Jalur Pendaftaran Kuliah UNTIDAR 2024/2025

www.untidar.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNTIDAR Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri, PMB UNTIDAR, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNTIDAR, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNTIDAR, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3 / D4 / S1 / S2 / S3 UNTIDAR, Registrasi Mahasiswa Baru UNTIDAR, Pendaftaran Online Penerimaan Maba UNTIDAR, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, Bidikmisi, KIP Kuliah, Universitas Tidar Magelang, 2026. 2027.

Kali ini admin akan memberikan informasi mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah UNTIDAR 2024/2025. Informasi ini disampaikan dengan harapan semoga bisa menjadi arahan bagi anda dalam persiapan melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru. Ayo simak informasi selengkapnya berikut ini.


Universitas Tidar atau yang disingkat dengan UNTIDAR atau UTM adalah Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Lokasi : Jl. Kapten S. Parman No.39, Potrobangsan, Magelang Utara, Magelang, Jawa Tengah.

Universitas Tidar (UNTIDAR) diresmikan menjadi Perguruan Tinggi Negeri berdasarkan Peraturan Presiden No. 23 Tahun 2014 tanggal 1 April 2014 dan diproklamasikan dengan penandatangan prasasti oleh Presiden RI ke-6 yaitu Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara pada 2 April 2014.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Tidar (UNTIDAR) yaitu :
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari Program Studi Ekonomi Pembangunan (S1), Akuntansi (DIII).
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Politik terdiri dari Program Studi Administrasi Niaga (S1)
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1), Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
  • Fakultas Pertanian terdiri dari Program Studi Agroteknologi (S1)
  • Fakultas Teknik terdiri dari Program Studi Teknik Mesin Konsentrasi Teknik Otomotif (DIII), Teknik Sipil (S1), Teknik Elektro (S1)

Itulah beberapa program studi yang dapat anda pilih ketika akan mendaftar sebagai calon mahasiswa baru UNTIDAR. Selanjutnya anda perlu mengetahui jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UNTIDAR.

Pada tahun ini UNTIDAR kembali akan membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional dan jalur mandiri. Langsung saja kita bahas jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru UNTIDAR berikut ini.

A. Pendaftaran UNTIDAR Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur seleksi undangan masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang dilakukan tanpa ujian tertulis tetapi didasarkan pada prestasi siswa.

Jalur ini diperuntukkan hanya untuk siswa-siswi yang berprestasi dan akan lulus sekolah di tahun ini.

Bagi siswa yang berminat untuk mendaftar SNBP, maka harus mendapatkan rekomendasi dari pihak sekolah, serta harus mengikuti semua ketentuan seleksi SNBP.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai SNBP seperti persyaratan pendaftaran, jadwal pendaftaran - seleksi - pengumuman, tahapan pendaftaran lengkap, biaya pendaftaran, cara mendaftar, pilihan PTN dan program studinya, serta ketentuan lainnya silahkan baca pada artikel Pendaftaran SNBP.

B. Pendaftaran UNTIDAR Jalur SNBT

UNTIDAR adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang turut membuka jalur SNBT.

Seperti yang dijelaskan di website resminya bahwa SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi ujian tertulis untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang didasarkan pada hasil tes dan / atau kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

Bagi kalian yang sebelumnya telah mengikuti SNBP tetapi dinyatakan tidak lulus seleksi, atau bagi kalian yang memang belum mengikuti jalur seleksi manapun, maka bisa mencoba mengikuti seleksi jalur SNBT.

Lulusan 3 tahun terakhir jenjang SLTA sederajat bisa mendaftar di jalur ini jika memenuhi persyaratan.

Pendaftaran SNBT dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses laman resminya.

Keterangan penting lainnya mengenai SNBT seperti persyaratan, jadwal, link, biaya, cara mendaftar, daftar PTN, dan lain sebagainya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online SNBT.

C. Pendaftaran SM UNTIDAR

SM UNTIDAR atau Seleksi Masuk Universitas Tidar adalah jalur seleksi mandiri yang dikelola oleh UNTIDAR untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang dikenal sebagai jalur prestasi.

Jalur SM UNTIDAR ini seleksinya dilakukan berdasarkan pada nilai raport siswa dari mulai semester 1 sampai dengan semester 5. Jalur prestasi ini juga mempertimbangkan prestasi-prestasi yang diraih oleh siswa baik tingkat Kabupaten, Propinsi maupun Nasional.

Persyaratan Peserta SM Universitas Tidar
  1. Hanya diperuntukan untuk lulusan SMA, MA, SMK, MAK atau yang setara pada tahun ini
  2. Untuk lulusan tahun ini yang belum memiliki Ijazah, memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pas photo yang bersangkutan dan dicap.
  3. Lulusan paket C (dibuktikan dengan Surat Keterangan Lulus dan fotokopi rapor tiga tahun terakhir).
  4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses belajar mengajar di Universitas Tidar.

Sebelum mendaftar SM-UNTIDAR, calon peserta harus menyiapkan berkas berikut ini :
  1. Kartu identitas yang dipakai ketika melakukan pembayaran
  2. Bukti pembayaran biaya pendaftaran
  3. Nilai raport semester 1-5.
  4. Fotokopi ijazah/tanda lulus atau SKL
  5. Fotocopy Kartu Keluarga
  6. File foto/scan nilai raport dengan ukuran 100-200 Kb
  7. File foto/scan piagam/penghargaan dengan ukuran 100-200 Kb
  8. File Pasfoto resmi (terbaru), berwarna. dengan ukuran 75-100 Kb

Setelah mempersiapan berkas-berkas di atas, selanjutnya anda dapat melakukan proses pendaftaran seperti tata cara yang dijelaskan berikut ini.

Tata Cara Pendaftaran SM Universitas Tidar
  1. Silahkan buka alamat pendaftaran online SM UNTIDAR, yaitu sm.untidar.ac.id
  2. Isi formulir pendaftaran tahap awal pada laman tersebut
  3. Setelah selesai mengisi formulir pendaftaran, kemudian cetak kartu pembayaran
  4. Peserta membayar biaya pendaftaran di Bank Jateng
  5. Setelah membayar, kemudian peserta mendapatkan PIN pendaftaran dari Bank Jateng
  6. Gunakan PIN untuk login pendaftaran ke laman sm.untidar.ac.id
  7. Peserta mengisi borang berupa biodata pribadi, nilai raport semester 1-5, dan program studi yang dipilih secara lengkap pada laman sm.untidar.ac.id. Kesalahan dalam pengisian borang/formulir dapat berakibat calon peserta harus membayar biaya pendaftaran lagi.

Itulah informasi mengenai jalur pendaftaran SM UNTIDAR. Untuk informasi lain yang belum dimuat disini dapat anda lihat langsung di web UNTIDAR pada alamat di atas.

D. Pendaftaran KIP Kuliah UNTIDAR

UNTIDAR adalah salah satu Universitas yang menyalurkan program bantuan pendidikan yang dikenal dengan nama KIP Kuliah.

Nah, untuk kalian yang berasal dari keluarga kurang mampu namun berprestasi akademik baik, maka dapat mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan yang kini dikenal dengan nama KIP Kuliah. Dulunya KIP Kuliah ini bernama Bidikmisi.

Bagi yang telah memiliki KIP (Kartu Indonesia Pintar) sejak di SLTA sederajat, maka ketika kuliah bisa langsung mengajukan diri untuk mendapatkan KIP Kuliah dengan memenuhi semua ketentuannya.

Untuk bisa mendapatkan bantuan KIP Kuliah, maka harus melalui seleksi terlebih dahulu. Calon peserta bisa mengikuti seleksi di jalur SNBP, SNBT, dan jalur mandiri (jika ada).

Apabila diterima melalui salah satu jalur seleksi di atas, maka peluang untuk mendapatkan bantuan KIP Kuliah terbuka lebar jika memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online melalui website di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id yang mana pendaftarannya menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai KIP Kuliah, silahkan baca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah. Pada artikel tersebut telah dijelaskan informasi berupa persyaratan pendaftaran KIP Kuliah, cara mendaftar KIP kuliah, jadwal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, dan lain sebagainya.

E. Pendaftaran SMM UNTIDAR

Selain membuka jalur mandiri berupa jalur SM UNTIDAR, dibuka pula jalur mandiri lainnya yang disebut dengan SMM UNTIDAR.

SMM UNTIDAR atau Seleksi Mandiri Masuk Universitas Tidar adalah merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru UNTIDAR yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis.

Persyaratan Peserta SMM Universitas Tidar
  1. Memiliki Ijazah Lulusan SMA, MA, SMK, MAK atau yang setara untuk lulusan 3 tahun terakhir
  2. Bagi lulusan tahun ini yang belum memiliki Ijazah, memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pas photo yang bersangkutan dan dicap.
  3. Lulusan paket C (dibuktikan dengan Surat Keterangan Lulus dan fotokopi raport tiga tahun terakhir).
  4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar.

Untuk melakukan pendaftaran secara online, calon peserta harus menyiapkan terlebih dahulu:
  1. Bukti pembayaran biaya pendaftaran
  2. Kartu identitas yang dipakai ketika melakukan pembayaran.
  3. File upload pasfoto resmi (terbaru), berwarna.

Tata Cara Pendaftaran SMM Universitas Tidar
  1. Silahkan buka alamat pendaftaran SMM UNTIDAR : smm.untidar.ac.id
  2. Isi data pendaftaran awal pada alamat tersebut.
  3. Setelah selesai mengisi data pendaftaran awal, peserta mencetak kartu pembayaran
  4. Peserta membayar biaya pendaftaran pada bank Bank Jateng
  5. Setelah membayar, kemudian  mendapatkan PIN
  6. Gunakan PIN Pendaftaran untuk login pada laman smm.untidar.ac.id
  7. Isilah data secara lengkap berupa biodata pribadi, dan program studi yang dipilih. Kesalahan dalam pengisian formulir dapat berakibat calon peserta membayar biaya pendaftaran lagi.
  8. Bila isian sudah lengkap, peserta harus menyimpan file kartu tanda peserta ujian dan mencetak sebanyak 1 lembar.
  9. Pada kartu tanda peserta ujian tercantum nomor pendaftaran, nama peserta, program studi yang dipilih, dan jadwal ujian.
  10. Calon peserta menandatangani Kartu Bukti Pendaftaran tersebut dan membawanya saat mengikuti ujian.
  11. Peserta harus membawa identitas diri lain berupa KTP / SIM / Kartu Pelajar, ijazah atau SKL bagi Peserta Lulusan Paket C pada saat ujian tulis.

Itulah informasi mengenai jalur SMM UNTIDAR. Untuk informasi lain yang belum diberikan disini maka dapat dilihat langsung di website resmi UNTIDAR pada alamat di atas.

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Jalur Pendaftaran Kuliah UNTIDAR. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda calon mahasiswa baru UNTIDAR.

Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat

Terima kasih admin ucapkan untuk pada pengunjung setia website ini yang setiap hari selalu berkunjung. Mari sama-sama berdoa semoga kesuksesan dapat kira raih semuda mungkin. Aamiin.