Jalur Pendaftaran Kuliah UNP 2024/2025

www.unp.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNP Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri, SPMB UNP, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNP, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNP, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 UNP, Pendaftaran KIP Kuliah, Registrasi Mahasiswa Baru UNP, Panduan Pendaftaran Mahasiswa Baru UNP, Pendaftaran Online Penerimaan Maba UNP, Jalur SNBP, SNBT, SPMB UNP, Bidikmisi, PPs UNP, Universitas Negeri Padang. 2026, 2027.

Pada kesempatan ini admin web akan memberikan informasi mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah UNP 2024/2025. Informasi ini disampaikan dengan harapan dapat memberikan gambaran untuk kalian dalam melakukan proses pendaftaran kuliah UNP. Ayo simak informasinya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Negeri Padang atau yang disingkat dengan UNP adalah Perguruan Tinggi Negeri yang berada di kota Padang, Sumatera Barat, Indonesia.

Moto dari Universitas Negeri Padang (UNP) adalah Alam Takambang Jadi Guru atau dalam bahasa Indonesia adalah Alam Terkembang Jadi Guru.

Proses berdiri Universitas Negeri Padang (UNP) yaitu pada 1 September 1954 sebagai FKIP UNAND, kemudian pada 10 Juni 1958 sebagai IKIP Padang, dan akhirnya pada 24 Agustus 1999 menjadi sebuah universitas yaitu Universitas Negeri Padang (UNP).

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Negeri Padang (UNP), yaitu :

Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Administrasi Pendidikan, Bimbingan Dan Konseling, Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Luar Biasa, Kurikulum Dan Teknologi Pendidikan, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Guru PAUD, Psikologi
Fakultas Bahasa dan Seni
  • Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, Bahasa dan Sastras Inggris, Seni Rupa, Seni Drama Tari dan Musik.
Fakultas MIPA
  • Kimia, Fisika, Biologi, Matematika
Fakultas Ilmu Sosial
  • Sejarah, Geografi, PPKN, Sosiologi, IAN
Fakultas Ilmu Keolahragaan
  • Pendidikan Olahraga, Kepelatihan, Kesehatan dan Rekreasi.
Fakultas Teknik
  • Teknik Otomotif, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Elektro, Teknik Sipil
Fakultas Ekonomi
  • Akuntansi, Manajemen Perdagangan, Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Pendidikan Ekonomi

Program Magister UNP
  • Teknologi Pendidikan, Administrasi Pendidikan, Ilmu Lingkungan, Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, Pendidikan Dasar, Pendidikan Fisika, Pendidikan Antropologi/Sosiologi, Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Pendidikan Sejarah, Pendidikan Seni & Budaya, Pendidikan Kimia, Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Olahraga, Magister Pendidikan Matematika, Magister Pendidikan Fisika, Magister Pendidikan Biologi, Magister Pendidikan Kimia, Magister Manajemen, Magister Ilmu Ekonomi, Magister Pendidikan Ekonomi

Program Studi S-3 (Doktor) : Ilmu Pendidikan dengan orientasi:
  • Pengembangan Sumberdaya Pendidikan (PSDP), Pendidikan MIPA, Pendidikan IPS, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Lingkungan, Pendidikan Kejuruan

Dari beberapa Fakultas dan Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru di UNP.

Pada tahun ini UNP membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP, SNBT, dan Jalur Mandiri (SPMB UNP).. Langsung saja kita simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran UNP Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru untuk masuk ke Perguruan Tinggi, salah satunya adalah UNP.

Seleksi SNBP dilakukan melalui hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Hanya siswa-siswi yang konsisten menunjukkan kemajuan prestasinya yang akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi jalur SNBP ini.

Siswa-siswi lain yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi SNBP dapat mengikuti seleksi jalur lainnya seperti SNBT atau SPMB UNP.

Untuk bisa mendaftar dan mengikuti SNBP, maka harus memahami alur pendaftaran SNBP sejak awal hingga akhir.

Pemberian rekomendasi kepala sekolah menjadi titik awal proses pendaftaran SNBP. Jika telah direkomendasikan, calon peserta bisa melanjutkan proses pendaftaran sampai selesai.

Keterangan lengkap mengenai SNBP dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBP.

Pada artikel tersebut telah diuraikan penjelasan mengenai persyaratan, tahapan seleksi, link, jadwal, biaya, cara mendaftar, daftar PTN, dan lain sebagainya.

2. Pendaftaran UNP Jalur SNBT

Selain membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP, UNP juga membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional lainnya, yaitu jalur SNBT.

Seperti yang kita ketahui bahwa jalur SNBT merupakan jalur seleksi nasional yang seleksinya didasarkan pada hasil tes, serta kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

Lulusan 3 tahun terakhir jenjang SMA / MA / SMK / sederajat bisa mendaftar di jalur SNBT ini tentunya dengan memenuhi persyaratan dan ketentuan pendaftaran.

Pendaftaran SNBT dilakukan sendiri dengan mengakses laman resminya untuk mengisi data online.

Untuk keterangan lebih rinci mengenai SNBT telah dijelaskan tersendiri pada artikel Pendaftaran Online SNBT.

Pada artikel tersebut telah dijelaskan informasi berupa biaya pendaftaran dan cara membayarnya, syarat mendaftar jadwal pendaftaran dan pengumuman, link, daftar PTN, dan keterangan penting lainnya.

3. Pendaftaran KIP Kuliah UNP

UNP juga salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang turut menyalurkan bantuan biaya pendidikan yang dikenal dengan nama KIP Kuliah.

Sebelumnya, KIP Kuliah ini bernama Bidikmisi. Namun karena adanya kebijakan baru, maka nama Bidikmisi pun ikuti diubah dan kini menjadi KIP Kuliah.

Bantuan biaya pendidikan KIP Kuliah ini ditujukan bagi calon mahasiswa yang memiliki kekurangan dari segi ekonomi namun juga calon mahasiswa tersebut memiliki potensi akademik baik selama menempuh pendidikan di jenjang SLTA.

Untuk mendaftar KIP Kuliah, maka dapat dilakukan secara online di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Apabila mengalami kesulitan, maka bisa meminta bantuan dan arahan pada pihak sekolah untuk mendaftarkan kalian.

Untuk penjelasan lainnya mengenai KIP Kuliah seperti persyaratan KIP Kuliah, jadwal pendaftaran KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, tanya jawab KIP Kuliah, dan lainnya silahkan baca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

4. Pendaftaran SPMB UNP

SPMB UNP atau Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Negeri Padang adalah jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan secara lokal oleh UNP. Salah satu tujuannya adalah memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang ingin kuliah di UNP.

Program-program jenjang pendidikan yang seleksinya dilakukan melalui jalur SPMB UNP ini yaitu progam Diploma, Sarjana, Pascasarjana, dan Profesi.

Persyaratan Pendaftaran Diploma Transfer S1
  • Memiliki Ijazah Diploma/Sarjana Muda

Persyaratan Pendaftaran Jalur Mandiri D2
  • Diperuntukkan bagi jenjang program pendidikan Diploma II Program Studi di Luar Domisili (PDD) Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Lahat, dan Kota Sawahlunto
  • Lulusan SMA/SMK/MA (semua tahun lulus)
  • Seleksi menggunakan data UN (Ujian Nasional) dan nilai rapor semester III s.d. V.

Persyaratan Pendaftaran Diploma III
  • Seleksi menggunakan data nilai rapor semester I s.d. V dan data nilai UN
  • Lulusan SMA / MA / SMK / MAK dan sederajat yang merupakan lulusan 4 tahun terakhir termasuk juga lusan tahun ini.

Persyaratan Pendaftaran Program Profesi
  • Memiliki Ijazah Sarjana (S1) Program Studi BK dari Perguruan Tinggi yang Terakreditasi
  • IPK minimal 2,75

Prosedur Pendaftaran Jalur SPMB UNP
  • Peserta mendaftar melalui alamat http://spmb.unp.ac.id/
  • Kemudian tentukan jenjang pendidikan yang akan dipilih (Diploma / Sarjana / Pascasarjana / Profesi)
  • Mengisikan biodata berupa nama, tanggal lahir, dan nomor handphone untuk mendapatkan nomor rekening dan besaran biaya pendaftaran, serta User ID dan PIN.
  • Membayar biaya pendaftaran ketentuan sesuai jenjang pendidikan masing-masing yang dibayar melalui teller Bank Nagari atau Transfer melalui seluruh ATM (Bank Nagari, ATM Bersama, dan ATM Prima)
  • Melakukan pengisian borang pendaftaran di alamat pendaftaran SPMB UNP
  • Jika telah selesai mengisi borang tersebut, maka dapat mencetak bukti pendaftaran berupa kartu tanda peserta.
  • Bawa kartu tersebut saat ujian berlangsung.

Untuk infomasi lainnya silahkan baca di web resmi UNP. Lihat juga jadwal jalur mandiri

5. Pendaftaran Pascasarjana UNP

UNP kembali melakukan penerimaan calon mahasiswa baru program Pascasarjana jenjang program pendidikan S2 dan S3. Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat http://spmb.unp.ac.id/ . Prosedur pendaftaran dilakukan seperti yang telah dijelaskan di atas. Informasi lain yang belum dimuat disini dapat dilihat langsung di alamat tersebut.

Baca juga :

Itulah informasi mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah UNP yang dapat anda bagikan kepada anda. Semoga informasi tersebut dapat menambah atau melengkap informasi yang telah anda miliki.

Silahkan bagikan juga artikel ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan.

Admin turut mendoakan semoga harapan anda untuk diterima menjadi mahasiswa UNP dapat terwujudkan, dan juga semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Aamiin