Luar Sekolah (PLS), Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Matematika, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Studi Pendidikan Biologi.
Program Studi Baru
  • Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Program Studi Pendidikan Sosiologi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Program Studi Bimbingan Konseling, Program Studi Pendidikan IPA, dan Program Studi Seni Drama, Tari, dan Musik.
Fakultas Hukum
  • Ilmu Hukum
Fakultas Ekonomi
  • Akuntansi (S1), Ekonomi Pembangunan (S1), Manajemen (S1), Ekonomi Islam (S1), Keuangan Perbankan (D3), Akuntansi (D3), Perpajakan (D3), Pemasaran (D3)
Fakultas Ilmu Sosial Politik
  • Administrasi Negara, Ilmu Komunikasi, dan Ilmu Pemerintahan
Fakultas Pertanian
  • Agribisnis, Agroekoteknologi, ddan Perikanan
Fakultas Teknik
  • Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Metalurgi, Teknik Sipil
Program Pasca Sarjana
  • Ilmu Hukum, Teknologi Pembelajaran, Pendidikan Bahasa Indonesia, Magister Administrasi Publik, Magister Akuntansi, dan Magister Manajemen

Dari beberapa Fakultas dan Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di UNTIRTA.

Pada tahun ini UNTIRTA membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP, SNBT, dan mandiri, serta info KIP Kuliah. Langsung saja kita simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran UNTIRTA Jalur SNBP

Jalur SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi merupakan jalur seleksi nasional tanpa tes yang ditujukan bagi siswa SMA / SMK / MA sederajat yang akan lulus sekolah pada tahun ini dan berprestasi yang ditunjukkan secara konsisten.

Tidak ada biaya pendaftaran untuk jalur SNBP ini.

Bagi siswa yang berminat untuk mendaftar SNBP, maka harus mendapatkan rekomendasi dari pihak sekolah, serta harus mengikuti semua ketentuan seleksi SNBP.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai SNBP seperti persyaratan pendaftaran, jadwal pendaftaran - seleksi - pengumuman, tahapan pendaftaran lengkap, biaya pendaftaran, cara mendaftar, pilihan PTN dan program studinya, serta ketentuan lainnya silahkan baca pada artikel Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran UNTIRTA Jalur SNBT

Selain membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP, UNTIRTA juga membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional lainnya, yaitu melalui jalur SNBT.

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi nasional yang dibuka untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang seleksinya didasarkan pada hasil tes UTBK dan / atau kriteria lain yang ditentukan PTN.

Jalur ini terbuka untuk lulusan 3 tahun terakhir jenjang SMA / MA / SMK / Sederajat.

Pendaftaran SNBT secara online di laman resminya.

Untuk informasi lengkap mengenai SNBT silahkan baca pada artikel Pendaftaran Online SNBT.

Pada artikel tersebut telah dijelaskan secara rinci mengenai biaya pendaftaran dan cara membayarnya, syarat mendaftar jadwal pendaftaran dan pengumuman, daftar PTN, dan keterangan penting lainnya.

3. Pendaftaran KIP Kuliah UNTIRTA

UNTIRTA adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang turut menyalurkan bantuan biaya pendidikan yang dikenal dengan nama KIP Kuliah.

Sebelumnya, KIP Kuliah ini bernama Bidikmisi. Namun karena adanya kebijakan baru, maka nama Bidikmisi pun ikuti diubah dan kini menjadi KIP Kuliah.

Bantuan biaya pendidikan KIP Kuliah ini ditujukan bagi calon mahasiswa yang memiliki kekurangan dari segi ekonomi namun juga calon mahasiswa tersebut memiliki potensi akademik baik selama menempuh pendidikan di jenjang SLTA.

Untuk mendaftar KIP Kuliah, maka dapat dilakukan secara online di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Untuk penjelasan lainnya mengenai KIP Kuliah seperti persyaratan KIP Kuliah, jadwal pendaftaran KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, tanya jawab KIP Kuliah, dan lainnya silahkan baca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

4. Pendaftaran Jalur Mandiri UNTIRTA

Selain jalur SNBP dan SNBT, UNTIRTA juga membuka jalur mandiri. Jalur ini dibuka untuk menerima calon mahasiswa baru jalur reguler dan alih jenjang. Informasi lebih lanjut silahkan kunjungi alamat http://maba.untirta.ac.id

5. Pendaftaran UNTIRTA Jalur SMMPTN Barat

Bagi kalian yang tidak mendapatkan kesempatan mengikui jalur-jalur di atas, atau telah mengikuti tetapi tidak lulus saat pengumuman, maka bisa mengikuti seleksi jalur SMMPTN Barat.

SMMPTN Barat merupakan jalur seleksi yang diselenggarakan bersamaan oleh PTN-PTN di wilayah barat Indonesia yang salah satunya adalah UNTIRTA.

Informasi lebih lanjut dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran SMMPTN Barat.

6. Pendaftaran Pascasarjana UNTIRTA

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu ke jenjang Pascasarjana, silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di PPs UNTIRTA.

Sebelum melakukan pendaftaran, anda perlu memperhatikan persyaratan pendaftaran, Mekanisme pendaftaran, dan materi seleksi yang akan diberikan pada saat tes. Berikut informasinya.

Persyaratan Pendaftaran
  • Fotocopy Berijazah Legalisasi S-1
  • Pas photo berkenaan ukuran 3x4, dan 4x6 (masing-masing 2 lembar)

Materi Seleksi
  • Test Potensi Akademik (TPA)
  • Test Bahasa Inggris
  • Wawancara

Mekanisme Pendaftaran dan Informasi
  • Pembayaran Formulir ke Bank BNI Cabang Serang di Kas Untirta (BNI Kampus Untirta)
  • Mengembalikan formulir pendaftaran dan Slip BNI yang telah dibayar ke Sekretariat Pasca Sarjana UNTIRTA
  • Biaya Tersebut di setorkan ke Rekening Rektor Untirta.

Informasi lan yang anda perlukan dapat dilihat dialamat pasca.untirta.ac.id. Silahkan akses alamat tersebut untuk melangkapi informasi anda.

Itulah jalur-jalur seleksi masuk UNTIRTA yang bisa anda pilih ketika mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UNTIRTA. Silahkan pilih dan ikuti sesuai minat dan bakat anda.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNTIRTA.

Baca juga :

Demikianlah informasi tentang Jalur Pendaftaran Kuliah UNTIRTA yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda. 

Jika informasi tersebut bermanfaat, silahkan bagikan dengan teman anda yang membutuhkan.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk ke UNTIRTA dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa UNTIRTA. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Aamiin.