Jalur Pendaftaran Kuliah UNDIKSHA 2024/2025

www.undiksha.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNDIKSHA Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri, PMB UNDIKSHA, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNDIKSHA, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNDIKSHA, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3 / S1 / S2 / S3 UNDIKSHA, Pendaftaran KIP Kuliah, Registrasi Mahasiswa Baru UNDIKSHA, Pendaftaran Online UNDIKSHA, SMBJM UNDIKSHA, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, Bidikmisi, Universitas Pendidikan Ganesha, 2026. 2027.

Pada kesempatan ini, admin akan memberikan informasi untuk anda tentang Jalur Pendaftaran Kuliah UNDIKSHA 2024/2025. Informasi ini disampaikan dengan tujuan dapat memberikan panduan untuk anda dalam melakukan proses pendaftaran. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, ayo simak pembahasannya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Universitas Pendidikan Ganesha atau disingkat UNDIKSHA adalah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di kota Singaraja, Bali, Indonesia. 

Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA) didirikan pada 11 Mei 2006. Moto dari Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA) adalah: "Dharmaning sajjana umerdhyaken widyaguna", yang artinya : kewajiban orang bijaksana adalah mengembangkan ilmu pengetahuan dan budi pekerti.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA), yaitu :
  • Bahasa & Seni (FBS) terdiri dari Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Seni Rupa, Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang, Jurusan Pendidikan Bahasa Bali, Bahasa Inggris D3, Jurusan Desain Komunikasi Visual D3
  • Ekonomi & Bisnis (FEB) terdiri dari Jurusan Pendidikan Ekonomi (S1), Jurusan Akuntasi (S1), Jurusan Akuntasi (D3), Jurusan Manajemen (S1), Jurusan Perhotelan (D3)
  • Ilmu Pendidikan (FIP) terdiri dari Jurusan Bimbingan dan Konseling (S1), Jurusan Teknologi Pendidikan (S1), Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) (S1), Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) (S1)
  • Ilmu Sosial (FIS) terdiri dari Jurusan Pendidikan Sejarah (S1), Jurusan Pendidikan Geografi (S1), Jurusan Pend. Pancasila dan Kewarganegaraan (S1), Jurusan Pendidikan sosiologi (S1), Jurusan Perpustakaan (D3), Jurusan Survei dan Pemetaan(D3)
  • Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) terdiri dari Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan IPA, Jurusan D3 Analis Kimia, Jurusan D3 Budi Daya Kelautan
  • Olahraga & Kesehatan (FOK) terdiri dari Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1), Jurusan Ilmu Keolahragaan (S1), Jurusan Pend. Kepelatihan Olahraga (S1), Jur. Pelatihan Olahraga Pariwisata (D3)
  • Teknik & Kejuruan (FTK) terdiri dari Jurusan Pend. Kesejahteraan Keluarga (S1), Jurusan Pend. Teknik Informatika (S1), Jurusan Pend. Teknik Elektro (S1), Jurusan Manajemen Informatika (D3), Jurusan Teknik Elektronika (D3), Jurusan Pend. Teknik Mesin (S1)

Dari beberapa Fakultas dan Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di UNDIKSHA.

Pada tahun ini UNDIKSHA kembali membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP, SNBT, dan SMBJM. Langsung saja kita bahas informasi selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran UNDIKSHA Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah salah satu jalur seleksi masuk ke UNDIKSHA yang mana pada jalur ini seleksinya dilakukan melalui hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Dengan kata lain bahwa jalur SNBP adalah jalur seleksi masuk ke PTN tanpa tes tertulis.

Dapat dikatakan bahwa hanya siswa yang berprestasi dan konsisten menunjukkan prestasinya yang bisa mendaftar dan mengikuti jalur SNBP.

Dari informasi tersebut dapat diketahui bahwa hanya siswa-siswi terbaik dari masing-masing sekolah yang dapat mengikuti seleksi jalur SNBP ini. Siswa lain yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SNBP, maka bisa mengikuti seleksi jalur SNBT atau SMBJM yang dibuka oleh UNDIKSHA

Untuk bisa mendaftar dan mengikuti SNBP, maka harus memahami alur pendaftaran SNBP sejak awal hingga akhir.

Rekomendasi kepala sekolah menjadi langkah awal dari rangkaian proses pendaftaran SNBP ini. Siswa yang telah direkomendasikan dapat melanjutkan proses pendaftaran sampai dengan mencetak kartu peserta.

Keterangan lengkap mengenai SNBP dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBP. Pada artikel tersebut telah diuraikan penjelasan mengenai persyaratan, jadwal, biaya, cara mendaftar, daftar PTN, dan lain sebagainya.

2. Pendaftaran UNDIKSHA Jalur SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi ujian tertulis untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri, salah satunya masuk ke UNDIKSHA.

Untuk siswa-siswi yang sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur SNBP tetapi dinyatakan tidak lulus saat pengumuman, maka bisa mendaftarkan diri mengikuti seleksi SNBT.

Selain itu, siswa-siswa yang sebelumnya tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi SNBP, juga bisa mendaftarkan diri mengikuti seleksi SNBT.

Jalur SNBT terbuka untuk lulusan 3 tahun terakhir jenjang Sekolah Menengah Atas dan Sederajat yang ingin memilih program studi jenjang Sarjana.

Pendaftaran SNBT secara online di laman resminya dengan mengisi formulir secara lengkap dan benar sampai dengan mencetak kartu peserta.

Untuk informasi lengkap mengenai SNBT silahkan baca pada artikel Pendaftaran Online SNBT.

Pada artikel tersebut telah dijelaskan secara rinci mengenai biaya pendaftaran dan cara membayarnya, syarat mendaftar jadwal pendaftaran dan pengumuman, daftar PTN, dan keterangan penting lainnya.

3. Pendaftaran KIP Kuliah UNDIKSHA

UNDIKSHA adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang turut menyalurkan bantuan biaya pendidikan yang dikenal dengan nama KIP Kuliah.

Sebelumnya, KIP Kuliah ini bernama Bidikmisi. Namun karena adanya kebijakan baru, maka nama Bidikmisi pun ikuti diubah dan kini menjadi KIP Kuliah.

Bantuan biaya pendidikan KIP Kuliah ini ditujukan bagi calon mahasiswa yang memiliki kekurangan dari segi ekonomi namun juga calon mahasiswa tersebut memiliki potensi akademik baik selama menempuh pendidikan di jenjang SLTA.

Untuk mendaftar KIP Kuliah, maka dapat dilakukan secara online di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Apabila mengalami kesulitan, maka bisa meminta bantuan dan arahan pada pihak sekolah untuk mendaftarkan kalian.

Untuk penjelasan lainnya mengenai KIP Kuliah seperti persyaratan KIP Kuliah, jadwal pendaftaran KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, tanya jawab KIP Kuliah, dan lainnya silahkan baca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

4. Pendaftaran SMBJM UNDIKSHA

SMBJM atau Seleksi Mahasiswa Baru Jalur Mandiri adalah seleksi jalur mandiri yang diselenggarakan oleh UNDIKSHA untuk memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa baru untuk Program S1 dan Diploma.

Jalur SBMBJM ini merupakan jalur alternatif bagi anda yang sebelumnya telah mengikuti seleksi masuk melalui jalur SNBP atau SNBT, tetapi dinyatakan tidak lulus, maka anda masih bisa kuliah di kampus UNDIKSHA dengan mengikuti seleksi masuk melalui jalur SMBJM.

Tata Cara Pendaftaran SMBJM
  • Silahkan akses alamat pendaftaran SBMBJM : http://smbjm.undiksha.ac.id , peserta akan memperoleh Kode Akses Pendaftaran (KAP) sebagai bukti melakukan pembayaran di Bank BNI.
  • Peserta boleh memilih dua Program studi atau jurusan pilihannya dari kelompok ujian Saintek/Soshum, dan maksimum 3 program studi atau jurusan untuk kelompok ujian campuran.
  • Peserta melakukan pembayaran biaya seleksi di Bank BNI. Bagi calon mahasiswa yang memilih program studi atau jurusan yang menyelenggarakan ujian keterampilan, Calon mahasiswa wajib membayar biaya tambahan
  • Pada saat melakukan pembayaran biaya seleksi, calon mahasiswa mendapatkan nomor PIN dari Bank BNI. 
  • Peserta melakukan konfirmasi pembayaran secara online ke laman http://smbjm.undiksha.ac.id dengan memasukkan KAP (10 digit) dan PIN (15 digit).
  • Kemudian calon mahasiswa melakukan pengisian data-data sampai mencetak kartu peserta ujian.
  • Sebelumnya calon mahasiswa menyiapkan perlengkapan lainnya berupa: Bukti pembayaran, Foto copy ijasah/tanda lulus dan SKHUN,  File pas foto berwarna yang terbaru, berukuran 4 x 6 cm dengan resolusi minimal 250 dpi ukuran file maksimum 100 KB. 
  • Peserta melakukan pengisian formulir pendaftaran online untuk melengkapi data pendaftaran.

Informasi lain yang belum dijelaskan disini dapat anda baca langsung melalui alamat : http://smbjm.undiksha.ac.id

5. Pendaftaran Pascasarjana UNDIKSHA

Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha kembali melakukan penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang Magister (S2) dan Doktor (S3). Bagi anda yang memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan jenjang S2 / S3 di UNDIKSHA, silahkan daftarkan diri anda selama masa pendaftaran dibuka.

Tahap-tahap Pendaftaran
  1. Mengisi formulir pendaftaran online di laman : http://pasca.undiksha.ac.id/mahasiswabaru 
  2. Kemudian mencetak dan mengumpulkan formulir pendaftaran dan kwitansi
  3. Seanjutnya menyetorkan Formulir pendaftaran dan melakukan pembayaran di tempat Pendaftaran sebagai berikut :
    • Kampus Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 
    • Kampus Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Denpasar.

    Setelah mendaftar, peserta akan mengikuti tes yang dilaksanakan di Kampus PPs Undiksha Singaraja dan Denpasar. Materi tes meliputi tes Bahasa Inggris, Tes Potensi Akademik, dan Tes Bidang Studi.

    Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke UNDIKSHA. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNDIKSHA.

    Baca juga :

    Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan mengenai Jalur Pendaftaran Kuliah UNDIKSHA. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda. Silahkan bagikan informasi ini dengan teman atau kerabat anda yang membutuhkan.

    Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk ke UNDIKSHA dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa UNDIKSHA. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Aamiin.