Jalur Pendaftaran Kuliah POLMED 2024/2025

pendaftaran.polmed.ac.id 2024 -- Pendaftaran POLMED Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, PMB POLMED, Pendaftaran Mahasiswa Baru Pendaftaran POLMED, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Medan, Pendaftaran D3/D4 POLMED, Jalur SNBP, Undangan, UTBK SNBT, Bidikmisi, KIP Kuliah, Jalur Kerjasama, Mandiri, Politeknik Negeri Medan. 2026. 2027.

Kali ini admin akan memberikan informasi tentang Jalur Pendaftaran Kuliah POLMED 2024/2025. Informasi ini disampaikan terutama untuk kalian yang ingin kuliah di Politeknik Negeri Medan. Mari simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

http://www.infoonline.web.id/

Politeknik Negeri Medan atau yang dikenal juga dengan sebutan POLMED adalah salah satu Politeknik Negeri di Indonesia yang terletak di Jalan Almamater No. 1, Kampus USU, Padang Bulan, Kota Medan, Sumatera Utara 20155.

Tambahan : Selain POLMED, di Sumut ada pula : USU, UNIMEDUIN Sumatera Utara, dan lainnya.

Politeknik Negeri Medan pada awalnya bernama Politeknik Universitas Sumatera Utara (Politeknik USU) Medan yang kemudian mengalami perubahan-perubahan hingga akhirnya bernama Politeknik Negeri Medan (POLMED).

Politeknik Negeri Medan (POLMED) telah memiliki beberapa jurusan dan program studi sebagai berikut :

Jurusan Teknik Mesin terdiri dari :
  • Program Studi Teknik Mesin
  • Program Studi Teknik Konversi Energi
  • Program Studi Teknik Rekayasa Pengelasan dan Fabrikasi

Jurusan Teknik Sipil terdiri dari :
  • Program Studi Teknik Sipil
  • Program Studi TPJJ
  • Program Studi MRKG

Jurusan Teknik Elektro terdiri dari :
  • Program Studi Teknik Listrik
  • Program Studi Teknik Elektronika
  • Program Studi Teknik Telekomunikasi
  • Program Studi TRJT

Jurusan Teknik Komputer dan Informatika terdiri dari :
  • Program Studi Teknik Komputer
  • Program Studi Manajemen Informasi
  • Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak
  • Program Studi Teknologi Multimedia Grafis

Jurusan Akuntansi terdiri dari :
  • Program Studi Akuntansi
  • Program Studi Perbankan dan Keuangan
  • Program Studi Perbankan Syariah
  • Program Studi Akuntansi Keuangan Publik
  • Magister Terapan Sistem Informasi Akuntansi

Jurusan Administrasi Niaga terdiri dari :
  • Program Studi Administrasi Bisnis
  • Program Studi Manajemen Bisnis
  • Program Studi Usaha Jasa Konvensi, Perjalanan Insentif dan Pameran

Dari beberapa program studi yang ada di POLMED mungkin salah satunya ada yang diminati, untuk itu silahkan daftarkan diri untuk menjadi calon mahasiswa baru POLMED.

Selanjutnya kalian perlu mengetahui jalur-jalur seleksi masuk ke Politeknik Negeri Medan (POLMED) yang dibuka pada tahun ini. Ayo simak dan pahami pembahasannya berikut ini.

1. Pendaftaran POLMED Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur seleksi nasional masuk ke Politeknik Negeri / PTN yang diperuntukan bagi siswa-siswi berprestasi dan akan lulus sekolah tahun ini.

Prestasi siswa tersebut terutama dilihat dari nilai raport selama 5 semester yaitu dari kelas X sampai kelas XII semester 1.

Pendaftaran SNBP dilakukan secara online melalui melalui laman resminya yang mana calon peserta harus direkomendasikan oleh Kepala Sekolah. Setelah itu calon peserta dapat melanjutkan pendaftaran dengan membuat akun SNPMB terlebih dahulu.

Tak ada biaya untuk mendaftar di jalur SNBP ini karena telah ditanggung oleh pemerintah.

Panduan lengkap, link laman pendaftaran, persyaratan. jadwal, cara pendaftaran, daftar Politeknik, pilihan program studi, dan lain sebagainya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online SNBP atau Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran Maba POLMED Jalur SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi nasional masuk ke politeknik negeri / PTN yang dikenal juga dengan nama UTBK SNBT karena memang ujian melalui jalur ini berbasis komputer (UTBK).

Jalur ini diperuntukkan bagi lulusan tingkat SLTA sederajat maksimal lulusan 3 tahun terakhir yang ingin memilih program pendidikan di POLMED ataupun kampus lain.

Pendaftaran SNBT dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses laman resmi untuk membuat akun SNPMB dan melengkapi data pendaftaran.

Untuk biaya pendaftaran di jalur SNBT ini ada karena tidak gratis.

Lebih lanjut mengenai SNBT dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online SNBP atau Pendaftaran SNBP yang mana pada artikel tersebut telah disajikan informasi mengenai persyaratan, jadwal, link, cara mendaftar, pilihan perguruan tinggi, dan lain sebagainya.

3. Pendaftaran POLMED Jalur Mandiri

Jalur mandiri POLMED adalah jalur seleksi yang diselenggarakan oleh panitia dari POLMED. Jalur ini dibuka sebagai alternatif untuk yang belum lulus melalui jalur seleksi nasional di atas. 

Jalur ini terbuka untuk lulusan SMA dan MA untuk semua program studi, serta lulusan SMK untuk program studi yang sesuai, serta tidak memiliki cacat tubuh yang dapat mengganggu kegiatan akademik.

Jika kalian berminat untuk mengikuti seleksi di jalur mandiri ini, maka perlu dipersiapkan administrasi pendaftarannya dan juga persiapan menghadapi ujian seleksi.

Untuk pendaftaran jalur mandiri POLMED melalui laman https://mandiri.polmed.ac.id/

4. Pendaftaran KIP Kuliah POLMED

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi. POLMED juga turut menyalurkan KIP Kuliah kepada calon mahasiswa barunya.

Calon peserta KIP Kuliah harus terdaftar di sala satu jalur seleksi masuk POLMED yang dibuka yaitu jalur SNBP, SNBT, atau jalur mandiri.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online melalui alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Informasi penting seperti tata cara pendaftaran, persyaratan, jadwal pelaksanaan, dan lain sebagainya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

5. Pendaftaran POLMED Jalur Kerjasama PT. GMF AeroAsia

POLMED membuka jalur kerjasama dengan PT. GMF AeroAsia di bidang Pengembangan Program Pendidikan dengan Sertifikasi Basic Aircraft Maintanance (BAM) bidang Air Frame Power Plant A1 dan A4 AMTO Under Remote PT. GMF AeroAsia.

Beberapa keunggulan dari adanya jalur kerjasama ini yaitu mahasiswa nantinya setelah lulus bisa berpeluang kerja di dunia Maintenance Refair Overhoul (MRO) pesawat terbang, dan jika beruntung bisa langsung kerja di PT. GMF AeroAsia.

Bagi yang berminat silahkan daftarkan diri online di https://mandiri.polmed.ac.id/


Itulah beberapa jalur seleksi masuk ke POLMED. Silahkan kalian ikuti salah satunya atau jika tidak lolos di satu jalur maka bisa mengikuti jalur lainnya yang masih dibuka sesuai dengan syarat da ketentuan.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.

Baca juga :

Demikianlah informasi tentang Jalur Pendaftaran Kuliah POLMED. Mudah-mudahan apa yang telah admin sampaikan tersebut dapat memberikan pencerahan untuk kalian.

Ayo turut berbagi informasi ini pada teman atau kerabat yang membutuhkan. Jangan lupa untuk menyukai halaman web kami.

Terima kasih admin ucapkan atas waktu yang diluangkan untuk membaca artikel ini, semoga kesuksesan dan harapan kita dapat terwujudkan segera. Aamiin. Selamat membaca artikel-artikel kami.