Jalur Pendaftaran Kuliah PPNS 2024/2025

pmb.ppns.ac.id 2024 -- Pendaftaran PPNS Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, PMB PPNS, Pendaftaran Mahasiswa Baru PPNS, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PPNS, Pendaftaran Maba PPNS, Pendaftaran D3/D4 PPNS, Penerimaan Maba PPNS,Jalur SNBP, SNBT, Bidikmisi, KIP Kuliah, Jalur Mandiri, Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya. 2026. 2027.

Informasi yang akan disampaikan pada kesempatan ini berjudul Jalur Pendaftaran Kuliah PPNS 2024/2025. Informasi ini ditujukan untuk kalian yang ingin kuliah di PPNS. Informasi selengkapnya dapat di simak berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya atau disingkat dengan nama PPNS adalah Politeknik Negeri Perkapalan yang berada di Kota Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, tepatnya terletak di Jl. Teknik Kimia, Kampus ITS Sukolilo Surabaya 60111, Jawa Timur, Indonesia.

Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) merupakan Politeknik Negeri yang berfokus pada Bidang Perkapalan. Hal ini dapat dilihat dari beberapa jurusan dan program studi yang ada di PPNS.

Jurusan dan Program Studi yang ada di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) terdiri dari :

Jurusan dan Program Studi :

Jurusan dan program studi yang ada di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) yaitu :

Jurusan Teknik Bangunan Kapal (TBK) terdiri dari program studi :
  • D4 Teknik Pengelasan
  • D4 Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal
  • D3 Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal
  • D3 Teknik Bangunan Kapal
  • D4 Manajemen Bisnis

Jurusan Teknik Permesinan Kapal (TPK) terdiri dari program studi :
  • D4 Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja
  • D4 Teknik Desain dan Manufaktur
  • D4 Teknik Perpipaan
  • D4 Teknik Permesinan Kapal
  • D3 Teknik Permesinan Kapal

Jurusan Teknik Kelistrikan Kapal (TKK) terdiri dari program studi :
  • D4 Teknik Otomasi
  • D4 Teknik Kelistrikan Kapal
  • D3 Teknik Kelistrikan Kapal

Program Magister terdiri dari program studi :
  • S2 Teknik Keselamatan dan Resiko

Dari beberapa program studi yang ada di PPNS tersebut, mungkin salah satunya ada yang diminati. Untuk itu, silahkan daftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru PPNS.

Ketika kalian ingin kuliah di PPNS, maka harus mengetahui jalur masuk atau jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh PPNS.

Pada tahun ini PPNS kembali membuka jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP, SNBT, dan jalur mandiri. Informasi selengkapnya mengenai pembahasan jalur-jalur tersebut akan diberikan berikut ini.

A. Pendaftaran Maba PPNS Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi merupakan jalur seleksi undangan nasional masuk ke Politeknik Negeri / PTN dimana seleksinya didasarkan pada prestasi yang dimiliki calon peserta selama mengikuti pendidikan jenjang SLTA.

Peserta yang ingin mendaftar jalur SNBP ini terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Setelah itu, dapat melakukan pendaftaran SNBP dengan terlebih dahulu membuat akun SNPMB lalu melengkapi data pendaftaran sampai selesai.

Tidak ada biaya pendaftaran untuk mendftar jalur SNBP.

Informasi lebih rinci berkaitan dengan cara pendaftaran, laman pendaftaran, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, jumlah pilihan program studi, daftar Politeknik / PTN, dan ketentuan lainnya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran SNBP atau Pendaftaran Online SNBP.

B. Pendaftaran Maba PPNS Jalur SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi tertulis penerimaan mahasiswa baru masuk ke Politeknik Negeri / PTN yang seleksinya dilakukan melalui tes UTBK.

Peserta yang dapat mendaftar jalur SNBT merupakan lulusan 3 tahun terakhir tingkat SMA / MA dan SMK baik Negeri maupun Swasta sesuai dengan program studi yang akan dipilih.

Pendaftaran SNBT dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses laman resminya untuk membuat akun SNPMB dan mengisi data pendaftaran samai mencetak kartu peserta.

Ada biaya untuk mendaftar di jalur ini yang dibayarkan melalui bank yang bekerja sama dengan panitia

Informasi lebih lanjut dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran Online SNBT yang menjelaskan tentang persyaratan pendaftaran, cara pendaftaran, laman pendaftaran, kriteria penerimaan, jumlah pilihan program studi, daftar Politeknik / PTN, dan lain-lain

C. Pendaftaran Maba PPNS Jalur Mandiri

Jalur mandiri PPNS merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan secara lokal oleh PPNS untuk menyeleksi calon mahasiswa baru melalui ujian tertulis dan/atau ujian wawancara.

Calon peserta adalah lulusan SMA/MA jurusan IPA/IPS, dan SMK jurusan teknik untuk sekolah Negeri ataupun Swasta yang memenuhi persyaratan.

Jalur mandiri PPNS ada 3 yaitu :

# SMPPNS-Reguler

Seleksi Masuk Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (SMPPNS-Reguler) merupakan pola penerimaan mahasiswa baru D3 dan D4 yang khusus diadakan di PPNS dengan proses seleksi melalui ujian tulis skolastik dan rekayasa.

# SMPPNS-Mandiri

Seleksi Masuk Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (SMPPNS-Mandiri) merupakan pola penerimaan mahasiswa baru D3 dan D4 yang khusus diadakan di PPNS, dengan proses seleksi melalui ujian tulis skolastik dan rekayasa.

Adapun perbedaan SMPPNS Reguler dan SMPPNS Mandiri terletak pada biaya UKT per semester.

Bagi yang ingin mendaftar jalur SMPPNS Reguler ataupun SMPPNS Mandiri, silahkan saja daftarkan diri dengan mengujungi laman pmb.ppns.ac.id

# SMPPNS-S2

Selain menerima caloon mahasiswa baru jenjang D3 dan D4, PPNS juga membuka jalur penerimaan mahasiswa baru jenjang S2. Informasi lebih lanjut kunjungi laman pmb.ppns.ac.id

D. Pendaftaran KIP Kuliah PPNS

PPNS merupakan salah satu Politeknik Negeri yang menyalurkan dana bantuan pendidikan pada calon mahasiswa baru yang memiliki potensi akademik yang berasal dari kelurga kurang mampu. Dana bantuan tersebut dikenal dengan nama KIP Kuliah.

Untuk mendaftar KIP Kuliah, maka dapat dilakukan secara online di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Indormasi lain berkaitan dengan KIP Kuliah seperti persyaratan pendaftaran, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan lain sebagainya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.


Penting!!!
Untuk informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran mahasiswa baru PPNS, maka dapat dilihat di pmb.ppns.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di laman resmi.
Demikianlah informasi yang dapat admin berikan pada kesempatan ini. Semoga informasi tentang Jalur Pendaftaran Kuliah PPNS yang telah diuraikan di atas dapat memberikan pencerahan terutama yang akan kuliah di PPNS.

Admin turut mendoakan yang terbaik semoga bisa lulus seleksi masuk PPNS melalui jalur yang diikuti. Admin juga menguapkan terima kasih kepada pengunjung setia yang selalu berkunjung setiap hari. Sekian penutupan dari admin dan salam sukses untuk kita semua. 

Ayo sukai halaman web kami dan ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya.