Pendaftaran UMRAH 2021/2022 Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri

www.umrah.ac.id 2021 -- Pendaftaran UMRAH Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri, PMB UMRAH, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UMRAH, Pendaftaran Mahasiswa Baru UMRAH, Pendaftaran Mahasiswa Baru D3/S1/S2/S3 UMRAH, Pendaftaran KIP Kuliah, Registrasi Mahasiswa Baru UMRAH, Pendaftaran Online UMRAH, Penerimaan Online UMRAH, Jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, Bidikmisi, Universitas Maritim Raja Ali Haji, 2023. 2024.

Pada kesempatan yang baik ini, admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran UMRAH 2021/2022 Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi panduan bagi anda dalam melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru. Langsung saja kita bahas informasi selengkapnya berikut ini.


Universitas Maritim Raja Ali Haji  atau yang disingkat UMRAH adalah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Indonesia. Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) didirikan pada 1 Agustus 2007. 

Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) merupakan gabungan dari Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang dan Politeknik Batam.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), yaitu :
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari program studi Akuntansi, Manajemen
  • Fakultas Teknik terdiri dari program studi Teknik Elektro, Teknik Informatika
  • Fakultas Ilmu Kelautan & Perikanan, Ilmu Kelautan, Manajemen Sumberdaya Perairan, Budidaya Perairan, Teknologi Hasil Perikanan
  • Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan terdiri dari program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi
  • Fakultas Ilmu Sosial Politik terdiri dari program studi Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Pemerintahan, Sosiologi, Ilmu Hukum

Itulah beberapa Fakultas dan Program Studi yang anda di UMRAH yang bisa anda pilih saat anda melakukan pendaftaran mahasiswa baru UMRAH.

Sekarang anda harus tahu jalur-jalur apa saja yang dibuka oleh UMRAH untuk melaksanakan penyeleksian calon mahasiswa baru.

Pada tahun ini, UMRAH kembali membuka jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional yang terdiri dari SNMPTN dan SBMPTN, serta jalur mandiri yang diadakah secara lokal oleh UMRAH. Berikut penjelasannya.

A. Pendaftaran UMRAH Jalur SNMPTN

SNMPTN adalah jalur seleksi nasional untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri tanpa tes yang ditujukan bagi siswa SMA / SMK / MA sederajat yang berprestasi tinggi dan konsisten menunjukkan prestasinya di setiap semester.

Jadi jalur ini diperuntukkan khusus untuk siswa-siswi pintar dari masing-masing sekolah yang memenuhi persyaratan pendaftaran.

Untuk siswa-siswi lain yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi jalur SNMPTN, maka dapat mengikuti jalur seleksi lainnya berupa jalur SBMPTN atau jalur mandiri UMRAH.

Bagi siswa yang berminat untuk mendaftar SNMPTN, maka harus mendapatkan rekomendasi dari pihak sekolah, serta harus mengikuti semua ketentuan seleksi SNMPTN.

Adapun tahapan pendaftaran SNMPTN yaitu dimulai dari registrasi akun LTMPT, pengisian data PDSS, pemeringkatan, dan diakhiri dengan pendaftaran SNMPTN oleh siswa.

Informasi rinci dapat dibaca pada artikel berikut : Registrasi Akun LTMPT untuk Mendaftar SNMPTN, UTBK dan SBMPTN

Baca Juga Informasi Ini : Cara Mendaftar SNMPTN di PDSS SNMPTN dan Web SNMPTN

Untuk informasi lebih lanjut mengenai SNMPTN seperti persyaratan pendaftaran, jadwal pendaftaran - seleksi - pengumuman, tahapan pendaftaran lengkap, biaya pendaftaran, cara mendaftar, pilihan PTN dan program studinya, serta ketentuan lainnya silahkan baca pada artikel Pendaftaran SNMPTN.

B. Pendaftaran UMRAH Jalur SBMPTN

SBMPTN disebut juga jalur alternativ, mengapa? Karena peserta yang sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur SNMPTN tetapi dinyatakan tidak lulus, maka bisa mengikuti seleksi jalur SBMPTN.

Selain itu juga, bagi peserta yang sebelumnya tidak mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi jalur SNMPTN, maka bisa mengikuti seleksi jalur SBMPTN. Dengan demikian, maka SBMPTN bisa disebut sebagai jalur alternative masuk Perguruan Tinggi Negeri.

UMRAH adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang turut membuka jalur SBMPTN. Seperti yang dijelaskan di website resminya bahwa SBMPTN adalah jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang didasarkan pada hasil UTBK dan / atau kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

Tahapan pendaftaran SBMPTN dari awal hingga akhir yang harus dilakukan oleh calon peserta yaitu registrasi akun LTMPT, lalu mendaftar UTBK, dan pendaftaran SBMPTN.

Penjelasan mengenai registrasi akun LTMPT telah diuraikan pada bagian atas (di bagian SNMPTN). Sedangkan untuk informasi UTBK dapat dibaca pada artikel Pendaftaran UTBK.

Keterangan penting lainnya mengenai SBMPTN seperti persyaratan pendaftaran SBMPTN, jadwal pendaftaran dan pengumuman SBMPTN, biaya pendaftaran SBMPTN, cara mendaftar SBMPTN, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran Online SBMPTN.

C Pendaftaran KIP Kuliah UMRAH

KIP Kuliah atau yang memiliki kepanjangan nama Kartu Indonesia Pintar Kuliah adalah pengganti dari Bidikmisi yang merupakan pemberian bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa yang memiliki keterbatasan ekonomi namun memiliki potensi akademik baik.

Calon mahasiswa yang demikian berpeluang untuk mendapatkan bantuan KIP Kuliah dengan catatan dapat memenuhi persyaratan dan ketentuan lainnya.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan secara online melalui laman resminya di kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan dengan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai KIP Kuliah dapat dibaca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

Pada artikel tersebut telah dijelaskan secara rinci informasi berupa cara mendaftar KIP Kuliah, syarat pendaftaran KIP Kuliah, jadwal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, dan lain-lain.

D. Pendaftaran UMRAH Jalur Mandiri 

Jalur mandiri adalah jalur seleksi mandiri yang diadakan secara lokal oleh Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) dalam rangka menyeleksi calon mahasiswa baru. Pelaksanaan Ujian Mandiri ini diselenggarakan setelah SNMPTN dan SBMPTN.

Jalur seleksi mandiri UMRAH dilaksanakan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta. Kelulusan ditentukan dari nilai akhir yang diperoleh peserta. Jika nilai tersebut tinggi, maka memiliki kemungkinan untuk dinyatakan lulus seleksi.

Prosedur Pendaftaram Online untuk Jalur Mandiri
  1. Mengisi form pendaftaran online dilaman pendaftaran.umrah.ac.id
  2. Peserta yang boleh Mendaftar adalah Lulusan SMA / MA / SMK untuk lulusan tiga tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.
  3. Login dengan menggunakan KAP (Kode Akses Pendaftaran) dan PIN yang diperoleh dari pendaftaran online
  4. Unggah pasfoto berwarna ukuran 400 x 600 pixel
  5. Mengisi pilihan jurusan dan kelompok ujian berupa SOSHUM atau SAINTEK
  6. Peserta ujian dapat memilih 2 (dua) pilihan jurusan dengan dengan ketentuan kelompok ujian adalah SAINTEK / SOSHUM / CAMPURAN.
    • Kelompok ujian SAINTEK adalah peserta yang memilih Pilihan 1 dan Pilihan 2 dari Kelompok SAINTEK.
    • Kelompok ujian SOSHUM adalah peserta yang memilih Pilihan 1 dan Pilihan 2 dari Kelompok SOSHUM.
    • Kelompok ujian CAMPURAN adalah peserta yang memilih Pilihan 1 dari Kelompok SAINTEK dan Pilihan 2 dari Kelompok SOSHUM atau sebaliknya
  7. Melakukan pembayaran di BANK atau ATM
  8. Mencetak Kartu Peserta Ujian

Untuk informasi jalur mandiri yang belum dimuat disini, dapat anda lihat langsung di website resmi UMRAH, di http://umrah.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UMRAH.

Itulah informasi yang dapat anda bagikan tentang Pendaftaran UMRAH Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri. Semoga informasi tersebut dapat menambah atau melengkap informasi yang telah anda miliki. 

Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat, dan sukai juga halaman web kami.

Admin turut mendoakan semoga harapan anda untuk diterima menjadi mahasiswa UMRAH dapat terwujudkan, terima kasih juga telah membaca artikel ini dan semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Aamiin Ya Robbal 'Alamin.