Jalur Pendaftaran Kuliah UNM 2024/2025

www.unm.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNM Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri, PMB UNM, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNM, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNM, Registrasi Mahasiswa Baru UNM, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 UNM, Pendaftaran KIP Kuliah, Pendaftaran Online UNM, Penerimaan Online UNM, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, Bidikmisi, PPs UNM, Universitas Negeri Makassar (UNM), 2026. 2027.

Pada kesempatan ini, admin akan memberikan informasi tentang Jalur Pendaftaran Kuliah UNM 2024/2025. Informasi ini disampaikan dengan tujuan dapat memberikan panduan untuk kalian para lulusan SLTA sederajat dalam melakukan proses pendaftaran kuliah UNM. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, ayo simak pembahasannya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Negeri Makassar atau yang disingkat UNM adalah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di kota Makassar, Indonesia. Universitas Negeri Makassar (UNM) telah didirikan pada tanggal 1 Agustus 1961. Moto dari Universitas Negeri Makassar (UNM) adalah Tetap Jaya Dalam Tantangan.

Universitas Negeri Makassar (UNM) memiliki beberapa kampus yaitu Kampus I Gunung Sari (Kota Makassar), Kampus II Parang Tambung (Kota Makassar), Kampus III Banta - Bantaeng (Kota Makassar), Kampus IV Tidung (Kota Makassar), Kampus PGSD (Kabupaten Bone), dan Kampus PGSD (Kota Pare Pare).

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Negeri Makassar (UNM), yaitu :
  • Fakultas Psikologi : Psikologi Eksperimen, Psikologi Industri, Psikologi Klinis, Psikologi Pendidikan, Psikologi Perkembangan, dan Psikologi Sosial
  • Fakultas Ilmu Pendidikan : Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan (KTP), Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS), Jurusan Administrasi PEndidikan (AP), dan Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan, Pendidikan Luar Biasa (PLB), program D-II PGSD, program D-II PGTK
  • Fakultas MIPA : Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Geografi, Prodi IPA, Prodi Statistika.
  • Fakultas Teknik : Pendidikan Teknik Bangunan terdiri dari Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan (S1) dan Teknik Arsitekstur (D3) ; Pendidikan Teknik Mesin terdiri dari Pendidikan Teknik Mesin (S1) dan Teknik Mesin (D3) ; Pendidikan Teknik Elektro terdiri dari Pendidikan Teknik Elektro (S1) dan Teknik Elektro (D3) ; Pendidikan Teknik Otomotif terdiri dari Pendidikan Teknik Otomotif (S1) dan Teknik Otomotif (D3) ; Pendidikan Teknik Elektronika terdiri dari Pendidikan Teknik Elektronika (S1) dan Teknik Elektronika (D3) ; Pendidikan Kesejahteraan Keluarga terdiri dari Pendidikan Tata Busana (S1), Pendidikan Tata Boga (S1), Tata Busana (D3), dan Tata Boga (D3) ; Pendidikan Teknologi Pertanian (S1) ; Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (S1)
  • Fakultas Bahasa dan Sastra
  • Fakultas Ilmu Olahraga
  • Fakultas Ilmu Sosial : PPKn, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Administrasi Perkantoran, dan Sosiologi.
  • Fakultas Seni dan Desain
  • Fakultas Ekonomi : Manajemen (S1), Jurusan Pendidikan Ekonomi yang terdiri atas 3 (tiga) program studi, yaitu Pendidikan Ekonomi Koperasi (S1), Pendidikan Akuntansi (S1), dan Pendidikan Administrasi Perkantoran (S1 Passing Out)
  • Program Pasca Sarjana : Pendidikan Bahasa Inggris (S-3 dan S-2), Pendidikan Ekonomi (S-3), Pendidikan Kependudukan Dan Lingkungan Hidup (S-3 dan S-2), Pendidikan Bahasa Indonesia (S-3 dan S-2), Ilmu Pendidikan (S-3), Ilmu Administrasi Publik (S-3), Sosiologi (S-3), Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan (S-2), Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (S-2). Pendidikan Fisika (S-2), Pendidikan Biologi (S-2), Pendidikan Kimia (S-2), Pendidikan Matematika (S-2), Pendidikan Seni Rupa (S-2), Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan (S-2), Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S-2), Administrasi Pendidikan (S-2), Bimbingan Dan Konseling (S-2).

Dari beberapa Fakultas dan Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang diminati. Untuk itu silahkan daftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru di UNM.

Pada tahun ini UNM membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri,. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran UNM Jalur SNBP

SNBP adalah jalur seleksi nasional untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri, salah satunya masuk ke Universitas Negeri Makassar (UNM).

Seleksi SNBP dilakukan tanpa tes tertulis, hanya didasarkan pada hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Hanya siswa-siswa yang secara konsisten menunjukkan prestasinya di setiap semester yang akan mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SNBP. Bagi siswa-siswa yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SNBP ini, maka bisa mengikuti seleksi jalur lainnya.

Pemberian rekomendasi kepala sekolah menjadi langkah awal proses pendaftaran SNBP. Jika telah direkomendasikan, calon peserta bisa melanjutkan proses pendaftaran sampai selesai.

Keterangan lengkap mengenai SNBP dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBP. Pada artikel tersebut telah diuraikan penjelasan mengenai persyaratan, jadwal, laman pendaftaran, biaya, cara mendaftar, daftar PTN, dan lain sebagainya.

2. Pendaftaran UNM Jalur SNBT

Jalur seleksi nasional berikutnya yang dibuka setelah SNBP adalah jalur SNBT. Jalur SNBT juga merupakan jalur favorit selain dari SNBP.

Perlu kalian ketahui bahwa jalur SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes ini berbeda dengan SNBP. Pada jalur SNBP hanya siswa yang berprestasi saja yang bisa mendaftarnya, sedangkan pada jalur SNBT tidak ada syarat prestasi untuk mendaftarnya.

Selain itu, pada jalur SNBP hanya diperuntukkan bagi lulusan tahun ini saja, sedangkan pada jalur SNBT diperuntukkan bagi lulusan 3 tahun terakhir jenjang SMA / SMK / MA / sederajat.

Nah, bagi kalian yang tertarik untuk mendaftar SNBT, maka harus mengetahui alur pendaftarannya dari tahap awal hingga tahap akhir serta harus bisa memenuhi persyaratan dan mengikuti ketentuannya.

Keterangan lebih lanjut mengenai SNBT dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online SNBT yang mana pada artikel tersebut telah dijelaskan mengenai biaya pendaftaran dan cara membayarnya, syarat mendaftar jadwal pendaftaran dan pengumuman, daftar PTN, dan keterangan penting lainnya.

3. Pendaftaran KIP Kuliah UNM

KIP Kuliah atau yang memiliki kepanjangan nama Kartu Indonesia Pintar Kuliah adalah pengganti dari Bidikmisi yang merupakan pemberian bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa yang memiliki keterbatasan ekonomi namun memiliki potensi akademik baik.

Calon mahasiswa yang demikian berpeluang untuk mendapatkan bantuan KIP Kuliah dengan catatan dapat memenuhi persyaratan dan ketentuan lainnya.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan secara online melalui laman resminya di kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan dengan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai KIP Kuliah dapat dibaca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

Pada artikel tersebut telah dijelaskan secara rinci informasi berupa cara mendaftar KIP Kuliah, syarat pendaftaran KIP Kuliah, jadwal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, dan lain-lain.

4. Pendaftaran UNM Jalur Mandiri

Selain membuka jalur penerimaan mahasiswa baru yang telah disebutkan di atas, jalur penerimaan mahasiswa baru lainnya yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Makassar (UNM) adalah jalur mandiri

Penerimaan melalui jalur mandiri salah satunya bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang ingin kuliah di Universitas Negeri Makassar (UNM).

Jalur mandiri ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa baru jenjang Diploma dan Sarjana. Bagi kalian yang sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur SNBP atau SNBT namun tidak lulus, maka bisa mengikuti seleksi jalur mandiri UNM.

Jalur seleksi mandiri UNM dibedakan menjadi seleksi mandiri A dan seleksi mandiri B. Ada perbedaan pada saat ujian antara mandiri A dan mandiri B,yaitu di mandiri B ada ujian keterampilan sedangkan di mandiri A tidak ada.

Alur Pendaftaran Jalur Mandiri UNM
  1. Mendaftar secara online di http://pmbm.unm.ac.id untuk mendapatkan kode bayar
  2. Membayar biaya pendaftaran di Bank BRI menggunakan kode bayar untuk mendapatkan KAP dan PIN
  3. Login menggunakan KAP dan PIN ke alamat web di atas
  4. Lengkapi data pendaftaran hingga mencetak kartu peserta.
  5. Pilih jenis seleksi mandiri : Mandiri A atau Mandiri B
    • Mandiri A : Ujian TPA, dan wawancara
    • Mandiri B : Ujian TPA. ujian keterampilan, dan wawancara

Seleksi jalur mandiri UNM dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta. Kalian harus mempersiapkan diri lebih baik dari sebelumnya agar harapan untuk bisa lulus seleksi dan diterima di UNM bisa terwujudkan. Informasi mengenai jalur mandiri UNM lebih lanjut dapat dibaca melalui alamat http://pmbm.unm.ac.id

5. Pendaftaran Pascasarjana UNM

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu ke jenjang Magister atau Doktor, maka anda bisa mendaftarkan diri ke Pascasarjana UNM. Pendaftaran program Pascsarjana UNM dilakukan secara online melalui alamat http://pps.unm.ac.id/. Silahkan akses alamat tersebut untuk mendapatkan informasi selengkapnya.


Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke UNM. Silahkan pilih jalur seleksi yang diminati. Apabila ada perubahan atau perbedaan dengan informasi yang telah admin berikan di atas, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNM.

Baca juga :

Demikianlah informasi tentang Jalur Pendaftaran Kuliah UNM yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi untuk kalian. Jika informasi tersebut bermanfaat, silahkan bagikan dengan teman yang membutuhkan.

Admin turut mendoakan semoga bisa lulus ujian seleksi masuk ke UNM dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa UNM. Mari bantu berbagi informasi ini pada rekan atau kerabat lainnya yang membutuhkan. Terima kasih.