Jalur Pendaftaran Kuliah UNIMOR 2024/2025

www.unimor.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNIMOR Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri, PMB UNIMOR, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNIMOR, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNIMOR, Pendaftaran Mahasiswa Baru Diploma / Sarjana UNIMOR, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Registrasi Mahasiswa Baru UNIMOR, Pendaftaran Online UNIMOR, Penerimaan Online UNIMOR, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, Bidikmisi, Pendaftaran Maba Universitas Timor, 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Jalur Pendaftaran Kuliah UNIMOR 2024/2025. Dengan adanya informasi ini, semoga dapat menjadi acuan untuk kalian dalam persiapan melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru UNIMOR. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Timor atau disingkat UNIMOR adalah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di Kota Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Universitas Timor (UNIMOR) dahulunya dikenal dengan nama Universitas Timor Timur (UNTIM). UNTIM didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia di Provinsi Timor Timur pada tahun 1986 sebagai Perguruan Tinggi Swasta.

Universitas Timor (UNIMOR) resmi didirikan menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pada 6 Oktober tahun 2014 oleh Presiden Republik Indonesia (Dr. Susilo Bambang Yudhoyono).

Fakultas dan Program Studi di UNIMOR, yaitu :
  • Fakultas Pertanian, terdiri dari : Program Studi Agrobisnis, Program Studi Agronomi, dan    Program Studi Produksi Ternak.
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) terdiri dari : Program Studi Ekonomi Pembangunan, Program Studi Ilmu Administrasi Negara, dan Program Studi Ilmu Pemerintahan.
  • Fakultas Ekonomi (FE) terdiri dari : Program Studi Manajemen.
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan (FKIP) terdiri dari : Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Program Studi Pendidikan Biologi, dan Program Studi Pendidikan Matematika

Dari beberapa Fakultas dan Program Studi yang ada di UNIMOR, mungkin ada salah satu yang diminati, untuk itu silahkan daftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru di UNIMOR.

Ketika akan mendaftar sebagai calon mahasiswa baru di UNIMOR, maka kalian harus mengetahui jalur-jalur apa saja yang dibuka oleh UNIMOR untuk menyeleksi calon mahasiswa baru. Berikut informasi selengkapnya.

1. Pendaftaran UNIMOR Jalur SNBP

UNIMOR adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang turut membuka jalur seleksi SNBP untuk menerima calon mahasiswa baru.

Jalur SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi ini seleksinya didasarkan pada hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Bagi yang berminat mengikuti SNBP, maka dapat melakukan pendaftaran dengan mengikuti alur dari awal hingga akhir sesuai ketentuan.

Adapun alur pendaftaran SNBP yaitu registrasi akun SNPMB, pengisian data PDSS, pemeringkatan, dan diakhiri dengan pendaftaran SNBP oleh siswa.

Penjelasan mengenai registrasi akun SNPMB dapat dibaca selengkapnya pada artikel Registrasi Akun SNPMB untuk Mendaftar SNBP dan UTBK SNBT

Sedangkan informasi pengisian data PDSS dapat ditemukan pada artikel berikut : Cara Mendaftar SNBP

Selanjutnya lengkapi informasi SNBP ini dengan mengunjungi artikel Pendaftaran SNBP yang mana pada artikel tersebut telah dijelaskan mengenai persyaratan, jadwal, biaya, cara mendaftar, daftar PTN, dan lain sebagainya.

2. Pendaftaran UNIMOR Jalur SNBT

UNIMOR adalah salah satu Universitas Negeri yang membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBT.

Seperti yang kita ketahui bahwa SNBT dikenal dengan sebutan jalur seleksi nasional ujian tertulis. Mengapa demikian? karena memang seleksi SNBT ini dilakukan melalui ujian tertulis berbasis komputer (UTBK)

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang seleksinya didasarkan pada hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), serta kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

Secara singkat dapat dibuat alur pendaftaran SNBT sebagai berikut : registrasi akun SNPMB, pendaftaran, seleksi, pengumuman kelulusan.

Sedangkan informasi mengenai registrasi akun SNPMB telah dijelaskan di bagian atas (bagian SNBP). Silahkan buka pada artikel tersebut.

Untuk keterangan lebih rinci mengenai SNBT telah dijelaskan tersendiri pada artikel Pendaftaran Online SNBT.

Pada artikel tersebut telah dijelaskan informasi berupa biaya pendaftaran dan cara membayarnya, syarat mendaftar jadwal pendaftaran dan pengumuman, daftar PTN, dan keterangan penting lainnya.

3. Pendaftaran UNIMOR Jalur Mandiri 

Jalur mandiri adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang dikelola langsung oleh panitia dari UNIMOR untuk menyeleksi calon mahasiswa baru

Dengan adanya jalur mandiri ini, maka dapat menjadi alternatif bagi calon mahasiswa yang sebelumnya telah mengikuti seleksi tetapi tidak lulus, maka dapat kembali mendaftarkan dirinya untuk mengikuti seleksi masuk jalur mandiri ini.

Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran jalur mandiri dapat dilihat langsung diwebsite resmi UNIMOR pada laman https://pendaftaran-smmptn.unimor.ac.id/

4. Pendaftaran KIP Kuliah UNIMOR

Seperti Universitas Negeri lainnya, UNIMOR adalah salah satu Universitas yang menyalurkan program bantuan yang disebut dengan Bidikmisi.

Nah, untuk kalian yang berasal dari keluarga kurang mampu namun berprestasi akademik baik, maka dapat mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan yang kini dikenal dengan nama KIP Kuliah.

 Dulunya KIP Kuliah ini bernama Bidikmisi.

Bagi yang telah memiliki KIP (Kartu Indonesia Pintar) sejak di SLTA sederajat, maka ketika kuliah bisa langsung mengajukan diri untuk mendapatkan KIP Kuliah dengan memenuhi semua ketentuannya.

Untuk bisa mendapatkan bantuan KIP Kuliah, maka harus melalui seleksi terlebih dahulu. Calon peserta bisa mengikuti seleksi di jalur SNBP, SNBT, dan jalur mandiri (jika ada).

Apabila diterima melalui salah satu jalur seleksi di atas, maka peluang untuk mendapatkan bantuan KIP Kuliah terbuka lebar jika memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online melalui website di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id yang mana pendaftarannya menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai KIP Kuliah, silahkan baca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

Pada artikel tersebut telah dijelaskan informasi berupa persyaratan pendaftaran KIP Kuliah, cara mendaftar KIP kuliah, jadwal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, dan lain sebagainya.

Itulah jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UNIMOR. Silahkan diikuti jalur tersebut yang diprediksikan bisa memberikan peluang yang paling besar untuk lulus seleksi.

Jangan lupa untuk belajar untuk menghadapi ujian seleksi bagi yang mengikuti. Semoga dengan usaha tersebut dapat membantu mewujudkan keinginanmu.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNIMOR.
Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Jalur Pendaftaran Kuliah UNIMOR. Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk kalian. Silahkan bagikan juga informasi ini pada teman lainnya.

Admin turut mendoakan semoga kalian memperoleh hasil terbaik dari seleksi masuk UNIMOR yang diikuti. Terima kasih admin ucapkan kepada pengunjung setia web ini yang selalu berkunjung setiap hari. Mari sama-sama berdoa semoga kesuksesan yang kita harapkan dapat terwujud. Aamiin.