Jalur Pendaftaran Kuliah UNSULBAR 2024/2025

www.unsulbar.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNSULBAR Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri, PMB UNSULBAR, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNSULBAR, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1 UNSULBAR, Pendaftaran KIP Kuliah, Registrasi Mahasiswa Baru UNSULBAR, Pendaftaran Online Maba UNSULBAR, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, KIP Kuliah, Pendaftaran Universitas Sulawesi Barat / UNIVSULBAR / UNSULBAR. 2026. 2027.

Pada kesempatan yang baik ini, admin akan memberikan informasi mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah UNSULBAR 2024/2025. Informasi ini disampaikan dengan harapan semoga bisa menjadi arahan bagi anda dalam persiapan melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru. Ayo simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Sulawesi Barat atau yang disingkat UNSULBAR adalah Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Majene, Sulawesi Barat, Indonesia, tepatnya di Jln. Prof. Dr. Baharuddin Lopa, SH, Talumung, Majene, Sulawesi Barat - Indonesia.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Sulawesi Barat (UNSULBAR) yaitu :
  • Fakultas Pertanian terdiri dari : Program Studi Manajemen Hutan, dan Program Studi Agrobisnis.
  • Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik terdiri dari : Program Studi Ilmu Politik, Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, Program Studi Ilmu Hukum, dan Program Studi Pend. Bahasa Inggris.
  • Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam terdiri dari : Program Studi Matematika, Program Studi Pend. Matematika, Program Studi Pend. Biologi, Program Studi Pend. Fisika.
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari : Program Studi Manajemen, dan Program Studi Akuntansi.
  • Fakultas Perikanan & Peternakan terdiri dari : Program Studi Produksi Ternak, Program Studi Budidaya Perairan.
  • Fakultas Teknik terdiri dari : Program Studi Teknik Sipil, Program Studi Teknik Informatika.
  • Fakultas Kesehatan terdiri dari : Program Studi DIII Keperawatan.

Itulah beberapa fakultas dan program studi yang ada di UNSULBAR. Mungkin dari beberapa program studi yang disebutkan ada salah satu yang anda minati, untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru UNSULBAR.

Pada tahun ini, UNSULBAR kembali membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional dan jalur mandiri. Informasi jalur nasional dan jalur mandiri akan dijelaskan berikut ini.

1. Pendaftaran UNSULBAR Jalur SNBP 

UNSULBAR adalah salah satu PTN yang turut tergabung dalam jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP. Bagi anda yang ingin masuk ke UNSULBAR, maka bisa mengikuti seleksi jalur SNBP.

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah salah satu jalur seleksi masuk ke PTN yang mana pada jalur ini seleksinya dilakukan melalui hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Dengan kata lain bahwa jalur SNBP adalah jalur seleksi masuk ke PTN tanpa tes tertulis.

Dapat dikatakan bahwa hanya siswa yang berprestasi dan konsisten menunjukkan prestasinya yang bisa mendaftar dan mengikuti jalur SNBP.

Untuk bisa mendaftar dan mengikuti SNBP, maka harus memahami alur pendaftaran SNBP sejak awal hingga akhir.

Adapun tahapan pendaftaran SNBP yaitu dimulai dari registrasi akun SNPMB, pengisian data, pemeringkatan, dan diakhiri dengan pendaftaran SNBP oleh siswa.

Informasi rinci dapat dibaca pada artikel berikut : Registrasi Akun SNPMB untuk Mendaftar SNBP dan UTBK SNBT

Keterangan lengkap mengenai SNBP dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBP. Pada artikel tersebut telah diuraikan penjelasan mengenai persyaratan SNBP, jadwal SNBP, link pendaftaran, biaya SNBP, cara mendaftar SNBP, dan lain sebagainya.

2. Pendaftaran UNSULBAR Jalur SNBT 

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi nasional yang dibuka untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang seleksinya didasarkan pada hasil UTBK dan / atau kriteria lain yang ditentukan PTN.

Calon peserta yang ingin kuliah di UNSULBAR, maka dapat mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur SNBT ini.

Lulusan 3 tahun terakhir jenjang SMA / SMK / sederajat bisa mendaftar di jalur ini jika memenuhi persyaratan.

Pendaftaran SNBT dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses laman resminya untuk mengisi data secara online.

Untuk informasi lengkap mengenai SNBT silahkan baca pada artikel Pendaftaran Online SNBT.

Pada artikel tersebut telah dijelaskan secara rinci mengenai biaya pendaftaran SNBT dan cara membayarnya, syarat mendaftar SNBT, jadwal pendaftaran dan pengumuman SNBT, dan keterangan penting lainnya.

3. Pendaftaran UNSULBAR Jalur Mandiri 

Selain membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional, UNSULBAR juga membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri.

Jalur mandiri ini disebut juga sebagai jalur alternatif bagi anda yang sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur nasional, tetapi pada saat pengumuman dinyatakan tidak lulus, maka dapat mendaftarkan diri kembali mengikuti seleksi jalur mandiri.

Informasi pendaftaran jalur mandiri dapat anda lihat diwebsite UNSULBAR yaitu www.unsulbar.ac.id.

4. Pendaftaran KIP Kuliah UNSULBAR

UNSULBAR merupakan saah satu Univeristas Negeri yang menyalurkan bantuan dana pendidikan yang disebut dengan KIP Kuliah.

Nah, untuk kalian yang berasal dari keluarga kurang mampu namun berprestasi akademik baik, maka dapat mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan yang kini dikenal dengan nama KIP Kuliah.

Dulunya KIP Kuliah ini bernama Bidikmisi.

Bagi yang telah memiliki KIP (Kartu Indonesia Pintar) sejak di SLTA sederajat, maka ketika kuliah bisa langsung mengajukan diri untuk mendapatkan KIP Kuliah dengan memenuhi semua ketentuannya.

Untuk bisa mendapatkan bantuan KIP Kuliah, maka harus melalui seleksi terlebih dahulu. Calon peserta bisa mengikuti seleksi di jalur SNBP, SNBT, dan jalur mandiri (jika ada).

Apabila diterima melalui salah satu jalur seleksi di atas, maka peluang untuk mendapatkan bantuan KIP Kuliah terbuka lebar jika memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online melalui website di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id yang mana pendaftarannya menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai KIP Kuliah, silahkan baca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

Pada artikel tersebut telah dijelaskan informasi berupa persyaratan pendaftaran KIP Kuliah, cara mendaftar KIP kuliah, jadwal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, dan lain sebagainya.

Dari jalur-jalur yang dibuka oleh UNSULBAR untuk menerima calon mahasiswa baru, maka anda dapat memilihnya sesuai keinginan anda.  Pilihlah jalur yang memerikan peluang lebih besar untuk lulus seleksi.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNSULBAR

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Jalur Pendaftaran Kuliah UNSULBAR. Semoga informasi tersebut bisa memberikan pencerahan untuk anda semua.

Admin turut mendoakan semoga anda lulus seleksi melalui jalur yang anda ikuti. Mari sama-sama berdoa semoga kita bisa menjadi orang yang sukses semuda mungkin. Aamiin.

Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat, dan sukai juga halaman web kami.