Jalur Pendaftaran Kuliah UNSIL 2024/2025

pmb.unsil.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNSIL Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri, PMB UNSIL, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNSIL, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNSIL, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3 / D4 / S1 / S2 / S3 UNSIL, Registrasi Mahasiswa Baru UNSIL, Pendaftaran Online UNSIL, Penerimaan Online UNSIL, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, PPs UNSIL, Bidikmisi, Pendaftaran KIP Kuliah, Pendaftaran Maba Universitas Siliwangi (UNSIL), 2026. 2027.

Pada kesempatan yang baik ini, admin web akan memberikan informasi tentang Jalur Pendaftaran Kuliah UNSIL 2024/2025. Informasi ini diberikan dengan tujuan dapat memberikan panduan untuk anda dalam melakukan proses pendaftaran. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, ayo simak pembahasannya berikut ini.


Universitas Siliwangi atau yang disingkat dengan UNSIL adalah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia. Moto dari Universitas Siliwangi (UNSIL) adalah Tri Gatra Citra.

Sejarah singkat berdirinya Universitas Siliwangi (UNSIL) yaitu pada tahun 1978 didirikan sebagai ADSUP Siliwangi, kemudian pada tahun 1980 sebagai Universitas Siliwangi, dan pada tahun 2014 sebagai Universitas Negeri Siliwangi (UNSIL).

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Siliwangi (UNSIL) yaitu :
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) terdiri dari program studi : Pendidikan Biologi, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Ekonomi dan Tata Niaga, Pendidikan Geografi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR), Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Bahasa Indonesia,
  • Fakultas Ekonomi tterdiri dari program studi : Akuntansi, Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Manajemen Keuangan dan Perbankan
  • Fakultas Teknik terdiri dari program studi : Teknik Elektro, Teknik Informatika, Teknik Sipil, Fakultas Pertanian, Agribisnis, Agroteknologi.
  • Fakultas Agama Islam (FAI) terdiri dari program studi : Ekonomi Islam.
  • Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) terdiri dari program studi : Kesehatan Masyarakat.
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) terdiri dari program studi : Ilmu Politik.
  • Program Pasca Sarjana terdiri dari program studi : Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH), Agribisnis, dan Manajemen.

Dari beberapa Fakultas dan Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di UNSIL.

Pada tahun ini UNSIL membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP, SNBT, Mandiri, dan KIP Kuliah. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran UNSIL Jalur SNBP 

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur seleksi nasional untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang seleksinya didasarkan pada prestasi akademik siswa yang dilihat dari nilai rapor serta prestasi lainnnya yang relevan.

Hanya siswa-siswa yang secara konsisten menunjukkan prestasinya di setiap semester dan akan lulus sekolah tahun ini yang mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SNBP. 

UNSIL adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang turut membuka jalur seleksi SNBP untuk menerima calon mahasiswa baru.

Pemberian rekomendasi kepala sekolah menjadi langkah awal proses pendaftaran SNBP. Jika telah direkomendasikan, calon peserta bisa melanjutkan proses pendaftaran sampai selesai.

Selanjutnya lengkapi informasi SNBP ini dengan mengunjungi artikel Pendaftaran SNBP yang mana pada artikel tersebut telah dijelaskan mengenai syarat pendaftaran, link, mekanisme mengikuti SNBP, biaya, jadwal, ketentuan seleksi, dan penjelasan lainnya.

2. Pendaftaran UNSIL Jalur SNBT 

UNSIL adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang turut membuka jalur SNBT. Seperti yang dijelaskan di website resminya bahwa SNBT adalah jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang didasarkan pada hasil tes dan / atau kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

Bagi kalian yang sebelumnya telah mengikuti SNBP tetapi dinyatakan tidak lulus seleksi, atau bagi kalian yang memang belum mengikuti jalur seleksi manapun, maka bisa mencoba mengikuti seleksi jalur SNBT.

Lulusan 3 tahun terakhir jenjang SMA / MA / SMK / sederajat bisa mendaftar di jalur SNBT ini tentunya dengan memenuhi persyaratan dan ketentuan pendaftaran.

Pendaftarannya dilakukan sendiri dengan mengakses laman resminya untuk mengisi formulir online.

Keterangan penting lainnya mengenai SNBT seperti persyaratan, link, jadwal, biaya, cara mendaftar, jumlah pilihan program studi, daftar PTN, dan lain sebagainya. dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online SNBT.

3. Pendaftaran KIP Kuliah UNSIL

Nah, untuk kalian yang berasal dari keluarga kurang mampu namun berprestasi akademik baik, maka dapat mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan yang kini dikenal dengan nama KIP Kuliah.

Dulunya KIP Kuliah ini bernama Bidikmisi.

Bagi yang telah memiliki KIP (Kartu Indonesia Pintar) sejak di SLTA sederajat, maka ketika kuliah bisa langsung mengajukan diri untuk mendapatkan KIP Kuliah dengan memenuhi semua ketentuannya.

Untuk bisa mendapatkan bantuan KIP Kuliah, maka harus melalui seleksi terlebih dahulu. Calon peserta bisa mengikuti seleksi di jalur SNBP, SNBT, dan jalur mandiri (jika ada).

Apabila diterima melalui salah satu jalur seleksi di atas, maka peluang untuk mendapatkan bantuan KIP Kuliah terbuka lebar jika memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online melalui website di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id yang mana pendaftarannya menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai KIP Kuliah, silahkan baca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

Pada artikel tersebut telah dijelaskan informasi berupa persyaratan pendaftaran KIP Kuliah, cara mendaftar KIP kuliah, jadwal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, dan lain sebagainya.

4. Pendaftaran UNSIL Jalur Mandiri

Selain melalui jalur nasional, UNSIL juga membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri. Penerimaan jalur mandiri UNSIL dibuka untuk menerima calon mahasiswa baru yang akan memilih program Diploma 3, Sarjana (S2), dan Magister (S2).

Alur pendaftaran jalur mandiri UNSIL dijelaskan berikut ini.
  1. Buka alamat website pmb.unsil.ac.id
  2. Pilih program D3, S1, atau S2.
  3. Isilah formulir pendaftaran online
  4. Cetak slip pembayaran biaya seleksi
  5. Pada slip pembayaran tertera kode pembayaran / nomor formulir
  6. Membayar biaya seleksi di Bank BTN atau Bank Mandiri di seluruh Indonesia
  7. Login kembali ke alamat pmb.unsil.ac.id untuk melengkapi formulir pendaftaran online
  8. Login menggunakan user dan password yang telah didapatkan dari Bank
  9. Mencetak kartu tanda peserta
  10. Mengikuti ujian dengan membawa kartu peserta ujian, foto copy ijazah yangtelah dilegalisir atau tanda lulus / SKHUN, dan kartu identitas.

Pendaftaran jalur mandiri dibuka setelah jalur nasional berakhir. Bagi yang telah mengikuti seleksi jalur nasional namun tidak lulus, maka anda masih bisa mengikuti seleksi jalur mandiri UNSIL. Persiapkan diri anda lebih baik lagi agar bisa lulus seleksi mandiri.

Itulah jalur-jalur masuk UNSIL. Untuk informasi lain yang anda butuhkan silahkan baca di website resmi UNSIL. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNSIL

Silahkan Baca Juga :

Demikianlah informasi mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah UNSIL yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Mudah-mudahan informasi tersebut bisa memberikan pencerahan dan bermanfaat bagi anda.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk UNSIL dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa baru UNSIL. Mari bantu bagikan informasi ini pada teman lainnya. Terima kasih telah membaca artikel ini dan salam sukses.