Jalur Pendaftaran Kuliah ITK 2024/2025

www.itk.ac.id 2024 -- Pendaftaran ITK Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri, SMITeK ITK, PMB ITK, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ITK, Pendaftaran Mahasiswa Baru ITK, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Info Pendaftaran Mahasiswa Baru ITK, Registrasi Mahasiswa Baru ITK, Pendaftaran Online ITK, Penerimaan Online ITK, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, KIP Kuliah, Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Institut Teknologi Kalimantan, 2026. 2027.

Pada kesempatan ini, admin web akan memberikan informasi tentang Jalur Pendaftaran Kuliah ITK 2024/2025. Informasi ini disampaikan dengan tujuan dapat memberikan panduan untuk anda dalam melakukan proses pendaftaran. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, ayo simak pembahasannya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Institut Teknologi Kalimantan atau yang disingkat dengan ITK merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia. Institut Teknologi Kalimantan (ITK) telah diresmikan pendiriannya pada 6 Oktober 2014 oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Visi ITK : “Menjadi perguruan tinggi unggul dan  berperan aktif dalam pembangunan nasional dan internasional.”

Misi ITK : “Menyelenggarakan Tridharma perguruan tinggi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia dan dunia.”

Program Studi yang ada di Institut Teknologi Kalimantan (ITK), yaitu :
  • Fisika, Matematika, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Material dan Metalurgi, Teknik Sipil, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Perkapalan, Sistem Informasi.

Dari beberapa Program studi yang telah disebutkan di atas, mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru di ITK.

Pada tahun ini ITK membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Nasional dan Jalur Mandiri. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, mari simak pembahasannya berikut ini.

1. Pendaftaran ITK Jalur SNBP 

ITK merupakan salah satu PTN yang telah mengikutsertakan diri menjadi bagian dari seleksi SNBP. Bagi mahasiswa yang ingin masuk ke ITK, maka bisa mengikuti seleksi jalur SNBP.

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi merupakan jalur seleksi nasional tanpa tes yang ditujukan bagi siswa SMA / SMK / MA sederajat yang berprestasi tinggi dan akan lulus sekolah di tahun ini.

Bagi siswa yang berminat untuk mendaftar SNBP, maka harus mendapatkan rekomendasi dari pihak sekolah, serta harus mengikuti semua ketentuan seleksi SNBP.

Adapun tahapan pendaftaran SNBP yaitu dimulai dari registrasi akun SNPMB, pengisian data, pemeringkatan, dan diakhiri dengan pendaftaran SNBP oleh siswa.

Informasi rinci dapat dibaca pada artikel berikut : Registrasi Akun SNPMB untuk Mendaftar SNBP dan UTBK SNBT

Untuk informasi lebih lanjut mengenai SNBP seperti persyaratan pendaftaran, jadwal pendaftaran - seleksi - pengumuman, tahapan pendaftaran lengkap, biaya pendaftaran, cara mendaftar, pilihan PTN dan program studinya, serta ketentuan lainnya silahkan baca pada artikel Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran ITK Jalur SNBT

ITK juga membuka jalur penerimaan mahasiwa baru melalui jalur SNBT.

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang seleksinya didasarkan pada hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), serta kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

Secara singkat dapat dibuat alur pendaftaran SNBT sebagai berikut : registrasi akun SNPMB, pendaftaran UTBK, dan diakhiri dengan pendaftaran SNBT.

Sedangkan informasi mengenai registrasi akun SNPMB telah dijelaskan di bagian atas (bagian SNBP). Silahkan buka pada artikel tersebut.

Lulusan 3 tahun terakhir jenjang SLTA sederajat dapat mendaftar di jalur ini.

Ada biaya yang perlu dikeluarakan untuk mendaftar di jalur SNBT.

Untuk keterangan lebih rinci mengenai SNBT telah dijelaskan tersendiri pada artikel Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran Online SNBT.

Pada artikel tersebut telah dijelaskan informasi berupa persyaratan pendaftaran SNBT, jadwal pendaftaran dan pengumuman SNBT, biaya pendaftaran SNBT, cara mendaftar SNBT, dan keterangan lainnya seputar SNBT.

3. Pendaftaran ITK Jalur Mandiri

Jalur mandiri ITK adalah jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh Panitia Seleksi Masuk ITK (SMITeK). Seleksi dilaksanakan melalui ujian tertulis yang harus diikuti oleh semua peserta. Biasanya jalur ini dibuka setelah jalur seleksi SNBT.

Calon mahasiswa yang mendaftar melalui Jalur Mandiri (Berbeasiswa Pemprov / Pemkot / Pemkab) dapat memperoleh informasi melalui web Beasiswa Kaltim Cemerlang www.beasiswa-kaltim.info

Pada saat pelaksanaan ujian mandiri, peserta diharuskan membawa berkas perlengkapan berupa : kartu tanda peserta, fotocopy ijazah atau SKHUN, dan peralatan tulis.

Informasi lainnya mengenai pendaftaran  jalur mandiri ITK dapat anda baca pada www.itk.ac.id

4. Pendaftaran KIP Kuliah ITK

Nah, untuk kalian yang berasal dari keluarga kurang mampu namun berprestasi akademik baik, maka dapat mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan yang kini dikenal dengan nama KIP Kuliah. Dulunya KIP Kuliah ini bernama Bidikmisi.

Bagi yang telah memiliki KIP (Kartu Indonesia Pintar) sejak di SLTA sederajat, maka ketika kuliah bisa langsung mengajukan diri untuk mendapatkan KIP Kuliah dengan memenuhi semua ketentuannya.

Untuk bisa mendapatkan bantuan KIP Kuliah, maka harus melalui seleksi terlebih dahulu. Calon peserta bisa mengikuti seleksi di jalur SNBP, SNBT, dan jalur mandiri (jika ada).

Apabila diterima melalui salah satu jalur seleksi di atas, maka peluang untuk mendapatkan bantuan KIP Kuliah terbuka lebar jika memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online melalui website di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id yang mana pendaftarannya menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai KIP Kuliah, silahkan baca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

Pada artikel tersebut telah dijelaskan informasi berupa persyaratan pendaftaran KIP Kuliah, cara mendaftar KIP kuliah, jadwal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, dan lain sebagainya.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi ITK.

Baca juga :

Demikianlah informasi tentang Jalur Pendaftaran Kuliah ITK yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda. Silahkan bagikan informasi ini dengan teman atau kerabat anda yang membutuhkan.

Admin turut mendoakan semoga anda bisa lulus ujian seleksi masuk ke ITK dan nantinya bisa diterima menjadi mahasiswa ITK. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga kesuksesan selalu menyertai kita semua. Aamiin.